Omah Petruk Kaliurang Jogja: Lokasi Dan Tiket Masuk

Omah Petruk ~ Omah Petruk Kaliurang merupakan rumah budaya yang berisikan ratusan patung dengan berbagai budaya. Omah Petruk Jogja ini dibangun oleh RM. Sindhunata. Kamu akan menemukan banyak patung-patung dengan berbagai jenis yang dibuat oleh seniman Kota Jogja dan dipamerkan di Omah Petruk Kaliurang ini.

(Baca Juga: Hotel, Resort Dan Convention Center Yang Ada Di Kaliurang Yogyakarta)

Alamat Omah petruk kaliurang Jogja
www.achmadmuttohar.web.id

Adapun jenis patung yang ada di Omah Petruk Kaliurang antara lain patung banteng dari lempengan besi, patung ganesha, patung anak-anak kecil yang sedang menyusu sapi, patung wayang dan lainnya. Patung-patung tersebut tersebar diseluruh area omah petruk. Dan bagi kamu yang suka fotografi dapat menjadikannya latar untuk berfoto ria yang pastiya Instagramable.

(Baca Juga: Menginap Di Omah Jawi Kaliurang Yogyakarta)

Omah Petruk Kaliurang Jogja
IG @alb_himanovic_kurniawan

Keunikan dari omah petruk ini berada pada tempat yang tersembunyi dengan latar pepohonan besar dan pohon bambu yang lebat. Berdiri di kawasan Lereng Gunung Merapi menjadikan udara di Omah Petruk ini sejuk dan segar, sehingga kamu akan bertah untuk berlama-lama disini.

(Baca Juga: Wisata Kuliner Khas Dan Lezat Di Kaliurang Yogyakarta)

Tempatnya yang luas terdiri dari beberapa galery, rumah joglo dan penginapan. Tempat ini sering digunakan untuk kegiatan retret, outbound, seminar, pelatian, training dan lainnya. Pada rumah joglo Omah Petruk Kaliurang juga sering digunakan sebagai latar penas seni dan budaya seperti tari, wayang, drama, gamelan, dan lainnya.

Omah Petruk Kaliurang Jogja
IG @erwinoctavianto

Omah Petruk berada di Karang Kletak, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 500m ke arah selatan dari Museum Gunung Merapi. Letaknya yang berada di kawasan kaliurang ini menyebabkan udara terasa sejuk, apalagi dengan pohon-pohon bambu yang rindang.

Terdapat patung Mbok Turah. Ia adalah legenda perempuan di kaki Gunung Merapi yang memberi kita tafsir kasih sayang seorang ibu yang tak berbatas. Patung Mbok Turah bisa ditemukan di Omah Petruk Kaliurang Jogja. Tentunya sangat menarik bukan?

Omah Petruk Kaliurang Jogja
IG @archivejogja

Lokasi Omah Petruk Kaliurang ini luas dan dapat digunakan kegiatan outdoor. Di omah petruk juga terdapat fasilitas umum yang lengkap seperti, toilet, mushola, warung makan, warung merchandise dan lahan parkir yang luas.

Pada bagian tengah Omah Petruk Kaliurang Jogja terdapat kolam renang yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk berenang. meskipun kolam renangnya relatif kecil namun menjadi pegalaman yang menarik bagi pengunjung dapat menikmati udara yang sejuk dan segar dengan berenang di tempat ini.

Omah Petruk Kaliurang Johja
IG @skynine12

Untuk pengunjung yang ingin singgah di omah petruk tidak dikenakan biaya, namun untuk mengadakan kegiatan indoor maupun outdoor disini dapat menghubungi pihak pengelola omah petruk setempat.

(Baca Juga: Cafe Dan Tempat Nongkrong Paling Hitz Di Kaliurang Jogja)

Fasilitas Di Omah Petruk Kaliurang Jogja

1. Joglo

2. Kolam renang

3. Mushola

2. Toilet umum

3. Warung makan

4. Warung merchandise

5. Lahan parkir luas

6. Galery

Rute Menuju Lokasi Omah Petruk Kaliurang Jogja

Lokasi Omah Petruk Kaliurang Jogja ini berada di Desa Karang Kletak, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya sekitar 500m ke arah selatan dari Museum Gunung Merapi.

Letaknya yang berada di kawasan kaliurang ini menyebabkan udara terasa sejuk, apalagi dengan pohon-pohon bambu yang rindang.

Alamat Omah petruk kaliurang Jogja
www.achmadmuttohar.web.id

Dari Tugu Jogja

Dari pusat kota Yogyakarta yaitu tugu Jogja, Omah Petruk Kaliurang Jogja ini berjarak kurang lebih 20 km dan dapat di tempuh dengan 40 menit dengan kendaraan pribadi.

Dari Tugu Jogja > ke utara menyusuri jalan AM Sangaji > lurus lagi ke jalan Monjali > belok kanan ke timur menyusuri ringroad utara > lalu belok kiri ke utara menyusuri jalan kaliurang > tiba dijalan kaliurang lurus hingga km. 20 dan temukan pertigaan dengan papan petunjuk museum gunung merapi ambil arah kiri > setelah menemukan perempatan anda belok kanan dan tempat wisata ini berada di kiri jalan ada plakat Omah Petruk > ikuti dan sampai di Omah Petruk Kaliurang Jogja

Dari Bandara Adisucipto

Dari Bandara Adisucipto > kearah barat menuju ringroad timur > lampu merah ambil kanan menyusuri ringroad timur > lurus terus hingga perempatan menuju jalan kaliurang > tiba dijalan kaliurang lurus hingga km. 20 dan temukan pertigaan dengan papan petunjuk museum gunung merapi ambil arah kiri > setelah menemukan perempatan anda belok kanan dan tempat wisata ini berada di kiri jalan ada plakat Omah Petruk > ikuti dan sampai di Omah Petruk

(Baca Juga: Menginap Di Sambi Resort Kaliurang Yogyakarta, Resort Klasik Modern Di Lereng Gunung Merapi)

Lokasi Omah Petruk Kaliurang Jogja

Desa Karang Kletak, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Omah Petruk Kaliurang Jogja

Harga Tiket Masuk: Free

Buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00

(namun jika ingin mengadakan kegiatan dan menggunkan fasilitas omah petruk kaliurang dapat menghubungi pihak manajemen)

Kontak:

Telp. (0274)546811

Handphone. 0857-4247-2038, 0818-0320-4809

(Baca Juga: Taman Rekreasi Kaliurang Jogja, Berbagai Wahana Permainan Anak)

JogjaDay.com ~ Demikian ulasan tim JogjaDay tentang Omah Petruk yang berada di Lereng Gunung Merapi, Kaliurang Jogja. Jika kamu membutuhkan tempat untuk menginap atau mengadakan acara seperti outbound dan training, Omah Petruk dapat menjadi alternatif pilihan untuk kamu. Dengan kelengkapan fasilitas yang ada Omah Petruk Jogja ramai oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

5/5 (2)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*