25+ Oleh Oleh Khas Cirebon Terkenal, Enak & Wajib Kamu Bawa Pulang

Oleh Oleh Khas Cirebon ~ Berikut merupakan rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon terkenal, enak, dan murah meriah. Buat Sobat yang sedang berlibur di Cirebon atau ingin menghabiskan waktu di sana, jangan lupa untuk membeli makanan, minuman tradisional, dan kerajinan tangan sebagai buah tangan keluarga dirumah.

Terletak di Pesisir Pantai Utara Jawa, Cirebon menjadi pusat perdagangan pada abad ke-15. Tidak mengherankan jika beragam bangsa mulai dari India, Cina, hingga Arab berdatangan ke “Kota Udang”. Akulturasi budaya pun tercipta. Menyisakan keunikan pada jejak perjalanan sejarah dan masyarakat Cirebon.

Cirebon juga dikenal sebagai pusat peradaban Islam Nusantara pada sekitar tahun 1400-an. Syarief Hidayatullah atau yang dikenal dengan Sunan Gunung Jati merupakan tokoh yang disegani dalam perkembangan Islam. Ajaran dan peninggalan salah satu anggota Wali Songo itu abadi bersama perkembangan zaman.

Kraton Cirebon menjadi salah satu saksi bisu perjuangan Sunan Gunung Jati berusaha menjadi contoh bagi masyarakat untuk menjaga keseimbangan duniawi dan rohani. Sunan Gunung Jati tidak bisa dipisahkan dari perkembangan Cirebon. Karena itu, hingga kini masih banyak wisatawan yang menyempatkan diri berziarah ke makam Sang Wali.

Selain wisata sejarah, Cirebon juga memiliki keindahan alam. Sebut saja Bukit Gronggong, Setu Patok, Hutan Monyet Plangon, dan Pantai Kejawanan yang bisa menjadi pilihan. Bagaimana Sobat? Menarik kan? Pastinya, Cirebon bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang layak disambangi.

Jika Sobat berlibur ke Cirebon, tidak lengkap rasanya jika tidak berburu oleh-oleh khas. Sebagai salah satu kota wisata, Cirebon memiliki banyak keunikan mulai dari kuliner yang lezat, minuman legendaris, hingga kerajinan tangan berkelas dunia. Mari simak apa saja yang bisa Sobat bawa pulang sebagai buah tangan ketika berkunjung ke “Kota Wali”.

“Baca Juga: 15 Oleh Oleh Khas Wonosobo Terkenal, Enak & Murah Meriah

25 Oleh Oleh Makanan Khas Cirebon Terkenal, Enak & Tahan Lama

Cirebon dikenal sebagai salah satu sentra kuliner di Jawa Barat. Nasi Jamblang, Nasi Lengko, dan Empal Gentong sudah sangat akrab bagi para pecinta kuliner. Tetapi selain nama-nama itu, Cirebon masih punya sederet makanan khas yang layak dijadikan tentengan buat orang-orang tersayang.

Selain makanan, Cirebon juga memiliki minuman tradisional yang layak dicoba. Kelezatan makanan yang berpadu dengan minuman yang menyehatkan jadi kombinasi ciamik pilihan oleh-oleh Sobat. Penasaran? Yuk kita intip 15 oleh-oleh khas Cirebon yang melegenda.

1. Oleh Oleh Sirup Tjampolay Khas Cirebon

Sirup Tjampolay Foto by instagram.com/ sirup.tjampolay

Sirup Tjampolay merupakan minuman legendaris yang menjadi ikon oleh-oleh Cirebon. Minuman yang satu ini bahkan bisa dibilang menjadi salah satu kebanggaan warga kota penghasil udang rebon. Sirup Tjampolay pertama kali diproduksi pada 11 Juli 1936 oleh warga peranakan Tiongkok bernama Tan Tjek Tjiu yang mendapat resep pembuatan sirup dari mimpi.

Luar biasa kan? Mimpi saja bisa menghasilkan resep yang tak lekang zaman. Pada peluncuran pertamanya, Sirup Tjampolay hanya menyediakan tiga varian rasa yaitu rossen, asam jeruk, dan nanas. Manis dari gula asli yang berkolaborasi dengan ciamik dengan buah-buahan membuat sirup ini langsung mendapatkan hati para pecinta minuman manis.

Keunikan Sirup Tjampolay bukan hanya ada di rasa. Label yang menempel pada botol sirup juga tidak kalah khasnya. Label Sirup Tjampolay menggunakan gambar buah berbentuk lonjong dengan bagian ujung sedikit meruncing. Pada mulanya, banyak yang menduga gambar yang digunakan adalah buah Cempedak.

Namun ternyata, buah yang menjadi logo tersebut adalah Terong Belanda yang memiliki nama lain Campolay. Karena keunikan itu, generasi penerus Sirup Tjampolay yang saat ini dipegang generasi ketiga keluarga Tan Tjek Tjiu masih mempertahankan logo yang sama sebagai identitas produknya.

Sirup Tjampolay mengalami masa pasang surut. Pada 1964, sirup ini tidak lagi diproduksi karena sang pendiri meninggal dunia. Enam tahun berselang, generasi kedua memberanikan diri memproduksi kembali sirup warisan keluarga itu. Namun sayangnya kalah bersaing dengan sirup temulawak dan orson yang harganya lebih murah. Setelah mengalami berbagai cobaan, pada 1983, Sirup Tjampolay kembali berkibar hingga sekarang.

Saat ini, berbagai inovasi dilakukan penerus Sirup Tjampolay. Diantaranya dengan menambah varian rasa. Ada 25 rasa yang sudah diproduksi Sirup Tjampolay. Terobosan rasa yang terkenal yaitu Pisang Susu dan Mangga Gedong. Mangga Gedong merupakan salah satu buah khas Cirebon yang terkenal di Timur Tengah.

2. Teh Upet Khas Cirebon

Teh Upet Foto by instagram.com/unawiwin

Tradisi minum teh berkembang di Tiongkok pada masa Dinasti Han berkuasa pada 221 SM. Pada mulanya teh digunakan sebagai obat-obatan dan baru dikonsumsi sebagai minuman. Seiring dengan perkembangan arus perdagangan, teh akhirnya merebak ke seluruh dunia. Termasuk Indonesia.

Cirebon yang merupakan salah satu kota tujuan dagang bangsa Tiongkok pada abad ke-8 juga menerima pengaruh tradisi minum teh. Pada awalnya, teh disajikan di dalam poci (teko yang terbuat dari tanah liat). Seduhan air panas di dalam poci membuat daun teh tercampur sempurna sehingga menghasilkan aroma yang khas. Teh Poci Cirebon sangat terkenal dan masih digemari hingga kini. Biasanya, teh ini disajikan dengan gula batu sehingga manisnya nendang.

Sentra kuliner Teh Poci Cirebon berada di Jalan Kanoman yang terletak dekat Kraton Kanoman Cirebon. Disana, Sobat bisa menikmati segelas Teh Poci Cirebon bersama dengan aneka kue kecil yang tak kalah lezat. Salah satu teh yang dapat disajikan di dalam poci yaitu Teh Upet. Teh ini diproduksi sejak 1956 dan masih eksis sampai sekarang lho Sobat. Teh Upet diproduksi dari pucuk daun teh berkualitas tinggi ditambah bunga melati. Teh ini memiliki rasa sepet yang khas.

Agar bisa tetap bertahan, Teh Upet membuat franchise minuman yang saat ini bisa dijumpai di mall. Tetapi, jika Sobat sedang singgah di Cirebon, tidak ada salahnya jika membeli teh ini dalam kemasan. Saat ini, Teh Upet varian teh hitam, teh hijau, dan teh melati yang dikemas mulai dari teh tubruk sampai teh celup.

Wah, jadi nambah deh daftar oleh-oleh wajib yang harus diperoleh di Cirebon. Tidak ada salahnya menyisihkan sedikit budget untuk membeli tentengan buat orang-orang tercinta. Sirup Tjampolay dan Teh Upet dijamin tidak bakal bikin kantong Sobat kering. Sebotol Sirup Tjampolay dibandrol mulai dari Rp 27.000, sedangkan Teh Upet kemasan 125 gr dihargai Rp 17.000.

3. Ampo Cirebon

Ampo Cirebon Foto by Kaskus

Jika Sobat mencari penganan yang langka, Ampo bisa menjadi pilihan. Ampo merupakan makanan tradisional khas Cirebon yang dibuat dari tanah liat. Unik kan? Jika biasanya tanah liat dijadikan gerabah, masyarakat Cirebon malah menjadikannya camilan.

Meski terbuat dari tanah liat, Ampo aman dikonsumsi karena diambil dari bagian dalam tanah sawah. Pembuatan Ampo cukup merepotkan. Tanah liat yang diambil harus dijemur terlebih dulu hingga kering. Kemudian tanah ditumbuk hingga sehalus tepung setelah itu disaring dengan air untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Tanah lalu dijemur hingga kering baru dicetak lonjong. Karena kesulitan ini, pengrajin Ampo sudah jarang. Padahal, camilan satu ini merupakan salah satu menu wajib dalam setiap acara adat. Jika Sobat berminat mencicipi Ampo, harganya Rp 20.000 untuk ukuran 250 gr.

4. Kerupuk Lambak Khas Cirebon

Kerupuk Lambak Foto by instagram.com/ kerupukkerbau

Bagi Sobat yang menyukai makanan gurih dan renyah, Kerupuk Lambak bisa menjadi pilihan. Kerupuk Lambak merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau atau kulit sapi yang dikeringkan kemudian digoreng dengan minyak panas.

Di Cirebon, Kerupuk Lambak disajikan dengan saus kacang yang disiram. Namun, bisa juga dimakan begitu saja. Sobat bisa menemukan Kerupuk Lambak dengan mudah karena toko oleh-oleh atau kedai makanan selalu menyediakannya. Sebungkus Kerupuk Lambak dibandrol mulai dari Rp 10.000 per plastik kecil hingga Rp 90.000 per kilogram.

5. Kerupuk Melarat Khas Cirebon

Kerupuk Melarat Foto by instagram.com/isyewibisana

Jangan salah sangka ya Sobat! Makanan yang satu ini tidak bermaksud menyindir status sosial masyarakat. Kerupuk Melarat yang terbuat dari tepung tapioka ini dimasak dengan cara yang unik. Jika kebanyakan kerupuk digoreng dengan minyak goreng, Kerupuk Melarat justru digoreng dengan pasir. Inilah asal mula nama Melarat diambil.

Ada dua cara untuk menikmati Kerupuk Melarat yaitu dengan disiram sambal kacang yang rasanya agak asam dan dimakan begitu saja. Harga sebungkus Kerupuk Melarat sangat murah yaitu Rp 10.000 per 75 gr.

6. Kerupuk Udang Cirebon

Kerupuk Udang Foto by instagram.com/camilannusantara
Kerupuk Udang Foto by instagram.com/camilannusantara

Sebagai kota pesisir pantai, Cirebon dikenal kaya dengan hasil laut. Salah satunya udang. Hewan laut kaya gizi ini kemudian diolah dengan tepung tapioka. Rasa Kerupuk Udang Cirebon lebih gurih ketimbang yang lain karena udang yang digunakan lebih banyak dan asli.

Kerupuk Udang bisa menjadi teman makan nasi beserta lauk yang enak dan murah. Sebungkus Kerupuk Udang dihargai Rp 13.000 – Rp 20.000. Kerupuk Udang dapat dengan mudah dijumpai di sentra oleh-oleh, pasar tradisional, hingga supermarket modern.

7. Rengginang Khas Cirebon

Rengginang Cirebon Foto by instagram/rengginang_mininjr

Rengginang mungkin bukan makanan yang asing bagi Sobat. Makanan yang satu ini juga ada di kota lain seperti Jakarta dan suka disajikan saat Lebaran. Tetapi, Rengginang Cirebon memiliki rasa yang khas. Dibuat dari beras yang dimasak kemudian dicampur dengan bawang putih dan terasi udang menjadikan Rengginang Cirebon lebih gurih dari rengginang pada umumnya.

Rengginang Cirebon ada yang dijual mentah dan matang. Untuk saat ini, Rengginang Cirebon juga mengalami modifikasi rasa. Ada beberapa produsen yang menjual Rengginang Cirebon matang dengan taburan bubuk rasa mulai dari keju hingga pedas. Harga Rengginang Cirebon dijual mulai dari Rp 13.000 – Rp 25.000.

8. Kue Gapit Cirebon

Kue Gapit Cirebon Foto by instagram.com/isyewibisana

Kue Gapit berbahan dasar tepung tapioka yang dibakar dengan menggunakan dua lempeng besi. Kue ini berbentuk bulat pipih dan renyah. Kue Gapit sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Sentra pembuatan kue ini berada di Desa Setu dan Desa Kemlaka. Kue Gapit merupakan camilan khas yang diburu wisatawan atau masyarakat lokal.

Saat ini, Kue Gapit memiliki banyak rasa mulai dari original yaitu rasa kelapa, hingga modifikasi yaitu rasa bawang dan keju. Harga Kue Gapit Rp 35.000 per kilogram. Murah kan?

9. Serabi Cirebon

Serabi Cirebon Foto by instagram.com/rachelviann

Serabi merupakan penganan khas Jawa Barat yang bisa dijumpai di kota lain. Makanan yang terbuat dari tepung besar dan santan itu memiliki rasa gurih dan manis yang khas. Namun, Serabi Cirebon berbeda dengan serabi kebanyakan. Memakan Serabi Cirebon biasanya disertai dengan gorengan seperti tempe goreng. Unik kan?

Salah satu tempat yang terkenal dengan sajian serabi yaitu Jalan Pulasaren. Serabi Cirebon kini menyesuaikan zaman dengan menawarkan beragam pilihan. Ada serabi dengan topping ayam, keju, oncom, cokelat, kismis, pisang, dan tauco. Harga serabi dijual mulai dari Rp 2.500.

10. Tape Ketan Daun Jambu Cirebon

Tape Ketan Daun Jambu Foto by instagram.com/bubueataway

Makan tape ketan mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana rasanya jika tape ketan dibungkus daun jambu air dan dimasak menggunakan kayu bakar? Pasti rasanya berbeda. Tape Ketan Daun Jambu merupakan camilan khas Cirebon yang dapat dijumpai di sepanjang jalan Cirebon – Kuningan. Karena dibungkus daun jambu air, tape ketan ini memiliki aroma yang khas.

Harga Tape Ketan Daun Jambu sangat murah. Hanya Rp 70.000 untuk 100 bungkus. Biasanya, di sepanjang jalan Cirebon-Kuningan, Tape Ketan Daun Jambu dijual per ember yang berisi 100 bungkus. Tape Ketan Daun Jambu biasa diburu pemburu oleh-oleh setiap kali musim liburan.

11. Ikan Asin Khas Cirebon

Ikan Asin Cirebon Foto by instagram.com/ikanasincirebon

Laut Cirebon sangat kaya. Ratusan jenis ikan merupakan biotanya. Maka tidak mengherankan jika ada banyak olahan ikan asin di kota itu. Salah satu ikan asin yang paling terkenal yaitu Ikan Asin Jambal Roti. Tekstur ikan asin ini berbeda dengan ikan asin kebanyakan. Lebih tebal dan gurih.

Ikan Asin Cirebon diproses dengan alami sehingga rasanya terjamin. Selain itu, biasanya juga memiliki potongan yang besar. Seekor Ikan Asin Jambal Roti dihargai Rp 35.000. Untuk ikan asin kualitas super tanpa tulang, mencapai Rp 120.000 per kg.

12. Terasi Udang Cirebon

Terasi Udang Foto by instagram.com/irmaalaydrus

Konon, asal kata Kota Cirebon berasal dari kata Ci yang berarti air dan Rebon yaitu Udang Rebon. Kota ini sejak masa lalu memang menjadi penghasil Udang Rebon yang menjadi bahan utama pembuatan terasi. Terasi Cirebon sangat terkenal bahkan menjadi julukan kota ini.

Terasi Cirebon sangat mudah dijumpai di toko penjual oleh-oleh maupun di pasar tradisional. Harganya pun sangat murah. Hanya Rp 8.500 – 20.000 per bungkus sesuai dengan ukuran.

13. Bumbu Empal Gentong dan Sambal Goreng Cirebon

Bumbu Instant Cirebon Foto by instagram/henijati64

Jika Sobat menyukai kuliner Cirebon seperti Empal Gentong atau Sambal Goreng Nasi Jamblang, Sobat bisa menjadikan bumbu siap saji masakan itu sebagai oleh-oleh. Bumbu Empat Gentong tersedia dalam dua pilihan. Ada bumbu kering dalam kemasan dan bumbu basah. Sementara itu, Sambal Goreng Cirebon yang identik dengan rasa asam gurihnya itu tersedia dalam kemasan toples.

Bumbu Instant Saji Empal Gentong dan Sambal Goreng Jamblang Cirebon banyak tersedia di pusat penjualan oleh-oleh dan supermarket. Harga Bumbu Instant Empal Gentong dibandrol dengan harga Rp 10.000 per kemasan atau Rp 35.000 per botol. Sambal Goreng Jamblang dihargai Rp 40.000 per toples.

14. Kue Sultana Khas Cirebon

Cirebon Sultana Foto by instagram.co/cirebon_sultana

Bagi Sobat yang ingin berburu oleh-oleh kekinian, wajib nih mencoba Cirebon Sultana. Toko Kue milik publik figur Indra Bekti yang berlokasi di depan Masjid Agung Cirebon. Bolu berlapis croissant menjadi andalan toko ini. Ada lima jenis rasa yang bisa dipilih yaitu double choco, pisang cokelat, mangga, keju, dan blueberry.

Jika dibandingkan dengan oleh-oleh khas tradisional Cirebon, harga Cirebon Sultana terbilang cukup mahal. Satu loyang dihargai Rp 55.000. Namun, harga itu sebanding dengan rasa dan kualitas. Terutama karena memang kue yang dijual adalah kue kekinian yang hits.

15. Kue Cinnamon Khas Cirebon

Cirebon Cinnamon Foto by instagram.com/cireboncinnamon

Cirebon Cinnamon merupakan brand milik artis cantik Dini Aminarti. Di kota leluhurnya ini, Dini Aminarti menjual pastry eclair dengan delapan pilihan rasa yaitu apel kayu manis, keju, cokelat, pisang susu, hazelnut, durian, tiramisu, dan vanila oreo.

Harga satu pastry Cirebon Cinnamon dipatok Rp 50.000 – Rp 55.000. Saat ini ada dua gerai Cirebon Cinnamon. Salah satunya berada di Stasiun Kejaksan yang memang khusus menyasar para wisatawan.

“Baca Juga: 21 Oleh Oleh Khas Malang Terkenal, Enak & Murah Meriah

Oleh Oleh Kerajinan & Aksesoris Khas Cirebon Kekinian

Cirebon bukan hanya sekadar memiliki kuliner yang lezat. Tetapi juga salah satu sentra kerajinan berkualitas di Jawa Barat. Jika berlibur ke Cirebon, jangan lupa menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh hasil kerajinan masyarakat setempat yang kualitasnya tidak perlu diragukan.

Penasaran dengan kerajinan apa saja yang bisa Sobat bawa pulang untuk melengkapi tentengan oleh-oleh buat yang tersayang? Simak 10 oleh-oleh kerajinan Cirebon yang sayang untuk dilewatkan berikut.

16. Batik Khas Cirebon

Batik Mega Mendung Foto by instagram/batikwarisanarcadia

Pesona Batik Cirebon rasanya sayang jika diabaikan. Motif yang berbeda dari batik-batik Jawa dan warna yang cenderung lebih cerah menjadi keunggulan Batik Cirebon. Motif Batik Mega Mendung merupakan motif yang paling terkenal dari Cirebon. Motif ini memiliki filosofi yang tinggi. Terambil dari gugusan awan yang mendung atau gelap, Motif Mega Mendung mengingatkan bahwa hari tidak selamanya gelap. Setelah turun hujan, pasti akan ada berkat. Kesuburan bagi tanah yang dipijak. Biasanya, Motif Mega Mendung dituangkan di atas kain berwarna merah atau biru sehingga tampilannya cantik dan enerjik.

Cirebon juga memiliki motif lain yang unik yaitu Paksi Naga Liman yang terinspirasi dari Paksi (Garuda), Naga, dan Liman (Gajah). Masih ada juga motif lain seperti Motif Kompeni yang menggambarkan seorang tentara Kompeni memegang senjata, dan Motif Pecutan atau bunga cantik.

17. Topeng Cirebon

Topeng Cirebon Foto by instagram.com/jabarprovgoid

Topeng cukup erat dengan kebudayaan Cirebon. Tari Topeng Cirebon bahkan menjadi salah satu yang terkenal. Industri topeng juga berkembang dengan pesat di Cirebon. Ada lima jenis Topeng Cirebon yang terkenal atau disebut Panca Wanda yaitu Panji (wajahnya berwarna putih menyimbolkan kesucian), Samba (topeng anak-anak dengan wajah ceria), Rumyang (topeng sosok remaja), Patih (orang dewasa yang tegas dan bertanggungjawab), serta Rahwana (simbol kemarahan).

Topeng Cirebon dapat dibeli di toko penjual oleh-oleh. Saat ini, tersedia topeng yang dapat didirikan di atas meja atau digantung di dinding. Harga Topeng Cirebon bervariasi bergantung pada ukuran dan jenis kayu yang digunakan. Satu Topeng Cirebon dijual mulai dari Rp 80.000 hingga ratusan ribu rupiah.

18. Kerajinan Rotan khas Cirebon

Keranjang Rotan Foto by instagram.com/rotanesia

Cirebon merupakan salah satu pusat kerajinan rotan di Jawa Barat. Desa Tegalwangi merupakan salah satu tempat pembuat kerajinan rotan yang kualitasnya diakui hingga mancanegara. Warga Desa Tegalwangi mampu menyulap rotan menjadi peralatan rumah tangga bernilai tinggi yang diekspor hingga Timur Tengah.

Produk yang dihasilkan berupa keranjang aneka ukuran dan motif, kursi, meja, tudung saji, hingga ayunan, dan lain-lain. Harga jual peralatan rotan bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung jenis produk dan kualitasnya.

19. Lukisan Kaca Cirebon

Lukisan Kaca Cirebon Foto by instagram.com/wonggendeng_212

Seni melukis kaca sudah berkembang di Cirebon sejak perkembangan Islam pada sekitar abad 16 lalu. Para seniman menggunakan kaca polos, kaca es bening, dan kaca paraglass sebagai media melukis. Biasanya, lukisan yang digambarkan merupakan lukisan wayang dan kaligrafi.

Karena keunikan dan kesulitannya, Lukisan Kaca Cirebon dijual dengan harga cukup mahal. Mulai dari ratusan ribu hinga jutaan rupiah. Namun, akan menjadi sebuah kebanggaan bagi Sobat yang ingin mengoleksinya.

20. Gerabah Cirebon

Gerabah Cirebon Foto by instagram.com/damdam_ceramicstudio

Gerabah atau alat rumah tangga yang terbuat dari tanah liat sudah digunakan nenek moyang kita untuk memasak dan untuk keperluan rumah tangga lainnya. Cirebon merupakan salah satu pusat perkembangan gerabah di Pulau Jawa. Di Desa Sitiwangunan, gerabah diproduksi setiap hari untuk memenuhi permintaan pasar lokal maupun internasional.

Gerabah Sitiwangunan dihargai mulai dari Rp 5.000 untuk gantungan kunci sederhana sampai jutaan rupiah untuk patung. Bagi kalian yang tidak sempat pergi ke Desa Sitiwangunan, gerabah bisa dibeli di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh.

21. Kerajinan Kulit Kerang Cirebon

Bros Kulit Kerang Foto by instagram.com/kerajinankulitkerang

Sebagai kota di pinggir pantai, Cirebon sudah pasti memiliki kekayaan laut. Salah satunya kerang. Hewan yang satu ini gemar berganti kulit di pasir pantai. Masyarakat Cirebon yang rajin dan kreatif menyulap limbah kulit kerang menjadi aneka aksesoris bernilai seni tinggi.

Beragam produk dari limbah kulit kerang seperti kalung, gantungan kunci, figura foto, genta angin, dan cermin. Harganya pun bervariasi mulai dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

22. Tenun Cirebon

Tenun Tajung Foto by instagram.com/ahmhabibi_tenunpalembang

Desa Pamijahan Cirebon dikenal sebagai pusat kain tenun. Namun uniknya, bukan motif Cirebon yang diproduksi melainkan tiga jenis kain songket khas Palembang yaitu tajung, blongket, dan blongsong. Produksi kain tenun dengan motif Palembang itu bukan suatu kebetulan karena warga Desa Pamijahan pada masa lalu banyak yang mengadu nasib di Palembang. Ada yang bekerja sebagai penenun dan meneruskan pekerjaan itu ketika kembali ke Cirebon.

Kain tenun hasil karya warga Pamijahan dijual ke Palembang, Riau, dan juga beberapa kota di Jawa Barat. Sehelai kain tenun berbahan katun dihargai mulai dari Rp 100.000 sedangkan berbahan sutra dijual Rp 500.000.

23. Blangkon Ikat Khas Cirebon

Blangkon Ikat Cirebon Foto by Bukalapak

Blankon merupakan ikat kepala atau penutup kepala bagi laki-laki. Jika Sobat berjalan-jalan ke Kraton Kasepuhan Cirebon, akan dijumpai para abdi dalem yang mengenakan blankon khas dengan motif Cirebonan. Blankon ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh.

Blankon ikat menjadi cenderamata murah meriah. Hanya dengan Rp 25.000 Sobat sudah tampil bak jawara Cirebon. Untuk Blankon Abdi Dalem, biasanya harga yang dikenakan lebih mahal.

24. Gantungan Kunci Khas Cirebon

Gantungan Kunci Foto by instagram.com/purnomoeko768

Gantungan kunci merupakan oleh-oleh yang kerap menjadi pilihan wisatawan. Harganya yang murah dan bentuknya yang kecil membuat gantungan kunci sangat praktis dibawa. Tidak memakan tempat. Gantungan kunci di Cirebon terbilang unik. Ada beragam jenis bahan gantungan kunci mulai dari bambu hingga besi.

Pada lapak-lapak pedangan oleh-oleh di Pasar Pagi atau di teras Kraton Kasepuhan, Sobat bisa membeli paket gantungan kunci dengan harga mulai dari Rp 20.000. Jika berbelanja di tempat itu, Sobat masih mungkin menawar.

25. Sandal Batik Khas Cirebon

Sandal Batik Foto by instagram.com/ayesa_socks

Sandal jepit memang sudah biasa. Tetapi, sandal jepit dengan Motif Batik Mega Mendung pasti luar biasa! Selain unik, sandal ini juga cantik karena motif dan warnanya yang cerah. Sandal Batik Mega Mendung bisa menjadi pilihan Sobat yang sedang berkunjung ke Cirebon.

Harga sepasang Sandal Batik Cirebon terbilang murah mulai dari Rp 15.000. Sandal ini dapat ditemui di pasar tradisional maupun di pusat oleh-oleh.

“Baca Juga: 21 Oleh Oleh Khas Banyuwangi Terkenal, Enak & Lengkap

Pusat Membeli Oleh Oleh Di Cirebon

Sebagai tempat tujuan wisata, Cirebon memiliki banyak pusat oleh-oleh yang mudah dijangkau wisatawan. Jadi, tidak perlu risau kesulitan mendapatkan buah tangan yang diinginkan. Pusat oleh-oleh Cirebon menawarkan aneka produk mulai dari makanan, minuman, hingga aksesoris dengan beragam harga.

Jadi, bagi Sobat yang baru pertama kali berkunjung ke Cirebon bisa menyimak ulasan berikut ini agar perjalanan terasa lebih mudah dan menyenangkan. Di tempat-tempat yang kami rekomendasikan, harganya cukup bersahabat di kantong.

1. Kampung Batik Trusmi Cirebon

Kawasan Batik Trusmi Foto by instagram.comáriezakaria.az

Kampung Batik Trusmi merupakan sentra industri batik di Cirebon. Jajaran toko batik dengan beragam koleksi mulai dari kain, pakaian jadi, celana, hingga tas dan helm akan memanjakan mata Sobat. Kampung Batik Trusmi berlokasi di Jl Syekh Datul Kahfi, Weru. Gapura khas Majapahit menyapa pengunjung yang memasukinya.

Kampung ini menjadi rujukan utama wisatawan untuk berburu batik dan oleh-oleh lain. Suasanya yang nyaman dan harga yang terjangkau menjadi asalan utama. Sayangnya, harga-harga yang diberikan tidak bisa ditawar. Jam operasi kawasan ini yaitu setiap hari Pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Peta: Klik Disini

2. Pusat Oleh Oleh Pasar Pagi Cirebon

Toko di Pasar Pagi Cirebon Foto by instagram.com/oleholehkhascirebon

Pasar Pagi Cirebon bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Sobat dengan budget pas-pasan. Harga di Pasar Pagi Cirebon relatif bersahabat dengan kantor karena para penjual menawarkan harga grosir dan bisa ditawar. Pasar Pagi Cirebon identik dengan aneka makanan khas yang siap dibawa pulang wisatawan.

Pasar Pagi Cirebon berlokasi di Jl Siliwangi No. 11 Kejaksan, Kota Cirebon. Dekat dengan Stasiun Kejaksan dan Masjid Agung Cirebon. Pasar ini beroperasi mulai dari Pukul 08.00 – 20.00 WIB setiap hari.

Peta: Klik Disini

3. Toko Oleh Oleh Pangestu Cirebon

Toko Pangestu Cirebon Foto by wisatacirebon.org

Toko Pengestu merupakan salah satu pusat oleh-oleh terlaris di Cirebon. Toko yang berdiri sejak 1992 ini berlokasi di Jl Sukalila Selatan No. 49. Hingga kini, Toko Pangestu memiliki tiga cabang yang berlokasi di Pasar Pagi, Jl Siliwangi, dan Bandung.

Toko ini menawarkan penganan khas Cirebon mulai dari hasil laut hingga batik. Ciri khas Toko Pangestu yaitu pelayanan yang ramah dan kenyamanan berbelanja. Toko ini buka setiap hari mulai dari Pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Peta: Klik Disini

4. Toko Oleh Oleh Daud Cirebon

Toko Daud Cirebon Foto by instagram.com/kulinerasyik_ig

Terletak di Jl Sukalila Utara No. 4D, Toko Daud menawarkan aneka oleh-oleh mulai dari makanan ringan sampai Topeng Cirebon. Harga yang dibandrol juga cukup murah mulai dari ribuan hingga jutaan untuk batik berkualitas tinggi. Jam operasional toko ini lebih lama daripada sentra oleh-oleh lain di Cirebon. Toko Daud beroperasi setiap hari mulai dari Pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Saat ini, Toko Daud memiliki cabang di Jl Ir H. Juanda No. 11 atau sekitar 13 kilometer dari Gerbang Tol Cipali. Letak yang strategis ini menjadi salah satu nilai tambah bagi Toko Daud karena mudah diakses oleh pelancong atau pemudik.

Peta: Klik Disini

5. Jalan Talang Cirebon

Barang Antik Foto by instagram.com/cirebon_jadul

Bagi Sobat penyuka barang antik, Cirebon merupakan salah satu kota pilihan yang tepat. Sobat bisa berburu barang antik di Jalan Talang. Di sepanjang jalan ini berdiri kios-kios barang antik yang menawarkan buku kuno, keramik tua, hingga hiasan langka.

Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang datang ke Jalan Talang untuk sekadar berfoto atau melengkapi koleksi mereka. Toko barang antik di Jalan Talang pada umumnya beroperasi pada Pukul 08.00 – 20.00 WIB. Untuk harga, Sobat harus pintar menawar hingga mendapatkan harga yang sesuai.

Peta: Klik Disini

6. Pusat Oleh Oleh & Grosir Cirebon

Pusat Grosir Cirebon Foto by wikipedia

Pusat Grosir Cirebon (PGC) bukan hanya menawarkan oleh-oleh melainkan kebutuhan sehari-hari. PGC yang berlokasi di Jl Siliwangi No 200 ini beroperasi setiap hari mulai dari Pukul 08.00 – 20.00 WIB. Di PGC, Kalian bisa mendapatkan aneka batik dengan harga murah dan bisa ditawar.

Ratusan toko yang berada di PGC siap melayani Sobat untuk mendapatkan produk asli Cirebon yang berkualitas. Jadi, tunggu apalagi Sobat? Bisa jadikan PGC sebagai salah satu pilihan belanja oleh-oleh ya.

Peta: Klik Disini

7. Pasar Oleh Oleh Kanoman Cirebon

Pasar Kanoman Foto by instagram.com/cirebonheritage

Pasar Kanoman yang terletak di dekat Kraton Kanoman bisa menjadi pilihan tepat untuk berbelanja oleh-oleh. Di pasar ini, aneka ikan asin mulai dari Jambal Roti hingga Pari Asap tersedia. Sobat juga bisa membeli aneka teh dan mencicipi Teh Poci khas Cirebon.

Pasar ini beroperasi mulai dari Pukul 08.00-17.30 WIB. Harga di Pasar Kanoman bisa ditawar. Jadi jangan ragu untuk berbelanja disini ya Sobat.

Peta: Klik Disini

“Baca Juga: 28 Oleh Oleh Khas Bandung Terkenal, Enak & Tahan Lama

Jogja day ~ Itulah rekomendasi bagi Sobat untuk mencari oleh-oleh khas Cirebon. Bagaimana Sobat? Layak dicoba kan? Selamat berlibur dan menikmati keunikan Cirebon yang tak pernah lekang oleh waktu. Jika wisata ke Cirebon pastikan untuk membeli oleh oleh khasnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!