Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja: Rute Menuju Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Museum Gunung Merapi ~ Kawasan Lereng Gunung Merapi Jogja memiliki udara sejuk dan segar ternyata menyimpan potensi alam yang luar biasa. Dibalik hijau dan rimbunnya wilayah kawasan ini memiliki Gunung Api aktif yang tetap terjaga. Kamu dapat mengenal Gunung Merapi lebih jauh di Museum Gunung Merapi ini. Museum ini menyimpan berbagai benda akibat letusan gunung merapi yang dapat kamu lihat langsung.

Museum Merapi ini berisi foto, replika, koleksi benda dan alat peraga tentang fenomena-fenomena Gunung Api Merapi dari masa ke masa. Foto dan alat peraga yang ada di museum merapi ini memberikan gambaran yang jelas ketika erupsinya Gunung Merapi.

Museum merapi memiliki dua lantai, dimana lantai pertama merupakan kumpulan berbagai foto, lukisan dan replika kegunungapian dan diantai kedua kamu dapat mencoba beberapa alat peraga yang ada, pada lantai dua kamu juga dapat menonton video dokumenter tentang Gunung Api Merapi yang berjudul “Maha Guru Merapi”. Tak sekedar wisata kamu juga dapat menambah ilmu dan informasi tentang Gunung Merapi yang masih aktif sampai sekarang ini.

“Baca Juga: 21 Tempat Wisata Di Kaliurang Yogyakarta Terbaru & Lengkap)

Museum Gunung Merapi
Museum Gunung merapi Kaliurang foto by instagram.com/dronesiajogja

Museum ini memiliki luas bagunan 4.470 m2 berdiri diatas tanah seluas 3,5 hektar. Akses menuju museum merapi sangat mudah dapat dilalui menggunakan motor maupun mobil pribadi dengan petunjuk arah yang cukup jelas. Apabila anda datang dari Ringroad Utara maka langsung saja menuju Jalan Kaliurang dan ke arah utara hingga jalan kaliurang km. 22, Museum Gunung Merapi berada tepat di samping Merapi Park Jogja.

“Baca Juga: 15 Kuliner Khas Kaliurang Lereng Gunung Merapi Jogja

Kamu dapat memarkir kendaraan didalam museum karena lahan parkir yang cukup luas. Setelah membeli tiket ada masuk melalui pintu depan yang akan menemui replika gunung merapi dengan sebaran awan panasnya, replika ini dapat difungsikan oleh pengunjung dengan menekan tombol pada bagian replika dan akan menimbulkan suara gemuruh dan animasi selebaran awan panas (wedhus gembel) yang menjalar.

Museum gunung Merapi Kaliurang Jogja
Museum Gunung merapi Kaliurang foto by www.outingjogja.com

Pada lantai dua Anda akan menemui alat peraga berupa simulasi Tsunami dan simulasi gempa. Pada bagian lain Anda dapat menonton video terbentuknya gunung api, dan letusan dahsyat gunung merapi dengan judul “Maha Guru Merapi” di Bioskop Mini Merapi.

Museum Merapi sangat cocok untuk wisata pendidikan, pelajar sekolah, mahasiswa yang sedang penelitian maupun sekedar wisata keluarga. Dengan tiket yang sangat terjangkau, maka pengetahuan yang diperoleh tentang gunung merapi akan sangat berguna dan menambah pengetahuan untuk lebih mengenal tentang gunung api, ilmu vulkanologi dan wisata gunung api.

Pada bagian lainnya terdapat replika berupa sisa rumah yang terkena erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Replika tersebut merupakan barang-barang dan perabotan rumah asli yang terkena erupsi.

“Baca Juga: 28 Cafe & Tempat Nongkrong Terkenal Di Kaliurang Jogja

Museum gunung Merapi Kaliurang Jogja
Museum Gunung merapi Kaliurang foto by instagram.com/museumrepublic

Terdapat pula replika sepeda motor yang terkena erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Kondisi motor tersebut tinggal rangka bagian dalam karena terkena erupsi lava panas yang mencapai 1000 derajat celcius. Sungguh menarik untuk di jelajahi bukan?

Pada sisi ini kamu bisa melihat kedahsayatan letusan Gunung Merapi saat erupsi tahun 2010. Ternyata dibalik kegagahan dan hijaunya wilayah Kaliurang tersimpan Gunung Api aktif yang selalu terjaga. Masyarakat wilayah lereng Gunung selalu siaga dan latian evakuasi jika Gunung ini memulai aktifitasnya.

Museum gunung Merapi Kaliurang Jogja
Museum Gunung merapi Kaliurang foto by instagram.com/museumrepublic

“Baca Juga: 4 Hotel, Resort Dan Convention Center Di Kaliurang Yogyakarta

Rute Menuju Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Peta: Klik Disini

Lokasi Museum Merapi berada di sebelah wahana wisata Merapi Park Kaliurang Jogja, sehingga pengunjung dapat mengunjungi dua wahana wisata sekaligus.

Disini admin akan sampaikan cara menuju lokasi Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja, yang tentunya akan memudahkan anda untuk sampai di Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja, Yukk segera kita simak

Dari Tugu Jogja

Dari pusat kota Yogyakarta yaitu tugu Jogja, Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja ini berjarak kurang lebih 20 km dan dapat di tempuh dengan 40 menit dengan kendaraan pribadi.

Dari Tugu Jogja > ke utara menyusuri jalan AM Sangaji > lurus lagi ke jalan Monjali > belok kanan ke timur menyusuri ringroad utara > lalu belok kiri ke utara menyusuri jalan kaliurang > tiba dijalan kaliurang lurus hingga km. 24 dan setelah menemukan pertigaan dengan papan petunjuk museum gunung merapi ambil arah kiri > setelah menemukan perempatan anda belok kanan > Ikuti petunjuk plakat yang ada di jalan > sampai Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja.

Dari Bandara Adisucipto

Dari Bandara Adisucipto > kearah barat menuju ringroad timur > lampu merah ambil kanan menyusuri ringroad timur > lurus terus hingga perempatan menuju jalan kaliurang > tiba di jalan kaliurang lurus hingga km. 24 dan setelah menemukan pertigaan dengan papan petunjuk museum gunung merapi ambil arah kiri > setelah menemukan perempatan anda belok kanan > Ikuti petunjuk plakat yang ada di jalan > sampai Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja.

“Baca Juga: Agrowisata Di Bumi Merapi Kaliurang Jogja

Tiket Masuk Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Harga tiket Gunung Merapi Kaliurang Jogja sangat terjangkau dan tergolong murah yaitu

Rp. 5.000/orang

Harga Tiket Masuk Bioskop Mini Merapi (menonton film tentang Gunung Api)

Pengunjung juga dapat menikmati film berjudul “Maha Guru Merapi” dengan tiket masuk sebesar

Rp. 5.000/orang

Jam & Hari Buka Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Hari Senin tutup

Hari Selasa-Minggu Buka Pukul 08.00-15.30

Hari Jumat Buka pukul 08.00-14.30

Fasilitas Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Di Museum Gunung Api Merapi Kalirang Jogja pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas pendukung yang ada. Berikut admin akan sampaikan fasilitas pendukung bagi pengunjung agar dapat dengan leluasa dan berwisata dengan maksimal di Gunung Api Merapi Kaliurang Jogja, yukk segera kita simak bersama:

1. Bioskop Mini Museum Merapi (Home Theater)

Di Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja pengunjung akan dimanjakan dengan adanya Bioskop Mini Museum Merapi yang berada di lantai II. Dengan kapasitas 100 orang, pengunjung dapat menikmati pemutaran film documenter tentang Gunung Api yang berjudul “Maha Guru Merapi”. Tentunya sangat menyenangkan bisa menonton film Gunung Api ini.

2. Ruang Auditorium Museum Merapi

Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja juga memiliki ruangan auditorium yang berada di lantai I. Biasanya ruang auditorium ini dimanfaatkan untuk kegiatan diskusi, rapat, seminar maupun kegiatan lainnya. Untuk informasi reservasi bisa menghubungi 0274-896498 (mgm.slemankab.go.id).

3. Toko Souvenir Museum Merapi

Pengunjung dapat membeli souvenir khas dari Museum Merapi seperti kaos, miniatur Gunung Api, miniatur museum, gantungan kunci tas dan lain sebagainya. Kios ini berada di lantai I, sisi kiri pintu masuk Museum. Tentunya pengunjung dapat membeli souvenir untuk oleh-oleh.

4. Mushola

Bagi pengunjung muslim disediakan Mushola untuk beribadah. Dengan udara yang sejuk dan segar menambah kedamaian dan khusuk dalam ibadahnya. Mushola ini cukup luas dan tempatnya bersih.

5. Open Theater Museum Merapi

Terletak pada sisi halaman belakang Museum terdapat Open Theater luas yang biasa digunakan kegiatan pentas seni, dangdut, gathering, senam maupun kegiatan sosial kebudayaan. Pada saat weekend biasanya akan ada kesenian yang ditampilkan pada open theater yang terdapat pada bagian belakang Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja.

6. Free Hotspot

Kaum millenials tidak perlu khawatir oleh signal handphone yang minimalis karena di museum menyediakan free hotspot yang mencakup area museum. Pastikan anda mendaftar pada loket tiket masuk dulu yaa.

“Baca Juga: Wisata The World Landmark Merapi Park Kaliurang Jogja

Informasi Museum Gunung Merapi Kaliurang Jogja

Setelah anda pulang maka anda mendapatkan brosur yang berisi informasi Gunung Api Merapi Kaliurang Jogja, disini admin akan menjelaskan informasi brosur mengenai Gunung Api Merapi Kaliurang Jogja yang tentunya menambah khasanah ilmu pengetahuan pembaca, yukk simak;

1. Informasi ilmiah kegunungapian, kegempaan dan gerakan tanah yang merupakan proses dinamika geologi yaitu informasi model pembentukan dan proses yang menyertainya.

2. Informasi fenomena gunung api terbentuk sebagai hasil proses-proses geologi, yang tampil dipermukaan bumi diantaranya berupa bentang alam gunung api, struktur geologi gunung api, produk hasil letusan gunung api dan produk hasil lainnya.

3. Informasi mitigasi bencana gunung api, gempa bumi, tsunami, gerakan tanah yang ditampilkan dalam bentuk monitoring, penelitian dan pengamatan, sistem peringatan dini, dan upaya mitigasi bencana diantaranya sistem penyelamatan masyarakat terhadap ancaman bahaya letusan gunung api, kegempaan dan gerakan tahah.

4. Informasi sumber daya gunung api sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat, pengembangan infrastruktur dan lainnya.

5. Informasi aspek sosial budaya diantaranya menyangkut kehidupan, budaya/tradisi, mitos tentang gunung api merapi.

“Baca Juga: Penginapan Unik Omah Petruk Kaliurang Jogja

Jogjaday.com ~ Demikianlah informasi mengenai Museum Gunung Api Merapi Kaliurang Jogja. Di Museum ini tak hanya wisata sejarah dan bermain alat peraga, pengunjung dapat mengetahui lebih dalam mengenai Gunung Api dan dapat menonton film di Bioskop Mini. Tentunya menjadi pengalaman yang menyenangkan dapat bermain sambil belajar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!