33 Oleh Oleh Khas Bali Paling Populer Wajib Kamu Bawa Pulang

Oleh Oleh Khas Bali ~ Saat liburan ke Bali tentu membutuhkan oleh-oleh khas Bali yang membuat wisatamu berkesan. Dengan begitu, saat pulang liburan tentu banyak barang yang bisa Kamu pamerkan di rumah. Oleh-oleh yang bisa Kamu temukan di Bali sangat bervariasi, mulai dari makanan, karya seni, hingga kosmetik. Kamu bisa memilih semua jenis oleh-oleh khas Bali dengan mudah dan murah.

Pusat oleh-oleh pun dijamin sangat gampang untuk dicapai para wisatawan, baik lokal maupun asing. Selain itu, di sana juga terdapat kendaraan yang disewakan untuk mencapai lokasinya. Hingga kini pembelian oleh-oleh khas Bali tetap menjadi tren utama yang wajib dilakukan bagi para wisatawan. Mengingat Bali menjadi ikon tempat wisata populer yang menjadi surga dunia

Bagi yang pertama kali ke Bali, pasti Kamu akan bertanya-tanya tentang lokasi pusat oleh-oleh khas. Karena rasanya belum sempurna sebuah perjalanan jika tidak membeli oleh-oleh, baik itu makanan atau benda lain. Jadi, inilah sedikit bahasan tentang buah tangan khas pulau Dewata.

Oleh-oleh Khas Bali Terbaru (Makanan)

Pulau Bali melayani para wisatawan dengan berbagai produk kuliner khas yang tentunya memanjakan lidah. Oleh karena itu para pecinta kuliner dijamin tidak akan kehabisan cita rasa. Tidak hanya makanan khas yang memiliki nilai sejarah saja yang disediakan di Bali.

Para pecinta kuliner juga disuguhkan berbagai makanan dengan perpaduan cita rasa global yang tidak kalah menarik. Rasa internasional dengan komposisi kearifan lokal melekat erat pada makanan yang ada di Bali. Sebagai oleh-oleh, berikut beberapa jenis makanan yang sebagian hanya ada di pulau Dewata.

1. Salak Bali

Salah satu oleh-oleh khas Bali yang sangat populer hingga tingkat dunia, yakni salak Bali. Buah salak tersebut memiliki banyak keistimewaan yang membuatnya disukai oleh para wisatawan. Salak Bali memiliki rasa yang manis, dagingnya lebih banyak karena bijinya memiliki ukuran yang kecil.

Salak Bali: foto by Facebook/oni.meisya

Oleh karena itu buah ini sangat diminati dan menjadi populer di berbagai negeri.Harga salak Bali yang dijual oleh para pedagang pun bervariasi. Jika Kamu ingin mendapat buah ini dengan harga yang bisa dijangkau dan ditawar maka belilah di pasar tradisional Kota Bali.

Tetapi jika Kamu tidak bisa menawar dengan harga murah sebaiknya belilah di pasar modern. Secara umum buah ini dijual pada harga 20 ribu per kg, tetapi bisa saja jatuh ke 7 ribu per kg. Jadi, jika sedang waktunya panen maka Kamu akan mendapatkan salak bali yang manis dengan harga sangat terjangkau.

2. Kacang Disko

Produk kuliner yang tak kalah populernya, yakni Kacang Disko yang memiliki cita rasa gurih dan pedas. Kamu bisa mencoba dengan berbagai jenis dan variasi rasa, seperti BBQ, keju, udang. Kacang ini dijual dengan berbagai merk di pasaran, ada merk Mami, dan Rajawali. Meskipun merk berbeda, tetapi rasa kedua produk tersebut tetap bisa dinikmati oleh lidah para turis.

Kacang Disko: foto by Facebook/pg/Info.Tips.Terkini/photos/

Harga Kacang Disko ditetapkan sesuai dengan ukuran berat dari jenis kacang yang Kamu pilih. Ukuran kecil tentu dibandrol dengan harga yang lebih murah, ukuran besar tentu lebih mahal. Jika para turis ingin membeli kacang seberat 250 g netto, maka harus membayar sebesar 16 hingga 20 ribu rupiah.

Sedangkan untuk 500 g netto, dijual sebesar 35 hingga 40 ribu rupiah. Kamu bisa memilih ukuran mana yang recommended sesuai kapasitas bagasi. Hal ini juga berhubungan dengan seberapa banyak kacang disko yang dibeli dan dengan transportasi apa Kamu bertandang ke pulau Dewata. Namun jika kamu menginginkan oleh-oleh kacang disko saat Kamu sedang tidak berada di Bali, Kamu bisa memesannya secara di banyak marketplace yang tersebar online.

3. Pie Susu

Cita rasa Pie Susu sangat disukai banyak orang, mulai dari turis lokal dan mancanegara. Pie susu memiliki bentuk dan rasa yang unik, yang membuat para turis tidak cukup mencicipi satu. Selain cita rasa yang sangat enak, Pie Susu juga menjadi kue yang memiliki sejarah di Bali.

Pie Susu: foto by Facebook/Tri.Setya

Kue ini dibuat sejak bertahun tahun yang lalu, selalu dipakai di acara keluarga, seperti di hari raya. Harga Pie Susu cukup murah, ada yang dijual sesuai dengan merknya. Merk Pie Susu terkenal seperti Pie Susu Dhian, dan Pie Susu Asli Enaak. Rasa keduanya tentu dijamin enak dan nikmat.

Pie Susu Dhian dijual sangat murah, yakni sekitar 100 rupiah saja per bijinya. Sedangkan Pie Susu Asli Enaak dijual dengan harga lebih mahal namun masih terjangkau, sekitar 2.500 rupiah. Dengan sekali “hap”, Kamu bisa langsung menghabiskan beberapa pie susu. Jadi jangan membeli terlalu sedikit ya!

4. Bakpia Bali

Kue Bakpia tentu sudah diproduksi di berbagai wilayah. Namun cita rasa lokalnya biasanya sedikit berbeda, tergantung teknik pembuatannya. Demikian juga dengan kue Bakpia khas Bali. Kue Bakpia Bali jika dilihat dengan bakpia lain sebenarnya memiliki bentuk yang tidak berbeda, yakni bulat. Cara memasak kue bakpia dan bahannya pun sama, tapi rasanya tetap berkualitas.

Bakpia Bali: foto by Facebook/panda.yani.5

Harga kue bakpia Bali juga bervariasi, tergantung merk, ukuran dan rasanya. Ada beberapa merk pia Bali yang terkenal, seperti Pia Legong, Pia Bintang, dan Pia Tata, ketiganya sangat laris. Pia Legong dijual dengan harga cukup mahal, yakni sebesar 90 ribu per box, sedangkan Pia Bintang dijual seharga 45 ribu per box dengan isi 10 buah pia, dan 1 buah cukup bikin kenyang.

Rasa bakpia yang berbeda dari lainnya menghasilkan kenyamanan saat memakan. Tentunya bakpia ini bisa dikonsumsi oleh semua orang dari berbagai usia karena komposisinya juga tidak mengandung banyak kolesterol atau lemak. Dari anak-anak sampai orang tua pasti akan menyukainya.

5. Kacang Asin

Cemilan gurih dan lezat selanjutnya, yakni kacang asin. Hampir mirip seperti kacang disko, namun kacang disko lebih pedas. Kacang ini memiliki rasa yang sangat sesuai namanya, asin. Kacang asin menjadi cemilan yang terfavorit selain kacang disko, renyah kacangnya sangat sesuai dijadikan sebagai penambah nafsu makan.

Kacang Asin: foto by Facebook/ika.meilina

Serta dimakan saat Kamu sedang bersantai. Kacang asin yang dijual di pasaran juga memiliki harga yang disesuakan dengan merek dan ukuran beratnya. Merk kacang asin terkenal yang bisa Kamu temui, yakni kacang asin Rahayu. Kacang asin Rahayu dijual dengan harga sebesar 35 ribu per toples atau kotak, berat bersihnya sekitar 150 gram.

Kemasannya yang rapi membuat kacang asin ini bisa dibawa kemanapun. Bagi yang suka ngemil, kacang asin ini sangat direkomendasikan. Bukan hanya untuk ngemil lho! Tapi makanan pendamping ini juga bisa dipadukan dengan bubur ayam.

6. Kerupuk Kulit Babi

Para turis pecinta kuliner dari dalam dan luar negeri tentu menyukai produk olahan khas Bali satu ini, yakni kerupuk kulit babi. Terbuat dari kulit babi asli yang gurih dan rasanya enak. Kerupuk ini menjadi satu satunya produk makanan oleh-oleh yang bahannya terbuat dari kandungan kulit babi.

Kerupuk Kulit Babi: foto by Facebook/lina.nazara.5

Cemilan ini sangat populer di kalangan para turis non muslim di Bali. Kerupuk kulit atau samcan babi juga dijual sesuai dengan merk dan ukurannya. Tiap merek menjual dengan harga berbeda dengan merk lain, namun bisa juga tergantung lokasinya.

Harga kerupuk kulit babi pada merk “Kerupuk Kulit Babi Rejeki,” dan merk “Babi” dijual dengan harga sama, yakni 35 ribu rupiah untuk netto 70 g, dan 110 ribu rupiah untuk netto 200 g. Banyak turis mancanegara yang membeli kerupuk ini karena bentuk dan rasanya unik. Sementara itu, wisatawan domestik yang boleh memakan babi juga sering menyempatkan diri untuk membelinya.

7. Kopi Kintamani

Hasil alam khas Bali yang terkenal selanjutnya yakni kopi Kintamani. Kopi tersebut tidak diolah seperti kopi biasa pada umumnya. Jadi sangat sesuai untuk suguhan para pecinta kopi di Bali. Cita rasa unik dari produk olahan kopi Kintamani, yakni rasa pahit dari kopi yang berkurang.

Kopi Kintamani: foto by Facebook/vidiastri.prima

Olahan kopi ini menghasilkan rasa yang jarang ditemui, yaitu rasa jeruk alami yang menonjol. Kopi Kintamani termasuk jenis kopi Arabica yang memiliki banyak penggemar, baik dari dalam maupun luar negeri. Aroma kopi yang ditimbulkan berupa citrus beserta herbal yang tenang.

Harga kopi Kintamani yang sangat berkualitas ini dijual dengan berbagai merk dan harga, mulai dari 65 ribu rupiah hingga 300 ribuan. Belilah sesuai dengan jumah berat yang Kamu butuhkan. Bagi yang punya cafe, silakan mencoba bereksplorasi menggunakan kopi ini ya!

8. Kerupuk Ceker Ayam Khas Bali

Selain kerupuk dari kulit bai, di Bali juga terdapat produk kerupuk yang terbuat dari ceker ayam lho! Dan produk ini juga jarang ditemui di banyak tempat, secara khusus hanya di Bali. Meskipun produk cemilan ini tergolong sebagai produk kuliner yang tidak terlalu populer.

Kerupuk Kulit Ceker Ayam Khas Bali: foto by Facebook/piesusubalienak

Tetapi cita rasa kerupuk ceker ayam sangat gurih dan lezat, rasa yang menonjol adalah asin. Kerupuk ceker ayam sangat cocok bagi pecinta ayam, khususnya di bagian ceker. Harga kerupuk ceker ayam khas Bali ini pun sangat murah, hanya dijual 15 ribu rupiah per bungkus.

Karena ceker ayam adalah salah satu bagian yang gurih jika dibuat kerupuk, maka tidak heran banyak yang menjadikannya teman makan nasi. Selain renyah, kerupuk cekerj juga sangat bergizi karena mengandung kalsium. Inilah yang menjadikannya primadona oleh-oleh cemilan di kalangan wisatawan domestik.

9. Kacang Matahari Bali

Seperti cemilan kacang lainnya, kacang matahari juga merupakan cemilan yang gurih dan renyah. Banyak turis lokal yang menyerbu produk kuliner satu ini karena cita rasa yang unik. Kemasannya cukup sederhana, dibungkus rapi dengan plastik.

Kacang Matahari Bali: foto by Facebook/Agenkuliner

Serta mudah untuk dibawa kapanpun dan kemanapun, sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Banyak para turis yang mengaku bahwa rasa kacang ini sangat lezat, dan bisa membuat ketagihan saat memakan satu bijinya. Sehingga kacang ini termasuk cemilan populer.

Harga kacang Matahari bisa dibilang sangat murah, dan dijual sesuai dengan ukuran kemasannya. Mulai dari 16.500 untuk ukuran 250 gram, dan 32.000 untuk ukuran 500 gram. Banyak wisatawan yang berminat membeli dalam jumlah besar untuk jastip.

10. Buah Wani

Buah khas Bali yang tidak bisa Kamu temui di wilayah lain yakni buah wani yang bentuk dan rasanya sangat unik. Buah ini sejenis mangga namun memiliki aroma harum dan segar. Buah wani bisa dimakan dengan berbagai metode, Kamu bisa memakan buah wani secara langsung dengan dikupas terlebih dahulu.

Buah Wani: foto by Facebook/Widia.Utami

Bisa juga sebagai bahan campuran es atau sambal. Jika Kamu menemui buah wani di saat musim panennya, tentu Kamu adalah orang yang sangat beruntung. Harga buah ini sangat murah, bisa didapatkan hanya dengan harga 25 ribu per kg.

Karena tidak ada di banyak daerah lain, maka buah ini bisa dikatakan sebagai oleh-oleh khas. Saat ini, karena perkembangan teknologi banyak juga yang mengolah buah wani menjadi makanan unik. Misalnya manisan atau berupa kalengan.

11. Sambal Matah Bali

Siapa yang tidak kenal sambal khas Bali dengan pedas dan gurih yang pas? Sambel matah Bali kini dijual dalam kemasan yang bisa dibawa pulang, sangat cocok bagi para turis pecinta pedas. Sambal matah juga memiliki rasa yang sangat bervariasi.

Sambal Matah Bali: foto by Facebook/monsera.id

Sambal ini biasanya dikemas di dalam toples kecil yang sifatnya kedap terhadap udara. Sehingga sangat aman untuk dibawa di manapun. Harga sambal matah juga disesuaikan dengan ukuran toplesnya.

Sambal tersebut dijual dengan harga 25 ribu rupiah untuk toples ukuran kecil. Namun ada juga harga 50 ribu rupiah untuk toples yang besar. Jadi, tergantung Kamu membelinya untuk diri sendiri atau untuk keluarga.

12. Kacang Kapri Tari Bali

Seperti jenis cemilan kacang-kacangan lainnya, kacang Kapri Tari termasuk salah satu merk cemilan yang gurih dan enak di Bali. Kemasannya sangat sesuai untuk dijadikan oleh-oleh. Produk cemilan ini juga menjadi salah satu produk oleh-oleh kuliner yang cukup terkenal.

Kacang Kapri Tari Bali: foto by Facebook/nusadeli2017

Rasa unik yang terdapat pada kacang ini, terdapat pada tambahan bawang gorengnya yang banyak. Harga kacang Kapri Tari sangat bervariasi tergantung ukuran berat yang Kamu pilih. Dengan 22.500 rupiah saja, Kamu bisa memperoleh kacang Kapri Tari Bali dengan ukuran 400 gram.

Kacang ini adalah makanan asli Bali sehingga sangat unik dan recommended sebagai oleh-oleh. Bukan hanya praktis dibawa, Kacang Tari juga tidak mudah busuk. Inilah yang membuat para wisatawan mancanegara sering membelinya.

Oleh-oleh Khas Bali Selain Makanan

Lidah para wisatawan tidak hanya dimanjakan dengan cita rasa kuliner khas Bali, tetapi juga banyak produk menarik lainnya selain makanan. Misalnya kain batik, alat seni, dan sebagainya. Berbagai produk tersebut diproduksi oleh masyarakat Bali sehingga hasilnya menjadi sebuah barang yang memiliki corak khas Bali.

Maka jangan ragu jika Kamu ingin memiliki produk asli. Di Bali, banyak oleh-oleh bukan makanan yang awet dan praktis dibawa. Apalagi, nilai estetikanya itu lho! Tentu Bali sebagai salah satu pusat kesenian di Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi. Berikut ulasannya.

1. Kaos Joger

Siapa yang tidak mengenal kaos Joger? Para turis dari dalam dan luar negeri tentu sangat mengenal produk ini. Produk kaos yang paling populer menjadi ikon Bali, yakni kaos Joger.

Kaos Joger: foto by Facebook/triwah.yhuwniebae

Kaos jogger dijual dengan berbagai ukuran, kainnya yang lemas dan dingin membuat kaos ini nyaman dipakai. Mulai dari anak-anak hingga dewasa cocok untuk mengenakan kaos ini. Harganya pun bervariasi, tergantung lokasi beli, ukuran, dan motif kaos Joger yang Kamu beli.

Kaos Joger ukuran dewasa lebih mahal. Untuk per itemnya dijual sekitar 150 hingga 200 ribu dengan motif yang bagus. Sedangkan untuk ukuran kecil dengan lengan pendek tentu dijual dengan harga murah, sekitar 50 hingga 90 ribu saja.

2. Perhiasan Perak Celuk Bali

Perhiasan perak khas Bali yang disebut dengan Celuk juga menjadi salah satu daya tarik oleh-oleh yang populer. Perhiasan ini sangat unik sehingga banyak menarik minat turis asing. Adapun berbagai jenis perhiasan perak Celuk, yakni kalung, cincin, dan gelang seperti perhiasan pada umumnya.

Perhiasan Perak Celuk Bali: foto by facebook/capiltransport007

Namun motif dan bahannya menjadikan produk ini sangat unik. Harga berbagai jenis perhiasan Celuk disesuaikan dengan motif dan kategori pembelinya. Untuk pembeli lokal misalnya, cincin dengan motif sederhana hanya dijual sekitar 80 ribu saja.

Jadi, bagi Kamu yang ingin mengoleksi perhiasan perak, di sanalah tempatnya. Tanpa harus bingung mencari model, Kamu akan dimanjakan dengan pilihan yang sangat banyak. Jadi, siapkan waktu seharian untuk memilih-milih ya.

3. Mukenah Bali

Jika saat pergi ke Bali Kamu membutuhkan perlengkapan untuk ibadah shalat, khususnya bagi muslim. Maka jangan khawatir, di sini juga menyediakan perlengkapan shalat bagi wanita. Mukenah Bali dibuat dengan bahan kain dan corak yang khas.

Mukenah Bali: foto by Facebook/Mukenah-Bali-Murah-Surabaya-1734823706844892

Corak khas Bali pada mukena ini disematkan sebagai wujud untuk menghormati umat muslim di sana. Bahannya sejuk dan jatuh, dengan motif bunga dominan. Harga sepasang mukenah Bali juga cukup murah.

Bayangkan saja, harga satu set mukenah bisa under 100K lho! Apalagi, variasinya juga dijual sesuai dengan ukuran yang berbeda-beda mulai anak-anak sampai dewasa. Untuk ukuran dewasa, mukenah Bali bisa dibeli hanya dengan harga 60 ribu saja.

4. Kerajinan Kayu

Produk khas Bali yang sangat terkenal hingga ke luar negeri adalah karya seninya. Khususnya kerajinan yang terbuat dari kayu. Kerajinan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh hiasan rumah.

Kerajinan ini berupa pahatan, yang memiliki aneka ragam bentuk dan ukuran. Seperti mobil-mobilan, becak, hingga patung. Ukuran kecil tentu lebih praktis dan cukup di dalam tas.

Harga kerajinan kayu dengan ukuran kecil bisa didapatkan dengan harga yang murah. Bahan kayu yang digunakan juga mempengaruhi harga. Karya seni pahat kayu khas Bali bisa diperoleh mulai dari harga 10 ribu rupiah saja hingga jutaan rupiah. Tergantung kualitas dan ukuran seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

5. Lukisan

Tidak hanya karya seni pahat kayu yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk hiasan rumah Kamu. Lukisan khas Bali juga terkenal sebagai produk yang sangat artistik dengan kualitas tinggi. Lukisan yang bisa Kamu dapatkan bisa dipilih dengan berbagai aliran, seperti realism, naturalism, kubisme, dan lain-lain.

Lukisan Bali: foto by Facebook/Lukisan.Bali

Harganya pun sesuai dengan kualitas hasil goresan. Lukisan khas Bali bisa Kamu peroleh dengan berbagai rentang harga, tergantung kualitas dan ukuran. Namun, harga di pusat oleh-oleh lebih murah, sekitar 200 hingga 300 ribuan saja.

Jadi, Bali memang bisa dikatakan sebagai surganya lukisan. Bayangkan saja, para seniman Bali bisa menghasilkan banyak lukisan dalam setiap tahunnya. Bukan hanya itu, setiap goresannya sangat unik dan hanya dijual per 1 item secara spesial untuk masing-masing pembeli.

6. Produk Spa Bali

Produk spa Bali terkenal dengan aroma dan bahan rempah khas Bali yang banyak dikenal oleh para turis asing dan lokal. Produk ini terdiri dari berbagai macam, mulai dari lulur, hand and body scrub, lotion, hingga parfum dan lilin aromatherapy. Merk populer dari produk spa yakni Herborist dan Bali Ratih.

Produk Spa Bali: foto by Facebook/Spa.Bali

Harganya sangat murah dan terjangkau, satu varian Body Scrub Bali Ratih bisa dijual dengan harga 28 ribu. Sedangkan Herborist cukup 12 ribu saja, lebih murah jika membelinya sepaket. Jika ingin membeli yang komplit, pastikan untuk memilih aroma yang paling cocok dengan kepribadian.

Karena spa memang sangat digemari wisatawan terutama yang berasal dari luar negeri. Produk spa dari Bali punya keistimewaan khusus yaitu berbahan alami dan herbal. Jadi, Kamu akan bisa semakin memanjakan tubuh dan merelaksasi otot-otot yang kaku.

7. Baju Barong

Selain kaos Joger, Baju Barong khas Bali juga tidak kalah terkenal, bahannya terbuat dari kain dingin dan lembut. Ukurannya bisa tipis, bisa juga tebal tergantung selera pembeli. Corak khasnya berupa Barong di bagian depan baju ini dengan sedikit rumbai membuat baju ini dinamai baju Barong.

Baju Barong: foto by Facebook/istirafif.adityasusanto

Para turis bisa mendapatkan baju ini dengan berbagai macam harga. Harga baju Barong untuk ukuran dewasa bisa diperoleh cukup sekitar 25 ribu hingga hampir 100 ribu rupiah saja. Tergantung ukuran dan ketebalan bahannya.

Namun, bisa dikatakan baju Barong ini termasuk oleh-oleh yang murah meriah bukan? Bayangkan saja, di kota besar lainnya tentu harga baju tidak akan semurah ini. Karena di Bali banyak pengrajinnya, harga menjadi sangat terjangkau tanpa mengurangi kualitasnya.

8. Kain Batik Bali

Setiap daerah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa memiliki corak batik yang khas, terutama di Bali. Batik ini cocok dibawa sebagai oleh-oleh untuk Kamu beserta keluarga. Desain motif Batik khas Bali berupa gambar yang mengisahkan tentang para dewa di Bali.

Kain Batik Bali: foto by Facebook/balibatik.iki

Harganya pun disesuaikan dengan motif, bahan serta ukurannya. Harga batik tulis yang berbagan songket dan tenun dijual sekitar 300 ribuan. Sedangkan untuk batik biasa dengan teknik cap, dengan bahan katun hanya sekitar 60 ribu saja. Tinggal pilih, mana yang sesuai dengan seleramu.

Untuk batik Bali, coraknya berbeda dengan batik asal Jawa. Karena dari segi bahan pewarna dan teknik pembuatannya juga sudah berbeda. Kamu dapat berkonsultasi pada tour guide untuk memilih mana yang punya kualitas bagus dan desainnya masih unik.

9. Kain Pantai

Kain pantai yang dijual di Bali biasanya digunakan bagi Kamu yang hendak mengunjungi pura atau tempat wisata yang dianggap suci. Maka kamu diharuskan memakai penutup yang sopan. Kain pantai nantinya juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh yang bermanfaat dalam berbagai hal.

Kain Pantai: foto by Facebook/balibatik.iki

Kain ini memiliki motif bung-bunga secara dominan, tetapi ada juga yang polos. Harganya cukup murah, yakni sekitar 25 ribu jika membeli di sekitar pantai. Ada juga yang harganya 40 ribu jika membelinya di toko atau pusat perbelanjaan.

Jadi, sebaiknya kamu membeli kain pantai di sekitar pantai karena lebih terjangkau. Namun, selalu perhatikan kualitas kainnya dilu sebelum membeli. Jangan lupa untuk meminta bantuan tour guide yang asli Bali untuk menawar harga jika dirasa terlalu mahal.

10. Alat Musik Bali

Bali juga terkenal dengan alat musliknya, seperti gamelan, klungkung yang dibuat khas di Bali. Alat musk ini tersedia dengan ukuran kecil yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Harga alat musik khas Bali beraneka ragam dan bisa diperoleh dengan harga yang cukup murah, yakni sekitar 40 hingga 50 ribuan saja.

Alat Musik Bali: foto by Facebook/Alat-Musik-Traditional-Bali

Ada banyak alat musik khas Bali yang terkenal misalnya gamelan. Gamelan Bali punya kemiripan dengan gamelan asal Jawa, tetapi berbeda pada cara bermainnya. Jadi, Kamu bisa sekalian belajar cara main di pusat oleh-oleh. Asal jangan terlalu lama juga ya.

Untuk alat musiknya, memang rata-rata dibanderol dengan harga yang variatif tergantung dari bahan apa dan seberapa besar ukurannya. Kamu boleh membeli alat musik yang besar, tetapi pastikan bisa membawanya pulang. Apalagi dengan pilihan yang sangat banyak dan semuanya bagus kan?

Pusat Oleh Oleh Di Bali

Banyaknya kuliner dan produk lain yang berupa olahan khas Bali. Bisa dengan mudah didapatkan oleh para konsumen di berbagai wilayah wisata karena letaknya yang menyebar. Mulai dari lokasi wisata di sekitar pantai hingga pusat kota Denpasar, Bali terdapat banyak pusat oleh-oleh.

Di dalamnya Anda bisa memilih berbagai jenis produk olahan khas Bali. Mulai dari makanan sampai yang bukan makanan. Berikut adalah pusat oleh-oleh di sana.

1.Toko Krisna Bali

Krisna merupakan pusat oleh-oleh yang sangat terkenal di Bali. Para turis lokal dan mancanegara berburu banyak produk di sini. Mulai dari makanan, produk seperti kaos, dan souvenir lainnya. Harga oleh-oleh di sini cukup murah, untuk produk makanannya saja sekitar 10 hingga 300 ribu, tergantung ukuran.

Toko Krisna Bali: foto by Facebook/KrisnaOlehOlehKhasBali

Sementara untuk kain, baju, dan souvenir bisa diperoleh dengan harga 50 ribu hingga ratusan ribu saja. Misalnya kaos Joger yang terkenal juga dijual di Toko Krisna di berbagai tempat, baik di pedagang yang mendirikan stand di sekitar lokasi wisata atau di pinggir jalan.

Toko  pusat oleh-oleh paling recommended di Denpasar Bali, salah satunya adalah Krisna. Lokasinya tepat di Kota Denpasar. Apabila Kamu membeli berbagai macam jenis oleh-oleh khas Bali, mulai dari makanan, fashion, dan keraninan. Maka toko yang paling cocok untuk Kamu kunjungi adalah toko tersebut.

Lokasi Toko Krisna Bali

Lokasi pusat oleh-oleh Bali tersebut tepatnya berada di Jl. Nusa Kambangan No. 160 A, Daun Puri Kapuh, Denpasar, Kota Bali. Nomor Telepon: 0361-262365 atau 0361-264780.

2. Pasar Seni Sukawati

Sesuai namanya, pasar ini menjual berbagai produk seni khas Bali secara khusus. Keberadaannya sangat terkenal karena barang yang dijual berkualitas. Meskipun kualitasnya sangat bagus, tetapi harga yang dipasang pada setiap produk seninya bisa dibilang cukup murah. Harga karya seni untuk dijadikan oleh-oleh bisa didapatkan dengan harga sekitar puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Pasar Seni Sukawati: foto by Facebook/Pasar-Seni-Sukawati-Oleh-Oleh-Khas-Bali-137820452927645

Untuk lukisan dengan berbagai aliran bisa Kamu dapatkan di  Pasar Seni Sukawati. Lalu ada juga berbagai oleh-oleh lainnya. Seperti baju barong atau kalung. Harganya sangat murah under 100K lho! Pasar ini lebih murah karena menjual harga pakaian secara grosir sehingga sangat direkomendasikan bagi pengunjung `yang sudah pernah ke sini.

Lokasi Pasar Seni Sukawati

Pasar yang menyediakan berbagai produk fashion khas Bali ini tepatnya terletak di Jl. Raya Sukawati, Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Lokasinya sangat strategis karena berada di sekitar rute perjalanan wisata alam dan budaya Bali. Antara lain seperti Air Terjun Tegenungan, dan Taman Kebun Binatang Bali.

3. Toko Bakpia Legong

Bakpia yang secara umum dijual di Bali seperti Bakpia Legong, Bakpia Binta, Bakpia Tata bisa ditemui di berbagai toko jajanan di Denpasar, Bali. Namun, khusus untuk bakpia Legong yang terkenal dan lebih murah jika dibeli di tokonya sendiri.

Toko Bakpia Legong: foto by Facebook/kagebe.jabar

Untuk mendapatkannya secara langsung di tokonya sebaiknya Kamu harus mengantri lebih awal sebelum kehabisan. Jadi, segera datang ke lokasi dan rekap dulu pesanannya jangan sampai kelewatan. Karena pasti sayang kan kalau sampai kelupaan beli apa saja?

Lokasi Toko Bakpia Legong

Lokasi toko ini adalah di Ruko Kuta Megah No. 15. Kompleks ruko ini terletak di Jalan By Pass Ngurah Rai di Tuban yang termasuk daerah Kuta, Tuban. Toko Bakpia Legong bisa ditemukan di daerah Kabupaten Badung, Bali dengan nomor kodepos 80361. Kamu bisa datang ke sana mulai pukul 09.00. Nomor telepon yang bisa dihubungi adalah 0811-877-777.

4. Eco Bike Coffee Bali

Sesuai namanya, kopi Arabica khas Bali satu ini dibudidayakan dan diproduksi di daerah Kintamani, Bali. Di sini Kamu bisa memilih berbagai macam kopi Kintamani. Jika Kamu berkunjung ke Kintamani, tentu akan menemukan banyak toko atau pusat perbelanjaan kopi berkualitas.

Eco Bike Coffee: foto by Facebook/iam.absolute.merak

Apalagi jika memang mencari cafe atau berbagai olahan kopi lainnya. Satu tempat yang bisa Kamu datangi untuk membeli kopi sambil diseduh di tempat atau dibawa pulang yakni Eco Bike Coffee. Pusat oleh-oleh beraroma kopi ini buka mulai pukul 8 pagi.

Lokasi Eco Bike Coffee

Terletak Jl. Raya Panelokan, Batur, Kintamani, Bangli, Bali dengan kose pos 80652. Kamu bisa menghubungi nomor teleponnya di 0877-8101-4171

5. Pasar Seni Kuta Bali

Pasar seni Kuta di Bali juga menjadi tempat kunjungan wisatawan yang paling terkenal selanjutnya. Selain lokasinya strategis, produk yang dijual di sini pun unik, dan terjangkau. Pasar ini terdiri dari sekitar 250 kios sehingga Kamu tentu betah berlama-lama memilih souvenir oleh-oleh di sini.

Pasar Seni Kuta Bali: foto by Facebook/pasarsenihardyskuta

Sebaiknya Kamu datang di pagi hari supaya bisa memilih dan masih punya banyak energi untuk jalan-jalan. Karena mengunjungi 250 kios pastinya akan sangat melelahkan bukan? Jadi siap-sial ya!

Lokasi Pasar Seni Kuta Bali

Lokasi oleh-oleh Bali tersebut tepatnya berada di Jl. Melasti No. 86, Legian, Kuta, Kab. Badung, Bali. Lokasi ini wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang baru saja menginjakkan kaki di Bali.

6. Pasar Guwang Bali

Pasar Guwang berada di deretan pasar yang sering dikunjungi oleh para wisatawan seperti Pasar Seni Sukawati. Jaraknya hanya sekitar 500 meter saja dari pasar Sukawati tersebut. Namun, yang membuat pasar ini enak dipandang karena desainnya lebih tertata rapi dibandingkan Pasar Sukawati.

Pasar Guwang Bali: foto by Facenook/suwandi2000

Jadi, jika Kamu belum mendapatkan apa yang diinginkan dari Pasar Sukawati atau harganya terlalu mahal maka bisa mampir ke Pasar Guwang Bali. Namun, setiap pasar tentu ada keistimewaannya masing-masing. Sehingga keduanya tetap spesial dan recommended untuk didatangi.

Lokasi Pasar Guwang Bali

Lokasinya juga berada di Jl. Raya Sukawati, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Kota Bali. Jadi sangat mudah ditemukan untuk Kamu kunjungi.

7. Galuh Art Shop Bali

Toko yang menjual berbagai oleh-oleh Bali berupa produk fashion yang sejak dulu hingga kini tetap kokoh yakni Galuh Art Shop. Untuk produk jajanan khas Bali spesial yaitu kerupuk kulit babi, Kamu cukup mencarinya di toko ini yang juga menyediakannya.

Galuh Art Shop: foto by Facebook/clemensia.murcahyantisadarsih

Seperti namanya, Galuh Art Shop menjual banyak sekali barang-barang bernilai seni tinggi. Jangan khawtair kehabisan ide untuk oleh-oleh. Karena koleksinya sangat lengkap dan unik.

Lokasi Galuh Art Shop Bali

Galuh Art Shop terbilang cukup strategis karena berada di sekitar puri dan toko oleh-oleh lain, seperti Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Ubud, dan Pasar Seni Kuta. Lokasinya beridiri tepat di Jl. Batubulan, Tegehe, Batubulan, Sukawati, Kab. Gianyar, Kota Bali.

8. Pasar Ubud Bali

Selanjutnya pasar tradisional yang tidak kalah terkenal dengan pasar modern lain, yakni pasar Ubud. Pasar ini memiliki lokasi yang sangat mudah dijangkau oleh para wisatawan. Selain itu lokasinya juga berdekatan dengan berbagai tempat wisata yang sangat menarik di kalangan para turis, seperti Monkey Forest Ubud, dan Sawah Terasering Tegalalang.

Pasar Ubud: foto by Facebook/junii.artha

Pasar Ubud memang terkenal dengan barang-barang bernilai seni tinggi. Bukan hanya itu, pasar ini juga sangat ramai aktifitas jual beli tradisional sehingga cocok untuk fotografi. Yang paling penting adalah nilai dari estetika seniman yang bisa dilihat langsung di sini.

Lokasi Pasar Ubud Bali

Lokasi Pasar Ubud tepatnya di Jl. Raya Ubud No. 34, Ubud, Kota Bali. Di depan pasar ini berdiri bangunan istana megah dan bersejarah, yang namanya Puri Saren yang dibangun pada masa Raja Ubud.

9. Pasar Badung Bali

Pasar Badung juga merupakan salah satu pasar tradisional yang tidak kalah terkenal dengan pasar Ubud. Pasar ini sekarang memiliki tampilan yang cukup menarik wisatawan. Karena memiliki sungai yang sudah semakin ditata dengan rapi menggunakan pugar layaknya sungai-sungai di mancanegara.

Pasar Badung: foto by Facebook/Pasar-Badung-Denpasar-162070349481043

Keunggulan dari Pasar Badung adalah punya harga yang cukup terjangkau. Lalu koleksinya pun lengkap serta representatif. Jadi Kamu bisa langsung dapat banyak jenis oleh-oleh di sana.

Lokasi Pasar Badung Bali

Lokasi pasar ini berdekatan dengan banyak restoran atau warung makan di Denpasar. Tepatnya, di Jl. Sulawesi No. 1, Dangin Puri Kangin, Denpasar, Bali.

10. Toko Perhiasan Perak Khas Bali

Toko yang harus Kamu kunjungi untuk mendapatkan beragam perhiasan Perak khas Bali yakni Dewi Sri, atau Toko Anom. Kedua toko tersebut sudah terkenal di banyak kalangan wisatawan mancanegara. Kedua tempat tersebut menjual dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Toko Perhiasan Perak Bali: foto by Facebook/grosirgita.balisilver.7

Namun, untuk koleksinya semua perak Bali cenderung sama yaitu high rated. Jadi jangan ragu untuk memilih perhiasan perak asal Bali. Karena selain cocok di kantong juga sangat indah dan punya nilai estetika tinggi.

Lokasi Toko Perhiasan Perak Khas Bali

Lokasi salah satu cabang toko Anom tepatnya di JL. Tunjung, Tambak Sari, Mengwi, Badung, Bali. Atau bisa juga ke Toko Gita Bali Silver yang menjual perhiasan dari bahan emas lapis atau Xuping, Perak, dan berupa pin atau Bros yang beralamat di Jl. Gunung Soputan Sebelah kantor desa Padang Sambian klod, Denpasar Barat.

11. Pusat Oleh Oleh dan Pabrik Kata Joger Bali

Untuk spot cari oleh-oleh yang satu ini, Kamu pasti akan geleng-geleng kepala karena keunikan produknya. Mulai dari sandal sampai T-Shirt, semuanya dibuat dengan kata-kata unik yang tersemat. Tidak heran jika lokasi ini disebut juga dengan pabrik kata-kata Joger.

Pabrik Kata-Kata Joger: foto by Facebook/tjandra.tony

Kamu tidak perlu merogoh kantong yang terlalu dalam karena harga souvenir dan oleh-oleh unik khas Joger dibanderol sangat terjangkau. Bahkan Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk biaya transport karena lokasinya dekat dengan Pantai Kuta. Jadi, tinggal jalan kaki santai saja ke pantai setelah belanja di Joger.

Lokasi Pabrik Kata-Kata Joger Bali

Lokasi toko pakaian yang satu ini sangat dekat dengan Pantai Kuta. Alamatnya adalah di Jl. Raya Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali  dengan kode pos 80361. Jangan khawatir tokonya tutup, karena jam operasionalnya sampai malam yaitu pukul 20.00. Lalu, ada juga lokasi Teman Joger Luwus yang berlokasi di Jl. Mekarsari – Baturiti Bedugul No.16, Luwus, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali dengan kode pos 82191.

Harga Oleh Oleh Bali 

Oleh-oleh khas Bali yang dijual baik di pasar tradisional maupun modern memiliki harga yang beraneka ragam. Tergantung sesuai dengan tingkat permintaan dan jumlah produksi barang.

Harga oleh-oleh khas Bali tidak terlalu memberi banyak pengaruh terhadap turunnya jumlah permintaan para turis. Karena cita rasa dan kualitas produk tersebut tetap menjadi nomor 1.

Para turis yang berkunjung dan berwisata ke Bali selalu mencari oleh-oleh khas yang dijual oleh para pedagang. Meskipun barang tersebut dijual dengan harga mahal tapi minat tetap tinggi.

Rentang harga satu produk biasanya mengalami kenaikan dan penurunan kare faktor yang telah disebutkan di atas. Jika beruntung, Kamu bisa membeli produk murah dan kualitas baik.

Jika Kamu menginginkan alat musik asli yang lebih berkualitas dan bagus, bisa digunakan saat pertunjukan. Maka harga alat musik yang sesuai sekitar 300 ribuan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Wellcome

Share Artikel Ya