Sun. May 19th, 2019

Jogjaday.com

Pesona Wisata Indonesia

21+ Oleh Oleh Khas Banyuwangi Paling Enak, Terkenal Dan Tahan Lama

27 min read

Toko Ardial Banyuwangi:Foto by Facebook/Ardial Toko Oleh-Oleh Banyuwangi

Oleh-oleh khas Banyuwangi ~ Berkunjung atau berwisata di sebuah daerah tentu tidak lengkap apabila tidak membawa buah tangan ketika pulang setelah menghabiskan waktu liburan. Buah tangan atau oleh-oleh memang menjadi salah satu hal yang paling diburu ketika berwisata di sebuah kota tertentu. Tidak jarang hal tersebut juga menjadi lading bagi para penduduk lokal untuk membuka usaha oleh khas kota ia tinggal. Maka dengan membeli oleh-oleh khas berarti telah ikut membantu perekonomian warga lokal di daerah wisata tersebut.

Banyuwangi merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang banyak mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara. Maka tidak heran apabila oleh-oleh khas Banyuwangi pun banyak di cari. Banyuwangi memang memiliki potensi wisata yang begitu menarik seperti Batu Raden, rumah kurcaci Glenmore dan desa wisata Osing Kemiren. Tempat-tempat tersebut memiliki buah tangan khas yang berbeda-beda. Tentu saja sangat sayang apabila sobat lewatkan untuk dibawa sebagai oleh-oleh orang di rumah.

Oleh-oleh khas Banyuwangi ternyata sangat beragam loh sobat, tidak hanya terpaku pada satu jenis saja dan yang paling tidak boleh sobat lewatkan adalah oleh-oleh makanan yang bisa sobat nikmati ketika diperjalanan atau wisata kuliner dalam agenda berwisata sobat.

Oleh Oleh Makanan Khas Bayuwangi 

Wisata Banyuwangi ternyata asyik juga untuk dikunjungi sobat. Banyuwangi sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Banyuwangi memang memiliki potensi wisata yang cuku penarik untuk dikunjungi. Objek-objek wisata tersebut berupa wisata lam, budaya hingga wisata kuliner. Salah satu objek wisata yang terkena di Banyuwangi adalah kawah ijen. Apabila sobat berkesempatan berkunjung ke Banyuwangi, ada berbagai oleh-oleh khas yang bisa sobat pilih sebagai buah tangan untuk orang-orang tercinta.

1. Kue Bagiak

Kue bagiak merupakan kue khas Banyuwangi yang memiliki ukuran sepanjang jari telunjuk orang dewasa. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana yaitu tepung kanji,  susu, garam, telur dan bahan perasa. Selain bahan-bahan tersebut, kue ini juga menambahkan pelapah sebagai bahan adonannya. Bahan-bahan tersebut kemudian campur dan diolah menjadi adonan kue bagiak. Setelah adonan jadi, maka selanjutnya tinggal dibentuk kemudian dipanggang dalam oven. Apabila telah selesai dioven maka kue bagiak sudah dapat sobat nikmati.

Kue Bagiak Khas Banyuwangi: Foto by Facebook/Nuril Imaniyah

Kue yang memiliki ukuran sepanjang jari telunjuk orang dewasa ini memang memiliki proses pembuatan yang sangat sederhana. Namun, siapa sangka jika dibalik kesederhanaan prosesnya, kue bagiak ini memiliki makna filosofis yang tidak sederhana. Kue bagiak merupakan simbol rasa sykur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas kelimpahan rizki yang telah diberikan berupa keberhasilan hasil panen. Selain itu, kue bagiak inimenyimbolkan kemenangan atas memerangi hawa nafsu manusia.

Kue ini pada awalnya hanya disajikan ketika hari raya Idul Fitri saja, akan tetapi karena banyak yang menyukai kudapan berbahan baku tepung kanji ini maka kue bagiak telah banyak dijual di pasaran sebagai makanan oleh-oleh khas tanah Banyuwangi. Kue bagiak memiliki cita rasa gurih, asin dan manis. Namun seiring dengan banyaknya inovasi yang dilakukan, maka kue bagiak kini bisa dinikmasti dengan berbagai varian rasa, seperti coklat, strawberry dan madu.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Kue Bagiak:

Harga yang dibandrol pada setiap packagingnya cukup murah hanya Rp 18 ribu dalam satu kemasan yang berisi 300gr. Kue tersebut biasanya dimasukkan dalam kemasan plastik

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Kue Bagiak:

Apabila sobat ingin membeli kue Bagiak ini sebagai buah tangan, sobat bisa menemukannya di pusat kue bagiak yang ada di Jl Imam Bonjol No 34 Tukangkayu Kec. Banyuwangi Kab Banyuwangi Jawa Timur

2. Sale Pisang

Siapa sih yang tidaak mengenali makanan olahan pisang satu ini? Agaknya hampir setiap orang mengetahuinya. Ya, sale pisang merupkan makanan khas Banyuwangi yang berbahan dasar pisng. Namun, apa yang menjadikan sale pisang Banyuwangi ini menjadi istimewa dibandingkan dengan sale pisang lainnya?

Sale pisang Banyuwangi  dibuat dengan mengiris tipis-tipis buah pisang, kemudian dijemur hingga mengering. Saking sudah sangat identiknya sale pisang dengan Banyuwangi, beberapa daerah di Banyuwangi dikenal sebagai tempat produksi sale pisang yang nikmat seperti Laten, Kelurahan Klatak (Kalipuro), Songgon, Sukonatar, Singonegaran, Pengajuran, Mojopanggung, Siliragung dan masih banyak lainnya.

Sale Pisang Khas Banyuwangi: Foto by Facebook/Dita Emareta

Sale pisang yang kini banyak dijual sebagai oleh-oleh khas Banyuwang pun tidak terpaku hanya pada satu varian Selain rasa original sobat juga mencoba varian sale pisang lainnya, seperti sale pisang kering, sale pisang basah dan aneka camilan sale pisang lainnya antara lain molen sale pisang dan sale pisang goreng.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Sale Pisang:

Untuk Harga sale pisang biasanya di bandol sesuai denga ukuran kemasannya. Untuk sale pisang 250gr harganya Rp 15 Ribu sedangkan ukuran 1kg Harganya Rp 55 Ribu.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Sale Pisang:

Untuk sobat yang berminat dengan sale pisang bisa mendatangi Osingdeles pusat oleh-oleh banyuwangi yang berada di Jl KH.Agus Salim No 12A Taman Baru Kec. Banyuwangi Kab.Banyuwangi Jawa Timur.

3. Kue Ladrag

Mungkin sobat merasa asing dengan makanan khas Banyuwangi satu ini. Namun, kue ladrag ini cukup menrik untuk dicoba loh. Kue ladrag memiliki bentuk panjang kecil-kecil dengan rasa yang manis. Kue ini terbuat dari ubi jalar dan diolah menjadi camilan sejenis kripik.

Kue Ladrag Khas Banyuwangi: Foto by Facebook/Rifa Aziza

Kue ladrag ini sering disebut oleh orang Banyuwangi dengan nama sabrang. Karena bentuknya yang kecil dan mempunyai cita rasa yang manis, ladrag cocok untuk dijadikan sebagai teman di perjalanan atau dibawa pulang sebagai buah tangan makanan khas Banyuwangi.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Kue Ladrag:

Untuk harga dari kue ladrag ini biasanya di patok seharga Rp 37 Ribu per kilonya, atau bila sobat ingin membeli dengan harga kemasan yang praktis cukup seharga kisaran 8 Ribu saja.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Kue Ladrag:

Bagi Sobat yang ingin membeli oleh-oleh yang satu ini bisa mendatangi Coco corner pusat oleh-oleh Banyuwangi yang berada di Jl. Jaksa agung suprapto no 39 penganjuran Kec Banyuwangi kab Banyuwangi

4. Kue Untir-Untir

Kue ini memang memiliki nama yang unik ya sobat. Namun, selain nama yang unik ternyata bentuk dari kue untir-untir ini juga tak kalah unik loh. Kue yang berbahan baku tepung dan kacang ini memiliki bentuk seperti tali tambang. Karena bentuknya yang mirip tali tambang ini, maka tak heran jika kue untir-untir sering disebut dengan kue tambang. Namun, dibalik keunikannya tersebut, kue untir ternyata memiliki cita rasa yang lezat.

Kue Untir-Untir: Foto by Facebook/Delfa Yanti

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Kue Untir-Untir:

Untuk harga kue untir-untir ini dapat dibeli dengan Rp 14 Ribu per kemasan 200gr, atau biasanya dikemas dengan plastik serta menggunakan tampilan toples.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Kue Untir-Untir:

Sobat yang punya ide memberikan buah tangan berupa kue untir-untir bisa memperolehnya di pasar tradisional atau di outlet outlet terdekat misalnya di Kh Hasyim Asyri selatan pancoran kulon Rogojampi Banyuwangi

5. Krupuk Rumput Laut

Krupuk merupakan makanan ringan yang disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Maka tidak herann apabila banyak jenis krupuk yang tidak pernah habis memiliki penikmatnya sendiri. Krupuk pada umumnya dibuat dari adonan tepung tapioka dan terigu, kemudian ditambahkan dengan berbagai bahan lainnya.

Krupuk Rumput Laut Khas Banyuwangi: Foto by Facebook/Itha Husnitha

Sesuai dengan namanya, yaitu krupuk rumput laut, krupuk khas Banyuwangi ini diberi tambahan rumput dalam adonan tepung tapioka dan terigunya. Krupuk ini memiliki cita rasa gurih yang khad dan renyah, serta memiliki manfaat bagi kesehatan karena diberikan bahan tambahan yaitu rumput laut.

Produk krupuk rumput laut ini merupakan upaya dalam mengembangkan UMKM masyarakat Banyuwangi dan pemberdayaan wanita. Produk krupuk rumput laut dikembangkan oleh ibu-ibu kelompok Koperasi Wanita Wongsorejo atau Kopwan Wongsorejo.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Krupuk Rumput Laut:

Harga dari krupuk rumput laut adalah Rp 15 Ribu per 200gr. Cocok untuk anda bawa pulang untuk oleh-oeleh teman maupun keluarga.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Krupuk Rumput Laut:

Dimana lokasi pembelian krupuk rumput laut? Jawabannya adalah di outlet terdekat seperti di Jl. Pancursari 5/9 Benculuk, Cluring, Banyuwangi.

6. Rengginang Banyuwangi

Sepertinya camilan satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas, khususnya pulau Jawa. Ya, rengginang merupakan camilan yang terbuat dari ketan dan cukup populer. Karena kepopulerannya ini banyak daerah di pulau Jawa yang memiliki olahan khas rengginang dari daerahnya masing-masing.

Rengginang Banyuwangi: Foto by Facebook/Reny Wijayanti

Tak terkecuali dengan Banyuwangi. Banyuwagi yang dalam bahasa Jawa berarti air wangi ini memiliki olahan rengginang dengan cita rasa cumi, udang, terasi dan bawang putih. Selain itu, rengginang tersebut mempunyai bentuk bundar alami dan datar. Bentuk tersebut didapatkan karena tidak menggunakan cetakan khusus, namun dicetak manual dengan tangan.

Perbedaan lain yang menonjol dari rengginang khas Banyuwangi ini adalah proses pengeringannya. Jika pada umumnya pengeringan dilakukan secara alami, maka rengginang khas Banyuwangi dikeringkan dengan menggunakan oven. Maka dari itu, rengginang yang belum digoreng kering dengan merata dan mengembang sempurna ketika proses penggorengan.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Rengginang:

Cukup dengan merogoh kantong tidak dalam, sobat bisa membeli dengan harga Rp 15 Ribu per kemasan cocok untuk oleh oleh sebagai camilan saat bersantai.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Rengginang:

Rengginang khas Banyuwangi tersedia di outlet-outlet  terdekat di Pusat Oleh-oleh Sherly di Jl. Mendut No 57 Taman Baru Kec.Banyuwangi Kab Banyuwangi

7. Pia Glenmore

Bakpia atau yang sering disebut dengan pia merupakan makanan yang banyak digemari oleh banyak orang. Teksturnya yang unik dengan isian yang beragam mambuat siapa saja ingin menikmati panganan satu ini. Menikmati kue bakpia akan lebih nikmat apabila disantap dengan ditemani segelas teh hangat.

Pia Glenmore: Foto by Facebook/Chalista Kosmetik

Bakpia memang menjadi makanan khas dari berbagai daerah. Maka itu berarti tiap daerah memiliki kekhasan tersendiri dari kue bakpia ini. Termasuk salah satunya bakpia khas Banyuwangi. Pia Glenmore merupakan pia khas Banyuwangi yang memiliki kelebihan tersendiri dan sayang sekali jika dilewatkan. Pia ini mempunyai cita rasa yang lezat namun dengan harga yang ditawarkan cukup murah.

Nama pia glenmore sendiri diambil dari nama salah satu kecamatan di kabupaten Banyuwangi. Diberi nama pia glenmore karena pia ini dirintis pertama kali oleh Ibu Suciati di kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Bakpia khas Banyuwangi ini awalnya hanya mempunyai 2 varian rsa yaitu pisang keju dan kacang ijo. Namun, seiring perkembangannya pia glenmore saat ini telah memiliki 11 varian rasa antara lain kacang merah, strawberry nanas dan lain sebagainya.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Pia Glenmore:

Pie Glenmore ini biasanya di patok seharga Rp 20 Ribu per Box  isi 10 buah. Jika ingin memilih buah tangan bagi kerabat maupun teman-teman sangat cocok untuk memilih Pia Glenmore.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Pia Glenmore:

Apabila sobat ingin membeli bakpia glenmore ini sebagai buah tangan, sobat bisa menemukannya di pusat bakpia glenmore yang ada di Jl. Raya Jember 51 Glenmore atau cabang pia glenmore yang terletak di Jl. Colonel Sugiono 33 Banyuwangi.

8. Savana Cake

Savana cake merupakan oleh-oleh khas Banyuwangi kekinian yang berbahan dasar buah pisang. Nama Savana cake sendiri terinspirasi dari keindahan padang savanna yang ada di Taman Nasional Baluran dan Taman Nasional Alas Purwo. Savana cake ini memunculkan konsep unik pada produk cake yang ditawarkannya. Pasalnya, varian rasa dari savana cake ini mewakili beberapa objek wisata yang ada di Banyuwangi, yaitu savana wedi ireng, savana green bay, savana blue fire, savana red island dan savana sunrise of Java.

Savana Cake: Foto by Facebook/Hobimakan Banyuwangi

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Savana Cake:

Meskipun savana ini rasanya sangat enak dan legit tetapi hanya dibanderol dengan harga Rp 35 Ribu per box dan sangat cocok untuk buah tangan kepada guru maupun teman-teman.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Savana Cake:

Untuk dapat menikmati savana cake atau membelinya sebagai oleh-oleh, sobat dapat mengunjungi gerinya yang terltak di Jl. Letjen S Parman No. 26 kel. Sobo, Kabupaten Banyuwangi.

9. Tape Buntut

Siapa yang tidak mengenal makanan yang terbuat dari fermentasi singkong ini? Sepertinya hampir semua orang mengenalnya. Tape atau peyeum biasanya dikenal sebagai makanan khas dari Bandung, namun ternyata Banyuwangi juga memiliki tape atau peyeum khas loh sobat.

Tape Buntut: Foto by Facebook/Kang Nur

Tape khas Banyuwangi ini dikenal dengan nama tape buntut. Berbeda dengan tape pada umumnya, tape Banyuwangi ini menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya. Seperti namanya, tape ini dibentuk seperti memiliki ekor sehingga banyak yang menyebutnya dengan tape buntut. Buntut dalam bahasa jawa berarti ekor.

Harga Oleh Oleh Banyuwangi Tape Buntut:

Tape Buntut yang rasanya enak ini biasanya di patok seharga Rp 15 Ribu per kemasan. Sobat sudah bisa membawa pulang jajanan khas Banyuwangi tersebut dengan rasa yang sangat enak.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Tape Buntut:

Sobat bisa menemukan tape buntut ini di pusat oleh-oleh khas banyuwangi salah satunya di Jl. Basuko Rahmat, singotruanan Kec Banyuwangi Kab Banyuwangi.

10. Durian Merah Khas Banyuwangi

Makanan khas Banyuwangi yang satu ini pasti membuat sobat ingin mencicipinya bukan? Yap, durian dicap sebagai rajanya buah yang memiliki pennggemar yang tidak sedikit. Apabila sobat termasuk penyuka durian, sobat harus mencoba durian unik khas kabupaten Banyuwangi ini. Durian merah berbeda dengan durian pada umumnya. Seperti namanya, durian ini memiliki daging buah berwarna merah. Buah durian merah akan sangat mudah kita jumpai di Banyuwangi. Durian merah atau sering disebut juga durian abang ini termasuk salah satu durian unggulan dari Jawa Timur, khususnya kabupaten Banyuwangi.

Buah durian merah memiliki karakteristik daging buah yang tebal berwarna merah dan memiliki biji yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan buah durian lainnya. Selain itu, durian ini memiliki aroma buah yang cukup menyengat, namun kandungan alkohol di dalamnya cukup sedikit.

Durian Merah Banyuwangi: Foto by Facebook/Kebun Bunda

Pohon durian merah hidup sebagaimana pohon durian lainnya tumbuh dan berkembang. Pohon durian ini dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis dengan ketinggian kurang lebih 800 mdpl. Waktu panen atau berbuah durian merah tidak menentu, akan tetapi dapat dipastikan bahwa pohon durian merah ini hanya berbuah satu kali setahun.

Karena keuinkan buah durian yang dimiliki, maka tidak heran apabila banyak dari wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi hanya ingin menikmati buah durian merah ini. Jika sobat termasuk pecinta durian dan kebetulan sedang berada di Banyuwangi, maka mencicipi durian merah harus menjadi list dalam agenda wisata sobat. Selain itu, membawa pulang buah durian merah sebagai oleh-oleh tentu akan sangat berkesan.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Durian Merah Khas Banyuwangi:

Harga durian merah ini lumayan mahal mulai dari Rp 120 Ribu hingga sampai Rp 300 ribu. Namun jelas sebanding dengan rasanya yang sangat nikmat.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Durian Merah Khas Banyuwangi:

Bila sobat ingin mendapatkan durian merah khas Banyuwangi ini sobat bisa mengunjungi di Kebatelan kec. Banyuwangi Kab Banyuwangi Jawa Timur. Tempat ini tidak hanya menjual dueian merah aja tetapi berbagai macam varieties durian ada disini.

11. Kue Bolu Kuwuk atau Kelemben

Kue Bolu Kuwuk atau yang sering biasa disebut klemben adalah salah satu kue khas banyuwangi. kue klemben ini biasanya selalu ada pada saat perayaan hari raya. kue ini juga bisa dibilang hampir mirip dengan kue bolu, Tetapi bedanya kue klemben yang satu ini memiliki beraneka bentuk seperti bentuk ikan, bunga, dan sebagainya. kue klemben biasanya juga ada yang bertekstur kering maupun basah. Nah, jika sobat sedang berada di kota banyuwangi dan ingin membeli kue khas banyuwangi yang satu ini jangan lupa untuk mampir ke toko oleh-oleh atau pasar tradisional untuk membeli kue klembenya yang fenomenal ini.

Kue Bolu Kuwuk atau Kelemben: Foto by Facebook/Wisata Banyuwangi

Kue ini berbahan dasar dari tepung terigu yang telah tercampur dengan olahan gula dan telur serta yang paling banyak ditemui di pasaran adalah berbentuk seperti layaknya kura-kura, kue bolu kuwuk atau kelemben ini sangat cocok sekali jika dihidangkan dengan secangkir kopi hitam atau teh manis. Bolu klemben ini bisa bertahan cukup lama sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas banyuwangi. bentuknya yang mungil dengan cita rasa yang empuk membuat camilan ini banyak digemari oleh para pecinta kuliner banyuwangi. Kue ini dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas serta higienis untuk menjamin rasa serta kemanan konsumen dan yang pasti tanpa bahan pengawet yang berbahaya.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Kue Bolu Kuwuk atau Kelemben:

Harga yang dibandrol pada setiap packagingnya cukup murah hanya Rp 15 ribu dalam satu kemasan yang berisi 40 biji bolu. Kue tersebut biasanya dimasukkan dalam kemasan plastik.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Kue Bolu Kuwuk atau Kelemben:

Ardial Pusat Oleh-oleh khas banyuwangi adalah salah satu Pusat Oleh-oleh yang menjual makanan khas Banyuwangi yang menyediakan Kue Bolu Kuwuk atau Kelemben di Jl. Basuki Rahmad, singotrunan Kec.banyuwangi Kab.Banyuwangi

 12. Aneka Manisan

Untuk pecinta kuliner, sobat suka yang manis-manis? Makanan oleh-oleh Manisan buah khas banyuwangi sangat cocok untuk jadikan piliham. Manisan adalah bentuk makanan olahan yang terbuat dari buah – buahan yang direndam dengan larutan gula yang kemudian direndam dalam beberapa waktu untuk mengawetkan buah – buahan tersebut untuk merubah citra rasa dari buah yang sebelumnya rasa masam menjadi rasa manis yang khas.

Manisan Banyuwangi: Foto by Facebook/Anindya Akbar

Salah satunya adalah manisan pala. Manisan pala selain sebagai camilan  juga berguna untuk menjaga stamina tubuh, seperti misalnya untuk menghilangkan nyeri saat haid, menyembuhkan masuk angin, mual, muntah , susah tidur serta masih banyak manfaat manisan pala untuk kesehatan. Rasa dari Manisan pala ini tidak kalah enak dengan manisan-manisan dari daerah lainnya. manisan khas banyuwangi lainnya ada manisan cerme, tomat dan masih banyak lagi.

Harga Oleh-oleh Banyuwangi Aneka Manisan:

Untuk sobat yang penasaran dengan harga dari manisan-manisan buah ini sangat berfariatif tergantung dari buah yang dijadikan manisan. Manisan cermai satu kilo dijual dengan harga Rp 35 ribu, Pala Rp 22 ribu, Tomat Rp 40 ribu dan Buah asem Rp 37,5 ribu.

Lokasi Oleh-oleh Banyuwangi Aneka Manisan:

Rumah Manisan Imut adalah salah satu Pusat Oleh-oleh yang menjual makanan khas Banyuwangi salah satunya olahan manisan buah Terletak di Jl. Ikan Lele Gg.01 No.03 Belakang Ramayana Mall, Tukangkayu, Kabupaten Banyuwangi

13. Dodol Salak

Dodol salak merupakan makanan oleh-oleh khas banyuwangi sejenis dodol yang terbuat dari buah salak serta sangat menarik untuk dijadikan buah tangan. makanan khas banyuwangi ini bertekstur legit dan kenyal, seperti dodol pada biasanya. Rasanya jangan ditanya lagi, sudah pasti enak dan rasa khas salaknya sangat terasa. Dodol salak ini bisa sobat jadikan alternatif untuk oleh oleh ketika sedang berkunjung ke banyuwangi. Selain mudah untuk dodol salak ini tentunya bisa bertahan cukup lama.

Dodol Salak: Foto by Facebook/Arjuna Junana

Dodol salak banyak disukai karena memiliki cita rasa dodol yang sangat nikmat dan lezat sehingga tak heran jika dodol salak masih sangat diminati hingga saat ini. Dodol bisa dimakan oleh semua kalangan dari mulai anak – anak hingga orang tua. Tekstur yang kenyal serta kelembutannya bisa dikonsumsi oleh siapa pun. Jadi Dodol salak ini bisa anda jadikan pilihan untuk anda bawa pulang ke kampung halaman.

Harga oleh-oleh Banyuwangi Dodol Salak:

Harga dodol salak ini per bungkus di biasanya dibandrol dengan harga Rp15.000. Biasanya pengemasannya dibungkus menggunakan daun lontar.

Lokasi Oleh-oleh Banyuwangi Dodol Salak:

Untuk sobat yang penasaran dan ingin membeli oleh-oleh khas banyuwangi berupa dodol salak ini, sobat bisa mendapatkan nya di toko Oleh-oleh Anisa yang berada di Jl. Ikan Paus No2/3, Karangrejo Kec.banyuwangi Kab.Banyuwangi.

14. Kue Patola atau Precet

Makanan oleh-oleh khas Banyuwangi berikutnya adalah kue patola atau biasanya juga disebut sebagai kue precet. kue patola ini banyak sobat temukan ketika bulan puasa digunakan sebagai menu andalan ketika berbuka. Kue ini bderbahan dasar dari tepung beras dan santan serta disajikan dalam banyak pilihan warna yang menarik seperti warna hijau, merah, putih, dan. Bentuk kue patola mirip seperti mi yang ikal dan melingkar. Diameternya tidak lebih dari ukuran telapak tangan orang dewasa.

Saat mengunyahnya, rasa manis dan gurih berpadu menjadi satu dengan kelembutan kue berbahan tepung beras ini. Dengan kombinasi tepung beras serta gula merah dan santan akan menghasilkan cita rasa kue yang nikmat dan lezat.

Kue Patola: Foto by Facebook/Kuliner Banyuwangi

Biasanya Para pedagang telah menyiapkan santan yang sudah bercampur dengan gula merah cair dalam dua kemasan yang berbeda untuk pembeli yang ingin membawa pulang. kue dan kuah santan sengaja untuk dipisah agar tidak lembek saat disajikan.

Harga oleh-oleh Banyuwangi Kue Patola atau Precet:

Untuk Harga dari kue patola ini biasanya di patok mulai dari Rp 4 Ribu yang berisi 10 biji kue patola yang biasanya dibungkus menggunakan daun pisang

Lokasi oleh-oleh Banyuwangi Kue Patola atau Precet:

Sobat bisa menemukan kue patola ini di Pusat Oleh-oleh Queen Cakes  yang beralamat di Jl. Anggrek, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68462. Phone: 0823-1192-5998

15. Kue Bikang Khas Banyuwangi

Kue bikang adalah salah satu jenis kue basah khas Banyuwangi. Dengan tekstur kue yang lembut dan dikemas dalam bentuk yang menarik seperti mawar, sehingga membuat kue bikang ini bisa mengambil hati para pacinta makanan khas banyuwangi yang khas ini.

Bikang Khas Banyuwangi: Foto by Facebook/Land of Osing Banyuwangi

Kue Bikang merupakan kudapan dari dari tepung beras, gula pasir, serta santan kelapa kanil, kanji, dan tepung terigu. Kue bikang ini berbahan dasar dari tepung terigu serta tepung beras yang di padu dengan bumbu-bumbu pilihan khas nusantara yang membuat sajian ini terasa lebih nikmat. Kue bikang banyak sekali digemari oleh masyarakat mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

Harga oleh-oleh Banyuwangi Kue Bikang Khas Banyuwangi:

Kue bikang yang enak ini harganya cuma Rp 1.500 saja lho sobat. Jadi sangat terjangkau bukan? Nah, inilah yang menyebabkan citarasanya terkenal sampai ke kota lain.

Lokasi oleh-oleh Banyuwangi Kue Bikang Khas Banyuwangi:

Bagi sobat yang ingin membeli kue bikang ini sebagai oleh-oleh atau belum pernah mencicipi kenikmatan kue bikang ini, sobat bisa membelinya di pusat jajanan oleh-oleh khas Banyuwangi di outlet-outlet terdekat seperti di Jl. Kalimas singonegaran Kec. Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur

Oleh Oleh Kerajinan & Aksesoris Khas Banyuwangi

Oleh-oleh atau buah tangan dari sebuah kota atau daerah tidak hanya terpaku pada makanan loh sobat. Sobat bisa memilih alternatif buah tangan lain agar oleh-oleh yang sobat bawa tidak habis hanya dalam waktu sehari dua hari.

Membeli souvenir sebagai oleh-oleh dari Banyuwangi memiliki banyak varian. Sobat bisa memilih souvenir seperti apa yang ingin sobat beli untuk orang-orang tercinta. Aneka souvenir khas Banyuwangi bisa sobat dapatkan di berbagai pusat oleh-oleh yang tersebagai di berbgai tempat di kabupaten Banyuwangi.

Oleh-oleh souvenir yang sobat beli bisa untuk memberiikan hadiah bagi orang spesial sobat. Selian itu, oleh-oleh selain makanan juga lebih awet terpakai sehingga akan lebih menghemat biaya. Lalu apa saja oleh-oleh khas Banyuwangi selain makanan? Cek ulasannya di bwah ini.

1. Minuman Kopi Khas Banyuwangi

Kopi adalah minuman yang disukai oleh berbagai kalangan dan tidak akaan sepi oleh penikmatnya. Malah semakin hari penikmat kopi semkin bertambah dan tidak hany adari kalangan kaum adam saja. Karena itu, semakin banyak pula berbagai inovasi minuman kopi yang dicampur dengan bahan lainnya.

Tanah Indonesia yang subur memungkinkan tanaman kopi dapat tumbuh dengan kualitas yang baik. Selain itu, kandungan unsur hara yang berbeda pasa setiap daerah juga turut mempengaruhi rasa dari kopi tersebut. Makanya beberapa tanah di Indonesia dikenal sebagai penghasil minuman kopi dengan cita rasa yang berbeda, seperti kopi toraja, lampung, banten dan lain sebagainya.

Kabupaten Banyuwangi juga termasuk ke salah satu daerah penghasil minuman kopi di Indonesia. Kualitas dari kopi Banyuwangi ini bahkan menduduki peringkat ke 4 setelah Jamaica, Hawai dan Toraja. Setidaknya kabupaten Banyuwangi menghasilkan hampir 3.900 ton biji kopi setiap tahunnya dan memiliki luas perkebunan hingga 3.800 hektar. Maka, apabila sobat berkesemapatan berkunjung ke Banyuwangi, jangan lewatkan untuk mencicipi minuman kopi khas daerah tersebut. Selain itu, sobat juga bisa membelinya sebagai buah tangan dari kota ini. Banyuwangi juga layak mendapat julukan kota kopi loh, karena ternyata salah satu kabupaten di Jawa Timur ini memiliki beberapa jenis kopi yang bisa menjadi pilihan buah tangan sobat.

Pertama, kopi lanang, yaitu kopi dengan ciri khas bijinya yang tunggal dan bulat. Kopi ini menjadi salah satu kopi khas dari Banyuwangi. Biji kopi lanang tidak berbelah seperti biji koi pada umumnya. Jika sobat ingin mendapatkan biji kopi ini, sobat bisa mengunjungi perkebunan Malangsari PTPN XII Kalibaru yang merupakan salah satu produsen kopi lanang di Banywangi.

Kopi Lanang: Foto by Facebook/Hendriex Alfianto

Kedua, kopi kemieren, yaitu kopi yang berasal dari dan diolah oleh masyarakat adat Using Kemiren, kecamatan Glagah. Kopi ini disebut-sebut sebagai kopi terbaik dri Banyuwangi. Berbeda dengan kopi pada umumnya, kopi produksi Paguyuban Tholik Kemiren atau Pathok ini mempunyai cara tersendiri pada proses pembuatannya. Produk kopi masyarakat adat Kemiren ini diberi nama dengan kopi Jaran Goyang.

Selain karena rasa dan aroma yang dimilikinya begitu khas, proses pembuatan kopi ini juga terbilang unik. Sobat bisa melihat proses pembuatannya langsung di rumah produksi kopi Kemiren dari mulai penyangraian, meenumbuk biji kopi, menyaring biji kopi hingga cara penyajian kopi yang benar agar lebih terasa nikmat.

Ketiga, kopi seblang, kopi khas Banyuwangi ini diproduksi oleh kelompok tani Suko Makmur yang terletak di kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Kopi ini tersedia dalam berbagai varian lain yang bisa sobat cicipi, yaitu kopi lanang seblang, kopi seblang robusta dan kopi luwak seblang.

Keempat, kopi pingit, kopi yang satu ini dikenaal juga dengan nama kopi lawas. Kopi ini merupakan jenis kopi robusta yang berasal dari pegunungan Gumintir, kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Sebelum memasuki proses pembuatan kopi, biji kopi dari kopipingin ini disimpan terlebih dahulu selama satu tahun. Kopi pingit muncul karena kebiasan masyarakat Kalibaru yang memiliki tradisi tidak menjual semua kopi yang telah dipanen. Dari hasil panen biji kopi tersebut hanya setengah yang dijual, sedangkan setengahnya lagi disimpan untuk keperluan konsumsi petani sendiri, keluarganya atau sebagai minuman suguhan untuk tamu.

Karena kebiasaan tersebut itulah kopi pingit muncul. Jadi kopi pingit yang sobat nikmati saat ini di banyuwangi merupakan hasil pengolahan dari biji kopi yang dipanen setahun sebelumnya.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Kopi Khas Banyuwangi:

Kopi khas Banyuwangi ini cukup mahal harganya 1kg Rp 50.000 namun juga sebanding citra rasa serta aroma yang dimiliki kopi ini, sangat nikmat.

2. Batik Khas Banyuwangi

Batik merupakan pakaian khas dari Indonesia yang telah diakui sebagai warisan budaya dunia. Di Indonesia sendiri, batik memiliki banyak jenis tergantung dari daerah batik tersebut berasal. Corak-corak batik pun bermacam-macam. Ada yang memiliki corak flora, fauna, bagunan persegi dan lain sebagainya. Banyuwangi juga memiliki batik yang khas loh sobat.

Batik Khas Banyuwangi: Foto by Facebook/Batik Salsa

Batik dari Banyuwangi ini memiliki corak yang khas, dan saalah satu yang paling populer dan dikenal adalah corak Gajah Oling, yaitu corak batik menyerupai belalai gajah namun berbentuk bunga. Selain itu, corak batik yang menjadi khas Banyuwangi antara lain motif kangkung setingkes, gedhengan, sembruk cacing dan lain sebagainya. Ukuran dari batik Banyuwnagi ini juga beragam dan masing-masing mempunyai proses yang berbeda, ada yang cetak, semi cetak dan batik tulis.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Batik Khas Banyuwangi:

Harga batik paling murah yaitu kisaran Harga 80 Ribu hingga 90 Ribu per potong. Masing-masing potongan selebar 2 meter.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Batik Khas Banyuwangi:

Agar mendapatkan Batik khas Banyuwangi tentunya sobat bisa mendatangi toko-toko khusu menjual batik salah satunya di osing Ningrat yang berada di Jl Adi Sucipto No 63 Sobo Kec Banyuwangi Kab Banyuwangi.

3. Kaos Khas Banyuwangi

Selain memiliki kain batik yang khas, Banyuwangi juga mempunyai pakaian lain yang bisa menjadi refensi buah tangan sobat. Salah satunya yaitu kaos. Ya, kaos yang nyaman dipakai sebagai pakaian casual ini banyak diminati karena bahannya yang nyaman dipakai dan memiliki corak yang beragam. Banyuwangi juga memiliki kaos yang identik dengan Banyuwangi, yaitu kaos merek KaOsing. Tak jauh berbeda dengan kaos-kaos kreatif dari berbagai daerah lainnya, kaos KaOsing ini memiliki desain atau kata-kata kreatif dan unik khas kabupaten Banyuwangi.

Kaos Khas Banyuwangi: Foto by Facebook/Kaos dan Oleh-Oleh Banyuwangi Osing Deles

Jika sobat berkunjung ke Banyuwangi, maka tidak ada salahnya untuk membeli kaos khas Banyuwangi ini sebagai buah tangan atau cenderamata. Kaos ini sangat dikenal oleh kalangan muda Banyuwangi, maka sebagai kaum muda millennial tentu tidak ingin ketinggalan oleh-oleh hits dari Banyuwangi ini kan?

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Kaos Khas Banyuwangi:

Harga kaos khas Banyuwangi ini bisa sobat dapatkan seharga Rp 80 Ribu saja. Dengan desan yang sangat unik khas Banyuwangi.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Kaos Khas Banyuwangi:

Sobat bbisa mendapatkan kaos khas Banyuwangi ini di salah satu toko yang menjual aneka kaos khas banyuwangi di Nagud Banyuwangi di Jl KH Wachid Hayim Pengaanjuran Kec Banyuwangi Kab Banyuwangi.

4. Kerajinan Anyaman Gintangan Banyuwangi

Kerajinan gintangan tangan menjadi salah satu oleh-oleh dari Banyuwangi yang wajib sobat miliki jika berkunjung ke kota ini. banyuwangi memaang memiliki desa yang menjadi sentra produksi dari kerajinan anyaman bambu.

Kerajinan Anyaman Gintangan: Foto by Facebook Land of Osing Banyuwangi

Anyaman bambu tersebut dibuat berbagai bentuk, seperti keranjang, kipas hiasan berukuran besar, tempat koran hingga bentuk lainnya. Hasil dari anayaman bambu tersebut bisa sobat beli untuk menambah fungsi peralatan rumah tanggga atupun sebagai hiasan yang unik. Kerajinan anayaman bambu gintangan ini bahkan sudah di pasarkan di luar daerah, seperti Surabaya, Papua, Medan  bahkan hingga keluar negeri seperti Jepang, Amerika Serikat dan Eropa.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Kerajinan Anyaman Gintangan Banyuwangi:

Anyaman Gintangan ini dipatok dengan harga Rp 15 Ribu Hingga 100 Ribu per unit Tergantung dari Tingkat kerumitan anyaman serta besar kecilnya ukuran per unit.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Kerajinan Anyaman Gintangan Banyuwangi:

Sobat bisa menemukan pusat Anyaman Gintangan ini di Desa Gintangan Blimbing Banyuwangi Jawa Timur. Pemandangan yang terlihat disana adalah kerajinan bambu  di sepanjang jalannya.

5. Panci Sebatang Kalibaru Banyuwangi

Jika sobat berkeliling Banyuwangi dan menemukn deretan toko yang menjual berbagai peralatan rumah tangga seperti panci, dndang, oven , wajan, dan sebagainya di sepanjang pinggir jalan, berarti sobat berada di kecamatan Kalibaru yang meruapakan sentra dari kerajinan berbahan alumunium terutama di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru memang dikenal sebagai kawasan kerajinan sayangan di Banyuwangi.

Salah satu produk kerajinaan alumunium yang cukup terkenal dari Kalibaru ini adlah wajan bolic karya Onno W Purbo. Wajan tersebut cukup populer karena dapat menguatkaan sinyal modem dengan dibuat menjadi seperti antena berbahan wajan dan paralon. Produk kerajinan ini telah menjangkau pasar luas di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan pangsa pasarnya merambah hingga ekspor.

Panci Sebatang Kalibaru: Foto by Facebook/Pewpew Pew

Meskipun begitu, kerajinan sayangan ini dibanderol dengan harga yang cukup miring dibandingkan pasaran lainnya namun dengan produk yang sangat berkualitas. Perlatan rumah tangga atau perabotan rumah tangga ini dibuat dengan handmade dan diproduksi lengsung oleh tangan para pengrajin di Kalibaru. Maka, dengan berkunjung ke Kalibaru sobat tidak hanya akan mendapatkan kerajinan tangan yang berkualitas. Namun, dapat melihat proses pembuatannya secara langsung.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Panci Sebatang Kalibaru  Banyuwangi:

Harga oleh-oleh berbentuk panci tersebut adalah antara Rp 75 Ribu untuk dandang dan Rp 125 Ribu yang stainless aneka fungsi.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Panci Sebatang Kalibaru Banyuwangi:

Untuk pembelian panci ini sobat bisa langsung mengunjungi sentra kerajinan panci yang berada di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru memang dikenal sebagai kawasan kerajinan sayangan di Banyuwangi.

6. Kanggi Khas Banyuwangi

Oleh-oleh dari Banyuwangi berikutnya adalah kanggi. Oleh-oleh khas Banyuwangi selaanjutnya meruapakan hasil dari kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif Banyuwangi yang berkomitmen untuk mengambangkan perekonomian masyarakat berbasis desa. Tidak mengherankan apabila kanggi ini menjadi oleh-oleh yang cukup unik dan istimewa.

Kanggi sendiri merupakan kependekan dari “keranjang rasa Banyuwangi” yaitu, berupa paket buah tangan kekinian dari Banyuwangi. Oleh-oleh ini memiliki desain yang unik dan menarik karena merupakan produk modifikasi.

Nama kanggi juga merujuk pada kata “Kangge” dari bahasa Osing, suku asli dari Banyuwangi yang berarti persembahan. Dengan begitu, kanggi merupakan oleh-oleh persembahan dari pelaku ekonomi kreatif untuk para wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Banyuwangi.

Kanggi Banyuwangi: Foto by Facebook/Nuruddin

Paket kanggi sendiri berisi berbagai produk khas dari Banyuwangi, mulai dari kain batik, kopi, souvenir, kudapan ringan hingga sabun tradisional vco yang dibentuk praktis dalam sebuah keranjang. Oleh karena itu, dengan membeli satu paket kanggi sobat akan mendapatkan berbagai oleh-oleh khas Banyuwangi dalam satu wadah. Pemaketan dari berbagai oleh-oleh khas dalam kanggi juga memiliki tampilan yang menarik, dengan penggunaan keranjang bambu yang terkenal dari Desa Gintangan sebagai kemasannya.

Setidaknya, ada tujuh UMKM yang terlibat dalam mempelopori kanggi ini. Di antaranya yaitu, Widya Handycraft asal Desa Gintangan, kopi Lego asal Desa Gombengsari, Tukul Rizki Banyuwangi yang menproduksi wewangian dan sabun vco dan lainnya. Akan tetapi, meskipun kanggi ini terdengar menarik untuk dibeli, pemasarannya masih terbatas dan hanya pada moment-moment tertentu. Seperti event Banyuwaangi Ethno Carnival atau event pameran lainnya yang digelar di Banyuwangi.

Oleh-oleh khas Banyuwangi selain olahan pangan cukup menarik kan sobat? Jika sobat sedang menghabiskan waktu liburan di Banyuwangi tidak ada salahnya untuk membeli berbagai oleh-oleh yang bisa dimanfaatkan sebagai perlatan rumah tangga atau hiasan rumah.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi Kanggi Khas Banyuwangi:

Harga Kanggi ini sangat bervariasi biasanya mulai dari harga 100 Ribuaan hingga 500 ribuan tergantung isi dari Kanggi tersebut.

Lokasi Oleh-Oleh Banyuwangi Kanggi Khas Banyuwangi:

Kanggi bisa sobat dapatkan di salah satu toko penyedia yaitu di Lingkungan Permata Gi Giri ab Banyuwangi Jawa Timur.

Pusat Oleh Oleh Di Banyuwangi

Pusat oleh oleh tersebar di banyuwangi secara merata di pusat kota hingga pelosok. Setelah membahas berbagai macam oleh-oleh khas Banyuwangi mulai dari makanan khas hingga oleh-oleh lainnya, selanjutnya adalah di mana tempat sobat dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh tersebut dengan mudah? Berikut beberapa pusat oleh-oleh tempat yang bisa menjadi referensi untuk sobat mencari oleh-oleh yang diinginkan.

1. Toko Sherly

Toko Sherly ini merupakan toko oleh-oleh yang menjual aneka camilan khas Banyuwangi yang terletak di sebuah gang kecil. Meskipun begitu, pusat oleh-oleh ini tetap ramai dikunjungi untuk mencari berbagi kudapapan khas Banyuwangi. Sobat yang ingin membeli aneka kudapan di Toko Sherly ini harus blusukan ke gang kecil hingga 100 meter dari jalan raya.

Toko Sherly: Foto by Facebook/Melissa Sherly

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi di Toko Sherly:

Harga makanan di toko ini sangat bervariasi mulai harga 15 Ribuan hingga 40 Ribuan. Namun masih terbilang masih sangat terjangkau

Lokasi Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Toko Sherly:

Toko ini terletak di Jl. Borobudur gang 6 no. 2 Banyuwangi dan cukup populer di kalangan pecinta oleh-oleh khas Banyuwangi. Besar toko ini hanya berkisar 3×10 meter saja, meski tidak relative besar namun, toko oleh-oleh ini menjual camilan khas Banyuwangi yang cukup lengkap.

2. Pelangi Sari

Pelangi Sari adalah toko oleh-oleh khas Banyuwangi yang memiliki unit usaha lain seperti kerajinan tangan, kue kering dan basah serta batik khas Banyuwangi yang tergabung dalam Pelangi Sari Group.

Toko Pelangi Sari: Foto by Facebook/Toko Pelangi Sari Banyuwangi

Toko oleh-oleh Pelangi Sari selain menjual produk olahan sendiri juga menjual produk dari UMKM yang bergabung menjadi mitranya. Toko ini menyediakan oleh-oleh lengkap dari Banyuwangi. Selain itu, toko ini mampu menampung banyak kendaran dan dilengkapi dengan kios penjual makanan.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi di Pelangi Sari:

Harga oleh-oleh di toko ini sangat ekonomis.mulai harga 15 Ribuan hingga 30 Ribuan saja. Sobat bisa memilih berbagai macam olahan khas banyuwangi yang ada di sini.

Lokasi Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Pelangi Sari:

Kantor ini berpusat di Jl. Letkol Ngurah Ray No. 16 banyuwangi. Selain berbelanja di pusatnya, sobat juga bisa berbelanja oleh-oleh khas Banyuwangi di outlet yang terletak di Rest Area Istana Gandrung Jl. Raya Jember KM 7, desa Dadapan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Rest Area tersebut memiliki letak yang strategis karena berada di ruas jalan raya aantara Banyuwangi dan Rogojampi.

3. Toko Ardial

Yang berikutnya yaitu Toko Ardial. Toko ini merupakan salah satu lokasi yang kerap dijadikan destinasi wisata sekaligus tempat mencari buah tangan. Banyak juga yang menjadikan toko ini sebagai lokasi untuk mencari souvenir pernikahan yang unik dan anti mainstream.

Toko Ardial Banyuwangi:Foto by Facebook/Ardial Toko Oleh-Oleh Banyuwangi

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi di Toko Ardial:

Untuk harga oleh-oleh yang ada di Toko Ardial juga dibilang masih sangat ekonomis karena dibandrol mulai dari harga 10 ribu hingga 40 Riuan saja.

Lokasi Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Toko Ardial:

Toko oleh-oleh ini berdiri sejal 2011 yang terletak di Jl. Basuki Rahmad 115 Banyuwangi. Toko ini menjual berbagai camilan khas Banyuwangi antara lain, sale goreng, rengginang, kue klemben berbagai rasa, kerupuk cumi dan berbagai kudapan khas banyuwangi lainnya.

4. Toko Sri Rejeki

Toko ini meskipun tidak terlalu besar namun menjual berbagai olahan khas Banyuwangi yang cukup lengkap. Sobat bisa mampir terlebih dahulu apabila sedang berada atau melintas di  Kecamatan Genteng dari arah Jember.

Toko Sri Rejeki: Foto by Facebook/Lisa Amalina

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi di Toko Sri Rejeki:

Harga Oleh-oleh di sri rejeki ini cukup terjangkau juga mulai dari harga 16 ribuan saja sobat bisa membawa pulang oleh-oleh khas Banyuwangi yang lezat.

Lokasi Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Toko Sri Rejeki:

Toko Sri Rejeki terletak di Jl. Raya Jember, kecamatan Genteng. Lokasinya persis di depan Hotel Mahkota dengan ukuran bangunan yang relative kecil. Toko ini dapat sobat temui dengan mudah karena letaknya yang tepat di pinggir jalan raya. Selain itu, terdapat rumah makan dengan nama serupa di samping toko tersebut.

5. Outlet Pia Glenmore

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa bakpia merupakan salah satu camilan yang cukup banyak memiliki penggemar. Tidak heran, pia Glenmore menjadi salah satu toko oleh-oleh yang cukup dicari para wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi.

Outlet Pia Glenmore: Foto by Facebook/Telur Asin Tjap Djempol

Toko pia Glenmore ini merupakan outlet pia Glenmore yang menjual berbagai macam varian rasa terlengkap. Selai lengkap, toko ini juga menjual pia dengan harga yang cukup ekonomis. Sobat bisa menikmati pia Glenmore di tempat atau membawanya sebagai oleh-oleh khas dari Banyuwangi.

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi di Toko Sri Rejeki:

Pia Glenmore di outlet-outlet sekitar 20 ribuan per box hingga 35 Per boxnya. Cukup ekonomis sebanding dengan rasa dan citra rasa yang khas banyuwangi.

Lokasi Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Toko Sri Rejeki:

Outlet pia Glenmore ini bisa dengan mudah sobat temukan di Jl. Raya no. 51 Glenmore. Di depan toko ini tepat berdiri di pinggir kanan jalan. Seperti namanya, pia Glenmore ini berada di Kecamatan Glenmore tepat setelah sobat melewati kantor Telkom.

Pia Glenmore memiliki dua cabang di Banyuwangi tepatnya di Jl. Kolonel Sugiono No. 31 Banyuwangi dan satu lagi berada di Jember.  Toko ini memang menjadi rekomendasi bagi sobat yang ingin mancari olahan bakpia khas Banyuwangi.

6. Osing Deles

Agaknya Osing Deles adalah tempat yang sudah tidak asing lagi bagi sobat yang sering berkunjung ke Banyuwangi. Osing Deles merupakan surge bagi sobat untuk berwisata kuliner maupun berbelanja oleh-oleh khas Banyuwangi dan merupakan tempat yang wajib sobat kunungi ketika berada di Banyuwangi.Osing Deles menawarkan berbagai macam olahan kuliner yang sangat bermacam dari makanan tradisional hingga western.

Osing Deles: Foto by Facebook/Land of Osing Banyuwangi

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi di Osing Deles:

Oleh-oleh khas banyuwangi berikutnya di Osing Deles relatif terjangkau mulai dari 10 ribuan hingga termahal 300 ribu untuk kerajinan tangan dan kaos mulai dari 75 Ribu hingga 110 ribu.

Lokasi Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Osing Deles:

Outlet Osing Deles berada di Jl. Agus Salim Bnayuwangi yang berdiri sejak tahun 2013. Outlet yang satu ini memang manjadi tempat berburu wisata kuliner yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Meski begitu, sobat tidak perlu khawatir dengan harga kuliner yang ada di Osing Deles. Karena Osing Deles menawarkan harga yang murah dengan cita rasa menu makanan yang lezat.

7. Sun Osing

Pusat oleh-oleh satu ini merupakan tempat berbelanja buah tangan khas Banyuwangi terlengkap dan murah. Sun Osing menjual berbagai pernak-pernik khas Banyuwangi, termasuk kaos dan batik etnik dari kabupaten ini.

Sun Osing: Foto by Facebook/Sun Osing Pusat Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

Harga Oleh-Oleh Banyuwangi di Toko Sri Rejeki:

Untuk harga oleh-oleh dari Toko Sun Osin ini mulai dari 120 ribu. Yang merupakan produk asli dari bumi blambangan dengan bekerjasama dengann UMKM dari seluruh wilayah banyuwangi.

Lokasi Pusat Oleh-Oleh Banyuwangi Toko Sri Rejeki:

Outfit yang dijual di Sun Osing ini memiliki desain trendi dan stylish. Toko ini terletak di Jl. Brawijaya No. 67 Banyuwangi, selain berbelanja secara offline sobat juga mendapatkan perak-pernik khas Banyuwangi secara online.

Untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi tanpa perlu khwatir kehabisan dana yang telah sobat persiapkan sebelum berwisata. Ada baiknya jika memebuat budget khusus untuk membeli oleh-oleh khas Banyuwangi yang akan sobat bawa pulang. Dengan begitu, sobat tidak perlu khawatir apabila akan kebablasan dalam berbelanja sehingga dana untuk kebutuhan setelah berlibur habis karena terpakai membeli oleh-oleh.

Selain itu, sobat jangan menjadikan moment berbelanja oleh-oleh sebagai ajang kesempatan untuk mendapatkan berbagai produk yang tidak begitu perlu untuk dibeli. Kegiatan berbelanja memang menyenangkan dan hal ini sering membuat orang lupa mengontrol diri sehingga membeli berbagai barang yang sebenarnya diperlukan.

Selain menjaga kontrol diri agar tidak kebablasan hingga kantong jebol dan membuat dompet kosong, tempat berbelanja yang sobat pilih juga perlu diperhatikan. Di berbagai tempat wisata di Banyuwangi banyak terdapat toko oleh-oleh yang menawarkan harga murah meriah. Sobat bisa memilih berbelanja di tempat yang menjual berbagai oleh-oleh khas Banyuwangi dengan harga miring. Kebisaan anda dalam tawar-menawar juga mempengaruhi harga beli yang akan sobat bayar ketika berbelanja oleh-oleh. Sobat bisa melakukan tawar-menawar hingga mendapatkan barang dengan harga yang diinginkan.

Akan tetapi, perlu sobat ingat jika harga barang memang sering mencerminkan kualitas dari barang tersebut. Maka selalu cek barang yang ingin sobat beli dengan teliti agar tidak menyesal akhirnya. Berbelanja oleh-oleh daerah tertentu memang mengasyikkan ya, namun jangan sampai sobat menahan lapar setelahnya karena tidak mampu menahan hasrat untuk berbelanja. So, selamat berlibur di Banyuwangi sobat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!