Pantai Indrayanti Pulang Sawal Gunungkidul Jogja: Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Indrayanti Jogja ~ Wisata Jogja tak hanya di Malioboro, Museum, Candi dan Gunung Api saja, namun di Kota Gudeg ini masih banyak menyimpan keindahan destinasi alam indah yang layak kamu kunjungi. Salah satunya adalah wisata Pantai Jogja. Pantai pasir putih yang memiliki kelengkapan fasilitas dan keindahan bibir pantainya ini bernama Pantai Indrayanti Jogja

Pantai Indrayanti atau biasa disebut Pantai Pulangsawal ini berada di daerah Gunungkidul, Wonosari, Yogyakarta. Kawasan Gunungkidul Jogja memiliki garis pantai yang memanjang dari timur ke barat ini memiliki ombak yang relatif bersahabat. Wisata pantai Indrayanti ini selalu nampak ramai setiap harinya. Wisatawan domestik hingga mancanegara selalu menyempatkan diri ke Pantai Pulangsawal ini.

Pantai Indrayanti Jogja
IG @pantaiindrayantii

Pantai Indrayanti ini adalah pantai pasir putih dengan pemandangan yang indah, gulungan ombak yang relatif landai dan bersahabat. Bentang bibir pantai yang cukup luas ini dapat kamu nikmati dengan berteduh di payung besar yang disewakan tepat di bibir pantai juga kamu dapat menikmati kelapa muda yang segar.

Wisata Pantai Pulangsawal ini dapat menjadi alternatif wisata alam bagi kamu yang menginginkan wisata pantai. Jadi di Kota Gudeg ini tak hanya Malioboro, wisata kebudayaan, dan seni budaya. Kamu juga bisa ke Pantai Gunungkidul Jogja bersama teman, keluarga dan juga rekan kerja.

Pantai Indrayanti Jogja
@pantainesia.com

Rute Menuju Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

Alamat: Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Untuk menuju ke lokasi Pantai Indrayanti ini kamu dapat ditempuh dengan kendaraam kurang lebih 2 jam dari kota Yogyakarta. Jarak tempuh sejauh 70km ini dapat kamu tempuh melalui dua rute yaitu:

1. Melalui Jalan Wonosari: Ringroad Timur Jogja > Piyungan > Naik Ke Arah Patuk > Kota Wonosari > Menuju Karangrejek > Hargosari > Tepus > Ikuti Arah Petunjuk ke Pantai Indrayanti

2. Melalui Jalan Imogiri: Menuju ke Siluk > Panggang > Saptosari > Trowono > Arah Pantai Baron > ke Arah Timur Ambil Jalur ke Arah Pantai Indrayanti > Ikuti Petunjuk Arah

Dua alternatif rude menuju Pantai Indrayanti Gunungkidul ini dapat kamu lakukan. Namun jika kamu dari Bandara Adi Sutjipto maka tim jogja day menyarankan untuk menempuh rute melalui Jalan Imogiri.

Pantai Indrayanti Jogja
@gudegnet.com

Harga Tiket Masuk di Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

Pantai Indrayanti menjadi destinasi wisata hits di Kota Jogja tahun 2019. Bagi kamu yang sedang berlibir di Kota Gudeg ini wisata pantai Pulang Sawal dapat menjadi alternatif yang layak untuk dikunjungi. Pemandangan bibir pantai yang indah bercampur dengan deru ombak dapat kamu nikmati dengan es kelapa muda yang segar.

Untuk tiket masuk ke area Pantai Indrayanti ini sangat terjangkau yaitu Rp. 15.000,- setiap orang dan harus membayar tiket parkir kendaraan Rp. 4.000,- untuk roda dua, dan Rp. 15.000,- untuk roda empat.

Pantai Indrayanti Jogja
IG @malioborotour.id

Obyek Wisata di Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

Harga tiket tersebut bukan hanya harga untuk masuk ke kawasan Indrayanti saja, namun kamu sudah dapat mengakses seluruh pantai di daerah Gunungkidul, Wonosari tersebut yang sejalur dengan pantai Indrayanti. Hanya dengan membayar Rp 15.000, kamu dapat berkeliling seluruh area Desa Tepus, Kec. Tepus, Gunungkidul ini.

Beberapa destinasi wisata pantai yang dapat dikunjungi dan masih dalam satu Kawasan dengan Pantai Indrayanti:

1. Pantai Sepanjang

2. Pantai Ngandong

3. Pantai Sundak

4. Pantai Sadranan

5. Pantai Omadeng

6. Pantai Drini

7. Pantai Jogan

8. Pantai Jungwok

9. Pantai Nglambor

10. Pantai Greweng

11. Pantai Gesing

12. Pantai Pok Tunggal

Masing-masing pantai yang berada di kawasan Gunungkidul ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Biasanya para wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai di Gunungkidul tidak cukup untuk mengunjungi satu pantai saja. Misalnya dalam satu hari wisatawan bisa berkeliling ke tiga pantai atau bahkan empat pantai dan mencari pantai yang saling berdekatan.

Pantai Indrayanti Jogja
IG @indrayantibeach

Seperti dari Pantai Indrayanti, wisatawan dapat berkunjung ke pantai Sadranan yang sama-sama terletak di area Timur dari Gunungkidul. Disana selain dimanfaatkan untuk snorkeling, Pantai Sadranan juga bisa digunakan untuk melihat momen tradisi tahunan yaitu Nyadran. Namun jika kamu adalah wisatawan yang ingin memilih pantai yang memiliki segudang fasilitas, kamu wajib berkunjung ke Pantai Indrayanti.

Fasilitas Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

Pantai di pesisir selatan kabupaten Gunungkidul ini membentang dari timur ke barat dan salah satu destinasi yang selalu nampak ramai oleh wisatawan domestik maupun mancanegara adalah pantai Indrayanti. Pantai pasir putih ini terkenal akan kebersihannya dan juga kelengkapan fasilitas yang dimilikinya. Adapun fasilitas yang ada di Pantai Indrayanti antara lain:

1. Payung Di Bibir Pantai

Di Pantai Indrayanti kamu dapat menyewa sebuah payung pantai lengkap dengan alasnya hanya sekitar Rp. 20.000. Biasanya payung pantai dipasang di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan, suara deru ombak dan menikmati kelapa muda yang segar.

2. Jet Sky

Bagi kamu yang memiliki adrenalin maka wajib mencoba bermain jet sky, kamu dapat memanfaatkan jasa persewaan motor jet sky seharga Rp. 250.000 kepada pengelola pantai dan bermain selama 30 menit.

3. Wahana Permainan Anak

Pantai indrayanti memiliki fasilitas untuk anak, hal ini diberikan oleh pihak pengelola pantai untuk mengantisipasi anak-anak yang rentan dengan kebosanan dan tidak bisa bermain di bibir pantai. Jadi bagi kamu yang hendak datang berlibur bersama buah hati jangan khawatir, karena di Pantai Indrayanti menyediakan banyak fasilitas yang membuat wisatawan betah disana.

4. Gazebo

di Pantai Pulangsawal ini kamu dapat menyewa gazebo harganya kisaran Rp. 30.000 yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul dengan kerabat, keluarga, maupun teman-teman sambil menikmati keindahan pantai dengan cemilan yang dibawa atau membeli di sekitar kawasan pantai.

5. Mushola

Disana juga disediakan fasilitas Mushola untuk beribadah sholat bagi pengunjung muslim yang nyaman.

6. Toilet

Harga penggunaan toilet untuk buang air kecil dan berganti pakaian Rp 2.000,- dan Rp 5.000,- untuk buang air besar dan mandi.

Pantai Indrayanti Jogja
IG @paketoutboundjogja

Kuliner Pantai Indrayanti Gunungkidul Jogja

Bagi pengunjung yang tidak sempat membawa bekal makanan, jangan khawatir karena di kawasan Pantai Indrayanti memiliki berbagai jajaran kuliner dari café hingga resto yang bisa dijadikan pilihan. Harganya pun cukup bersahabat, mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 100.000 tentunya tergantung menu yang akan kamu pilih. Menu yang ditawarkan bukan hanya olahan laut saja, namun juga makanan lokal seperti nasi goreng, soto, penyetan, dan masih banyak lagi.

Pantai ini memiliki label pantai sejuta fasilitas oleh para pengunjung, terlebih lagi pengunjung yang sudah seringkali bertandang ke Pantai Indrayanti. Disana juga seringkali dimanfaatkan untuk memburu sunset atau matahari tenggelam.

Semakin bertambahnya tahun, semakin banyak perubahan yang diberikan oleh pengelola Pantai Indrayanti ini. Saat ini terobosan baru yang diberikan adalah dengan adanya homestay di depan area pantai. Jumlah homestay dari bambu yang ada saat ini hanya sekitar 6-7 jumlahnya, dan biasanya ini dimanfaatkan oleh beberapa keluarga yang hendak menginap.

Pantai Pulangsawal Jogja
IG @baron_sarlinmas

Jadi bagi kamu yang datang dari luar kota dan membawa keluarga atau kerabat, tidak perlu mencari penginapan di luar area pantai, cukup reservasi homestay di depan pantai saja. Namun, pemesanan homestay ini sebisa mungkin juga jangan mendadak, karena untuk mengantisipasi apabila sudah dipesan oleh orang lain.

Selain berbagai fasilitas yang diberikan, Pantai Indrayanti juga memiliki suatu peraturan yang unik dan dijamin tidak dimiliki oleh tempat wisata yang lain. Peraturan tersebut berupa tidak boleh membuang sampah sembarangan di area pantai, laut, maupun resto yang berada di satu kawasan. Disana akan banyak pengelola pantai yang berlalu lalang, dan apabila kamu terlihat membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda Rp. 10.000.

Peraturan ini dibuat oleh pengelola pantai setempat untuk mengantisipasi agar wisatawan juga dapat dengan bijak menjaga kebersihan pantai dan keindahan pantai. Hal ini juga dilakukan agar semua merasa nyaman, baik pengelola maupun wisatawan agar sama-sama mendapatkan haknya. Jadi, selamat menikmati liburan dan tetap menjaga keindahan alam pantai kita ya!

Jogjaday.com ~ Demikian ulasan tim Jogja day mengenai wisata pantai Gunungkidul yang hits dengan kelengkapan fasilitas juga keindahannya di bibir pantai. Wisata pantai Indrayanti Jogja atau dikenal juga dengan nama Pantai Pulang Sawal dapat kamu nikmati ketika berkunjung di Kota Jogja bersama teman, keluarga juga rekan kerja. Jika kamu sedang berlibur di Jogja maka sempatkan untuk mengunjungi pantai indah ini yaa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*