Museum Ullen Sentalu Kaliurang Jogja: Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Museum Ulen Sentalu ~ Kota Jogja merupakan kota budaya yang memiliki beragam kekayaan budaya dan seni. Cerita sejarah dan budaya yang kental dan terkenal di Jogja dapat kamu rasakan dengan berkunjung ke Museum Ulen Sentalu. Museum budaya dan seni yang ada di lereng Gunung Merapi ini menyimpan banyak peninggalan seni yang unik dan bersejarah.

Museum ulen sentalu berada di kawasan Kaliurang yang memiliki hawa sejuk, segar dengan hijaunya pepohonan. Bagi kamu yang menginginkan wisata sejarah, seni dan kebudayaan jawa museum ulen sentalu dapat menjadi alternatif, museum ini merupakan museum lengkap yang menyimpan benda dan cerita budaya jawa. Kamu akan mengetahui tentang cerita kerajaan mataram dan jogja juga silsilah keraton.

“Baca Juga: 15 Wisata Kuliner Khas Kaliurang Yogyakarta Terkenal & Enak

Museum Ulen Sentalu Jogja adalah museum sejarah dan budaya Jawa. Berada di Jalan Boyong km 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta, yaitu paling ujung utara kota Yogyakarta, berada di kawasan atas menjadikan udara di museum terasa sejuk dan segar. Luas museum ini sekitar 1,2 hektar dengan pohon pohon besar dan rindang. Dengan area yang luas, sehingga museum ini memiliki banyak ruangan dengan berbagai benda peninggalan dan karya seni yang memiliki cerita sejarah juga cerita magis.

Ulen Sentalu
Museum Ulen Sentalu foto by instagram/meivr21

Kesan pertama jika kamu memasuki museum ini adalah tenang, khidmad dan damai. Suasana sejuk dan hening dengan balutan kejawen akan sangat terasa pada setiap bagunan dinding, tembok, taman dan kolam. Struktur bangunan berupa undakan, kelokan dan labirin mencerminkan nuansa keagungan luhur budaya jawa.

Saat memasuki wisata museum ulen sentalu kamu akan didampingi tour guide yang akan dengan senang hati menerangkan aneka macam peninggalan dan cerita sejarah yang ada di Museum ini. Ada pula saat kamu sampai di salah satu ruangan kamu akan menikmati secangkir teh hangat dengan racikan tertentu yang konon dapat membuatmu awet muda. Menarik bukan?

Rute Menuju Lokasi Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Peta: Klik Disini

Dari Tugu Jogja

Dari Tugu Jogja > ke utara menyusuri jalan AM Sangaji > lurus lagi ke jalan Monjali > belok kanan ke timur menyusuri ringroad utara > lalu belok kiri ke utara menyusuri jalan kaliurang > tiba dijalan kaliurang lurus hingga patung udang > belok ke kiri lurus (menuju jalan boyong km 25) hingga menemui plakat Museum Ulen Sentalu > ikuti dan sampai

Dari Bandara Adisucipto

Dari Bandara Adisucipto > kearah barat menuju ringroad timur > lampu merah ambil kanan menyusuri ringroad timur > lurus terus hingga perempatan menuju jalan kaliurang > tiba dijalan kaliurang lurus hingga patung udang > belok ke kiri lurus (menuju jalan boyong km 25) hingga menemui plakat Museum Ulen Sentalu > ikuti dan sampai

Harga Tiket Masuk Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Pengunjung Domestik 2018

Dewasa Rp. 40.000/orang

Anak (5-16 th) Rp. 20.000/orang

Pengunjung Mancanegara

Dewasa Rp. 60.000/orang

Anak (5-16 th) Rp. 40.000/orang

Informasi Wisata Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Museum ini ramai saat libur dan tanggal merah. Oleh karenanya bagi pengunjung yang tak suka keramaian maka datang saat jam kerja hari selasa-jumat.

Hari dan Jam Buka Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Senin tutup

Selasa-Jumat 08.30-16.00

Sabtu-Minggu 08.30-16.00

Pembelian Tiket Terakhir 30 Menit sebelum tutup

“Baca Juga: 21 Wisata Di Kaliurang Paling Keren, Terkenal & Wajib Kamu Kunjungi

Koleksi Di Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Koleksi pada museum ini berupa lukisan, foto tokoh sejarah, budaya mataram islam, ragam kain batik, gamelan, karya sastra, arca-arca kebudayaan hindu budha, dan koleksi etnografi era mataram islam juga benda peninggalan masyarakat Jawa Mataram.

Setiap kloter pengunjung akan didampingi oleh seorang guide yang menjelaskan setiap ragam koleksi yang ada di museum dengan berbagai  kisah sosial, ekonomi, politik, seni, sejarah dan budaya yang menyertainya.

Ulen Sentalu Jogja
Museum Ulen Sentalu foto by instagram/ulensentalu

Terdapat pula kisah para puteri kraton Mataram yang tidak banyak dikisahkan kepada masyarakat awam,  pengunjung akan mengetahuinya di Museum Ulen Sentalu Jogja ini.

Anda juga akan mendapatkan satu gelas teh dengan ramuan tertentu yang konon dapat membuat kulit halus dan awet muda.

Ulen Sentalu Kaliurang
Museum Ulen Sentalu foto by www.easybook.com

“Baca Juga: 4 Hotel & Resort Kaliurang Paling Terkenal Dengan Suasana Gunung Merapi

Fasilitas Di Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja

Tak hanya menikmati museum saja, pengunjung dapat berkunjung pada beberapa spot lainnya di area Museum Ulen Sentalu. Tentunya akan terasa lebih menyenangkan ketika kita dapat menikmati fasilitas penunjang ini. Yuk segera kita simak apa saja fasilitas lainnya dari Museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja, diantaranya:

1. Beukenhof Restaurant

Ulen Sentalu Beukenhof Resto
Museum Ulen Sentalu foto by www.blognyamitra.wordpress.com

Beukenhof Restaurant merupakan tempat makan/café dengan design elegan yang menyajikan makanan dan minuman yang beragam, terdapat menu eropa dan amerika untuk wisatawan lokal maupun internasional.

2. Kaligonal

Kaligonal adalah kepanjangan dari Kaliurang Diagonal, merupakan tempat untuk kegiatan seni dan budaya. Dilokasi ini terdapat Joglo/Pendopo untuk kegiatan tari, music, gamelan jawa, pentas wayang, bedah buku dan forum diskusi.

Tempatnya yang sejuk dan rindang membuat pengunjung merasa betah untuk mengikuti ragam kegiatan di Kaligonal.

3. Toko Souvenir

Toko souvenir di Museum Ulen Sentalu Jogja ini memiliki nama Djawa Bazar, yang berisikan pernak pernik barang yang dijual, seperti tas, baju batik, gantungan kunci, bros, boneka, kain dan lainnya.

“Baca Juga: Penginapan Unik Di Omah Petruk Kaliurang Jogja

Jogjaday.com ~ Demikian ulasan tim Jogja Day mengenai wisata museum Ulen Sentalu Kaliurang Jogja, museum budaya yang ada di Kawasan Kaliurang Yogyakarta. Museum ini menyimpan beragam jenis budaya dan cerita yang melegenda mulai dari kasultanan Yogyakarta hingga Surakarta. Berkunjung ke Museum ini akan menambah pengetahuan sejarah dan juga menjadi alternatif tujuan wisata.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!