Oleh Oleh Khas Batam Paling Populer, Enak & Wajib Kamu Bawa Pulang

Oleh Oleh Batam ~ Jika sedang berwisata ke Kota Batam jangan lupa untuk membeli oleh oleh khasnya. Berikut ini adalah daftar rekomendasi oleh oleh khas Batam paling terkenal, enak dan tahan lama. Kamu dapat membeli buah tangan khas Batam berupa makanan khas, camilan hingga aksesoris di pusat oleh oleh atau pusat industri di Batam.

Batam memang disebut dengan Kota Industri, tapi siapa sangka batam juga memiliki kuliner ataupun souvenir yang sangat bervariatif. Banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang berkunjung di kota ini, apalagi kalau weekend tiba, wisatawan dari Malaysia dan Singapura beramai ramai bertandang di kota ini hanya untuk belanja kuliner dan barang – barang murah yang ada di Batam

Saat kita kembali dari liburan, kita harus punya deretan oleh – oleh yang bikin keluarga atau teman teman kamu ngiler dan ingin mengunjungi Batam pastinya.  Oleh oleh di Batam juga sangat bervariatif, mulai dari Kuliner, Souvenir murah, gadget murah sampai barang- barang second import branded. Harganya juga sangat bersaing dengan daerah – daerah lain ya. Mulai dari yang murah dan berkualitas sampai yang mahal sangat mempesona bisa kalian dapatkan di kota ini

Tidak begitu sulit ketika kita ingin  menemukan pusat oleh- oleh yang ada di Batam. Kota ini tidak begitu luas dan memiliki banyak pusat perbelanjaan, dalam waktu satu hari saja, kita bisa mengunjungi beberapa tempat yang kita inginkan. Untuk kendaraan sendiri tidak terlalu sulit, kita bisa sewa kendaraan harian disini, untuk taxi online juga siap mengantar kita kemana saja. Batam rumpun melayu sehingga penduduknya terkenal  sangat ramah kepada pengunjung. jadi jangan segan – segan untuk bertanya jika sedang liburan  di batam

Pertama kali mengunjungi kota ini, hal yang pertama kita ingin tahu adalah dimana ya pusat oleh – oleh di kota ini , karena liburan identik dengan oleh – oleh . Dan pasti kita sangat penasaran dengan  pusat oleh olehnya dan apa saja yang bisa kita bawa pulang nantinya

Disini kita akan membahas oleh – oleh apa saja yang wajib masuk list belanjaan jika kita berkunjung ke Kota Batam

Oleh Oleh Makanan Khas Batam Terbaru

Karena dekat dengan perbatasan internasional, batam memiliki oleh – oleh yang sangat modern. Semua oleh – oleh di pack dalam kemasan yang sangat apik sehingga kita  sangat mudah membawanya. Banyak wisatawan yang memiliki kesan positif terhadap kuliner yang ada di batam ini, sehingga membuat mereka semakin penasaran dan ingin mencicipi satu persatu kuliner yang ada di Batam . Tak sedikit artis yang  memiliki brand kuliner di Batam, seperti  Batam Ogura yang ownernya  adalah Irwansyah, ada lagi Zapin batam dapukan dari  artis terkenal Andika Pratama.

Untuk Lebih detail , kita akan bahas satu persatu yang telah kita uraikan di atas. 15 oleh- oleh khas Batam yang harus kalian cicipi dan bawa pulang adalah sebagai berikut :

1. Kue Ogura Khas Batam

Ogura Cake adalah cheese cake asal Jepang, jadi  bagi kalian yang suka banget dengan berbau bau Jepang, kudu banget nih cobain cake ini . Tidak perlu jauh jauh pergi ke Jepang ketika kalian sedang di Batam, kalian bisa mendapatkan cake ini dengan mudah. Meski di adaptasi dari Jepang, cake ini sudah disesuaikan dengan selera Indonesia. Bermacam variasi rasa yang di tawarkan, yaitu , Ogura Durian, red valvel, cheese, green tea dan Cokelat. Mudah sekali kita mendapatkan cake ini , karena sudah banyak outlet – outlet di Batam yang menjual cake ini, contohnya di Panbill mall, Nagoya Hill , Bandara Hang Nadim Batam dan mall mall yang lainnya, selain mudah di dapat cake ini juga di bandrol dengan harga yang sangat murah Rp. 55.000 – Rp 60.000 per loyangnya.

Batam Ogura : Foto By Instagram @Batamogura

2. Luti Gendang Batam

Makanan khas Melayu tarempa ini akan susah di temukan jika  anda sedang tidak berada di batam. Belumla sah jika ke Batam belum mampir di rumah makan mie tarempa dan membeli oleh – oleh luti Gendang. Soal rasa jangan di Tanya nagih banget. Roti goreng berbahan tepung, yang berisikan bahan dari ikan ini rasaanya luar biasa lezatnya apalagi disajikan saat masih panas. Luti ini bisa kita dapatkan di RM Tarempa batam centre dan di bandrol dengan harga Rp 68.000 per kotak isi 20 luti. Cukup murah kan sobat. Jangan lupa mencobanya saat kalian singgah di Batam ya.

Luti Gendang: Foto By Instagram @Lutigendangkhasbatam

3. Kek Pisang Villa Khas Batam

Bawa Pulang dan nikmatilah kek ini karena kek inilah kek pertama yang menjadi promotor oleh – oleh khas Batam. Pabrik kek ini juga berada di Batam, Villa kek pisang berawal dari indusri rumahan  yang dirintis oleh pasangan suami istri  pada tahun 2006. Rasanya sangat enak dan unik. Banyak Wisatawan asing dari negara tetangga yang datang pada weekend  khusus membeli kue ini. Di Batam sendiri memiliki 10 outlet yang tersebar di kota Batam  untuk penjualan kek pisang ini diantaranya adalah, Outlet Batam centre, Outlet sei Panas. Outlet Bandara hand Nadim, Outlet citra Buana, Outlet Batu aji, outlet Tiban, Outket Botania, outlet Sagulung, Outlet batu aji dan outlet Nagoya. Hampir seluruh wilayah Batam memiliki outlet kek ini. Kek ini di bandrol dengan harga Rp. 65.000 per loyangnya. Jangan bertandang ke Pulau Batam, jika tak kau bawa pulang ini kek pisang.

Kek Pisang Villa: Foto by instagram/villakekpisang

4. Bingka Bakar Khas Batam

Siapa yang tak kenal Bingka Bakar Nayadam ? kalau di Medan punya Bika Ambon, di Batam kita punya Bingka bakar Nayadam.  Bolu gulung khas melayu ini bentuknya seperti daun mangkok dan rasanya yang kenyal. Kue Bingka Bakar Nayadam menyediakan beberapa varian rasa yaitu rasa daun panda, rasa jagung, rasa Buah naga, Kacang wijen , rasa coklat dan rasa keju. Hanya varian rasa Keju yang di bandrol dengan harga Rp 28.000, sedangkan varian lainya kita terkocek Rp 26.000.  Kue Bingka Bakar Nayadam bisa kita temukan di Ruko Puri Legenda dan Bandara Hang Nadim Batam.

Bingka bakar : Foto By instagram @NayadamBatam

5. Brownies Lava Khas Batam

Anda pecinta Brownies ? Jangan mengaku pecinta Brownies kalau saat di Batam tapi belum mencicipi Brownies unik  ini. Brownies Lava berbeda lho dengan brownies panggang yang beredar di pasaran, saat Brownies lava di potong, kalian akan menyaksikan lelehan coklat yang sudah nyoklat banget.  Salah satu brand yang terkenal di kota batam untuk Brownies lava adalah brownies lava Aqilla, kita bisa menemukaanya di Ruko Sukajadi, disamping rasa coklat, sang owner juga menyediakan varian lain yaitu  Rasa Keju, Original, Blackforest, cheese cake dan rasa Kacang. Untuk harga varian rasa Kacang, keju  dan coklat di bandrol harga Rp 50.000, untuk original dengan harga Rp 45.000 sedangkan untuk varian cheese cake, di bandrol dengan harga Rp 87.000. Brownies lava aqilla juga menyediakan dalam bentuk cup, 1 kotak isi 10 cup bisa kita dapat dengan harga Rp. 35.000.

Browlies Lava: Foto By instagram @batamaqillabrownieslava

6. Rocklate Khas Batam

Dengan sekali gigitan rocklate kita bisa merasakan rasa yang luar biasa enaknya, ya snack ini adalah perpaduan coklat terbaik di Indonesia, Marsshallow yang lembut, biscuit yang crunchy dan kacang mede yang gurih. Snack Batam ini telah populer sejak tahun 2011.  Sangat mudah mendapatkan snack ini selain kita bisa dapat langsung di perumahan Hawai garden Batam centre,  Rocklate juga bisa di pesan di www.coklatroklate.com, jadi bagi sobat yang di luar Batam dan ingin mencicipi snack ini. Silahkan kunjungin web tersebut ya. Rocklate juga memiliki empat varian rasa yaitu Crunchy strawberry chocolate, crunchy milk choco chip, crunchy milk chocolate dan crunchy dark chocolate. Untuk packaging sendiri Rocklate menyediakan 2 varian yaitu ukuran kecil yang di bandrol dengan harga Rp 20.000 dan ukuran besar harga Rp 55.000.

Rochlate: Foto By instagram @coklatcoklate

7. Otak Otak Khas Batam

Oleh- oleh khas Batam satu ini biasanya di sajikan sebagai makanan pembuka di restoran- restoran terkenal yang ada di Batam. Kita juga akan sangat mudah menjumpai makanan ini di kuliner kuliner batam dan di jajakan juga di pinggir pinggir jalan. Salah  satu brand otak – otak yang terkenal di Batam adalah Mamma otak – otak, selain rasanya yang lezat , dan terasa rempah rempahnya, mamma otak – otak juga menggunakan bahan ikan yang segar. Perlu sobat ketahui, otak- otak tanpa bahan pengawet, jadi makanan ini tidak akan tahan lebih dari 24 jam ya. Varian rasanya, ada rasa ikan tidak pedas ( putih) , sotong pedas ( merah) , dan ikan pedas ( Merah) .  Kita bisa menjumpai outlet Mamma otak- otak seprti  Bandara hang nadim dan ruko pembangunan penuin. Makanan ini juga di bandrol harga sangat murah yaitu Rp 25.000 untuk harga 1 pcs otak- otak. Sangat murah kan!

Otak- otak batam: Foto by instagram @mammaotakotak

8. Stik Buah Naga

Snack ini sangat unik lho, kenapa disebut unik ? seperti yang kita tahu Buah Naga adalah buah  yang biasa dinikmati hanya sebagai dessert. Nah kali ini Batam mencoba untuk menjajakan snack yang terbuat dari Buah naga ini, Unik kan. Buah naga di potong panjang, di jemur sampai kering, di goreng dalam minyak panas. Rasa manisnya yang tidak terlalu kental ini  sangat cocok bagi lidah orang Indonesia. Stick ini berkembang pesat dan di terima oleh masyarakat dan akhirnya menjadi oleh- oleh khas batam. Banyak home industry yang membuat stik ini, jadi sangat mudah d temukan di outlet- outlet cake. Kita bisa menemukannya di outlet kek villa pisang dan di badrol dengan harga yang sangat murah yaitu Rp 15.000 perpacknya.

Stik Buah Naga: Foto by instagram @pesonaJne

9. Kek Durian Khas Batam

Bagi pecinta durian, jangan sampai terlewat untuk mencicipi kek durian batam ini ya sob. Berlabel oleh- oleh khas Batam , mega snack menghadirkan juga kek durian ini. Selain rasa original durian, Mega snack batam juga mencetuskan varian- varian lain yaitu keju, coklat almont, Coklat kacang dan  lempuk ( dodol) kek ini di bandrol dengan harga Rp 40.000 per Loyang dan bisa di temukan di Outlet Bandara Hang nadim di gate 5 dan gate 6.

Kek Durian: Foto By Instagram @kekdurianBatam

10. Kek Buah Naga Khas Batam

Selain Buah naga di hadirkan dalam bentuk stick, Buah naga juga di hadirkan dalam bentuk kek. Aroma kek buah naga adalah brand terkenal di batam untuk kek ini. Selain rasanya yang sangat lezat, kek ini juga memiliki kadar gula yang sedikit , jadi sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai pengembang kadar gula, kek ini juga kaya akan vitamin dan serat karena bahan dasar kek ini adalah sari buah naga sehingga baik sangat buat pencernaan.  Aroma kek buah naga memiliki 7 varian rasa yaitu Original, Mocca, Keju, Blueberry, Almond Victoria ( kombinasi coklat dengan toping strawberry) dan exotic yang biasa di sebut yang special. Ada 10 outlet yang tersebar di seluruh wilayah batam, salah satunya adalah outlet yang berada di Bandara Hang nadim. Outlet pusat aroma kek batam berada di Ruko Grand Niaga mas Batam centre. Di ruko ini, pembeli di izinkan melihat proses produksi kek ini. Setiap hari ruko ini dipenuhin pengunjung terutama di weekend, banyak wisatawan dari Malaysia dan Singapore sengaja singgah hanya untuk belanja kek ini. Kek ini di bandrol dengan harga Rp 55.000 per kotaknya.

Kek Buah Naga: Foto By instagram @melannibenny

11. Kue Zapin Khas Batam

Pemilik Zapin Batam ini adalah artis papan atas. Siapakah dia ? ya, Andika Pratama, siapa sih yang gak kenal andika pratama ? Baru baru ini merilis Kue di Batam yang di brand kan dengan Zapin Batam. Masih sepuatar bolu boluan atau Cake, Zapin Batam ialah roll cake dengan berbagai rasa varian yaitu Cheese me up, copa banana, heaven caramel, crunchy miss u dan  blueberry more. Cake ini di bandrol dengan harga Rp 55.000 per roll, dan kita bisa menemukan kue ini di Kompleks Nagoya hill mall dan ruko King business centre di Batam centre. Cake ini recommended banget lho, jangan sampai gak mencicipin kue ini ya!

Zapin Batam: foto by instagram @zapinbatam

12. Keripik Kari Khas Batam

Keripik kari “Fartiana” ini telah menjadi kebanggan Batam, keripik ini adalah usaha rumahan yang di rintis oleh Saidinah hamzah Batubara dan Fartiana. Keripik ini telah memiliki omset sekita 30 Juta per bulannya. Keripik kari ini pernah menjadi juara ke-3 dari usaha rumahan yang diadakan provinsi kepri. Keripik dengan rasa gonggong, udang, habbatussaudak yang di olah dalam pedas dan manis dengan khas karinya. Makanya keripik ini di kenal dengan keripik kari. Untuk saat ini, belum ada outlet – outlet resmi di batam khusus untuk keripik ini. Tapi kita bisa mendapatkannya di rumah produksi sang owner yaitu di Kapling palmboyan sagulung Batam, harganya pun bervariasi tergantung kemasannya dari kemasan kecil sampai besar harga keripik ini di bandrol dengan harga Rp 20.000-Rp 75.000.

Keripik Kari: Foto By facebook/Fartiana

13. Teh Bunga Rosella Batam

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari teh ini, karena teh ini sangat baik untuk kesehatan sehingga batam memiliki inovasi untuk merubah bunga rosella menjadi teh sehingga mempermudah konsumen untuk menikmatinya tanpa perlu mengolahnya terlebih dahulu. Fruit acid yang terkandung dalam teh ini akan bekerja sebagai pencahar. Bahan lain yang terkandung di dalamnya di duga ampuh untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi kejang di perut, usus dan Rahim. The ini juga bekerja seperti antibiotic untuk membunuh bakteri dan cacing. Di batam sendiri sangat mudah untuk mendapatkan teh ini. Kita bisa menemukan di outlet – outlet snack batam di daerah ruko sukajadi . satu pack teh ini di bandrol dengan harga Rp 45.000 per boxnya.

Teh Bunga Rosella: Foto by Instagram @ linnaherbalshop

14. Layers Cake Khas Batam

Cake elegan yang manis rasanya menyerupai kue lapis ini adalah salah satu cake yang di jadikan sebagai oleh – oleh khas Batam. Cake ini memiliki banyak varian rasa seperti original, cokelat, mocca, dan pandan. Kita juga sangat mudah menemukan outlet- outlet cake ini seperti Bandara hang nadim, Diana layers cake di taman seruni indah batam centre, dan Nagoya hill. Harganya juga cukup terjangkau, satu box berukuran 20 x 20 cm dengan harga Rp 200.000 hingga Rp. 300.000 tergantung varian rasa yang kita beli.

Layers Cake: foto by Facebook/Liana zainal

15. Bilis Molen Khas Batam

Yang ada di benak kita saat kita sebut molen adalah pisang. Tapi bukan bagi batam, batam memiliki bilis molen, karena jauh dari rasa manis seperti molen pisang, bilis molen ini juga sangat lezat di nikmati dengan nasi, bahan dasar kue molen ini adalah ikan teri dan tepung terigu. Teri di bungkus dengan terigur kemudian di goring. Rasa kombinasi ini menjadikan molen ini gurih dan sangat lezat, cocok juga dijadikan cemilan  ngopi atau ngeteh saat santai di rumah. Harganya sangat terjangkau mulai Rp. 30.000 sampai  Rp 65.000 tergantung bobot kemasan, bilis molen juga sangan mudah di temukan di pusat oleh oleh batam manapun. Jadi, jangan lupa tenteng snack ini sebagai oleh- oleh ya!

Bilis Molen: Foto by Facebbok/ Fartiana

Oleh Oleh Pernak Pernik & Cinderamata Khas Batam

Selain Batam memiliki banyak oleh oleh dalam bidang kuliner, Batam juga memiliki souvenir yang unik yang bisa di jadikan oleh oleh untuk orang- orang tersayang yaitu Kaos T – obenk, Miniatur Jembatan barelang, Tas Branded, Gadget, Batik Gonggong, Souvenir Gonggong, Kerajinan enceng gondok, Wood crafting, Kapal pinisi dan patung kayu. Souvenir ini juga sangat mudah di dapatkan, hampir seluruh pusat perbelanjaan di batam menyediakan souvenir yang bisa di jadikan tentengan saat liburan usai.

Setelah kita selesai mengulas kuliner oleh- oleh batam, berikut adalah 10 souvenir yang perlu kalian tahu dan kalian bawa pulang setelah bertandang ke kota Batam.

1. Kaos T Obenk Batam

Kalau Jogja punya Dagadu, kalau Bali punya Joger, nah batam punya T-obenk. Kaos ini hanya bisa kalian dapetin saat kalian berada di Batam. Nama T- obenk adalah diambil dari nama teh obeng atau es teh manis kalau di daerah lain. Kaos ini juga memiliki variasi warna dan variasi motif yang lucu – lucu dan keren , contohnya nih ya, ada motif I love Batam, Welcome to Batam, Batam kota teh obeng dan masih banyak yang lainnya. Pusat kaos T- obenk berada di jalan Fisabilillah batam centre, tapi kalian juga bisa mendapatkannya di mall mall seluruh batam. Harganya juga bervariasi dari Rp. 60.000 sampai dengan Rp. 150.000. Saat ke batam wajib punya ini ya!

Kaos T Obenk: Foto By Instagram @T_obenk

2. Miniatur Jembatan Barelang Batam

Jembatan Barelang adalah iconnya kota Batam, sehingga banyak pengrajin kayu di batam membuat miniatur jembatan barelang. Miniatur ini bisa kita dapatkan dengan mudah di pusat pusat perbelanjaan di Batam. Harganya juga bervariasi tergantung jenis kayu, ukuran dan tingkat kesulitan sang pengrajin. Untuk harga berkisaran dari Rp. 75.000 samapai Rp 500.000.

Miniatur Barelang: Foto By Facebook/Ayu Kartika sari

3. Tas Branded Batam

Batam adalah kawasan  free trade zone/ kawasan bebas pajak itu kenapa harga barang- barang import di Batam lebih murah di bandingkan kita beli di Jakarta atau daerah lain. Nah batam nih terkenal dengan barang importnya terutama tas branded import. Harganya jauh  di bawah pasaran dari daerah daerah lain, untuk kualitas juga jangan tanya sudah harga murah kualitas super. Tas Tas branded ini bisa kita dapatkan di kawasan Nagoya hill, di jamin lengkap, murah dan banyak pilihan. Untuk tas branded semi KW kita bisa dapatkan harga sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000. Yakin mau melewatkan kesempatan di batam tanpa belanja tas branded ini ? bukan barang original aja lho yang di jual, barang KW sampai semi original juga ada.

Tas Branded:Foto By Facebook/tas branded anjai Tan

4. Gadget

Sama halnya juga dengan tas branded, batam juga terkenal murah dalam penjualan gadget, ya karena setiap pembelian gadget tidak di kenakan PPN sehingga harga gadget jauh lebih murah daripada di daerah lain. Anggap saja sambil menyelam minum air, sambil liburan sambil review gadget baru, atau mungkin bisa di jadikan oleh- oleh untuk sahabat, keluarga ataupun ada teman yang nitip gadget ini. Pasar murah gadget di batam berasa di Lucky plaza mall, disana kita bisa menemukan gadget sesuai budget kita, dari Ori, KW, second maupun baru. Harga juga tergantung tipe, ada yang di bawah Rp 1.000.000, di atas 3.000.000, di atas 5.000.000 juga ada. yang perlu sobat ketahui disana kita juga harus punya keahlian tawar menawar ya, biar kita bisa mendapatkan harga yang paling terendah

Gadget : Foto by Facebook/ Pusat blackmarket

5. Batik Gonggong Batam

Kalau kita mendengat kata batik identik dengan sebuah kain warisan nusantara, dan siapa sangaka batam ternyata memiliki warisan nusantara batik gongong. Ini terisnpirasi dari hewan laut seperti siput yang berkeliaran di perairan Bintan island, sehingga warga local melayu ini mengexpresikan terhadap kain batik gongong yang sangat di sukai wisatawan lokal maupun wisatawan asing, batik ini kita bisa dapatkan di pusat – pusat perbelanjaan dan harga juga bervariasi mulai dari Rp 500.000 sampai berjuta juta.

Batik Gonggong: Foto By facebook/batik wan citra

6. Souvenir Gonggong Batam

Selain batik, gongong juga diexpresikan terhadap pernak pernik seperti gantungan kunci, figura foto, Hiasan dinding. Souvenir ini mudah di bawa kemana mana, simple, cocok juga di jadikan custom motif kesukaan kalian. Souvenir ini juga sangat mudah dijumpai di pusat – pusat perbelanjaan dan harga juga tergantung dengan ukuran, dan tingkat kesulitan sang pengrajin. Biasanya di bandrol dengan harha sekitar Rp 50.000 paling murah.

Souvenir Gonggong: Foto by facebook/ souvenir pernikahan batam

7. Kerajinan Enceng Gondok Khas Batam

Seperti yang kita tahu, enceng gondok berwarna hijau, namun saat kita keringkan dan  di sulap menjadi bahan kerajinan akan berubah warna menjadi coklat. Banyak jenis kerajinan tangan yang bisa kita hasilkan dari enceng gondok ini, seperti tas, keranjang, vas bunga, sajadah, sendal. Kerajinan tangan ini sangat unik,  menarik , elegan dan terlihat klasik. Bermacam macam jenis kerajinan enceng gondok ini kita bisa jumpain di pusat perbelanjaan batam dan harga juga bervariatif, mulai dari Rp 50.000.

Kerajinan Enceng Gondok: Foto by facebook/kerjainan enceng gondok

8. Wood Crafting Khas Batam

Selain kerajinan di atas, batam juga memiliki souvenir unik dari kayu balaw, meranti dan kaper. Sang pengrajin menyulap kayu kayu tersebut menjadi sebuah benda yang sangat unik seperti key holder, wooden mirror, wooden frame, dan masih banyak yang lainnya. Kalian juga sangay mudah menemukan benda benda unik ini di pusat perbelanjaan di batam dan di bandrol harga mulai Rp 50.000.

Wood Crafting: Foto By facebook/rojers wood craft artistry

9. Kapal Pinisi Batam

Kapal ini yang sangat di minati wisatawan local maupun wisatawan asing. Banyak model kapan pinisi yang bisa kita jumpai di batam, dengan harga yang variatif. Batam terkenal dengan pengrajin kayu lho, jangan sampain bingung dan salah pilih ya. Dimana kita bisa menemukan kapal – kapal pinisi ini ? kita bisa menemukannya di pusat perbelanjaan di batam dengan harga yang sangat variatif mulai dari Rp. 50.000.

Kapal Pinisi:Foto by facebook/Rheal Ramadhani

10. Patung Kayu Batam

Sang pengrajin kayu memanfaatkan kayu – kayu seperti petai cina, akar bambu, rotan dan akar bambu menjadi souvenir yang sangat klasik dan menarik. Sang pengrajin juga banyak membuat patung kayu yang sangan variatif dari bentuk, warna, ukuran dan motifnya. Kita dapat menemukan patung patung ini di pusat perbelanjan batam dengan harga minumum Rp 100.000.

Patung Kayu: Foto By facebook/rumahMeubel Batam

Pusat Oleh Oleh Di Batam

Berikut adalah surganya oleh – oleh khas Batam, di 7 tempat ini kalian bisa menemukan segala jenis oleh – oleh  khas Batam. Lengkap , Terjangkau dan tempatnya recommended buat beli oleh- oleh, buat nongkrong juga asik banget lho. Jadi jangan lewatkan untuk menyempatkan diri berkunjung ke pusat oleh oleh khas Batam berikut ini.

1. Panbill Mall Batam

Pusat perbelanjaan ini didirikan pada tahun 2012. Berada di tengah – tengah kawasan industri Batamindo. 10 menit dari pelabuhan batam centre, 15 menit dari Bandara Hang nadim. Pusat perbelanjaan ini juga sangat lengkap, kuliner dari sabang sampai merauke juga di sajikan di food court Panbill mall ini. Kita juga bisa memborong oleh – oleh khas Batam di pusat perbelanjaan ini. Jangan lupa mampir ke panbill mall sebelum kalian meningalkan batam ya!

Lokasi Panbill Mall Batam

Alamat Jalan Ahmad Yani, Muka Kuning, Sungai Beduk, Kabil, Nongsa, Kota Batam

Panbill Mall: Foto by Facebook/ panbill mall even

2. Batam City Square (BCS)

Kalau ingin mencari pusat perbelanjaan yang terbesar dan termewah di kota ini adalah ya ini batam city square. Letaknya yang sangat strategis di pusat kota Batam , tak heran jika pusat perbelanjaan ini tak pernah sepi pembeli. Seperti pusat perbelanjaan yang lain. Batam city square juga menyediakan beragam kebutuhan sehari hari, elektronik, food court hingga bioskop pun ada di BCS ini

Lokasi Batam City Square

Alamat Jalan Bunga Raya, Batu Selicin, Lubuk Baja, Kota Batam

Batam City Square (BCS): foto by facebook/ BCS Mall

3. Pasar Aviari Batam

Mungkin sebagian daerah lain juga memiliki pasar Aviari, ya tak hanya di batam yang memiliki nama pasar Aviari. Aviari di kenal sebagai pusat perbelanjaan second yang ternama di Indonesia, kendati barang yang di jual bukanlah barang baru, tapi pasar ini di buru oleh wisatawan, terumata wisatawan local, karena dsna kita bisa menemukan barang – barang branded import yang harganya sangat terjangkau. Di pasar ini sangat lengkap, dari elektronik, gadget, perlengkapan rumah tangga dan pakaian yang di inport langsung dari Malaysia dan  Singapura sangat mudah di temukan di pasar ini

Lokasi Pasar Aviari Batam

Alamat Buliyang, Batuaji, Kota Batam, Kepulauan Riau

Pasar Aviari: Foto by Instagram @tohangricky

4. Diamond City Mall Batam

DC mall kita panggil pusat perbelanjaan ini, jikalau  anda ingin membeli baju muslimah untuk pria dan wanita, DC mall adalah surganya baju yang hits banget. Mulai dari sarung, jilbab, mukenah, hingga baju kaftan tersedia disini. Bukan hanya baju import, baju lokal pun bisa kita temukan di mall ini. Harga  yang di tawarkan pun sangan murah di bandingkan dari pusat – pusat perbelanjaan yang lainnya.

Lokasi Diamond City Mall Batam

Alamat Jalan Duyung Kota Batam, Kepulauan Riau

Diamond City Mall: Foto By facebook/Muhammad S

5. Nagoya Hill Batam

Mall besar nan megah ini bukan di jepang lho. Mall ini di batam. Surga belanja satu ini dikenal karena memiliki jumlah pertokoan yang sangat ramai. Mall yang di kelilingi hotel – hotel bergensi di batam ini menjadikan mall ini sangatlah padat pengunjung.

Selain baju baju import , nagoya hill juga menjadi pusat oleh – oleh di batam. Kalian bisa menemukan apa saja yang kalian ingikan di mall ini.

Lokasi Nagoya Hill Batam

Alamat Jalan Teuku Umar No.1, Lubuk Baja, Kota Batam

Nagoya Hill: Foto By facebook /nagoya hill superblock

6. Lucky Plaza Mall Batam

Bagi penggemar Gadget, Kota Batam memiliki pusat ponsel murah berkualitas yang banyak di kunjungi penggemar penggemar gadget. Untuk warga Batam sendiri masih mengunjungi mall ini apabila ingin berbelanja HP. Nah untuk kalian yang liburan atau yang lagi singgah di Batam, jangan lupa berkunjung di mall ini ya. Selain gadget, mall ini juga sangat murah akan barang barang electronic seprti kamera, TV dan barang barang elektronik lainnya.

Lokasi Locky Plaza Mall Batam

Alamat Kompleks Lucky plaza Jl. Imam Bonjol No 7, Nagoya, Kota Batam

Lucky Plaza Mall Batam: Foto By facebook/ Muhammad S

7. Top 100 Batu Aji Batam

Top 100 Batu aji Batam, pusat perbelanjaannya ibu ibu rumah tangga di batam nih, Mall yang satu ini terkenal harga bahan pokoknya sangat merakyat dan  lebih murah di bandingkan mall – mall yang lainnya. Selain di wilayah Batu aji, mall ini juga membuka cabang di wilayah lain seperti Jodoh, Bengkong, dan Tiban.

Lokasi Top 100 Batu Aji Batam

Alamat Kawasan Mall top 100, Jl. Letjen Suprapto, Tembesi, Batu Aji, Kota Batam

Top 100 Batu Aji: Foto by Instagram @malltop100batuaji

Jogjaday.com ~ Demikianlah ulasan – ulasan tentang kuliner, souvenir, dan pusat oleh – oleh yang populer di Batam.  dalam ulasan di atas bisa dinyatakan Batam adalah tempat yang wajib kalian kunjungi secepatnya. Budget yang anda siapakan juga tidak terlalu besar untuk bisa mengunjugi kota ini. Terima kasih dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi sebelum anda mengunjungi kota Batam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Wellcome

Share Artikel Ya