Pantai Parang Endog Gunungkidul Yogyakarta, Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Pantai Parangendog ~ Deretan pantai Gunungkidul sungguh indah, membentang dari timur ke barat dengan berbagai keunikannya. Salah satu pantai yang memiliki keunikannya yaitu fenomena sunset adalah Pantai Parangendog. Dengan adanya tebing tinggi yang menjorok ke laut, Parang endog menjadi spot melihat sunset terbaik di Jogja.

Pantai Parangendog merupakan pantai paling ujung barat dari kabupaten Gunungkidul dan berbatasan langsung dengan kota Jogja. Pantai ini berbatasan langsung dengan Pantai Parangtritis disebelah baratnya. Lokasi pantai yang berdempetan dengan pantai Parangtritis menyebabkan banyak wisatawan yang menganggap pantai ini berada di kota Jogja padahal sudah masuk dalam kabupaten Gunungkidul.

“Pantai Parangendog Jogja, Spot Keren Melihat Panorama Sunset Di Pantai”

(Baca Juga: 50 Pantai Indah Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan Yogyakarta)

Pantai Parangendog Jogja
Pantai Parangendog Jogja foto by instagram.com/rahmat_gantira

Pantai Parangendog Jogja memiliki debur ombah yang relatif landai dan juga angin yang stabil. Sehingga memungkinkan untuk berenang di bibir pantai. Di pantai ini akan terlihat pula banyak wisatawan yang bermain air.

(Baca Juga: Pantai Pok Tunggal Yogyakarta, Keindahan Sepotong Surga Yang Tersembunyi)

Di pantai Parangendog Gunungkidul ada aktifitas olahraga paralayang yang sering dilakukan. Dengan dukungan angin yang relatif stabil, maka olahraga ini banyak dinikmati di pantai ini. Tentunya akan menjadi pengalaman yang baru untuk mencoba olahraga yang memacu adrenalin kita.

Pantai Parangendog Gunungkidul
Pantai Parangendog Jogja foto by instagram.com/pujiatijogja

Pantai Parangendog terkenal dengan wisata pemandangan sunset yang super indah. Kamu bisa mendaki tebing yang ada di bagian samping bibir pantai untuk melihat pantai dan fenomena sunset dari atas tebing. Fasilitas untuk pengunjung di pantai ini juga cukup lengkap mulai dari pasar, tempat ibadah, toilet dan warung makan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Parangendog Gunungkidul Jogja

Alamat Pantai Parangendog berada di desa Parangreja, Girijati, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Pantai Parangendog ini wisatawan akan mendapatkan spot terbaik untuk menikmati sunset. Anda dapat mengunjungi pantai Parangendog dengan datang langsung ke dusun Parangrejo, Girijati, Purwosari, Gunungkidul. Waktu yang ditempuh ke Pantai ini dari pusat kota Jogja berkisar 1-1,5 jam.

Dari terminal Giwangan > menuju jalan Parangtritis > hingga kecamatan Panggang > setelah sampai di daerah Panggang cari plang petunjuk arah menuju pantai Parangendog > ikuti lalu sampai di Pantai Parangendog yang bersebelahan dengan Parangtritis

Harga Tiket Masuk Pantai Parangendog Gunungkidul Jogja

Apabila anda ingin berkunjung ke tempat wisata dengan panorama indah dengan harga yang murah, maka pantai Parangendog adalah pilihan yang tepat. Harga tiket ini sangat murah yaitu Rp. 5.000 per orangnya dan parkir kendaraan bermotor Rp. 2.000 per sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Pantai Parangendog Jogja
Pantai Parangendog Jogja foto by instagram.com/jogjascenery

Aktifitas Pantai Parangendog Gunungkidul Jogja

Ada banyak aktifitas dan kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Parangendog Yogyakarta, selain harga tiket masuknya yang relatif murah dan akses jalan menuju pantai ini mudah tentunya para wisatawan dapat melakukan kegiatan di pantai ini antara lain:

1. Spot Sunset Terbaik

Pantai Parangendog Jogja
Pantai Parangendog Jogja foto by instagram.com/adityalvian

Pantai Parangendog merupakan spot untuk melihat matahari tenggelam terbaik karena terdapat tebing tinggi yang bisa digunakan untuk melihat sunset dengan jelas. Nama tebing tinggi yang sering digunakan untuk mengabadikan sunset adalah tebing Watugupit. Jika anda ingin mendapatkan foto yang instagramable anda dapat mendaki tebing tersebut maka sunset dengan latar belakang pegunungan seribu akan tampak epic dan eksotis.

(Baca Juga: 34 Tempat Wisata Di Gunungkidul Yang Wajib Dikunjungi Wisatawan)

2. Memancing

Arus laut yang ada di pantai Parangendog ini tidak seganas di Parangtritis. Dengan debur ombak yang relatif tenang seringkali pantai Parangendog digunakan sebagai spot memancing. Aneka biota laut yang ada di pantai ini pun sangat beragam mulai dari berbagai jenis ikan, kerang, dan rumput laut.

Bagi wisatawan yang suka dengan aktifitas memancing, maka berkunjung ke pantai Parangendog ini tentu sangat menyenangkan. Tak hanya aktifitas memancing anda juga dapat membakar dan menyantapnya bersama teman-teman.

3. Paralayang

Di pantai Parangendog anda dapat melakukan aktifitas paralayang, olahraga yang memacu adrenalin ini sangat pas dilakukan di pantai ini karena angin yang ada di Parangendog relatif stabil dan jajaran karang dan tebing yang menjulang menjorok ke laut. Sangat pas untuk berolahraga paralayang tentunya. Jika anda tertarik untuk mencoba olahraga paralayang maka pastika untuk memakai peralatan standar dan  didampingi oleh profesional.

(Baca Juga: Wisata Alam Kabupaten Kulonprogo Yang Hits 2019)

4. Berenang

Salah satu kelebihan di pantai Parangendog adalah debur ombak yang tidak terlalu ganas, sehingga menyebabkan banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk bermain air di bibir pantai Parangendog. Tentunya harus tetap berhati-hati dan tetap menahan diri untuk tidak berenang terlalu ke tengah lautan.

Pantai Parangendog Jogja
Pantai Parangendog Jogja foto by instagram.com/fitritax05

(Baca Juga: 9 Pantai Bantul Yang Ramai Dan Hits Di Tahun 2019)

JogjaDay.com ~ Demikianlah ulasan tim Jogja Day mengenai Pantai Parangendog yang ada di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Dengan angin yang relatif stabil di pantai ini sering digunakan olahraga paralayang, dan ombaknya yang cendrung juga landai. Pantai ini merupakan spot untuk melihat sunset terbaik di Jogja karena memiliki tebing yang tinggi dan indah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!