21 Oleh Oleh Khas Semarang Paling Enak Dan Wajib Kamu Bawa Pulang

Lumpia menjadi makanan khas Semarang, bahkan disebut sebut kota asal dan pertama membuat lunpia adalah kota semarang. Memang lumpia sudah banyak dijual pada berbagai wilayah, namun tidak ada salahnya membeli lumpia di kota asalnya bukan?

Kuliner lunpia Semarang biasanya terdiri dari dua jenis yaitu lumpia goreng dan lumpia basah, adapun isiannya juga beragam mulai dari rebung, telur, daging ayam hingga udang. Jangan lupa untuk menambahkan saus, cabe rawit, bawang dan acar untuk tambahannya.

Untuk dapat membeli lumpia khas Semarang kamu bisa menemukan di pusat oleh oleh khas Semarang, Agrowisata Semarang hingga berderet toko dan kedai pinggir jalan. Namun ada beberapa lumpia yang rekomended untuk dibawa pulang karena rasanya yang enak. Berikut ini adalah lumpia paling enak dan terkenal di Semarang:

1. Lunpia Gang Lombok

Lunpia Gang Lombok Semarang
IG @bushidocover

Lunpia legendaris dan paling tua di Semarang ini bernama lunpia gang lombok. Sudah turun temurun hingga generasi ketiga lunpia Gang Lombok menyediakan oleh oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Warung makan ini berada di Jalan Gang Lombok No 11 dekat dengan Klenteng Tay Kak Sie, yang berlokasi di sekitaran Pasar Johar Semarang. Kedai ini tidak buka cabang. Tersedia dua jenis lunpia gang lombok, yaitu basah dan goreng. Harga untuk satu lumpia Gang Lombok Rp. 12.000.

2. Lunpia Mbak Lien

Lunpia Mbak Lien Semarang
IG @chelsiasantiago

Lumpia enak khas Semarang selanjutnya adalah lunpia mbak lien warung makan ini berada di Jalan Pemuda Gang Grajen No 1 Bangunharjo atau sebrang Sri Ratu Pemuda. Dengan isian yang beragam mulai dari daging ayam, telur, udahng, dan rebung kamu dapat memilih sesuai seleramu. Dengan suasana kedai yang nyaman kamu juga betah untuk berlama lama disini. Harga satu porsi lunpia mbak lien adalah Rp. 11.000-Rp. 13.000.

3. Lunpia Mataram (Lunpia Kp. Baris 501)

Lunpia Mataram Semarang
IG @lunpiakpbaris

Oleh oleh lumpia khas Semarang banyak ditemukan di jalan mataram. Salah satu yang paling enak dan legendaris adalah lumpia mataram depan toko roti sanitas. Berlokasi di Jalan MT Haryono No 5333 A. Kedai ini merupakan kedai legendaris yang terlah berjualan sejak 1988. Harga satu porsi lunpia basah atau lunpia goreng bisa kamu nikmati dengan Rp. 13.000.

4. Lunpia Delight Cik Me Me

Lunpia Cik Meme Semarang
IG @christinaenggar

Lunpia khas Semarang yang sedang hits dan banyak dijadikan oleh oleh adalah lunpia Delight. Alamatnya berada di Jalan Gajahmada No 107. Lunpia Delight memiliki beragam varian isian menu diantaranya isian jamur, daging kepiting, ikan kakap hingga daging kambing dan sapi. Dengan design ruangan tempat makan yang nyaman kamu akan betah untuk berlama-lama di kedai ini. Satu porsi lunpia Delight dihargai dengan Rp 8.000 – Rp. 20.000.

5. Lunpia Express

Lunpia Express Semarang
IG @lunpia_express

Oleh oleh lunpia khas Semarang yang hits dan banyak dicari wisatawan adalah lunpia Express. Kedai yang telah berinovasi dengan banyaknya varian menu lunpia, diantaranya lunpia basah dan lunpia goreng dengan menu plain, original dan crab. Kamu dapat menambahkan saus lunpia yang telah disediakan. Kedai ini juga menyediakan tempat untuk makan yang nyaman.  Untuk satu porsi lunpia Express dihargai dengan Rp. 7.000 – Rp. 20.000.

6. Lunpia Amoy

Lunpia Amoy Semarang
IG @lumpia_amoy

Lunpia menjadi oleh oleh khas Semarang yang selalu dicari. Salah satu yang terus berkembang adalah lumpia Amoy, kedai ini dahulunya berjualan menggunakan gerobak dan kini telah menyewa ruko untuk berjualan. Dengan varian menu yang banyak lumpia ini juga menyediakan menu isian lumpia campuran seperti, daging ayam, rebung dan udang. Lumpia Amoy berlokasi di Jalan Jagalan No 95 A, kamu dapat menikmati satu porsi lumpia Amoy dengan harga Rp. 8.000 – Rp. 15.000.

Oleh Oleh Khas Semarang Terkenal

Semarang menjadi destinasi pilihan untuk berwisata yang seru. Terdapat tempat wisata yang selalu ramai seperti Lawang Sewu, Sam Poo Kong, dan Maerokoco. Setelah seharian berwisata jangan sampai lupa untuk membeli oleh oleh khas Semarang untuk sanak keluarga, handai taulan dan rekan kerja yang ada di kota asal. Berikut ini adalah oleh oleh khas Semarang yang dapat kamu bawa pulang.

1. Bandeng Presto

Bandeng Semarang
IG @yedijacollection

Oleh Oleh khas Semarang yang wajib kamu bawa pulang adalah bandeng presto. Ada beberapa olah menu bandeng yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan seperti, bandeng duri lunak, bandeng asap dan otak otak bandeng. Lokasi oleh oleh bandeng ini banyak ditemukan di Jalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih 70. Dengan harga yang cukup bervariatif antara Rp. 50.000/kilonya kamu juga dapat menikmati olahan bandeng untuk dimakan di tempat.

2. Wingko Babat

Wingko Babat Semarang
IG @wingkobabat_clg

Wingko Babat bukan hanya milik oleh oleh Jogja. Di Semarang kamu juga dapat membeli wingko babat sebagai oleh oleh khas Semarang yang dapat kamu bawa pulang. Terbuat dari kelapa dan campuran tepung beras juga gula. Oleh oleh yang legit ini dapat memanjakan lidahmu. Oleh oleh ini dapat kamu temukan di pusat penjualan oleh oleh khas Semarang ataupun di Jalan Cendrawasih 14, Semarang. Satu porsi Wingko Babat dihargai dengan Rp. 8. 000 – Rp. 10.000.

3. Tahu Bakso

Tahu Bakso Semarang
IG @bandengprestosemarang

Kuliner khas Semarang yang dapat kamu jadikan buah tangan untuk keluarga yang ada dirumah adalah tahu bakso. Tahu Bakso khas Semarang dapat kamu temukan di pusat oleh oleh Semarang hingga jalanan pinggir jalan. Ada dua jenis tahu bakso khas semarang, yaitu bakso rebus dan bakso goreng. Kamu dapat menikmatinya dengan cabai rawit atau dengan sausnya. Dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 10.000/porsi, oleh oleh ini dapat menjadi camilan yang mengenyangkan.

4. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel Semarang
IG @iamfiaaw

Kuliner khas Semarang yang dapat menjadi buah tangan bagi orang rumah adalah roti ganjel rel. Rote khas Semarnag ini adalah camilan yang terbuat dari tepung tapioka, kayu manis, air santan dengan taburan wijen. Teksturnya yang berwarna cokelat dengan taburan wijen dan berbentuk seperti bantalan rel kereta api, menyebabkan roti khas Semarang ini dinaman Roti Ganjel Rel. Dengan harga yang bervariatif kamu dapat membawa pulang Roti ini di Pusat oleh oleh yang ada di Semarang.

5. Mochi / Moaci Gemini

Mochi Gemini Semarang
IG @moacigeminisemarang

Kuliner yang dapat menjadi oleh oleh khas Semarang selanjutny adalah kue Maochi. Kue ini terkenal di Bandung, namun di Kota Semarang kamu dapat menemukannya dengan mudah dan dapat menjadi buah tangan bagi kelurga yang ada di rumah. Kue Mochi terbuat dari tepung ketan yang ada beragam varian isi seperti kacang cincang, gula, dan cokelat yang dibalut wijen. Camilan kue mochi khas Semarang dapat kamu temukan di pusat oleh oleh, agrowisata dan jalanan besar di Semarang. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 40.000 per dus isi 25 biji.

6. Tumpi

Tumpi Semarang
IG @nurmautariblog

Bagi yang suka dengan kuliner renyah, di Semarang kamu dapat membeli Tumpi. Sekilas kuliner ini mirip dengan peyek. Dengan rasa yang renyah dan gurih, camilan ini dapat kamu beli di pusat oleh oleh, jalanan hingga pasar yang ada di Semarang. Dengan harga yang terjangkau sekitar Rp. 7.000/bungkus, kuliner ini dapat bertahan cukup lama. Namun tetap jangan lupa untuk mengecek sitiap oleh oleh yang dibeli tanggal expirednya.

7. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu Semarang
IG @vivid_alv3gan

Kue Sarang Madu menjadi oleh oleh yang wajib dibawa pulang bagi kamu yang berwisata di Semarang dan sekitarnya. Camilan ini terbuat dari tepung beras, santan dan topping gula merah. Kue ini dapat kamu jumpai di pusat oleh oleh khas Semarang hingga pasar tradisional. Dengan harga cukup terjangkau yaitu Rp. 28.000/dus, kuliner ini dapat bertahan lama sekitar 2 bulan.

8. Lontong Spekkoek Waiki

Lontong Waiki Semarang
IG @oleholeh_cahsemarang

Kuliner Lontong Spekkoek Waiki bukan terbuat dari beras. Bentunya yang menyerupai lontong ini menjadi kuliner yang wajib kamu jadikan oleh oleh khas Semarang. Kue lapis legit ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut. Kamu bisa membawanya pulang dengan harga Rp. 18.000/porsi. Silakan datang ke pusat oleh oleh khas Semarang dan jalanan besar hingga pasar tradisional untuk membeli roti ini.

9. Roti Brillian

Roti Brillian Semarang
IG @omiyago_official

Kuliner kekinian yang dapat kamu jadikan oleh oleh ini bernama roti brillian khas Semarang. Makanan yang laris ini memiliki rasa manis dan lezat. Dengan beragam rasa dan topping pilihan seperti keju, cokelat, almond hingga kismis kamu dapat memilihnya sesuai dengan selera. Kamu dapat membeli roti brillian ini di Istana Brillian jalan simpang lima. Dengan rasa nikmat roti ini dapat kamu beli seharga Rp. 100.000 untuk satu dos nya.

10. Torakur

Torakur Semarang
IG @torakur_id

Oleh oleh khas Semarang yang wajib kamu jadikan buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah adalah Torakur. Torakur adalah manisan yang terbuat dari tomat yang dikeringkan, memiliki tekstur seperti kurma, manisan ini dapat bertahan cukup lama. Torakur adalah singkatan dari tomat rasa kurma. Dengan harga yang terjangkau kamu dapat membelinya seharga Rp. 20.000 per dus untuk kota kecil.

11. Brownies Opium

Brownies Opium Semarang
www.tokopedia.com

Kuliner kue yang dapat kamu jadikan oleh oleh khas Semarang adalah Brownies Opium. Kue cokelat yang manis dan lezat ini akan membuatmu ketagihan. Kamu dapat membelinya di Jalan Jati Raya No. F-12C Banyumanik atau di Jalan Erlangga Barat 7 No. 6 Semarang. Harga Brownis Opium ini mulai Rp. 25.000 per dusnya.

12. Tahu Petis

Tahu Petis Semarang
IG @tahupetissafrokha
Kuliner tahu petis khas Semarang ini dapat kamu jadikan oleh oleh bagi rekan kerja di tempat asal. Dengan rasa gurih dan lezat kamu dapat menyantapnya dengan saus, kecap juga cabai rawit pedas. Petis merupakan campuran dari udang da cumi yang digiling sedemikian rupa. Kamu dapat membelinya di daerah Pujasera Simpang Lima yang berdekatan dengan arah Jalan Ahmad Yani Semarang. Satu porsi tahu petis dapat dibeli dengan harga Rp. 15.000 per porsi.

13. Tahu Pong

Tahu Pong Semarang
IG @darmayanti_liantano

Tahu Pong Semarang menjadi camilan yang wajib kamu coba. Kamu dapat menemuinya di pusat oleh oleh khas Semarang atau dijalan besar. Dengan rasa gurih dan lezat, tahu petis dapat kamu jadikan buah tangan untuk sanak keluarga dirumah. Tahu pong biasanya dimakan dengan baluran kecap pedas manis ataupun dengan cabai rawit. Dengan harga yang murah kamu dapat membeli tahu pong mulai Rp. 10.000 satu porsinya.

14. Ayam Tulang Lunak

Ayam Tulang Lunak Semarang
www.kabarwisata.com

Warung makan ayam tulang lunak khas Semarang dapat kamu nikmati di Jalan KH. Wahid Hasyim 105-107 Kranggan Semarang. Kuliner ini terdiri dari ayam goreng, ayang bakar dan ayam panggang, kamu dapat menikmatinya ditempat atau dijadikan oleh oleh untuk dibawa pulang. Satu porsi ayam tulang lunak ini dapat kamu beli dengan harga mulai Rp. 50.000 per porsinya.

Oleh Oleh Khas Semarang Selain Makanan

Oleh Oleh Khas Semarang tak hanya makanan, kamu juga bisa membawa pulang buah tangan berupa batik khas Semarang, kerajinan tangan hingga aksesoris dan kaos. Ada banyak tempat oleh oleh menjual aneka macam buah tangan yang dapat kamu beli. Berikut ini adalah oleh oleh khas Semarang selain makanan.

1. Batik Semarangan

Batik Semarang
IG @batik_semarangan

Tak hanya kota Jogja, Solo dan Pekalongan yang terkenal dengan batiknya. Semarang juga memilikibatik khas dengan motif tertentu seperti motif gambaran landmark kota dan wisatanya Lawang Sewu, Tugu Muda dan garis juga lengkuk berbeda dengan batik kota lainnya. Kamu dapat berkunjung ke Kampung Batik Semarang di Jalan Batik untuk membeli kain atau pakaian sudah jadi. Dengan harga yang bervariasi kamu dapat menjadikannya buah tangan untuk oleh oleh.

2. Kaos Costa Brava Van Java

Kaos Semarang
Twitter @kaossemarang

Kalau di Jogja ada dagadu maka di Semarang kamu dapat membeli oleh oleh kaos khas Semarang dengan label Costa Brava Van Java. Kaos ini buatan asli anak Semarang yang dapat dijadikan oleh oleh. Berada di Jalan Tlogosari III No. 32 A, Tembalang, Semarang dan kamu juga dapat membelinya lewat online shop. Kaos ini menjadi salah satu oleh oleh yang diburu kalangan muda dengan design gaulnya. Harganya sangat bervariasi dan gambarnya pun unik dan keren.

Pusat Oleh Oleh Khas Semarang

Kota Semarang memiliki destinasi wisata yang beragam mulai dari wisata sejarah seperti Lawang Sewu, destinasi budaya seperti Sampookong, wisata air Maerokoco dan Wisata religi seperti Masjid Agung Semarang. Tentunya setelah berwisata sebelum pulang kamu wajib untuk membeli oleh oleh sebagai buah yangan untuk keluarga dan handai taulan yang ada di rumah. Berikut ini kami sampaikan pusat oleh oleh yang ada di Kota Semarang.

1. Kampung Semarang

Kampung Semarang
IG @anggita_art

Kampung Semarang merupakan pusat oleh oleh paling terkenal yang ada di Kota Semarang. Disini tersedia berbagai oleh oleh khas Semarang berupa makanan, batik, aksesoris hingga kerajinan tangan. kamu juga bisa menyantap kuliner khas Semarang yang tersedia. Tersedia berbagai outlet di Kampoeng Semarang, diantaranya outlet kuliner, outlet batik, outlet souvenir dengan harga yang beragam.

Alamat Kampung Semarang:

Jl. Kaligawe Raya KM.1 No.96, Tambakrejo, Gayamsari, Kota Semarang

2. Kopi Banaran

Kampung Kopi Banaran
IG @ulee_ermawati

Kampung Kopi Banaran merupakan agrowisata yang dimiliki PT Perkebunan Nusantara. Dengan udara yang sejuk dan segar kawasan pegunungan maka kamu akan betah untuk berlama lama disini. Fasilitas yang ada di Kampoeng Kopi Banaran berupa tempat ketinggian untuk menikmati kopi banaran khas Semarang. Terdapat pula arena permainan anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV. Aneka macam kuliner dan outlet yang ada di Kampung kopi Banaran dapat kamu jadikan buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah.

Alamat Kampung Kopi Banaran:

Jl. Raya Semarang – Solo KM 35 Bawen, Kabupaten Semarang – Jawa Tengah, Indonesia

3. Jalan Pandanaran Semarang

Jalan Pandanaran Semarang
IG @meiwulan2107

Bila kamu sedang berwisata di Kota Semarang maka sempatkan diri untuk membeli oleh oleh di Jalan Pandanaran, dari Kawasan Simpang Lima keara Tugu Muda maka kamu akan melewati Jalan Pandanaran. Jalan ini berada di pusat Kota Semarang, dan merupakan sentra jajanan dan oleh oleh khas Semarang. Akan banyak ditemukan berbagai kuliner khas Semarang seperti lumpia, bandeng presto, wingko babat dan kuliner lainnya dengan mudah.

Alamat

Jalan Pandanaran No. Ganjil 75 – 131, Mugasari, Semarang Selatan, Kota Semarang

4. Cimory

Cimory Semarang
IG @nayakalaksono

Destinasi yang selalu ramai untuk dikunjungi wisatawan ini bernama Cimory. Cimory merupakan kawasan Agrowisata sekaligus pabrik susu sapi. Kawasan Cimory memiliki udara yang sejuk dan segar, dan disini kamu bisa mendapatkan berbagai keseruan, diantaranya agrowisata, makan di resto, berbelanja di outlet susu, berkunjung ke peternakan sapi, dan membeli aneka oleh oleh khas Semarang yang tersedia.

Alamat Cimory:

Jalan Soekarno Hatta No. 30, Begojuh, Jatijajar, Bergas, Kota Semarang

5. Batik Jayakarta Semarang

Batik Jayakarta Semarang
IG @batikjayakartapremium

Jika kamu menginginkan oleh oleh selain makanan yang ada di Semarang maka wajib untuk mengunjungi Toko Batik Jayakarta. Toko Batik ini tak hanya menjual batik khas Semarang saja, namun daerah lain seperti Batik Solo, batik Jogja, Batik Cirebon hingga Batik Madura dapat kamu temukan. Dengan harga yang bervariatif memberikan pilihan batik untuk kamu bawa pulang.

Alamat Batik Jayakarta:

Jl. Perintis Kemerdekaan No.172, Srondol Wetan, Banyumanik, Kota Semarang

Jogjaday.com ~ Demikian ulasan tim jogja day mengenai oleh oleh khas Kota Semarang. Ibukota Jawa Tengah ini memiliki destinasi wisata yang sangat beragam mulai dari Lawang Sewu, Masjid Agung, Sampookong dan Maerokoco yang tak pernah sepi pengunjung. Tentunya setelah berwisata maka traveller wajib membawa oleh oleh sebagai buah tangan bagi keluarga dirumah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Wellcome

Share Artikel Ya