Pantai Kukup Gunungkidul Wonosari Jogja: Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Pantai Kukup ~ Wisata di Jogja memang tidak akan ada habisnya, salah satu destinasi yang tak pernah sepi pengunjung adalah wisata pantai. Ada banyak pilihan pantai Gunungkidul dengan keunikannya masing masing. Salah satu pantai indah di Jogja adalah pantai kukup. Dengan debur ombak yang menggulung dan gardu pandang di tebing menjadikan pantai kukup tak pernah sepi.

Bewisata ke pantai kukup jogja tak lengkap rasanya jika belum membaca ulasan dari tim jogja day. Oleh karena itu bagi kamu yang mau merencanakan wisata ke Kota Gudeg, harus mengetahui informasi apa saja yang ada di pantai kukup berikut ini agar wisatamu tambah seru dan meyenangkan.

Pantai Kukup Jogja
Pantai Kukup Jogja foto by instagram.com/atikaoktaa

Pantai kukup memiliki pasir berwarna putih dan air yang relatif bening. Deru ombak yang menggulung dan angin yang sepoi sepoi dapat kamu nikmati dengan keliuarga, dengan berjalan dan bermain ombak di bibir pantainya. Keunikan lainnya dari pantai kukup adalah adanya karang besar yang berada di tengah laut, terdapat jembatan yang menghubungkan dengan tebing bibir pantai, kamud apat mendakinya dan menikmati pantai kukup dari ketinggian. Menarik bukan?

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup Jogja

Wisata di pantai Jogja sungguh menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan. Untuk menikmati wisata dan mengeksplore pantai kukup kamu hanya perlu membayar Rp. 10.000 dan tiket ini sudah bisa untuk mengunjungi pantai disekitarnya seperti pantai krakal dan pantai sundak.

Pantai Kukup Jogja
Pantai Kukup Jogja foto by www.jejakpiknik.com

Rute Menuju Lokasi Pantai Kukup Jogja

Alamat pantai kukup berada di Jalan Pantai Selatan Jawa, Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Kukup Gunungkidul Jogja
Pantai Kukup Jogja foto by instagram.com/jawapicture

Rute menuju lokasi pantai yang cantik ini cukup mudah. Pantai Kukup bersebelahan dengan pantai baron dan pantai krakal, sehingga kamu juga bisa mengeksplore wisata pantai kukup dan sekitarnya. Wisata pantai kukup dapat kamu tempuh menggunakan kendaraan motor dan juga mobil. Dengan jalan yang berkelok, maka harus tetap waspada dan berhati hati.

Terdapat dua rute yang bisa kamu tempuh untuk sampai di pantai kukup Jogja. Rute pertama melalui candi prambanan. Dari Jalan Jogja – Solo > Menuju arah Candi Prambanan > Tiba di candi Prambanan menuju arah selatan > ikuti hingga arah Gunungkidul > Lurus hingga jalan baron > Cari petunjuk arah ke pantai kukup

Kamu juga bisa memulai rute dari Kota Jogja. Jika dari kota Jogja kamu bisa menuju jalan ringroad selatan > Sampai Terminal Giwangan > Menuju Jalan Wonosari > Lanjut Ke Jalan Baron > Cari Petunjuk Arah ke Pantai Kukup

Fasilitas Di Pantai Kukup Jogja

Berwisata di pantai kukup Jogja akan terasa menyenangkan dengan adanya fasilitas yang ada disini. Wisatawan akan dimanjakan dengan kelengkapan fasilitas dan destinasi wisata pantai kukup jogja. Apa saja fasilitas yang ada di pantai jogja, yuk simak informasi berikut ini.

Pantai Kukup Jogja
Pantai Kukup Jogja foto by instagram.com/wisatapedi

1. Gardu Pandang Di Pulau Karang Pantai Kukup

Keunikan yang ada di pantai kukup adalah adanya karang yang berdiri di tengah laut pantai kukup. Kamu bisa mendakinya dengan menaiki jalur yang sudah bertangga beton. Menikmati suasana pantai kukup dari atas tebing sungguh menyenangkan. Untuk sampai di karang tengah laut kamu akan menyeberang melewati jembatan beton yang sudah dibuat sedemikian rupa.

2. Wisata Budaya Pantai Kukup

Jika kamu datang ke pantai kukup pada waktu tertentu maka akan menemukan tradisi sedekah laut. Biasanya adat budaya ini dilakukan tepat saat bulan suro. Upacara yag dilakukan oleh masyarakat sekitar adalah untuk persembahan yang dilakukan kepada Ratu Pantai Selatan dan keberkahan atas rezeki yang diperoleh dari hasil melaut. Upacara ini biasanya dilakukan beramai ramai dan menjadi kegiatan budaya masyarakat sekitar pantai kukup.

3. Melihat Aneka Biota Laut

Di area bibir pantai kukup kamu dapat melihat berbagai biota laut yang banyak tersebar seperti bulu babi yang berwarna hitam, kerang-kerang serta alga laut, berbagai macam ikan dan lainnya. Dengan membeli alat berupa saringan, maka kamu bisa mencari biota laut yang ada di sela sela karang bibir pantai kukup. Aktifitas yang menyenangkan bukan?

4. Pasar Pantai Kukup

Tak perlu khawatir jika kamu ingin membeli oleh oleh. Di pantai kukup terdapat pasar yang menyediakan beragam oleh oleh yang dapat kamu bawa pulang mulai dari kuliner berupa ikan segar, kerang, udang, dan kepiting hingga barang kerajinan dari biota laut yang ada di pantai kukup Jogja. Aneka kerajinan yang dibuat oleh warga sekitar dapat kamu jadikan hiasan dan aksesoris rumah.

5. Spot Foto Keren Pantai Kukup

Sudah menjadi hal yang wajib jika berkunjung ke pantai dengan mengabadikannya sebagai foto.  Spot spot yang ada di pantai kukup semuanya keren dan cantik. Kamu bisa berfoto di bibir pantai berlatar ombak yang menggulung, naik di tebing gardu pandang untuk berfoto dari atas ataupun memfoto biota laut pada sela sela karang di bibir pantai kukup.

Penginapan Di Pantai Kukup Gunungkidul Jogja

1.

Kuliner & Oleh Oleh Khas Pantai Kukup Gunungkidul Jogja

 

Jogjaday.com ~ Demikian ulasan dari tim jogja day mengenai Pantai Kukup. Liburan di tempat wisata alam seperti pantai Kukup memang menyenangkan sekaligus dapat menyegarkan pikiran yang suntuk. Apalagi jika liburan ke sana bersama orang-orang tercinta seperti sahabat, rekan kerja dan orang tua. Dengan tarif tiket yang murah serta akses yang mudah kamu bisa menikmati semua keindahan pantai Kukup ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!