Pantai Parangtritis Yogyakarta: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiketnya

Pantai Parangtritis ~Pantai ini memiliki pemandangan menarik dan spot foto epic. Karakter pantai dengan pasir bajanya yang eksotik, lengkap dengan pemandangan kereta kuda berjalan di bibir pantai. Bukan pantai yang dibolehkan untuk berenang. Mengingat laut selatan adalah laut ganas Pantai selatan yang kerap dikenal karena memiliki sunset menarik.

Daerah Istimewa Yogyakarta tidaklah terlalu besar, namun memiliki garis pantai selatan yang panjang terbentang dari timur ke barat. Puluhan pantai Jogja sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Parangtritis.  Tempat wisata ini boleh terbilang adalah salah satu destinasi wisata paling favorit diantara para wisatawan sejak lama.

(Baca Juga: Pantai Parangendog, Spot Sunset Dan Olah Paralayang Di Yogyakarta)

Pantai Parangtritis Jogja
Pantai Parangtritis foto by instagram/yudidt

Pantai ini menawarkan aktivitas yang sangat lengkap bagi para wisatawan seperti mengelilingi pantai dengan menggunakan motor ATV, Kuda maupun Delman, melakukan olahraga seperti sepak bola di pasir, bermain di pinggir ombak, bermain layangan, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis yang begitu menawan.

Legenda Pantai Parangtritis

Pesonanya memang tidak bisa lepas dari legenda Pantai Parangtritis yang sudah terkenal di masyarakat Indonesia, dimana laut di sekitar Pantai Parangtritis terdapat sebuah Kerajaan yang dipimpin oleh penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Sehingga seringkali menjadi perbincangan masyarakat, apabila ingin ke Pantai terfavorit di Yogyakarta ini disarankan untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau karena dapat ditarik masuk ke laut oleh penguasa laut selatan.

Pantai Parangtritis Jogja
Pantai Parangtritis foto by instagram/yuliusbsusilo

Keberadaan kerajaan Mataram yang sekarang turunannya adalah Kraton Yogyakarta memang tidak bisa dilepaskan oleh Nyi Roro Kidul, dimana menurut cerita yang berkembang di masyarakat pada jaman dahulu Panembahan Senopati sebagai raja Mataram Islam yang pertama melakukan pernikahan dengan Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan, pernikahan tersebut memang tidak biasa karena berasal dari dua dunia yang berbeda. Namun hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga wilayah sekitar Jawa tetap aman dari segala ancaman dan rintangan yang berbahaya.

Namun terlepas dari legenda tersebut, memang kawasan Pantai Parangtritis ini memang benar-benar menyuguhkan pemandangan alami yang cantik dan menawan, dimana luasnya pantai ini yang berpasir besi hitam membuat kamu betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Selain aktivitas yang dapat anda lakukan seperti yang Alodia sebutkan diatas, di Pantai Parangtritis ini anda juga bisa renang di kolam yang disediakan di pantai, terutama anak-anak sangat menyukai aktivitas ini. Selain itu juga terdapat puluhan warung yang menyediakan beragam suguhan khas pantai seperti masakan ikan gurameh, pari, cumi, dan udang yang tentunya sangat nikmat apabila kita memakannya di pinggir pantai.

Pantai Parangtritis Jogja
Pantai Parangtritis foto by instagram/bayudaus46

Pantai Parangtritis terbilang sebagai pantai yang spesial di Indonesia, karena di pantai ini terdapat gumuk pasir yang lazimnya kita temui di belahan dunia arab. Namun di pantai ini anda akan bisa menemukan gundukan-gundukan pantai layaknya sedang di padang pasir arab. Gumuk pasir yang ada di kawasan Pantai Parangtritis ini dinamakan Gumuk Pasir.

Keindahan Pantai Parangtritis memang tidak dapat diragukan lagi, karena setiap harinya dikunjungi oleh ribuan wisatawan yang berbondong-bondong untuk melihat pantai di laut selatan jawa ini. Jadi jika kamu sedang berada di Kota Jogja sempatkan untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis ini yaa.

(Baca Juga: 50 Pantai Indah Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan Di Yogyakarta)

Aktifitas Seru Di Pantai Parangtritis Yogyakarta

1. Sandboarding Gumuk Pasir Parangkusumo

Sandboarding Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis foto by instagram/bonvoyagejogja

Di Pantai Parangtritis ini kamu dapat bermain sandboarding menggunakan papan kayu yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menjadi olahraga yang memacu adrenalin.

2. Spot Foto Sunset

Pantai Parangtritis Jogja
Pantai Parangtritis foto by instagram/rumah_tin_homestay

Pantai Parangtritis memiliki area yang luas dan sangat cocok dijadikan spot foto melihat matahari tenggelam, bagi kamu penggemar fotografi maka Pantai ini dapat menjadi alternatif untuk melihat sunset yang epic.

3. Naik Andong

Pantai Parangtritis Jogja
Pantai Parangtritis foto by instagram/jogja.istimewa

Kamu juga bisa berkeliling Pantai Parangtritis dengan naik kuda atau pun naik andong yang tersedia dan dijalankan oleh warga lokal sekitar dengan membayar Rp. 50.000 kamu sudah dapat mengelilingi wisata Pantai ini dengan nyaman dan seru.

4. Bermain Air Di Bibir pantai Parangtritis

Dengan kondisi laut yang tidak terlalu curam dan air laut yang cenderung landai, menjadikan Pantai Parangtritis dapat digunakan untuk bermain air di bibir pantainya. Tentu menjadi hal yang menyenangkan bisa bermain dengan ombak laut, namun tetap waspada dan hati-hati yaa.

5. Menyantap Kuliner Ikan Segar

Di Pantai Parangtritis kamu juga bisa berkuliner ria dengan menyantap aneka macam olahan laut yang ada mulai dari ikan segar, cumi dan kepiting yang dapat kamu beli di sekitar bibir pantainya. Dengan berbagai varian menu yang ada tentunya menyantap bersama sahabat dan keluarga menjadi hal yang seru dan sayang dilewatkan.

6. Belanja Di Pasar Ikan Pantai Depok

Pantai Parangtritis berbatasan dengan Pantai Depok, dan kamu dapat berbelanja aneka hasil laut yang ada di Pasar Pantai Depok untuk dibawa pulang ataupun dimasak ditempat. Terdapat berbagai macam jenis hasil laut seperti cumi, kepiting, ikan segar hingga kerang dijual di Pasar Pantai Depok Jogja.

7. Spot Foto Sunrise

Jika kamu adalah pemburu spot sunrise maka sudah saatnya untuk mejelajahi Pantai Parangtritis, disini ada spot yang cocok untuk dijadikan foto sunrise yaitu terdapat di salah satu tebing yang ada.

8. Ziarah Di Parangkusumo

Pantai Parangtritis Jogja
Pantai Parangtritis foto by instagram/ridwan_faqih_a

Tak hanya wisata air yang kamu dapatkan di Pantai ini, kamu juga dapat berziarah ke Parangkusumo, yaitu tempat keramat yang ada berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Tentunya wisata sejarah dan budaya akan kamu dapatkan disini.

9. Bermain Pasir Laut

Dengan angin yang tak terlalu kencang, menyebabkan pantai Parangtritis memiliki ombak yang cenderung landai dan kamu dapat bermain pasir laut yang ada di bibir pantai dengan membuat rumah dari pasir ataupun mengubur diri dengan pasir, tentunya dengan tetap waspada dan berahi-hati ya.

10. Outbound Seru

Pantai ini memiliki luas lahan di bibir pantai yang cukup luas, sehingga memungkinkan untuk kamu bermain dan berlarian kesana kemari. Aktifitas yang sering dilakukan oleh para mahasiswa ataupun lembaga disini adalah bermain outbound. Dengan beragam permainan outbound yang ada sembari menikmati wisata pantai, tentu menjadi hal yang seru bukan?

(Baca Juga: 9 Pantai Bantul Paling Indah Dan Ramai Lengkap Dengan Keunikan Dan Lokasinya)

Fasilitas yang Ada Di Pantai Parangtritis Jogja

1. Pasar Ikan

2. Warung Makan

3. Tempat Parkir

4. Toilet

5. Mushola

6. Spot Foto

7. Wahana Bermain Air

Pantai Parangtritis Jogja
Pantai Parangtritis foto by instagram/aprel.id

Rute Dan Lokasi Pantai Parangtritis Jogja

Alamat Pantai Parangtritis Jogja ini terletak di Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Dari pusat kota Yogyakarta Pantai Parangtritis ini berjarak kurang lebih 40 km dan dapat di tempuh menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam 20 menit.

Dari Kota Yogyakarta > Pojok Beteng Timur > Jl. Parangtritis > lurus keselatan dan melewati ringroad masih lurus aja > manding lurus saja > kretek lurus > tiba Pantai Parangtritis

Jika kamu memulai dari arah kota Yogyakarata sudah melalui Jl. Parangtritis tinggal ikuti aja dan ambil yang lurus aja  mengikuti arah selatan kota Jogja

Harga Tiket Pantai Parangtritis Jogja

Tiket Masuk: Rp. 10.000

Parkir motor Rp. 2.000, mobil Rp. 5.000

(Baca Juga: 5 Spot Snorkling Seru dan Keren Yang Ada Di Kota Yogyakarta)

JogjaDay.com ~ Pantai Parangtritis Jogja selalu ramai oleh wisatawan dalam dan luar negeri. Dengan kelengkapan fasilitas yang ada menjadikan destinasi wisata ini memiliki daya tarik tersendiri. Tim Jogjaday memberikan alternatif bagi kamu yang ingin beraktifitas di Pantai Parangtritis Jogja, dengan beragamnya aktifitas yang bisa kamu lakukan maka kamu akan betah untuk berlama-lama di Pantai Parangtritis Yogyakarta.

5/5 (2)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*