Sun. May 19th, 2019

Jogjaday.com

Pesona Wisata Indonesia

Oleh Oleh Khas Jakarta & Betawi Paling Enak, Legendaris Dan Tahan Lama

18 min read

pusat oleh - oleh dan kerajinan jakarta foto instagram/ wahdah_fufu

Oleh Oleh Khas Jakarta ~ Berikut ini adalah rekomendasi oleh – oleh yang bisa sobat bawa pulang. Jakarta sangat terkenal dengan berbagai macam oleh – oleh yang dapat sobat bawa pulang. Mulai dari makanan hingga oleh – oleh lain seperti pakaian. Dengan membwa pulang oleh – oleh tentu akan sangat menyenangkan dan memberikan kesan tersendiri bagi sobat serta kerabat sobat.

Tentu sobat semua senang bepergian untuk melepas penat setelah bekerja. Salah satu tujuan wisata populer di Indonesia tentu saja adalah ibu kota negara Indonesia yaitu Jakarta. Jakarta memiliki banyak pesona. Mulai dari budayanya, kesenian hingga tempat – tempat wisata yang terkenal. Salah satu icon kota Jakarta ada Monas atau monument Nasional.

Tentu setiap orang ingin berkunjung di tempat yang sudah terkenal di seluruh dunia tersebut. Selain itu, Jakarta juga terkenal dengan kesenian serta makanannya. Kesenian betawinya sudah dikenal oleh seluruh rakyat Indonesia bahkan hingga ke mancanegara. Makanannya seperti kerak telor dan asinan Jakarta juga menjadi salah satu kuliner terkenal di Indonesia.

Selain menikmati semua hal tersebut, tentu sobat ingin membawa pulan berbagai oleh – oleh khas dari Jakarta bukan? Tentu kalian ingin memberikan cindera mata atau sekedar makanan sebagai oleh – oleh bagi sahabat, teman dan keluarga kalian di rumah.

Oleh Oleh Makanan Khas Jakarta Betawi

Jakarta merupakan kota padat penduduk yang sudah cukup modern dan bisa dikatakan sebagai kota yang sangat sibuk. Namun dengan kemajuannya, Jakarta juga memilki ciri khas yang tidak dimiliki daerah lain termasuk oleh – olehnya.

Ada berbagai macam oleh oleh di Jakarta,  mulai dari makanan hingga souvenir yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah. Berikut adalah rekomendasi oleh – oleh makanan khas Jakarta yang bisa kamu coba.

1. Roti Buaya Khas Jakarta

Roti buaya foto instagram.com/Rosi Meidina

Makanan satu ini tentu sudah tak asing lagi di telinga sobat. Roti ini adalah makanan khas orang asli betawi. Roti buaya biasa di hidangkan sebagai seserahan saat acara adat pernikahan Betawi.  Seperti namanya, bentuk Roti ini juga menyerupai buaya. Roti ini merupakan lambang kesetiaan bagi orang Betawi karena Buaya merupakan binatang yang setia hanya pada sautu pasangan.

Makanan ini memiliki rasa manis dan gurih yng sesuai dan dibuat dalam berbagai varian rasa. Meskipun terdapat berbagai varian rasa, namun roti ini tetap berbentu buaya. Harga roti buaya juga relatif terjangkau dan yang paling penting adalah roti ini sangat mudah ditemui di seluruh Jakarta.

2. Kue Semprong Egg Roll

eggrolls kue semprong foto instagram.com/ Prida cooking

Kue semprong adalah makanan khas Jakarta yang berbentuk seperti tabung panjang dengan warna coklat keemasan. Kue ini memilki tekstur crispy dengan bau yang harum yang akan menggoda selera kalian untuk segera menyantapnya. Oleh – oleh khas ini merupakan oleh – oleh yang berasal dari Jakarta Barat.

Snack renyah, manis dan gurih ini tentu akan sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh bagi keluarga anda di rumah.  Karena rasanya yang enak, banyak orang yang mengidolakan kue semprong ini. Jadi jika sobat datang ke Ibu Kota Jakarta jangan lupa untuk memborong kue semprong sebagai oleh – oleh bagi keluarga dan kerabat kalian di rumah.

3. Dodol Betawi

dodol betawi foto instagram.com/dodol betawi

Makanan dodol pasti sudah bukan makanan yang baru bagi kita semua. Beberapa daerah di Indonesia juga memiliki dodol sebagai makanan khas termasuk kota Jakarta. Dodol Betawi adalah makanan khas orang asli Betawi. Seperti Dodol pada umumnya, Dodol Betawi juga memiliki tekstur yang kenyal.

Bahan dasar dodol Betawi adalah ketan putih dan gula merah yang memberikan cita rasa gurih sekaligus manis. Bukan hanya ketan putih dan gula merah saja, Dodol Betawi juga dibuat dengan varian lain yaitu menggunakan ketan hitam dan Durian. Membayangkannya saja sudah membuat kita menelan ludah bukan? Bagi kalian pecinta Dodol, tak ada salahnya jika kalian memborong Dodol Betawi ini ketika berkunjung ke Jakarta.

4. Tape Uli

Tape Uli Foto Instagram.com/Hartatiyunie

Dari namanya saja kalian pasti sudah bisa menebak bahwa makanan ini berbahan Tape. Tape uli terbuat dari ketan yang di fermentasi. Makanan ini memiliki cita rasa yang asam dan manis. Kalian akan merasa segar ketika memakan makanan ini. Namun karena bukan merupakan makanan yang dapat diawetkan dan bertahan lama, maka kalian tidak bisa membawa makanan ini ke tempat yang memerlukan perjalanan yang jauh.

 

Bagi kalian yang ingin menikmati Tape Uli sebagai oleh – oleh pastikan perjalanan kalian tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika kalian memang menggunakan transportasi yang tidak membutuhkan waktu begitu lama, kalian bisa membawa pulang Tape Uli ini untuk di cicipi keluarga kalian di rumah.

5. Bir Pletok

Bir Pletok foto Instagram.com/birpletok_bangisra

Kesan pertama dari nama kuliner satu ini mungkin adalah minuman beralkohol. Kata bir membuat kesan bahwa minuman ini adalah minuman yang beralkohol. Pada kenyataannya, Bir Pletok sama sekali tidak mengandung alcohol. Justru, minuman ini sangat aman dan baik bagi tubuh kalian karena terbuat dari bahan – bahan alami seperti jahe, batang serai, daun pandan dan rempah – rempah lainnya.

Minuman ini dipercaya dapat meredakan pegal – pegal, flu dan masuk angin. Minuman ini konon sudah ada sejak zaman penjajahan. Nama pletok dalam minuman ini adalah berasal dari sura meletup – letup dari air minuman ini ketika direbus. Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk mencobanya dan membawanya pulang sebagai buah tangan?

6. Kue Geplak

Kue Geplak foto Instagram.com/erna_naranda

Kue yang satu ini adalah makanan khas Jakarta yang terbuat dari beras. Kue bertekstur lembut ini memiliki warna yang didominasi putih dan cokelat. Roti ini juga digunakan sebagai salah satu hantaran yang dibawa oleh calon pengantin pria saat mendatangi calon pengantin wanita untuk melamar. Namun kue ini agak sulit untuk ditemui.

Kue ini disebut sebagai kue geplak karena dalam proses meratakan adonanya dilakukan dengan cara ditepuk – tepukkan. Bagi kalian yang datang ke Jakarta, bisa membawa pulang kue ini untuk oleh – oleh bagi keluarga di rumah. Meskipun saat ini sudah jarang ditemui, namun di beberapa toko oleh – oleh masih dapat kalian dapatkan.

7. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang foto instagram.com/Francisbakt

Satu lagi jenis kue khas Jakarta yang bisa kamu bawa pulang. Kue satu ini memiliki nama yang cukup menarik yaitu kembang goyang. Mungkin kalian bertanya darimana asala nama kembang goyang itu? Kembang goyang berasal dari bentuknya yang berupa bunga dan cara pembuatannya yang di goyangkan di dalam minyak panas.

Bahan dasar kue ini adalah santan, tepung beras, gula dan garam sehingga tercipta perpaduan rasa manis dan gurih yang sempurna. Saat ini, pilihan rasa pada kembang goyag juga bermacam – macam. Di berbagai toko oleh – oleh dapat dijumpai kembang goyang dengan berbagai rasa seperti rasa cokelat dan keju. Jadi kue ini adalah oleh – oleh makanan yang sempurna untuk dibawa pulang bukan?

8. Kue Akar Kelapa

Kue akar kelapa foto instagram.com/dapurrita_

Berikutnya adalah camilan lain yang tak kalah nikmat dari kembang goyang. Kue satu ini disebut kue akar kelapa karena memang bentuknya yang mirip akar kelapa.  Kue ini berbentuk panjang bergerigi menyerupai akar kelapa. Mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran kalian adalah bahwa kue ini terbuat dari kelapa. Sebaliknya, kue ini tidak mengandung kelapa sama sekali.kue ini terbuat dari tepung ketan, mentega, gula, telur, dan tepung terigu.

Camilan manis nan gurih ini bisa kamu temu di berbagai toko oleh – oleh di Jakarta. Dengan bentuknya yang unik dan rasanya yang enak, Kue ini berhak untuk menempati kopermu untuk dibawa pulang sebagai oleh – oleh bagi keluarga di rumah.

9. Marguerite Nougat

Marguerite Nougat foto Instagram.com/Nougat world

Bukankah namanya sangat keren? Selintas namanya terdengar seperti makanan – makanan barat. Namun tahukan kamu bahwa makanan ini adalah makanan khas Jakarta. Makanan ini adalah makanan semacam permen yang terbuat dari madu atau gula dan kacang – kacangan. Kacang yang digunakan juga bermacam – macam, seperti Kenari, pistachio dan Hazel. Rasa nougat ini manis dan memiliki tekstur yang cenderung kenyal.

Seperinya nougat juga sanga cocok untuk kamu angkut dan bawa pulang sebagai oleh – oleh. Apalagi nougat juga biasa disajikan berkolaborasi dengan coklat batangan. Sangat menggoda dan terdengar enak bukan? Jika datang ke Jakarta jangan sampai kalian lupa untuk memborong Marguerite Nougat ini.

10. Biji Ketapang

Biji Ketapang foto Instagram.com/Sirleyliem

Satu Lag makanan yang dinamai tanpa ada hubungannya dengan bahan yang digunakan, yaitu biji ketapang. Mungkin kalian bertanya – Tanya apa makanan ini semacam biji – bijian yang dimasak? Tentu saja bukan. Biji Ketapang merupakan makanan kering yang terbuat dari bahan utama berupa parutan kelapa dan tepung terigu. Yang menjadikanya disebut biji adalah karena bentuknya  yang dibuat seperti biji – bijian.

Makanan ini patut kamu coba, apalagi makanan ini dapat disajikan dan dimakan bersama selai, gula serbuk atau bahkan cokelat. Tentu makanan ini akan terasa sangat lezat, apalagi jika dinikmati bersama keluarga dirumah. Jika anda berkunjung ke Jakarta, pastikan untuk membeli biji ketapang ini sebagai oleh – oleh ya!

11. Telur Gabus Keju

kue telur gabus keju foo instagram.com/riskajuliannaa

Hmmm, terdengar aneh bukan? Apa makanan ini terbuat gabus? Tentu tidak sobat. Makanan khas Jakarta yang satu ini juga sering di sebut bedaran atau bidaran. Makanan ini berukuran kecil dengan bentuk cembung di tengah dan runcing di kedua ujungnya.

Bahan utama makanan ini adalah tepung sagu, telur, garam, dan mentega. Sebelumnya, telur gabus keju tidak tersedia dengan rasa yang bermacam – macam. Namun, sekarang kalian bisa memilih rasa telur gabus keju apa yang kalian inginkan. Untuk itu, akan sangat berkesan bagi keluarga kalian jika kalian membawakan mereka oleh – oleh makanan khas yang satu ini.

12. Pencok Betawi

Pencok Betawi foto instagram.com/pencokkentang

Pencok Betawi adalah salah satu makanan kegemaran masyarakat Jakarta terutama orang Betawi asli. Makanan ini biasa disajikan oleh orang betawi pada acara pernikahan dan acara adat lainnya. Sehingga, makanan ini juga sering disebut dengan istilah pencok pengantin.

Pencok Betawi terbuat dari kentang  dengan rasa dasar yang gurih. Saat ini, pencok sudah hadir dengan kemasan yang lebih modern dan tentu saja dalam berbagai rasa pilihan seperti rasa original, rasa pedas dan rasa bawang. Jika kalian datang ke Jakarta jangan lupa untuk mencicipi makanan ini dan sekaligus membawanya sebagai oleh – oleh.

13. Kue Ape

Kue Ape foto Instagram.com/vv_luv_eat

Satu lagi kue khas Jakarta yang menggoda selera dan dapat dijadikan oleh – oleh ketika kalian kembali ke kota kalian yaitu Kue Ape. Kue ini memiliki bentuk seperti serabi namun memiliki tekstur yang garing dan renyah pada bagian pinggirnya.

Kue ini biasa disajikan dengan berbagai macam topping seperti keju dan cokelat. Pada umumnya kue ini memiliki warna hijau, namun saat ini sudah banyak pembuat kue ape yang mengunakan berbagai warna sebagai variasi. Kalian bisa membeli makanan ini di berbagai tempat jajanan di seluruh Jakarta.

14. Kue Rangi

kue rangi foto instagram.com/ide.makan

Kue berikutnya adalah kue rangi yang sudah ada sejak era 90-an. Kue ini memiliki rasa yang legit dan ditambah dengan pasta gula jawa yang menciptakan rasa unik yang nikmat. Jika kalian penggemar makanan manis, kue ini sangat cocok untuk dicicipi. Kue ini berbahan dasar Tepung sagu yang dicampur kelapa parut. Cara membuatnya adalah dengan dipanggan sehingga rasanya nikmat sekaligus memiliki bau yang khas.

Kalian bisa mendapatkan kue ini di seluruh pusat jajajan di Jakarta, bahkan di pinggir – pinggir jalan. Makanan ini sangat populer di Jakarta. Kalian bisa membawanya sebagai oleh – oleh ketika kalian pulang ke daerah kalian.

15. Kue Cincin

Kue Cincin foto instagram.com/lisna_lisnawati71

Selanjutnya adalah jajanan mirip pdonat dalam versi yang lebih kecil dan tanpa topping. Kue ini merupakan jajanan khas Jakarta yang dibuat memakai gula merah. Rasanya manis dan teksturnya lembut. Kalian akan sangat menikmati kekhasan jajajan yang satu ini.

Namun, jajajan ini tidak begitu mudah ditemukan. Kalian bisa membelinya di toko – toko tertentu. Jadi, jika kalian berkunjung Ke Jakarta tidak ada salahnya jika kalian hunting makanan ringan ini sambil menikmati keindahan dan kunikan kota Jakarta. Dan tentu menjadikan kue ini oleh – oleh adalah pilihan yang tepat.

16. Kue Talam

kue talam foto instagram.com/mrs.viriya

Masih berjenis kue, oleh – oleh khas Jakarta satu ini bernama Kue Talam. Kue ini termasuk jajanan tradisional populer di kalangan masyarakat Jakarta. Teksturnya lembut dengan rasa yang manis. Tak hanya manis, kue ini memiliki aroma pandan yang begitu menggoda untuk dicicipi. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung terigu serta santan, sehingga cita rasanya sangat kaya. Bahkan saat ini sudah tersedia dalam berbagai macam varian.

Jika kalian datang ke Jakarta, mencicipi kue ini akan sangat sesuai. Apalagi membungkusnya dan membawanya pulang sebagai oleh – oleh, pasti akan sangat menenangkan bagi keluarga di rumah. Namun tentu saja kalian tidak bisa membawa kue ini dalam waktu yang lama ya sobat, karena kue ini tidak berpengawet.

17. Kerak Telor

kerak telor foto instagram.com/azka8045

Makanan satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga kalian semua. Kerak telor adalah salah satu makanan paling populer yang berasal dari ibu kota Jakarta. Bahannya yang sangat sedehana yaitu beras dan telur bebek atau telur ayam kemudian diaduk di wajan dan di tambahkan berbagai bahan lainnya kemudian di masak dengan wajan khusus hingga matang. Rasanya juga sangat gurih dan nikmat.

Saat ini memang sudah banyak penjual lerak telor yang juga ada diberbagai daerah. Namun, tidak afdol rasanya jika mengunjungi Jakarta dan tidak menambahkan Kerak Telor sebagai daftar belanjaan oleh – oleh anda.

18. Asinan Jakarta

asinan jakarta foto instagram.com/rieriever

Makanan terakhir yang juga sangat populer adalah Asinan Jakarta. Makanan ini ternuat dari sayuran dan buah segar yang harus diacar sebelumnya. Awalnya makanan ini adalah kombinasi antara budaya betawi dengan budaya cina. Makanan ini di lengkapi dengan sambakl kacang dan gula merah, kacang goreng dan kerupuk. Tentu makanan ini akan menciptakan rasa unik yang lezat.

Bagi kalian yang berkunjung ke Jakarta, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas betawi yang satu ini. Dan jangan lupa juga untuk membelikan keluarga kalian di rumah Asinan Jakarta sebagai oleh – oleh ketika kalian pulang.

Oleh Oleh Kerajinan & Aksesoris Khas Jakarta

Sebagai oleh – oleh, tentu kalian tidak hanya ingin membawa pulang makanan bukan? Jakarta juga terkenal dengan berbagai souvenir lucu dan unik yang bisa kalian bawa pulang sebagai buah tangan dan tentu saja sebagai cindera mata. Souvenir tersebut bisa kalian jadikan koleksi ataupun bukti bahwa kalian memang pernah berkunjung ke kota Jakarta. Berikut adalah souvenir yang bisa kalian bawa pulang.

19. Miniatur Monas

miniatur monas foto instagram.com/lorongmurah.id

Ke Jakarat tanpa berkunjung ke Monas tentu tidak lengkap. Tujuan utama kalian ketika berkunjung pasti adalah untuk mengunjungi monas bukan? Untuk mengabadikannya kalian bisa mengambil foto ketika berada di monas. Dan untuk lebih meninggalkan kesan, kalian bisa membawa pulang monas loh. Tapi bukan monas yang sebenarnya sobat, melainkan miniature monas.

Miniatur ini terbuat dari berbagai macam bahan mulai dari kayu, kaca, plastic dan lin sebagainya. Miniature monas ini sudah terkenal di seluruh dunia, jadi setiap wisatawan yang datang berkunjung sudah pasti berburu miniature ini. Miniature monas ini juga sangat mudah ditemui di berbagai toko souvenir di seluruh Jakarta.

20. Celana Betawi

Celana betawi foto instagram.com/collection_hidayah

Jakarta memang sangat kental dengn Betawi. Kebudayaan dan kesenian Jakarta adalah berasal dari Betawi, suku asli Jakarta. Satu hal yang sangat populer adalah celana betawi yang begitu khas. Celana betawi ini terbuat dari kain katun bermotif batik khas betwi yang begitu nyaman untuk dikenakan.

Pilihan warna celana ini juga sangat beragam dan yang paling penting adalah harganya yang terjangkau. Kalian bisa mendapatkan celana ini di pasar – pasar tradisional atau di tokosouvenir di Jakarta. Karena harganya yang terjangkau, tentu akan sangat menyenangkan untuk membelinya bagi seluruh teman dan keluarga di rumah.

21. Kebaya Betawi

Kebaya betawi foto instagram.com/donskidons

Berikutnya masih pakaian, namun pakaian untuk para wanita. Indonesia memang identik dengan Kebaya. Dan Jakarta identik dengan Kebaya Betawinya. Selain desain nya yang bagus, kebaya betawi ini juga bisa menambah koleksi dan pilihan kamu dalam menghadiri berbagai acara formal.

Kebaya Betawi sangat mudah ditemui di seluruh Jakarta.harganya juga tidak begitu mahal sehingga tidak menguras kantong kalian. Jika kalian berkunjung ke Jakarta, Kebaya Betawi bisa kalian jadikan alterative oleh – oleh untuk ibu, tante, bahkan pacar kalian.

22. Topeng Ondel Ondel

Topeng Ondel ondel foto instagram.com/agi_alghifree

Ondel – ondel  sudah pasti kalian sering dengar namanya. Kesenian asal Jakarta ini memang sangat terkenal dan menyenangkan untuk ditonton. Nah, Jika kalian ingin memilikinya, tentu saja bisa dilakukan. Tapi bukan dalam bentuk ondel – ondel nya sobat, melainkan topeng ondel – ondel.

Kalian bisa temukan topeng ini di setiap toko souvenir di seluruh Jakarta. Kalian bisa menggunakan topeng ini sebagai hiasan dinding di rumah kalian. Dan tentu sebagai cindera mata bagi keluarga dan teman teman kalian. Jika datang ke Jakarta, jangan lupa untuk membeli topeng ondel – ondel ini sebagai cindera mata dan oleh – oleh bagi keluarga.

23. Post Card Tema Jakarta

postcard Jakarta foto instagram.com/workart_playart

Selanjutnya adalah oleh – oleh yang sangat sederhana namun memberikan kesan yang mendalam. Yaitu berbagai macam post card atau kartu pos bertemakan Jakarta. Kartu pos ini bergambar tempat – tempat ikonik yang ada di Jakarta seperti monas, kota tua, museum fatahillah dan masih banyak lagi.

Oleh oleh ini cocok diberikan kepada siapapun termasuk anak – anak untuk menambah pengetahuan mereka. Jika kamu berlibur di Jakarta jangan lupa untuk membelikan post card ini untuk sanak saudara, adik, atau anak kalian. Agar liburan kalian lebih berkesan. Kalian bisa mendapatkannya di toko – toko souvenir di seluruh Jakarta dan harganya pun sangat terjangkau, jadi kalian bisa membelinya dalam jumlah yang banyak untuk dibagi – bagikan.

24. Miniatur Bajaj

miniatur bajaj foto instagram.com/indah_lana

Bajaj tentu salah satu alat transportasi umum yang sangat terkenal dan identik dengan orang Betawi dan Kota Jakarta. Transportasi beroda tiga ini adalah transportasi legendaries yang menjadi favorit di Jakarta. Apalagi dengan warnanya yang orange ngejreng, anak – anak pasti suka mengendarai Bajaj.

Nah jika kalian penggemar Bajaj, kalian bisa membawa pulang Bajaj dalam bentuk miniature. Detail dan warna bajaj ini sama sekali mirip sehingga akan sangat indah jika dijadikan hiasan di meja ruang tamu kalian, atau hanya sekedar dijadikan koleksi kalian.

25. Miniatur Pedagang Kerak Telor

miniatur kerak telor foto instagram.com/keraktelor

Kalau tadi ada miniature Bajaj dan Monas, kali ini ada miniature yang lebih lucu lagi, yaitu miniature pedagang kerak telor. Miniature ini lengkap dengan bentuk wajan dan kerak telonya. Jadi kalian akan merasa telah membawa penjual kerak telor ke rumah kalian.

Kalian bisa mendapatkan miniature ini di banyak tempat dan toko souvenir. Miniature ini bisa dijadikan sebagai hadiah atau untuk koleksi kalian sendiri dan kalian gunakan sebagai hiasan di rumah atau kamar kalian untuk mengingatkan masa liburan kalian di Jakarta.

26. Patung Ondel Ondel Mini

ondel – ondel mini foto instagram.com/ondel2mini

Lagi lagi kita berbicara tentang icon ondel – ondel. Jika sebelumnya kita membicarakan topeng ondel – ondel, ada satu lagi ondel – ondel dalam bentuk lain yang bisa kalian bawa pulang sebagai oleh – oleh. Yaitu patung ondel – ondel mini.

Patung ini sama persis dengan ondel – ondel sebenarnya, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil, yaitu seukuran boneka Barbie. Kalian bisa mendapatkan patung mini ini di berbagai toko sovernir dan oleh – oleh di seluruh Jakarta. Jadi jangan takut akan merasa kangen dengan ondel – ondel ini ya kawan.

27. Gantungan Kunci Ondel Ondel

Gantungan kunci ondel – ondel foto instagram.com/souvenir_karet99

Masih berkutat dengan si iconic ondel – ondel, kali ini kalian bisa membawa pulang ondel – ondel dalam bentuk gantungan kunci. Gantungan kunci ini dapat kalian bawa kemana saja dan akan selalu menjadi pengingat bahwa kalian pernah ke Jakarta.

Karena bentuknya yang imut, gantungan kunci ini juga menjadi salah satu favorit para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh – oleh. Kalian bisa membeli berbagai macam bentuk gantungan kunci ondel – ondel ini di berbagai tempat di Jakarta bahkan di pasar – pasar tradisional. Jadi pastikan untuk memborong gantungan kunci ini dan bagikan kepada semua sahabat serta keluarga kalian di rumah.

28. Batik Betawi

Batik betawi foto instagram.com/batikterogong

Batik memang identik dengan kebudayaan Indonesia. Jakarta adalah salah satu daerah yang memiliki kain khas Batik dengan motif tersendiri. Batik Betawi sudah menjadi favorit masyarakat Jakarta dan juga para wisatawan.

Yang membuat batik ini lebih unik adalah motif yang diusung. Motif dari Batik Betawi tidak jauh dari kesenian dan ikon budaya Jakarta seperti Tanjidor, pohon mengkudu, burung hong, dan ondel – ondel. Batik ini juga tersedia dalam berbagai bentuk, mulai kain, pakaian, dompet hingga tas. Batik ini pasti sangat cocok untuk oleh – oleh bagi orang – orang tersayang.

29. Magnet Kulkas

magnet kulkas foto instagram.com/souvenir_karet99

Satu lagi pernak pernik souvernir Jakarta adalah Magnet kulkas. Biasanya magnet kulkas ini berbentuk tulisan abang none Jakarta yang merupakan icon pariwisata di Jakarta. Magnet ini biasa di banderol seharga dengan gantungan kunci.

Oleh – oleh ini juga menjadi salah satu alternative souvenir yang bisa kamu borong untuk di bagikan kepada teman serta keluarga sebagai oleh – oleh. Selain itu, magnet kulkas ini dapat mempercantik kulkas kalian dirumah loh!

30. Boneka Abang None

Boneka abang none foto instagram.com/cika_handicraft

Seperti halnya boneka ondel – ondel, boneka ini juga dibentuk mirip manusia dengan tulisan abang dan none yang mengenakan pakaian khas Jakarta. Kamu bisa menggunakannya sebagai pemanis ruangan dan penghias rumah kamu.

Bagi kamu yang suka mengoleksi barang pernak – pernik, kamu bisa membeli sepasang boneka abang none ini untuk menambah koleksi, atau sebagai oleh – oleh bagi keluargamu. Kamu bisa dapatkan boneka ini di toko souvenir dan lokasi oleh – oleh Jakarta di seluruh Jakarta.

Pusat Oleh Oleh Di Jakarta

Setelah membahas berbagai macam oleh – oleh yang mungkin bisa kalian bawa pulang, tentu kalian juga ingin tahu dimana kalian bisa membeli barang atau makanan sebagai oleh – oleh. Di setiap tujuan wisata tentu ada toko – toko souvenir dan oleh – oleh yang terpercaya dan lengkap. Dan berikut adalah rekomendasi toko oleh – oleh di Jakarta sebagai pilihan kalian.

1. Pusat Oleh Oleh & Kerajinan Jakarta

pusat oleh – oleh dan kerajinan jakarta foto instagram/ wahdah_fufu

Tempat ini menyediakan berbagai macam oleh – oleh khas Jakarta mulai dari makanan hingga pakaian dan souvenir. Tempat ini merupakan tempat yang menggandeng semua UKM setempat jadi produk yang dijual adalah produk hasil UKM warga setempat. Bahkan di tempat ini, kalian bisa menikmati makanan khas Jakarta seperti gado- gado dan Soto Betawi.

Jika kalian ingin membeli oleh – oleh dan bingung mencari kemana, tempat ini adalah solusinya. lokasi oleh – oleh Jakarta beralamat di Jl. Prof Dr. Satrio No. 7 Kuningan, Jakarta Selatan. Datang ketempat ini, dan penuhi koper kalian dengan oleh – oleh khas Jakarta. Harga oleh – oleh Jakarta di tempat ini juga bervariasi antara 15.000 hingga ratusan ribu.

2. Ksm Oleh Oleh Khas Betawi

KSM foto instagram.com/ksm.betawi

Berikutnya adalah tempat bernama oleh – oleh khas betawi. Tempat ini juga menyediakan berbagai macam makanan dan souvenir khas Jakarta. Mulai dari bir pletok, kembang goyang, gantungan kunci, kaos Jakarta dan masih banyak lagi oleh – oleh yang bisa kalian jadikan sebagai pilihan. .  Harga oleh – oleh Jakarta di tempat ini juga bervariasi antara 15.000 hingga ratusan ribu.

Jika kalian ingin membeli oleh – oleh ditempat ini, kalian bisa mengendarai bus trans Jakarta atau menggunakan saja ojek atau taksi online. lokasi oleh – oleh Jakarta ini beralamatkan di Jl. Gajah Mada Block C No. 19- 26, Gambir, Jakarta Pusat.

3. Setu Babakan

setu babakan foto instagram.com/tyasew

Tempat yang satu ini rasanya sudah sangat sering terdengar namanya. Setu Babakan merupakan salah satu pusat oleh – oleh Jakarta bukan hanya menyediakan barang dan makanan. Di tempat ini,kalian juga bisa sekaligus belajar budaya dan menikmati berbagai pertunjukkan khas Betawi.

Di tempat ini biasa diadakan pertunjukan budaya Betawi diantaranya adalah Tari Topeng dan Balas Pantun. Bagaimana? Apa Kalian tertarik untuk berwisata budaya sekaligus mencari oleh-oleh? Jika iya, datang saja ke lokasi oleh – oleh Jakarta di Jl. Mohammad Kahfi II, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

4. Mpo Romlah

mpo romlah foto instagram.com/mpo_romla

Berikutnya adalah salah satu tempat yang sudah cukup terkenal di Indonesia dan namanya sudah wara wiri di berbagai media Sosial. Mpo Romlah terkenal dengan makanan khas jakartanya yaitu Biji Ketapang. .  Harga oleh – oleh Jakarta di tempat ini juga bervariasi antara 15.000 hingga ratusan ribu.

Tempat ini juga menyediakan berbagai macam jajanan khas Betawi seperti Kembang Goyang, Semprong, kue akar Kelapa dan masih banyak lainnya. Jika kalian ingin memborong camilan khas Jakarta, kalian bisa mendatangi toko oleh – oleh Mpo Romlah Ini. lokasi oleh – oleh Jakarta terleak di Jl. Swadaya 2 No. 20B, Jagakarsa,Jakarta Selatan dan satu lagi terletak di Hormonie Exchange Mall (Harris Vertu Hotel) Hayam Wueuk, Jakarta Pusat.

5. Betawi Store

betawi store foto instagram.com/ betawi_store

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa toko ini menjual segala sesuatu yang berhubungan dengan Betawi. Tempat ini menyediakan berbagai macam oleh – oleh khas Jakarta mulai dari bir pletok, kue – kue khas Jakarta hingga berbagai macam souvenir khas Jakarta.

lokasi oleh – oleh Jakarta ini terletak di Jl. Medan Merdeka Selatan RT 5/RW 2 Langgeng Jakarta, Jakarta Pusat. Tapi ingat untuk datang ke tempat ini antara pukul 8 pagi hingga 8 malam. .  Harga oleh – oleh Jakarta di tempat ini juga bervariasi antara 15.000 hingga ratusan ribu.

6. Warung Mpok Nini

Warung mpok nini foto twitter.com/mpok_nini

Berikutnya adalah toko oleh – oleh yang bernama Warung Mpok Nini. Warung ini terletak di Jl. Belanak 2 Ujung RT 02/01 No. 57 Perumnas 2 Kel. Kayuringin Jaya, Bekasi Sel. Kota Bekasi Jawa Barat. Toko ini menyediakan berbagai macam oleh – oleh khas Jakarta seperti Bir pLetok, dan Kue Geplak. .  Harga oleh – oleh Jakarta di tempat ini juga bervariasi antara 15.000 hingga ratusan ribu.

Jika kalian berkunjung ke Jakarta dan mencari lokasi oleh – oleh Jakarta tidak ada salahnya berkunjung pula ke Bekasi dan memborong oleh – oleh di Warung Mpok Nini ini.

7. Batik Betawi Shop

batik betawi shop foto twitter.com/batik.betawishop

Nah, untuk toko souvenir satu ini khusus menjual batik khas betawi. Batik Betawi Shop menjual berbagai macam motif kain batik, pakaian batik, dompet batik hingga tas batik. Bagi para wanita tempat ini akan menjadi surge untuk berbelanja pakaian. .  Harga oleh – oleh Jakarta di tempat ini juga bervariasi antara 15.000 hingga ratusan ribu.

Jika kalian ingin memborong berbagai macam barang berbau Batiki Khas Betawi, kalian bisa datang lokasi oleh – oleh Jakarta ke toko yang terletak di gedung Thamrin City, Jl. Thamrin Boulevard,Kel.Kb.Melati,Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat,DKI Jakarta.

8. Oleh Oleh Sowan Sunter

oleh – oleh sowan foto instagram.com/sowandulu

Toko satu ini juga menyediakan berbagai macam oleh – oleh khas Jakarta seperti Kue Geplak dan lain sebagainya. Kalian juga bisa membeli oleh – oleh khas dari kota lain loh di tempat ini. Jadi kalian juga sekaligus bisa mencicipi berbagai makanan khas dari Surabaya, Bandung dan Kota besar lainnya.

Jika ingin membeli oleh – oleh ditempat ini, kalian bisa datang ke lokasi oleh – oleh Jakarta ini di alamat alamat Jl. Danau Sunter Utara Blok R No.34,Sunter, Jakarta Utara.  Harga oleh – oleh Jakarta di tempat ini juga bervariasi antara 15.000 hingga ratusan ribu.

Demikian adalah berbagai informasi yang bisa kalian gunakan sebagai rekomendasi untuk mencari dan membeli serta memilih oleh – oleh khas Jakarta seperti Bir Pletok, Roti Buaya dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!