28+ Oleh Oleh Khas Pontianak Terbaru, Enak & Tahan Lama

Oleh Oleh Pontianak ~ Liburan ke Pontianak akan berkesan apabila ada buah tangan yang dibawa pulang. Berikut ini oleh oleh khas Pontianak terbaru, enak dan tahan lama. Ketika kamu berlibur, tentunya harus ada budget yang disisihkan untuk membeli oleh-oleh, baik itu berupa makanan lezat yang tidak akan kamu temui di daerahmu, atau souvenir unik dan lucu yang menjadi ciri khas daerah Pontianak.

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi Kota Pontianak, maka pastikan untuk membawa pulang beberapa oleh-oleh khas Kota Khatulistiwa ini. Pontianak memiliki berbagai makanan dan kerajinan tangan yang unik dan menarik, dan tentunya sangat sayang apabila tidak dibawa pulang.

Kamu dapat menemukan oleh-oleh khas Pontianak hampir di setiap jalan yang ada di Kota Pontianak. Harganya pun bervariasi, namun dijamin tetap terjangkau. Jika kamu ingin membelinya di pusat oleh-oleh yang cukup besar, akses jalan menuju lokasi cukup mudah dijangkau dan biasanya tidak begitu jauh dari pusat kota.

Jika kamu berencana berkunjung ke Pontianak dalam waktu dekat, ayo simak daftar oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan di Pontianak berikut ini.

“Baca Juga: 25 Oleh Oleh Khas Batam Terkenal, Enak & Murah Meriah

Oleh Oleh Makanan Khas Pontianak Enak, Terkenal & Murah Meriah

Pontianak memiliki segudang kuliner unik dengan cita rasa yang khas dan beragam. Jika kamu ingin membawa pulang oleh-oleh berupa kuliner khas Pontianak, kamu bisa membeli berbagai produk makanan dbawah ini.

1. Berbagai Olahan Lidah Buaya Khas Pontianak

Lidah buaya merupakan tumbuhan yang menjadi ikon utama Kota Pontianak. Tanaman yang dapat tumbuh di daerah panas dan kering ini diketahui memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan hingga kecantikan dan perawatan kulit. Jika kamu berwisata ke Pontianak, kamu dapat menemukan berbagai olahan lidah buaya di seluruh toko oleh-oleh di Pontianak. Beragam jenis olahan lidah buaya pun biasanya dapat kamu cicipi langsung di toko tersebut.

Minuman lidah buaya. Sumber: facebook.com/lidah-buaya-NAVERA-2027666170894107/

Olahan yang paling populer adalah minuman lidah buaya, yang rasanya begitu segar ketika diminum di tengah teriknya matahari di Kota Pontianak, apalagi jika dicampur dengan sirup dan nata de coco. Minuman lidah buaya ini dijual dengan harga 20 ribu rupiah per pak.

Cokelat lidah buaya. Sumber: instagram.com/kaifa.pontianak

Selanjutnya, kamu juga bisa membeli coklat lidah buaya sebagai alternatif. Coklat ini memiliki tekstur dan cita rasa yang unik. Coklat lidah buaya dijual dengan harga mulai dari 25 ribu rupiah per kemasannya.

Masih ada olahan lidah buaya lainnya seperti manisan dan dodol. Bagi kamu yang ingin membeli berbagai jenis olahan lidah buaya, kamu dapat membeli produk ini di berbagai toko oleh-oleh, atau langsung dari pabrik pengolahannya yang berlokasi di daerah Siantan Hulu.

2. Lempok Durian Khas Pontianak

Pontianak juga identik dengan durian. Ketika musim panen durian tiba, aroma khas durian yang begitu kuat bisa kamu temui di setiap sudut kota. Maka tak heran, berbagai olahan dari buah dengan kulit yang berduri ini dapat ditemui di Kota Pontianak.

Lempok durian. Sumber: instagram.com/lina_liem10

Umumnya, olahan durian yang paling banyak dicari adalah lempok durian. Lempok memiliki tekstur yang kenyal dan lengket seperti dodol. Perbedaannya adalah dalam proses pembuatan, lempok tidak menggunakan tepung, melainkan hanya durian sebagai bahan utama dan gula sebagai pemanis dan pengawet.

Karena proses pembuatannya cukup rumit, lempok durian biasanya dihargai kurang lebih 175 ribu rupiah per kilonya. Namun harga tersebut tidak seberapa dengan cita rasa khas lempok yang tidak akan kamu dapatkan dimanapun.

3. Bingke Khas Pontianak

Bingke. Sumber: instagram.com/dodon_jerry

Kue manis berbentuk bunga ini juga merupakan satu diantara oleh-oleh yang paling banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Pontianak. Sekilas, bingke memiliki tekstur yang mirip dengan kue lumpur khas Jawa Timur. Kue bingke dibuat dari tepung, santan, dan gula.

Ada dua cara pengolahan bingke, yakni dipanggang dan dikukus. Bingke yang diolah dengan cara dikukus disebut bingke berendam. Keduanya memiliki rasa dan aroma yang khas dan menggugah selera. Kuliner lezat ini dapat kamu beli dengan harga mulai dari 15 ribu rupiah per cetaknya.

4. Stik Keladi Khas Pontianak

Cemilan yang berwarna kekuningan dan berbentuk mirip kentang goreng mini yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Bahan bakunya adalah keladi atau talas yang digoreng dan diolah sedemikian rupa, mengingat talas dapat menimbulkan rasa gatal di kulit, pengolahannya harus dilakukan secara hati-hati.

Stik keladi. Sumber: instagram.com/mommyayset

Stik keladi khas Pontianak dapat kamu jadikan sebagai makanan ringan yang bisa kamu konsumsi sehari-hari karena rasanya yang gurih. Kamu bisa mendapatkan stik keladi di hampir seluruh toko oleh-oleh di Pontianak, dengan harga rata-rata mulai dari 100 ribu rupiah.

5. Pisang Srikaya dan Selai Srikaya Khas Pontianak

Makanan yang satu ini biasanya disajikan di warung-warung kopi. Tidak lengkap rasanya saat bercengkrama dengan teman di warung kopi tanpa pisang srikaya.

Pisang srikaya. Sumber: instagram.com/hipontianak

Pisang goreng diketahui sudah menjadi kuliner dan cemilan khas Kota Pontianak. Namun beberapa warung kopi dan kedai lebih suka menyajikan pisang goreng dengan olesan selai srikaya diatasnya. Perpaduan renyahnya pisang goreng dan rasa manis yang khas dari selai srikaya dijamin akan menggoyang lidah.

Pisang srikaya dapat kamu nikmati dengan harga mulai dari 4 ribu rupiah per buah, namun jika kamu ingin membuat pisang goreng sendiri dengan selai citarasa Pontianak, kamu dapat membeli selai srikaya dengan harga 40 ribu rupiah per botolnya.

6. Pisang Salai Khas Pontianak

Pisang salai. Sumber: instagram.com/hua_kitchen

Sebenarnya bukan hanya Pontianak, beberapa daerah lainnya juga memiliki pisang salai khas masing-masing. Biasanya yang menjadi perbedaannya adalah cara pengolahan dan penyajian setiap daerah yang berbeda-beda.

Pisang salai Pontianak, atau dikenal sebagai sale pisang di beberapa daerah, berbentuk seperti manisan, dibuat dengan bahan dasar pisang dan gula, kemudian diolah dengan proses pengasapan. Pisang salai khas Pontianak biasanya disajika dalam bentuk basah, dan dikemas dalam aluminium foil atau plastic wrap.

Kamu bisa membeli pisang salai khas Pontianak dengan harga kurang lebih 15 ribu rupiah per pak.

7. Kopi Aming Khas Pontianak

Kopi Aming. Sumber: instagram.com/amingcoffee

Jika kamu berkunjung ke Pontianak, jangan heran jika kamu dapat menemukan warung kopi dengan mudah dimanapun, di setiap ruas jalan di Kota Pontianak. Mulai dari coffee shop dengan harga yang lumayan menguras dompet, hingga warung kopi kecil yang biasa dijadikan tempat nongkrong berbagai orang dari berbagai kalangan dan usia, semua ada.

Salah satu warung kopi yang cukup dikenal di Pontianak adalah Warkop Aming. Warung kopi yang pertama kalinya berdiri di Jalan Haji Abbas 1 ini, sekarang sudah memiliki banyak cabang di setiap sudut Kota Pontianak, bahkan hingga ke beberapa kota di luar Pontianak seperti Singkawang dan luar Kalimantan seperti Tangerang dan Bogor.

Bagi kamu yang ingin membawa pulang sensasi nikmatnya kopi andalan Pontianak yang satu ini, kamu bisa membeli Kopi Aming dalam kemasan dengan harga sekitar 70 ribu rupiah per kilogram.

8. Kopi Sepok Pontianak

Bukan hanya Kopi Aming, masih ada merek kopi lainnya yang dapat dibawa pulang oleh wisatawan yang berkunjung ke Pontianak, contohnya Kopi Sepok. Mengangkat citarasa kopi kampung khas Pontianak, Kopi Sepok dikenal sebagai satu diantara kopi terbaik yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Kopi Sepok. Sumber: instagram.com/kopisepok

Kata sepok sendiri dalam bahasa Melayu Pontianak artinya kampungan atau udik. Bukan hanya namanya saja, pengolahannya pun masih dengan cara tradisional yang diyakini menghilangkan efek kopi yang dapat menyebabkan asam lambung naik. Kopi Sepok juga memiliki varian kopi lidah buaya, yang tentunya tidak akan didapatkan wisatawan di tempat lain.

Satu kemasan seberat 100 gram Kopi Sepok dapat kamu beli dengan harga mulai dari 13 ribu rupiah, tergantung varian yang dipilih.

9. Sotong Pangkong Khas Pontianak

Sotong pangkong. Sumber: instagram.com/yoexplore

Meskipun kuliner yang satu ini hanya menjamur saat Bulan Ramadhan, juhi atau sotong pangkong tetap menjadi pilihan banyak orang sebagai oleh-oleh yang harus dibawa pulang saat berkunjung ke Pontianak. Dari namanya sudah jelas bahwa bahan dasar makanan ini adalah sotong atau cumi-cumi. Dalam pengolahannya, sotong tersebut dipangkong, yang dalam bahasa Melayu Pontianak artinya dipukul, hingga tipis, kemudian dikeringkan atau diasapkan. Sotong pangkong biasa dimakan bersama kuah pedas yang khas.

Jika kamu berkunjung ke Pontianak saat Bulan Ramadhan, kamu akan menemukan penjual sotong pangkong di hampir seluruh pinggir jalan di Pontianak dengan mudah.

Apabila kamu ingin merasakan nikmatnya sotong pangkong di hari-hari biasa tanpa perlu menunggu datangnya bulan puasa, kini beberapa toko oleh-oleh di Pontianak sudah menjual cemilan juhi kering yang rasanya hampir mirip dengan sotong pangkong. Cemilan tersebut bisa dinikmati seharga kurang lebih 75 ribu rupiah per 100 gram.

10. Kerupuk Amplang Pontianak

Meskipun sebenarnya kerupuk amplang berasal dari Kota Ketapang, kamu dapat menemukan makanan yang satu ini hampir di seluruh toko oleh-oleh di seluruh Pontianak. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke Ketapang hanya untuk mencicipi renyah dan gurihnya kerupuk amplang.

Kerupuk amplang. Sumber: instagram.com/cemilanenak26

Kerupuk amplang sendiri adalah cemilan yang umum dinikmati warga Pontianak dan Kalimantan Barat. Kerupuk amplang terbuat dari ikan, biasanya digunakan ikan tenggiri, ditambah tepung dan bumbu, dan diolah sehingga menjadi kerupuk yang berbentuk bulat, yang bisa kita kenali sebagai amplang. Rasa ikan yang pekat akan menimbulkan sensasi gurih dan renyah, dijamin membuatmu ketagihan.

Harga kerupuk amplang cukup terjangkau, karena kamu bisa membawa pulang kerupuk amplang hanya dengan membayar sekitar belasan ribu rupiah per kemasannya.

11. Sirup Limao Pontianak

Hawa panas dan terik matahari tidak boleh mengendurkan semangatmu menjelajahi Kota Khatulustiwa ini, ya. Nah, sirup limao adalah satu diantara rekomendasi minuman segar yang bisa kamu nikmati dan bawa pulang sebagai oleh-oleh dari Pontianak.

Sirup Limao. Sumber: instagram.com/siruplimao

Sirup limao adalah minuman yang terbuat dari jeruk yang diproduksi di Kalimantan Barat. Minuman ini kaya akan vitamin C, lho. Minuman ini rasanya sangat segar, apalagi jika diminum saat dingin. Minuman ini tergolong inovasi oleh-oleh baru yang banyak diburu oleh anak-anak muda kekinian.

Untuk membawa pulang sebotol sirup limao dengan ukuran 250 ml, kamu cukup membayar 30 ribu rupiah saja.

12. Chaikue Pontianak

Chaikue. Sumber: instagram.com/yancu_tzai

Chaikue adalah makanan khas Pontianak yang terbuat dari tepung beras, minyak, dan diisi dengan berbagai macam sayuran, seperti bengkoang, kucai, rebung, keladi, dan sebagainya. Namun hati-hati, karena salah satu bahannya adalah minyak, masih ada beberapa penjual chaikue yang menggunakan minyak babi sebagai bahan dasarnya. Tapi tidak perlu khawatir, kamu masih dapat menemukan banyak penjual chaikue halal di banyak tempat di Pontianak.

Ada dua jenis chaikue, yaitu chaikue kukus dan chaikue goreng. Chaikue kukus agak sulit untuk dikemas dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh karena sifatnya yang agak basah. Tidak perlu kecewa, kamu masih bisa menikmati rasa dari kuliner ini di Pontianak, atau membawa pulang chaikue goreng sebagai oleh-oleh.

Chaikue kukus dan chaikue goreng biasanya dihargai sekitar hanya seribu hingga dua ribu rupiah per buahnya.

13. Kandis Salju Pontianak

Pontianak memiliki berbagai ragam kuliner dengan sensasi rasa yang unik dan bisa jadi belum pernah kamu temui sebelumnya. Bagi kamu yang bosan dengan cemilan dan oleh-oleh yang rasanya asin atau manis, makanan yang satu ini bisa kamu coba.

Kandis salju. Sumber: instagram.com/oleholehkhaspontianak

Kandis salju adalah manisan yang terbuat dari buah asam kandis yang dipisahkan dari bijinya, dikeringkan dan ditaburi tepung gula. Tapi jangan salah, meskipun judulnya manisan, rasa asam dari buah asam kandis tetap lebih dominan, meskipun di netralisir oleh manisnya tepung gula. Manisan kandis salju memiliki aroma asam manis yang khas, dan rasanya segar.

Kamu dapat menemukan kandis salju di hampir seluruh toko oleh-oleh di Pontianak, dengan harga sekitar 20 ribu rupiah untuk kemasan 200 gram.

14. Cokelat Cempon Pontianak

Jika Yogyakarta memiliki cokelat monggo sebagai oleh-oleh khas berbahan dasar cokelat, begitu pula Pontianak. Merek cokelat lokal Pontianak adalah cokelat cempon. Kata “cempon” yang digunakan sebagai merek sebenarnya adalah singkatan dari “cemilan Pontianak”.

Cokelat cempon. Sumber: instagram.com/nurulhilda16

Cokelat cempon dibuat dari cokelat yang masih ditanam dan diproduksi di Kalimantan Barat, dan biasanya diisi dengan kismis dan lidah buaya. Cokelat ini rasanya manis dan memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Karena berbahan dasar lidah buaya, kamu juga dapat turut merasakan manfaat lidah buaya dengan mengonsumsi cukelat cempon, karena lidah buaya sendiri diketahui kaya akan vitamin E.

Kamu dapat membeli cokelat cempon khas Pontianak untuk kamu jadikan cemilan dalam perjalanan, atau dibawa sebagai oleh-oleh dengan harga 18 ribu rupiah per kemasannya.

15. Manisan Asam Payak Pontianak

Bukan hanya kandis salju, makanan ini juga bisa menjadi alternatif jika kamu mencari makanan dengan rasa asam. Manisan ini juga memiliki rasa asam yang begitu khas, dan aroma asam yang akan membuatmu ngiler seketika.

Manisan asam payak. Sumber: instagram.com/jastip.khuentienptk

Asam payak adalah buah yang tumbuh di hutan Kalimantan Barat, dengan bentuk buah yang mirip dengan buah salah, namun dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Cara pembuatannya kurang lebih sama dengan pembuatan manisan pada umumnya. Buah asam payak direndam di air gula, dan dikeringkan. Bukan hanya dalam bentuk kering, kamu juga bisa menemui produk manisan asam payak dalam bentuk manisan basah.

Harga manisan asam payak berada di kisaran 20 ribu rupiah per 100 gramnya. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

16. Keripik Pisang Pontianak

Selain pisang salai dan pisang goreng srikaya, ada satu lagi olahan pisang yang bisa kamu temui di Pontianak. Makanan yang satu ini juga biasa dijadikan cemilan sehari-hari oleh warga Kota Pontianak, bahkan kamu juga bisa menemui penjual keripik yang menjajakan makanan ini dengan berkeliling menggunakan gerobak.

Keripik pisang. Sumber: instagram.com/denitri_group

Keripik pisang biasanya berbahan dasar pisang kepok muda. Pisang tersebut diiris tipis, dikeringkan, kemudian digoreng, dan biasanya diberi bumbu berbagai rasa sesuai selera. Teksturnya renyah, dengan rasa manis pisang yang masih terasa. Umumnya, keripik pisang diberi rasa karamel atau manis, namun sekarang sudah ada inovasi rasa keripik pisang yang memadukan keripik pisang dengan rasa-rasa yang sebelumnya dinilai tidak lazim, seperti balado atau barbeque.

Biasanya, harga keripik pisang lumayan terjangkau. Keripik pisang umumnya dihargai sekitar belasan ribu rupiah untuk 100 gram.

17. Lapis Legit Pontianak

Lapis legit prunes. Sumber: instagram.com/vianney_lim99

Makanan yang satu ini seakan wajib ada di setiap rumah saat perayaan hari besar seperti Idul Fitri atau Imlek. Satu loyang kue dengan warna kuning dan coklat ini terbuat dari setidaknya 30 butir telur, lho! Selain itu, bahan yang digunakan adalah mentega, susu bubuk, dan gula pasir.

Ada berbagai jenis lapis legit yang kamu bisa temukan di Pontianak. Ada lapis belacan, yang dinamai demikian karena warnanya yang coklat sehingga mirip dengan belacan. Ada juga lapis prunes, yang diisi dengan buah prunes kering di setiap lapisnya. Semua kue lapis legit memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang sangat nikmat.

Kamu dapat membawa pulang seloyang penuh kue lapis legit dengan harga mulai dari 300 ribu rupiah. Harga tersebut tidak seberapa dengan rasa nikmat khas yang hanya akan kamu dapatkan di lapis legit Pontianak, lho.

Oleh Oleh Aksesoris & Pakaian Khas Pontianak

Bagi kamu yang ingin mencari cinderamata dari Pontianak yang bisa disimpan sebagai kenang-kenangan yang tak akan habis, beberapa pilihan dibawah ini dapat kamu bawa pulang dan diberikan kepada orang terkasih.

18. Kaos Lawar Pontianak

Seperti kaos joger dari Bali, Pontianak juga memiliki brand kaos lokal sendiri. Nama brand kaos lokal khas Pontianak adalah “lawar”. Dalam bahasa Melayu Pontianak, “lawar” artinya bagus atau keren. Bahan kaos ini kualitasnya juga tidak kalah saing dibandingkan produsen kaos dari Jawa.

Kaos Lawar. Sumber: facebook.com/cintelawar

Jika kamu tertarik membeli kaos unik asal Pontianak ini, kamu bisa mengunjungi gerainya di Teras Lawar, Jalan Urai Bawadi, Pontianak. Bukan hanya kaos, kamu juga bisa memborong jaket, jam tangan, dan juga topi yang keren jika berbelanja disana.

19. Seija Footwear Pontianak

Sepatu Seija. Sumber: instagram.com/seijafootwear

Jika ada Lawar sebagai merek clothing asal Pontianak, ada Seija sebagai merek sepatu produksi asli Pontianak. Sebagai produk lokal, Seija menjadi merek yang lumayan banyak diburu, baik dari dalam Pontianak maupun dari luar Pontianak, bahkan hingga ke luar Kalimantan Barat. Produk Seija pertama kali diluncurkan pada tahun 2012. Kamu bisa menemukan berbagai jenis sepatu dengan berbagai bahan disini.

Meskipun produk lokal, kualitas Seija juga tidak kalah dengan sepatu lainnya. Jika kamu tertarik, kamu bisa datang ke gerai Seija Footwear di Jalan Bukit Barisan, Pontianak. Oh iya, Seija juga merupakan authorized dealer dari brand ternama Vans untuk wilayah Kalimantan Barat, lho.

20. Perhiasan Batu Kecubung Pontianak

Demam batu akik mungkin memang sudah berakhir lama, tapi tetap saja, Pontianak tetap menjadi surga bagi para pecinta batu-batu berharga untuk berburu cinderamata berbahan dasar batu berharga. Satu diantaranya adalah batu kecubung.

Kecubung Ketapang. Sumber: instagram.com/suprayitno.sy85

Batuan indah berwarna ungu ini ditambang dari daerah Sambas dan Ketapang. Namun tak perlu jauh-jauh kesana, karena di Pontianak sendiri masih banyak yang menjual batu kecubung, baik yang masih mentah hingga sudah dipoles hingga licin dan berkilau.

Saat demam batu akik di sekitar tahun 2015 silam, kamu dapat dengan mudah menemukan penjual batu kecubung dimana-mana. Sekarang jumlah penjual batu kecubung memang sudah tidak sebanyak dulu, tapi kamu masih bisa menemui toko kerajinan tangan dan oleh-oleh yang masih menjual barang serupa, dengan harga yang beragam sesuai dengan bentuk dan kualitas batuannya.

21. Miniatur Tugu Khatulistiwa Pontianak

Tugu Khatulistiwa sudah dikenal masyarakat luas sebagai ikon utama dan identitas Kota Pontianak. Tugu ini berdiri sebagai lokasi tepat dimana Pontianak dilintasi garis ekuator. Di dalam tugu ini juga ada museum yang menjelaskan tentang sejarah Tugu Khatulistiwa dan Pontianak. Kamu juga bisa menikmati Festival Kulminasi Matahari setidaknya satu hingga tiga kali setahun, saat matahari berada tepat diatas garis khatulistiwa. Festival ini juga menjadi magnet yang menarik pelancong hingga dari mancanegara.

Miniatur Tugu Khatulistiwa. Sumber: facebook.com/indonesianmerchandise

Sebagai kenang-kenangan, kamu bisa membawa pulang miniatur ikon Pontianak ini. Di berbagai pusat oleh-oleh dan kerajinan tangan di Pontianak, kamu bisa membeli versi mini Tugu Khatulistiwa dengan berbagai ukuran.

22. Mandau Khas Pontianak

Mandau khas Dayak Kalimantan. Sumber: instagram.com/gallery_mandau_fahrulraji

Ingin membawa buah tangan yang anti-mainstream? Kamu bisa membeli mandau dan perisai khas Suku Dayak. Mandau sendiri adalah senjata tradisional asli Kalimantan, dan digunakan oleh hampir seluruh Suku Dayak di seluruh Kalimantan. Diketahui mandau pertama kali digunakan di abad ke-17 atau ke-18.

Ada toko kerajinan tangan yang hanya menyajikan replika senjata ini, tetapi juga ada yang menjual mandau asli. Tentu saja mandau asli harganya jauh lebih mahal dibandingkan tiruannya, namun tidak ada ruginya juga membeli tiruan senjata khas Dayak ini untuk sekedar dijadikan pajangan. Jika kamu mau, kamu juga bisa membeli perisai dengan motif khas Dayak sebagai pasangan mandau.

23. Baju Adat Dayak Pontianak

Satu stel Baju Adat Dayak. Sumber: instagram.com/inoelrois_dhine_collection

Baju adat khas Suku Dayak juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin membawa pulang oleh-oleh berupa kerajinan tangan yang berkesan. Baju adat Dayak biasa digunakan oleh suku Dayak saat acara atau peringatan hari besar adat.

Yang menjadi ciri khas dari pakaian ini adalah latar belakang hitam dan hiasan manik-manik berwarna-warni yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu motif, lengkap dengan bulu burung sebagai hiasan kepala. Karena proses pembuatannya yang cukup rumit, tak jarang satu stel baju dihargai dengan nominal selangit.

24. Kain Corak Insang Pontianak

Kain corak insang. Sumber: instagram.com/tenunelphi

Jika ada baju khas Dayak sebagai pakaian asal suku Dayak, ada kain corak insang sebagai cinderamata dari suku Melayu Pontianak. Kain corak insang biasa dipakai sebagai paduan baju kurung atau baju teluk belanga khas Melayu Pontianak. Jika kamu datang ke Pontianak pada hari peringatan ulang tahun Kota Pontianak, kamu bisa melihat masyarakat mengenakan kain ini, baik pekerja kantoran, pegawai negeri, hingga siswa sekolah.

Kain corak insang asli memiliki tekstur yang sangat lembut karena dibuat dengan cara ditenun, dan harganya pastinya jauh dibandingkan dengan kain biasa hasil printing motif corak insang.

Kamu juga bisa membeli berbagai produk dengan motif serupa, seperti sarung, songkok atau kopiah, dan berbagai produk lainnya.

25. Kain Tenun Pontianak

Kain tenun Sambas. Sumber: instagram.com/itslarasasri

Bukan hanya kain corak insang, Kalimantan Barat memiliki berbagai jenis kain tenun dengan berbagai motif yang unik. Kain tenun ini tidak diproduksi di Pontianak, namun di beberapa kabupaten yang tersebar di Kalimantan Barat seperti Sambas dan Sintang. Yang paling terkenal adalah kain tenun asal Kabupaten Sambas, yang dikenal dengan sebutan kain songket benang emas.

Kamu juga bisa menemukan beragam kain tenun lainnya di berbagai pusat perbelanjaan dan toko oleh-oleh di seluruh Pontianak.

26. Tas Manik Pontianak

Kalimantan Barat, khususnya Suku Dayak memang terkenal akan kerajinan tangan berbahan dasar manik-manik. Proses pembuatannya yang rumit dan memerlukan keterampilan khusus membuat produk ini memiliki harga yang tidak murah dan produk ini dijamin orisinil, karena dibuat sendiri dengan tangan. Tas dengan motif yang unik ini bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari dan dijamin akan menunjang penampilanmu.

Tas manik-manik bermotif Dayak. Sumber: instagram.com/borneo_etnik

Jika kamu berkunjung ke beberapa toko kerajinan tangan di Pontianak, kamu akan dengan mudah menemukan tas manik-manik dengan motif khas Dayak. Harga tas ini bervariasi, sesuai dengan ukuran dan motif tas. Semakin besar dan rumit motifnya, harganya pun akan semakin melambung.

27. Merchandise Motif Dayak Pontianak

Jika budget yang kamu sisihkan untuk berbelanja oleh-oleh tidak cukup untuk membeli baju adat atau tas manik-manik dengan motif khas Dayak, tenang saja, karena kamu masih bisa membeli berbagai merchandise dan kerajinan tangan unik dengan motif khas Dayak.

Kalung manik bermotif Dayak. Sumber: instagram.com/dekranasda.kab.kapuashulu

Kerajinan tangan ini bisa kamu temui di hampir seluruh toko kerajinan tangan dan oleh-oleh di seluruh Pontianak. Kamu bisa menemui gelang, kalung, gantungan kunci, bahkan alat tulis yang semuanya bernuansa motif Dayak, dan yang pasti harganya tidak semahal tas ataupun baju adat.

Rata-rata kerajinan tangan lucu dan unik ini dihargai sebesar 10 hingga 15 ribu rupiah per buahnya. Kamu dapat membelinya dalam jumlah banyak untuk dibagikan kepada orang-orang terdekatmu saat kamu pulang ke daerah asalmu.

28. Tas Kulit Kayu Khas Dayak Pontianak

Satu diantara sub-suku Dayak yang mendiami Kalimantan Barat adalah Suku Dayak Kanayatn. Suku ini tersebar di Kabupaten Bengkayang, Landak, Mempawah, dan Kubu Raya. Hal yang menarik dan istimewa dari suku ini adalah penggunaan kulit kayu sebagai bahan dasar berbagai kebutuhan, bahkan untuk kebutuhan sandang.

Sumber: instagram.com/wan.blade

Beberapa toko kerajinan tangan menjual tas dengan bahan dasar kulit kayu kapuk khas Suku Dayak Kanayatn. Bentuk tas yang dijual beragam, umumnya yang paling banyak diproduksi adalah tas selempang dan tas jinjing. Harganya pun bervariasi sesuai dengan ukuran serta bentuk tas.

Pusat Tempat Membeli  Oleh Oleh Di Pontianak Terkenal

Jika ini pertama kalinya kamu mengunjungi Kota Pontianak, mungkin kamu akan bingung mencari tempat yang tepat untuk membeli buah tangan dari kota khatulistiwa ini. Berikut beberapa pilihan lokasi yang bisa kamu jelajahi untuk mencari oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang.

1. Kawasan Stadion Kebon Sajoek Pontianak

Kawasan pertokoan PSP. Sumber: instagram.com/aldri89

Kawasan Stadion Kebon Sajoek merupakan tempat bersejarah di Kota Pontianak, karena di lokasi inilah bendera merah putih dikibarkan untuk pertama kalinya di Pontianak pada tanggal 23 Oktober 1945. Bukan hanya tempat bersejarah, di sekitar Stadion Kebon Sajoek, ada banyak penjual oleh-oleh yang bisa kamu temui.

Kawasan ini meliputi daerah kompleks PSP di Jalan Pattimura, bagian belakang Stadion Kebon Sajoek, dan Jalan Sisingamangaraja. Daerah ini cukup luas, namun kamu bisa menyusuri kawasan tersebut hanya dengan berjalan kaki. Tidak ada biaya parkir kendaraan, asalkan kamu bisa memarkir kendaraanmu dengan rapi dan teratur.

Di Jalan Sisingamangaraja, kamu dapat menemukan berbagai oleh-oleh berupa makanan. Sedangkan di sekitar stadion juga ada toko yang menjual kain, pakaian, kerajinan tangan, hingga kaos dan jersey klub sepakbola asal Pontianak, Persipon. Disini, kamu juga bisa mengemas produk yang kamu beli ke dalam kotak yang sudah dibungkus rapi, diberi plastic wrap, dan diikat menggunakan tali rafia. Tidak lupa, jika kamu ingin mengirimkan oleh-oleh khas Pontianak melalui jasa pengiriman barang atau kantor pos, kotak yang dibungkus tersebut sudah ditempeli dengan nama pemesan beserta tujuan pengiriman.

2. Aloevera Center Pontianak

Jika kamu ingin menikmati berbagai olahan lidah buaya dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh, aloevera center adalah lokasi yang harus kamu jadikan satu diantara destinasi yang akan kamu datangi di Pontianak.

Kebun Lidah Buaya di Aloevera Center. Sumber: instagram.com/albertlinardi09

Berlokasi di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara, aloevera center adalah kawasan agrowisata dimana kamu tidak hanya bisa menikmati segarnya hidangan lidah buaya, tetapi juga bisa ikut turun memanen lidah buaya sendiri. Kamu akan dibuat terkejut dengan ukuran lidah buaya Pontianak yang jauh lebih besar dengan lidah buaya produksi daerah lainnya.

Selain memanen, kamu juga bisa melihat proses pengolahan berbagai produk lidah buaya di tempat ini.

3. Dekranasda Kalbar dan Pontianak

Stand Dekranasda Kalimantan Barat di suatu pameran di Sintang. Sumber: instagram.com/beritasintang

Jika kamu ingin mendapatkan oleh-oleh asal kabupaten lainnya di Kalimantan Barat tanpa perlu jauh-jauh datang kesana, kamu bisa mengunjungi Balai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Barat yang berlokasi di sebelah museum Kalimantan Barat. Disana, kamu bisa membeli berbagai jenis kerajinan tangan yang berasal dari berbagai kabupaten di Kalimantan Barat.

Bagi kamu yang ingin membeli kerajinan tangan khas Pontianak, kamu juga bisa berkunjung ke Balai Dekranasda Kota Pontianak yang berlokasi di Jalan Abdul Rahman Saleh, tidak jauh dari Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

4. Bingke Al Fajar Pontianak

Bingke Al-Fajar. Sumber: instagram.com/bingke_alfajar

Inilah pelopor bingke khas Pontianak. Gerai utama Bingke Al-Fajar berlokasi di Jalan Adi Sucipto. Di gerai ini, kamu dapat membeli berbagai jenis bingke dengan berbagai varian rasa, mulai dari rasa manis seperti susu, telur, coklat, dan sebagainya, hingga bingke asin dengan potongan daging! Bingke Al-Fajar juga kerap memberikan inovasi dari segi rasa dan penampilan bingke, tanpa menghilangkan esensi dan nikmat orisinil dari bingke itu sendiri.

Bukan hanya bingke, gerai Bingke Al-Fajar juga menjual kue khas Pontianak lainnya, seperti kue blodar dengan berbagai varian rasa, seperti original, coklat, keju, dan nanas.

5. Teras Lawar Pontianak

Teras Lawar Jalan Urai Bawadi. Sumber: facebook.com/cintelawar

Berlokasi di Jalan Urai Bawadi, Pontianak, Teras Lawar adalah distro dimana kamu dapat membeli semua produk pakaian berlabel Lawar. Di Teras Lawar, kamu dapat memilih berbagai model dan bentuk kaos dengan brand Lawar ini. Semua kaos tersebut murni produk lokal Pontianak.

Bukan hanya kaos, brand Lawar juga menjual berbagai produk lain seperti jaket, topi, jam tangan, dan sebagainya. Semua produk tersebut bisa kamu dapatkan di gerai ini.

6. Aming Coffee Pontianak

Berkunjung ke Kota Pontianak tidak lengkap rasanya jika kamu belum mencicipi kopi Pontianak langsung dari warung kopinya. Jika kamu ingin merasakan sensasi tersebut, kafe ini bisa menjadi pilihan.

Warkop Aming Pontianak. Sumber: instagram.com/amingcoffee

Aming Coffee berlokasi di Jalan Haji Abbas 1, dan mengangkat tema kafe modern dengan paduan nuansa warung kopi khas Pontianak. Berbagai jenis kopi dapat kamu nikmati disini. Bukan cuma itu, kamu juga bisa membeli dan membawa pulang bubuk kopi aming yang juga dijual di gerai ini.

7. Warkop Sukahati Pontianak

Meskipun kemunculan coffee shop modern di Pontianak semakin menjamur, warkop tradisional tetap memiliki tempat di hati penduduk Kota Pontianak. Dan Warung Kopi Sukahati adalah satu diantaranya.

Menikmati pisang srikaya di WK Sukahati. Sumber: instagram.com/bloggerborneo

Warkop Sukahati menjadi tempat nongkrong favorit warga Pontianak hingga kini. Warkop legendaris ini sudah dikenal begitu lama dengan kenikmatan kopinya dan kelezatan pisang goreng srikaya yang disajikan disini. Berbagai varian kopi pun dapat kamu nikmati disini. Kamu juga bisa membeli produk berbahan dasar srikaya seperti pisang, selai, roti isi, dan lain-lain.

“Baca Juga: 30 Oleh Oleh Khas Jakarta Enak, Terkenal & Murah Meriah

Jogjaday.com ~ Itulah berbagai macam oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan jika kamu berwisata ke Kota Pontianak. Jika kamu berkunjung ke Pontianak, kamu juga bisa menyempatkan diri berkunjung ke kota-kota lainnya di Kalimantan Barat, karena masih banyak lokasi wisata menarik yang dapat kamu kunjungi. Jangan lupa persiapkan perjalanan dengan baik, dan berdoa agar perjalananmu dilancarkan oleh-Nya. Bagaimana, sudah siap berkeliling kota Pontianak?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!