15 Oleh Oleh Khas Wonosobo Paling Populer, Tahan Lama & Murah Meriah

Oleh Oleh Khas Wonosobo ~ Berikut ini adalah rekomendasi oleh oleh khas Wonosobo populer, tahan lama dan murah meriah yang bisa kamu jadikan buah tangan untuk keluarga, sahabat hingga rekan kerja di rumah. Oleh oleh makanan khas Wonosobo seperti carica, tempe kemul khas dieng dan camilan lainnya hingga aksesoris banyak dijual di pusat oleh oleh yang ada di dataran tinggi dieng Wonosobo.

Jika kamu berwisata di Wonosobo khususnya dieng belum lengkap rasanya jika tidak membawa oleh oleh khas daerah Wonosobo ini. Kabupaten Wonosobo sering disebut dengan Kota Bunga, wisata yang ada di Kabupaten Wonosobo sangatlah beragam dan terkenal. Berada di provinsi Jawa Tengah, kabupaten ini selain memiliki potensi wisata yang banyak juga memiliki variasi oleh oleh khas yang populer dan layak untuk kamu bawa pulang. Apa saja oleh oleh khas Wonosobo yang bisa kamu jadikan buah tangan? simak sampai habis artikel ini.

Jika kamu sedang berwisata ke Wonosobo jangan lupa untuk sempatkan diri membeli oleh oleh dan buah tangan bagi keluarga dirumah. Tak perlu bingung untuk memilih oleh oleh yang mau dibawa pulang, berikut ini tim jogjaday akan membahas daftar oleh oleh favorit dan terkenal yang ada di Kabupaten Wonosobo.

“Baca Juga: 28 Oleh Oleh Khas Bandung Terkenal, Enak & Murah Meriah

Oleh Oleh Makanan Khas Dieng Wonosobo Enak, Terkenal & Murah Meriah

Kawasan Dieng Wonosobo yang sejuk dan segar karena berada di area pegunungan menyimpan begitu banyak makanan khas yang dapat kamu jadikan oleh oleh khas Wonosobo bagi keluarga dirumah. Berikut ini adalah daftar rekomendasi oleh oleh makanan khas Wonosobo yang bisa kamu bawa pulang untuk sahabat, atau keluarga yang ada di rumah.

1. Oleh Oleh Carica Wonosobo Dieng

Carica Wonosobo
Carica Wonosobo foto: instagram.com/batiknaira

Oleh oleh khas Wonosobo populer yang pertama adalah Carica. Salah satu destinasi wisata di Wonosobo adalah dataran tinggi dieng, di kawasan dieng ada buah khas yang wajib kamu bawa pulang, yaitu carica. Produk asli dieng ini bentunya mirip dengan buah pepaya. Buah ini diolah warga sekitar menjadi aneka macam makanan dan minuman seperti manisan hingga sirup.

2. Terong Belanda Wonosobo

Terong Belanda Wonosobo
Terong Belanda foto: instagram.com/gamsaorganic

Dataran tinggi dieng menyimpan potensi alam yang cocok digunakan untuk menanam aneka sayuran dan buah buahan. Salah satu buah buahan yang cocok dijadikan oleh oleh khas Wonosobo adalah terong belanda. Masyarakat dieng pun sadar akan potensi buah ini dan mengolahnya menjadi beragam produk, menjadi manisan dan sirup. Kamu juga bisa membawa pulang terong belanda secara mentah dan mengolahnya dirumah, terong ini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan.

3. Sagon Wonosobo

Sagon Wonosobo
Sagon Wonosobo foto by instagram.com/wonosobozone

Salah satu oleh oleh makanan tradisonal khas Wonosobo yang tak boleh terlewatkan adalah Sagon Wonosobo. Sagon bisa kamu jadikan oleh oleh khas Wonosobo. Kuliner enak ini terbuat dari olehan tepung sagu yang dipadu dengan parutan kelapa dan gula. Sagon dimasak dengan cara dibakar, dengan rasa yang legit dan nikmat ini maka layak sebagai buah tangan keluarga, rekan kerja atau sahabat yang ada dirumah.

Kuiner tradisional ini biasanya berbentuk bulat dan tebal, dengan aroma khas yang wangi menjadikan sagon selalu diburu wisatawan yang sedang berkunjung ke Wonosobo. Kamu dapat membelinya dipusat oleh oleh Wonosobo ataupun ditempat wisata tertentu.

4. Purwaceng Wonosobo

Purwaceng Wonosobo
Purwaceng foto by instagram.com/jalanjajan_minho

Kawasan tinggi Dieng yang memiliki udara sejuk dan segar menjadikan lahan dan tanah disini memiliki kelembaban udara juga kultur yang cocok untuk ditanami berbagai tanaman. Salah satu tanaman herbal yang dibudayakan di Wonosobo adalah Purwaceng. Teh Purwaceng dapat kamu bawa pulang sebagai oleh oleh khas Wonosobo.

Tanaman obat dan herbal ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi olahan yang berkhasiat. Salah satunya minuman, Purwaceng memiliki banyak khasiat, salah satu manfaatnya adalah menghangatkan tubuh dan menghilangkan pegal pegal. Purwaceng dapat menjadi oleh oleh yang berkhasiat bagi orang rumah.

5. Keripik Jamur Wonosobo

Keripik Jamur Wonosobo
Kripik Jamur Wonosobo foto by www.tokopedia.com

Salah satu camilan yang dapat kamu jadikan oleh oleh khas Wonosobo adalah olahan jamur. Wonosobo merupakan daerah penghasil jamur yang terkenal, di kawasan dieng kamu akan menemukan banyak olahan dan industri rumahan yang memproduksi jamur. Jamur yang dari Wonosobo ini berbeda dengan kota kota lain dan layak kamu jadikan buah tangan.

6. Sego Megono Khas Wonosobo

Nasi Menggono
Sego Megono foto by instagram.com/detikfood

Jika kamu berkunjung ke kawasan Wonosobo maka jangan lewatkan untuk mencicipi sego megono khas Wonosobo. Sego dalam bahasa indonesia berarti nasi. Olahan kuliner sego megono terdiri dari nasi, sayuran dan ikan teri, sering disebut juga sego reged yang berarti nasi kotor.

Sego Megono dapat kamu nikmati bersama camilan lain seperti kerupuk, tempe kemul dan secangkir teh hangat. Sayuran pelengka sego megono ini biasanya diisi irisan daging atau ikan teri kecil, nikmat bukan?

7. Mi Ongklok Wonosobo

Mi Ongklok Wonosobo
Mi Ongklok Wonosobo foto by instagram.com/rizky_sarbini

Bagi kamu pecinta kuliner mi, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner mi ongklok khas Wonosobo ini. Kuliner mi yang di setiap daerah ada memiliki rasa dan kekhasan sendiri sendiri, tak terkecuali dengan mi ongklok ini. Kamu juga bisa membawa pulang kuliner mi ongklok ini dengan membeli mi ongklok mentah yang dapat kamu bawa secara praktis sebagai oleh oleh khas Wonosobo.

8. Kacang Dieng Wonosobo

Kacang Dieng Wonosobo
Kacang Dieng foto by instagram.com/vensentiamonica

Oleh oleh kacang khas Wonosobo menjadi kuliner yang tak pernah terlewatkan untuk dijadikan buah tangan. Jika kamu sedang berwisata di Wonosobo sempatkan untuk membeli oleh oleh kacang khas Wonosobo ini. Kuliner kacang Wonosobo terdiri dari berbagai jenis yang dapat kamu jadikan buah tangan.

Selain makanan kacang kering, kamu juga dapat membelinya mentah dan menggoreng sendiri dirumah. Camilan yang tahan lama ini tentunya cocok dijadikan oleh oleh dan tentunya enak juga gurih.

9. Opak Singkong Khas Wonosobo

Opak Singkong Wonosobo
Opak Singkong Wonosobo foto by instagram.com/sucifarhatif_raf

Opak Singkong Wonosobo adalah kuliner camilan khas Wonosobo yang cocok dijadikan oleh oleh khas daerah Wonosobo. Opak Singkong adalah olehan kerupuk tradisional yang dicampur dengan topping gula, garam dan rempah rempah. Bagi kamu yang menginginkan opak sebagai buah tangan maka jogja day merekomendasikan untuk memesannya dengan dimasak setengah matang.

10. Dendeng Gepuk Wonosobo

Dendeng Gepuk Wonosobo
Dendeng Gepuk Wonosobo foto by instagram.com/khaifa_shop

Oleh oleh berupa kuliner enak khas Wonosobo yang bisa kamu cicipi adalah dendeng gepuk. Olahan makanan yang terbuat dari daging sapi pilihan ini akan membuatmu kenyang. Makanan ini dapat kamu santap dengan nasi hangat dilengkapi sambal bajak. Terbayang kan betapa lezatnya.

11. Geblek Khas Wonosobo

Geblek Wonosobo
Geblek Wonosobo foto by instagram.com/less_tari

Camilan khas Wonosobo yang dapat kamu jadikan oleh oleh ini adalah geblek. Kuliner tradisional yang masih diburu banyak wisatawan ini dapat kamu nikmati, dengan tekstur yang cenderung alot di lidah, namun akan membuat kamu ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

12. Tempe Kemul Khas Wonosobo

Tempe Kemul Wonosobo
Tempe Kemul Wonosobo foto by instagram.com/jajanananakdesa

Camilan yang bisa kamu jadikan oleh oleh saat berwisata di Wonosobo adalah tempe kemul. Gorengan unik dengan rasa lezat ini terdiri dari tempe yang dibalut tepung yang kaya akan rempah rempah. Renyah dan gurihnya tempe khas wonosobo dapat kamu jadikan buah tangan dan camilan keluarga, rekan kerja atu sahabat dirumah.

13. Teh Tambi Wonosobo

Teh Tambi Wonosobo
Teh Tambi foto by instagram.com/teh_hijauasli

Oleh oleh teh tembi khas Wonosobo bisa kamu bawa pulang. Dataran tinggi dieng yang subur banyak ditanami aneka buah buahan juga teh. Salah satu produk dataran tinggi dieng ini adalah teh tambi, teh yang ditanam pada ketinggian 4.500 kaki diatas permukaan laut ini memiliki rasa yang khas dan cocok kamu jadikan oleh oleh juga buah tangan dirumah.

14. Kue Pepe Wonosobo

Kue Pepe Wonosobo
Kue Pepe Wonosobo foto by instagram.com/vv_luv_eat

Kue lapis legit khas Wonosobo yang bisa kamu jadikan buah tangan keluarga dirumah bernama kue pepe. Kue ini tak hanya dapat kamu nikmati di hari raya saja namun kamu dapat memperolehnya di Wonosobo. Tekstur kenyal dengan rasa manis akan memanjakan lidahmu. Jadi jika kamu sedang berwisata ke Wonosobo pastikan untuk membeli kue pepe sebagai oleh oleh khas Wonosobo yaa.

15. Oleh Oleh Cenil Khas Wonosobo

Cenil Wonosobo
Cenil Wonosobo foto by instagram.com/makan.halall

Kuliner tradisional yang bisa kamu jadikan buah tangan adalah cenil. Camilan ini tergolong makanan yang merakyat dengan harga yang relatif murah. Dengan rasa manis legit juga taburan kelapa parut akan menjadikanmu ketagihan untuk mencobanya lagi. Warna warni khas kuliner cenil ini juga sangat menarik.

Pusat Membeli Oleh Oleh Di Dieng Wonosobo

Berikut ini adalah pusat tempat membeli oleh oleh di Wonosobo Dieng. Wisata di wonosobo sangat beragam, mulai dari telaga warna, candi arjuna, hingga gunung prau. Terletak di kawasan tinggi dieng wisata yang ditawarkan daerah ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Jika kamu berwisata ke Wonosobo, jangan lupa untuk membawa pulang oleh oleh khas Wonosobo sebagai buah tangan untuk keluarga, rekan kerja atau sahabat yang ada di rumah.

1. Toko Cendawan Mas II Wonosobo

Toko Cendana Wonosobo
Toko Cendawan foto: www.kaskus.com

Toko Cendawan Mas bisa menjadi referensi untuk mencari oleh oleh khas Wonosobo. Banyak oleh oleh berupa makanan juga pernak pernik khas wonosobo yang dijual disini. Saat akhir pekan atau libur panjang, toko Cendawan Mas selalu dipenuhi wisatawan dari luar daerah yang berkunjung ke Wonosobo.

Alamat Toko Oleh Oleh Cendawan Mas II berada di jalan A. Yani No. 5, Wonosobo

2. Toko Tiga Putri Wonosobo

Toko Tiga Putri Wonosobo
Toko Tiga Puteri foto: www.wordpress.com

ALternatif lain untuk berbelanja membeli oleh oleh khas Wonosobo lainnya adalah Toko Tiga Puteri. Di toko ini kamu dapat menemui aneka macam olahan masyarakat wonosobo seperti carica, kacang dieng, keripik jamur hingga opak dan rengginang. Berbagai olahan makanan yang dijual ini enak dan lengkap.

Alamat Toko Tiga Puteri berada di Jalan Raya Kertek-Wonosobo No. 45 Kertek, Wonosobo

3. Toko Bintang Wonosobo

Toko Oleh Oleh Bintang Wonosobo
Toko Bintang foto: instagram.com/triptrus

Toko Bintang Wonosobo menyediakan beragam jenis jajanan dan olahan makanan khas Wonosobo. Toko oleh oleh ini selalu ramai disinggahi wisatawan dalam dan luar daerah. Bagi kamu yang sedang berwisata di kawasan dieng Wonosobo semapatkan untuk berbelanja di toko bintang, karena toko oleh oleh ini cukup lengkap.

Alamat Toko Bintang berada di Jalan raya Kertek Wonosobo No. 33 Kertek, Wonosobo

4. Toko Candi Dieng Wonosobo

Toko Oleh Oleh Tiga Candi Wonosobo
Toko Candi Dieng foto: instagram.com/triptrus

Toko Candi Dieng merupakan toko oleh oleh yang sudah lama berdiri dan telah dikenal banyak wisatawan. Toko ini terbilang cukup lengkap yang menjajakan keripik jamur, carica, kacang Dieng, gerubi, keripik kentang, keripik tahu, teh tambi serta purwaceng dan jajanan khas lainnya.

Alamat Toko Oleh Oleh Candi Dieng berada di Jalan Sambek No. 427, Wonosobo

5. Toko Oleh Oleh Amalia Wonosobo

Toko Oleh Oleh Amelia WOnosobo
Toko Amalia foto: instagram.com/java-holidays

Jika kamu menginginkan untuk berbelanja di toko oleh oleh yang lengkap dengan harga relatif murah maka singgah ke Toko Oleh oleh Amalia. Toko ini merupakan salah satu grosir oleh oleh khas Wonosobo dengan harga terjangkau dan melayani pembelian dalam porsi banyak.

Toko Oleh Oleh Amalia berada di Jalan raya Kertek km 1, Jambusari, Kertek, Wonosobo

6. Toko Cendana Wonosobo

Toko Cendana Wonosobo
Toko Cendana foto: www.kaskus.com

Toko Cendana Wonosobo merupakan toko oleh oleh yang lengkap menyediakan aneka macam minuman dan makanan olahan dari masyarakat wonosobo. Toko oleh oleh ini menjual lengkap, jadi jika sedang berwisata di kawasan Wonosobo sempatkan untuk singgah membeli oleh oleh disini yaa.

Alamat Toko Cendana berada di Jalan Kauman, Wonosobo

7. Rumah Karamel Wonosobo

Rumah Karamel Wonosobo
Rumah Karamel foto: www.seputarwonosobo.com

Bagi kamu yang berwisata di daerah Dieng tak perlu ragu untuk membeli oleh oleh khas Wonosobo di Rumah Karamel. Tak hanya menjual aneka olahan karamel, seperti karamel singkong, karamel cokelat yang lezat. Aneka oleh oleh berupa makanan dan minuman khas Dieng dapat kamu temukan disini.

8. Toko Agripina Wonosobo

Toko Agripina Wonosobo
Toko Agripina foto: instagram.com/tokopedia

Kawasan tinggi dieng yang subur menjadikannya sangat cocok untuk menanam dan budidaya aneka buah dan sayuran. Aneka macam olahan makanan dan minuman khas dieng dapat kamu nikmati di Toko Oleh Oleh Agripina. Aneka oleh oleh ini dijual lengkap, dengan packing yang apik dan hiegenis. Disini kamu dapat membeli langsung dari produsennya.

Alamat Toko Oleh Oleh Agripina berada di Jalan raya Bismo No. 77 Sumberan Utara, Wonosobo.

“Baca Juga: 30 Oleh Oleh Khas Jakarta Betawi Terkenal, Enak & Murah Meriah

Jogjaday.com ~ Kawasan tinggi dieng memiliki lahan yang subur sehingga cocok untuk menanam aneka buah dan sayuran. Olahan makanan dan minuman yang beragam hasil dari alam, dijual dan cocok untuk dijadikan oleh oleh juga buah tangan bagi keluarga dirumah. Bagi kamu yang sedang berwisata di kawasan wonosobo sempatkan untuk membeli oleh oleh khas Wonosobo ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!