49 Museum Di Jogja Yang Paling Bagus Dan Terkenal: Lokasi Dan Harga Tiketnya

Daftar Isi

Museum Jogja ~ Ingin berwisata museum yang ada di Kota Jogja? berikut ini tim Jogja Day akan membahas Museum terkenal dan paling bagus yang ada di Kota Jogja. Tentunya dengan berbagai koleksi sejarah dan budaya yang ada di museum Jogja ini menjadikannya selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Kota Jogja sebagai kota sejarah dan budaya tidak hanya menghadirkan wisata alam berupa gunung, pantai dan candi, kamu dapat berwisata museum yang kaya akan cerita dan sejarah tentang budaya maupun perjuangan di masa penjajahan.

(Baca Juga: 9 Wisata Kebudayaan Yang Ada Di Yogyakarta)

Disini tim Jogja day akan menjelaskan museum di Yogyakarta yang paling bagus dan terkenal beserta rute, lokasi dan harga tiket masuknya.

Baiklah tak perlu berlama-lama berikut ini adalah 47 museum yang paling terkenal dan ramai dikunjungi wisatawan, jadi simak sampai habis yaa.

1. Museum Monumen Jogja Kembali

monjali Jogja
www.tribunjogja.com

Monumen Jogja Kembali atau disingkat Monjali adalah monumen berbentuk kerucut ini merupakan museum sejarah perjuangan kemerdekan replublik Indonesia atas kembalinya tanah Jogjakarta ke Indonesia.

Monumen ini terdiri dari 3 lantai dilengkapi dengan ruang serbaguna dan perpustakaan. Di monumen ini tersusun rapi replika tokoh, foto, dokumen, senjata, dan replika suasana jaman penjajahan. Adapula kasur Bung Karno, tandu dan dokar Jendral Sudirman.

Di bagian depan Monumen terdapat wisata berisi lampion dan permainan anak yang dibuka saat sore hingga malam hari. Tentu menmbah syahdunya suasana.

Lokasi Monumen Jogja Kembali

Alamat: Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Monumen Jogja Kembali

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

2. Museum Benteng Vandeburg Jogja

Museum Benteng Vedeburg Jogja
www.masbidin.com

Bagi anda yang penasaran dengan jaman penjajahan kolonial Belanda maka di pusat Kota Jogja anda dapatg berkunjung ke Museum Benteng Vandeburg. Museum ini berada tepat di titik nol km Jogja.

Museum ini berbentuk beteng yang dibangun dengan gaya arsitektur Belanda. Tentu sangat menyenangkan untuk melihat dan berkeliling di Museum ini dengan ragam koleksi yang ada.

Di museum ini terdapat koleksi foto, seragam, senjata, dan berbagai peninggalan para pahlawan maupun penjajah. Pada bagian lain terdapat tempat pengabadian sejarah Indonesia dalam bentuk diorama yang berisi tentang cerita perjuangan para pahlawan ketika penjajahan.

Lokasi Benteng Vandeburg Jogja

Alamat: 0 Km Jogja, Jalan Margomulyo No 6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta | Telp. 0274-586934, 510996

Website: webmail.budpar.go.id

Email: bentengvredeburg@budpar.go.id

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vandeburg Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Senin Tutup, Selasa-Jumat pukul 08.30-12.00, Sabtu-Minggu pukul 08.00-13.00

Tiket Masuk: Rp. 3.000 (Lokal), Rp. 10.000 (Mancanegara)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

3. Museum Anak Kolong Tangga Jogja

Museum Anak Kolong Tangga Jogja
IG @rafftransportyogyakarta2

Museum Anak Kolong Tangga Jogja ini berisikan mainan dari zaman Majapahit sampai mainan kekinian. Juga terdapat poster dan buku cerita serta komik dan foto dunia anak yang berasal dari lima benua.

Museum ini berada di kawasan Malioboro, tepatnya di area Taman Budaya Yogyakarta. Museum ini menyimpan jenis-jenis permainan tradisional di seluruh Indonesia.

Karena letaknya di bawah tangga maka museum ini disebut Museum Anak Kolong Tangga, sesuai namanya museum ini cocok untuk edukasi dan tempat wisata anak di Yogyakarta.

Lokasi Museum Kolong Tangga

Alamat: Taman Budaya Yogyakarta Lantai II, Jalan Sriwedari No 1, Yogyakarta (Sebelah utara Taman Pintar Jogja)

Harga Tiket Masuk Museum Kolong Tangga

Hari Buka dan Jam Operasional

Buka Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk Rp. 4.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

4. Museum Affandi Jogja

Museum Affandi Jogja 2
IG @voselinda

Bagi anda yang menyukai seni lukis maka admin sarankan untuk mengunjungi Museum Affandi Jogja ini. Di Museum ini anda dapat melihat berbagai lukisan dan barang berharga peninggalan pelukis terkenal.

Museum milik pelukis Affandi ini terletak di Jalan Laksa Adisucipto no. 167 Yogyakarta. Museum ini merupakan bekas rumah mendiang Affandi yang juga dimakamkan di area museum.

Museum yang dihiasi rindangnya pohon ini terasa sejuk. Di dalam ruangan ruangan anda akan menemui berbagai lukisan Affandi semasa hidupnya juga berbagai informasi tentang dunia kepenulisan. Tentunya sangat menyenangkan dan memberikan pengalaman yang berbeda.

Lokasi Museum Affandi Jogja

Alamat: Jalan Laksda Adisucipto 167, Yogyakarta | Telp. 0274-562593

Website: www.affandi.org

Harga Tiket Masuk Museum Affandi Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Setiap Hari pukul 09.00-16.00

Tiket Masuk: Rp. 15.000 (lokal), Rp. 50.000 (mancanegara)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

5. Museum De Mata Dan De Arca Jogja

MUseum De Mata Jogja
IG @selvi.nataliaeffendi

Bagi anda yang suka berfoto selfie di kota Jogja ada museum yang sangat rekomended untuk berfoto karena disetiap posnya memiliki spot-spot foto yang unik berupa gambar dan lukisan yang menjadi background untuk berfoto.

Museum unik ini merupakan museum 3D yang terletak di Jalan Veteran, XT Square, Umbulharjo, Yogyakarta.Di museum ini pengunjung dapat melihat ratusan gambar dan lukisan tipuan mata, yang seakan akan bergerak dan hendak keluar dari bingkainya.

Koleksi museum ini terbagi dalam beberapa kategori, seperti hero, binatang, tokoh, olahraga dan lainnya menjadikan museum ini sebagai spot foto terbaik. Tentu menjadi pengalaman yang berbeda jika mengunjungi Museum ini.

Lokasi Museum De Mata & De Arca Jogja

Alamat: XT Square, Jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum De Mata & De Arca Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional

Buka setiap hari pukul 10.00-22.00

Tiket Masuk: Rp. 40.000 (De Mata), Rp. 35.000 (De Arca)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

6. Museum Batik Yogyakarta

MUseum Batik Jogja
IG @wirosaur

Museum ini merupakan museum batik pertama dan terlengkap di Yogyakarta. Bagi anda yang penasaran dengan sejarah dan pembuatan kain batik maka sudah selayaknya untuk singgah di Museum Batik Yogyakarta.

Museum ini mengoleksi lebih dari 1.200 jenis batik di seluruh Indonesia. Pada museum ini anda juga bisa ikut pelatihan membatik yang tentu menjadi pengalaman yang berbeda.

Ragam koleksi tentang dunia batik Indonesia tentunya menambah khasanah ilmu bagi pengunjung, oleh karenanya jika anda berwisata di Jogja, admin menyarankan untuk singgah di Museum batik Jogja.

Lokasi Museum Batik Yogyakarta

Alamat: Jalan Dr. Sutomo No. 13, Yogyakarta | Telp. 0878-8881-1989/(0274)562338

Email: infomuseumbatik@gmail.com

Harga Tiket Masuk Batik Yogyakarta

Hari Buka dan Jam Operasional

Buka setiap Senin-Sabtu pukul 09.00-15.00, Minggu tutup

Tiket Masuk: Rp. 20.000/orang, pelatihan membatik Rp. 40.000

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

7. Museum Senobudoyo Jogja

Museum Senobudoyo Jogja
www.yogyalagi.com

Museum Senobudoyo adalah museum sejarah dan kebudayaan jawa, dengan bagunan bergaya arsitektur jawa. Museum ini merupakan museum paling lengkap yang menampilkan koleksi mengenai kebudayaan jawa.

Museum Senobudoyo terletak di sebelah utara Alun Alun Utara Yogyakarta tepatnya di jalan Trikora 6, Koleksi pada museum ini sangat beragam diantaranya berbagai macam bentuk wayang kulit, senjata kuno dan aneka topeng jawa.

Museum ini juga menyimpan lebih dari 1.200 koleksi keris di seluruh Indonesia. Tentunya sangat menarik dan patut untuk dijadikan wisata tambahan jika berkunjung ke Jogja.

Lokasi Museum Senobudoyo Jogja

  • Museum Senobudoyo Unit I

Alamat: Jalan Trikora 6, Yogyakarta | Telp. 0274-385664

Hari Buka dan Jam Operasional:

Selasa-Kamis pukul 08.00-14.30

Jumat pukul 08.00-11.00

Sabtu-Minggu 08.00-13.00

  • Museum Senobudoyo Unit II (Museum Condrokinaran)

Alamat: Jalan Wijilan PB I/2A, Yogyakarta | 0274-373617

Hari Buka dan Jam Operasional: Senin-Sabtu pukul 07.30 -14.00

Harga Tiket Masuk Senobudoyo Jogja

Tiket Masuk: Rp. 3.000 (lokal), Rp. 2.500 (anak-anak), Rp. 5.000 (mancanegara)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

8. Museum Wayang Kekayon Jogja

Museum Wayang Kekayon Jogja
www.indonesiakaya.com

Bagi anda yang pensaran dengan wayang sudah selayaknya untuk berkunjung ke Museum Wayang Kekayon Jogja. Museum yang menyimpan berbagai jenis wayang ini berada di Jalan Jogja-Wonosari km 7.

Di museum ini anda akan mengatahui berbagai jenis wayang seperti wayang Purwo, wayang madya, wayang klitik, wayang gedhong dan lainnya. Anda juga akan mendapatkan cerita cerita wayang tentang perang Barathayuda, cerita tentang Damarwulan dan Minakjinggo juga cerita Dewi Candrakirana.

Dengan beragam koleksi wayang yang ada di Museum ini tentunya menjadi hal yang mengasikan, bahkan anda juga bisa bermain menggunakan wayang, tentu menjadi pengalaman yang baru.

Lokasi Museum Wayang Kekayon Jogja

Alamat: Jalan Raya Jogja-Wonosari No. 277, Yogyakarta | Telp. 0274-379058, 6815151, 0811255151

Email: wayangkekayon7@gmail.com

Harga Tiket Masuk Wayang Kekayon Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Setiap Hari pukul 08.00-15.00

Tiket Masuk: Rp. 7.000 (Umum), Rp. 5.000 (Pelajar), Rp. 10.000 (Mancanegara)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

9. Museum Biologi Jogja

Museum Biologi Jogja
www.detiktravel.com

Museum Biologi adalah museum tentang pendidikan hayati, penelitian dan pengabdian masyarakat. Koleksi pad museum ini berjumlah lebih dari 4.000 spesimen. Tentu sangat lengkap dan layak untuk disinggahi.

Museum edukasi dan pembelajaran ini berada di jalan Kusumanegara, Yogyakarta. Museum ini sebagai sarana pembelajaran dan pendidikan tentang flora dan fauna. Koleksi berupa flora dan fauna yang diawetkan merupakan sumbangan peneliti dari berbagai negara dunia.

Lokasi Museum Biologi Jogja

Alamat: Jalan Sultan Agung No 22, Yogyakarta | Telp. 0274-376740

Website: www.museumbiologi.ugm.ac.id

Harga Tiket Masuk Biologi Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional: Senin-Kamis pukul 08.00-15.00, Jumat 08.00-14.30, Sabtu-Minggu tutup

Tiket Masuk: Rp. 1.500 (pelajar), Rp. 2.000 (lokal, Rp. 5.000 (mancanegara)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

10. Museum RS Mata Dr. YAP Jogja

Museum Mata Dr Yap Jogja
www.kompasiana.com

Museum ini berada di dalam area Rumah Sakit Mata Dr. YAP, Yogyakarta. Museum ini menyimpan berbagai peralatan dokter peninggalan dr YAP Hong Tjoen dan Dr. YAP Kie Tiong, yang merupakan pendiri RS Mata Dr. YAP.

Selain alat kedokteran anda dapat mengetahui tentang sejarah hidup Dr. YAP, yang tersimpan rapi pada museum ini. Pengunjung juga dapat berkeliling ke ruangan yang ada diantaranya perpustakaan, ruang tidur, ruang alat makan dan ruang alat kedokteran.

Tentu akan menjadi pengalaman yang menarik berkunjung ke Museum RS Mata bukan hanya sekedar wisata namun edukasi bagi pengunjung.

Lokasi Museum RS Mata Dr. YAP Jogja

Alamat: Jalan Cik Di Tiro No. 5, terban, Gondokusuman, Yogyakarta | Telp. 0274-547448, 550380, 562054

Harga Tiket Masuk RS Mata Dr. YAP Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Senin-Sabtu pukul 09.15-14.00, Minggu tutup

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

11. Museum Dirgantara Mandala Jogja

Museum Dirgantara Mandala Jogja
IG @bonvoyagejogja

Bagi anda yang ingin melihat sejarah penerbangan dan dunia aviasi di Indonesia. Maka wajib hukumnya untuk singgah di Museum Dirgantara Mandala Jogja ini.

Museum penerbangan ini berada di kompleks pangkalan udara Adisucipto, Yogyakarta. Museum ini menampilkan banyak koleksi tentang dunia penerbangan seperti berbagai jenis pesawat terbang, foto-foto, lukisan, diorama sejarah angkatan udara Indonesia, pakaian dinas, tanda penghormatan dan lainnya

Anda dapat melihat langsung sejumlah pesawat tempur yang tersimpan rapi antara lain pesawat PBY 5A (Catalina), replika pesawat WEL-I RI-X, pesawat A6M5 Zero Zen buatan Jepang, Pesawat pembom B 25 Mitchell, B26 Invader dan Berbagai helikopter.

Lokasi Museum Mandala Dirgantara Jogja

Alamat: Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jalan Kolonel Sugiyono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Mandala Dirgantara Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap hari pukul 08.00-15.00

Tiket Masuk: Rp. 4.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

12. Museum Sandi Jogja

Museum sandi jogja
IG @visitingjogja

Museum ini merupakan museum satu satunya di dunia dengan koleksi sandi sandi dunia. Museum ini menampilkan berbagai koleksi persandian yang bersejarah dalam kemerdekaan Indonesia.

Museum ini dibangun atas prakarsa Kepala Lembaga Sandi RI, Mayjen TNI Anchrowi Ramli dan Sri Sultan Hamangkubuwono X pada tahun 2006 dan diresmikan pada 29 Juli 2008.

Koleksi museum ini cukup lengkap mulai dari mesin peralatan sandi, sepeda onthel pengantar surat berisi kode sandi, meja dan kursi kerja persandian. Anda juga dapat melihat diorama, peta napak tilas, lukisan sandi, replika rumah sandi, dokumen buku kode, menekin dan lainnya.

Lokasi Museum Sandi Jogja

Alamat: Jalan Farisan M Noto No 21, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta | Telp. 0274-556921, 556920

Harga Tiket Masuk Sandi Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap hari pukul 07.30-16.00

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

13. Museum Bahari Yogyakarta

MUseum Bahari Jogja
www.jejeakpiknik.com

Bagi anda yang penasaran dengan dunia kemaritiman Indonesia maka admin menyarankan untuk singgah di Museum bahari Jogja ini. Museum yang menampilkan beragam koleksi tentang dunia kelautan ini akan menambah khasanah pengunjung.

Di museum ini anda dapat melihat foto, lukisan dan benda peninggalan penjajahan di bidang kemaritiman. Selain runag koleksi ada pula ruang audiovisual, disini pengunjung dapat menyaksikan film dokumenter tentang dunia kemaritiman Indonesia sejak kemerdekaan hingga saat ini.

Lokasi Museum Bahari Yogyakarta

Alamat: Jalan Dr. Sutomo 13, bausaran, Yogyakarta | Telp. 0274-562338

Harga Tiket Masuk Museum Bahari Yogyakarta

Hari Buka dan Jam Operasional:

Senin-Sabtu pukul 09.00-15.00

Tiket Masuk: Rp. 15.000 (dewasa lokal & mancanegara), Rp. 10.000 (anak-anak)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

14. Museum Darmawiratama Jogja

Museum Darmawiratama Jogja
www.tribuntravel.com

Museum ini memiliki koleksi tentang peran TNI AD dalam perjuangan Indonesia. Museum ini berada di Jalan Jendral Sudirman, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta.

Terdapat 21 ruang yang berisi foto, prasasti, replika ruang kerja para pahlawan kemerdekaan, senjata, alat transportasi, meriam, berbagai buku dan lainnya.

Museum ini sangat lengkap menggambarkan perjuangan TNI saat masa penjajahan Belanda dan Jepang. Maka berkunjung ke Museum Dawmawiratama Jogja ini akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang beragam.

Lokasi Museum Darmawiratama Jogja

Alamat: Jalan Jendral Sudirman No 75, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta | 0274- 561417

Harga Tiket Masuk Darmawiratama Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap Senin-Jumat pukul 08.00-16.00, Sabtu-Minggu tutup

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

15. Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Jogja
IG @museum.perjuangan.yogyakarta

Museum ini berada di Jalan Kolonel Sugionono 24, Mergangsan, Yogyakarta kurang lebih 2 km dari pusat kota. Arsitektur bangunan ini merupakan perpaduan bangunan romawi kuno dan candi Indonesia.

Museum ini memiliki koleksi mengenai perjuangan Indonesia saat masa penjajahan Belanda dan Jepang. Koleksi yang ada pada museum ini antara lain 10 patung kepala pahlawan nasional, relief, replika meriam, miniatur armada laut belanda, pakaian pahlawan nasional, dan koleksi perjuangan lainnya.

Koleksi lainnya pada museum ini adalah meriam VOC, miniatur kapal laut belanda, replika senjata serdadu VOC, dan berbagai buku ilmu peperangan dan kedokteran.

Lokasi Museum Perjuangan Yogyakarta

Alamat: Jalan Kolonel Sugiyono No. 24, Yogyakarta | Telp. 0274-387576

Harga Tiket Masuk Museum Perjuangan Yogyakarta

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Senin-Jumat pukul 08.00-14.00, Sabtu-Minggu tutup

Tiket Masuk: Rp. 3.000 (lokal), Rp. 10.000 (mancanegara)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

16. Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Jogja
www.pergiberwisata.com

Museum Keraton Jogja ini merupakan koplek tempat tinggal sultan dan rumah tangga istana, yang dijadikan obyek wisata juga.

Pada bagian museum keraton jogja berisikan koleksi milik kesultanan, termasuk pemberian dari raja-raja eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya keraton ini merupakan gaya arsitektur jawa terbaik yang memiliki balairung mewah dan paviliun yang luas.

Museum ini terbagi atas beberapa komplek diantaranya komplek sultan berisi peninggalan sultan, komplek kristal, batik dan pameran lukisan serta foto.

Lokasi Museum Keraton Yogyakarta

Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No 1, Panembahan, Keraton, Yogyakarta |Telp. 0274-378307

Harga Tiket Masuk Museum Keraton Yogyakarta

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap hari, Senin-Kamis pukul 08.00 – 14.00, Jumat pukul 08.30 – 13.00

Tiket Masuk: Rp. 5.000 (lokal), Rp. 12.500 (mancanegara)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

17. Museum Puro Pakualaman Jogja

Museum Puro Pakualaman Jogja
IG @sewamotorjogja

Museum Puro Pakualaman berisikan benda-benda bersejarah peninggalan masa Sri Pakualam I hingga Sri Pakualam VII antara lain foto-foto bersejarah, perkakas rumah tangga, baju tradisional, senjata dan kereta kuno.

Pada museum ini pengunjung akan didampingi oleh guide yang akan menjelaskan tentang sejarah dari seluruh koleksi yang ada.

Tentu sangat menyenangkan anda berkunjung ke museum Puro Pakualaman Jogja untuk mengetahui tentang sejarah kesultanan Jogja.

Lokasi Museum Puro Pakualaman

Alamat: Jalan Sultan Agung, Yogyakarta|Telp. 0274-372161

Harga Tiket Masuk Museum Puro Pakualaman

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap hari, Senin-Kamis pukul 08.00 – 13.00, Jumat pukul 08.00 – 13.00, Sabtu-Minggu 08.00-13.00

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

18. Museum Tembi Rumah Budaya Jogja

Museum Tembi Rumah Budaya Jogja
IG @tripadvisor

Museum ini memamerkan berbagai peninggalan bernilai sejarah antara lain keris, topeng, lukisan, peralatan memasak, foto-foto bersejarah, ribuan naskan kuno dan lainnya. Terdapat pula pertunjukan seni, seperti pentas tari dan theater, musik serta pentas puisi yang dapat pengunjung saksikan.

Museum Rumah budaya ini bisa dibilang super lengkap karena memiliki fasilitas seperti bale karya, bale rupa, perpustakaan, bale inap dan restoran juga kolam renang yang dapat digunkan oleh pengunjung.

Tentu menjadi wisata sejarah dan budaya yang sangat mengasyikan berkunjung ke Museum Tembi Rumah budaya Jogja ini.

Lokasi Museum Tembi Rumah Budaya Jogja

Alamat: Dusun Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta |Telp. 0274-368000, 368004

Website: www.tembi.org

Harga Tiket Masuk Museum Tembi Rumah Budaya Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap, Senin-Jumat pukul 08.00 – 16.00, Sabtu pukul 08.00 – 14.00

Tiket Masuk: Gratis untuk sekedar berkunjung

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

19. Museum Seni Lukis Kontemporer Jogja Nyoman Gunarsa

Museum Lukis Jogja
IG www.tribunnews.com

Koleksi yang ada pada museum ini adalah berupa lukisan pribadi milik Nyoman Gunarsa yang dikumpulkan dari berbagai pelukis di seluruh Indonesia. Koleksi yang terkumpul lebih dari 500 karya lukis dengan berbagai aliran.

Museum Seni Lukis Kontemporer Jogja Nyoman Gunarsa dibangun atas prakarsa Nyoman Gunarsa. Bangunan ini semula adalah tempat tinggal Nyoman Gunarsa yang memiliki arsitektur tradisional. Namun pada akhir tahun 2010 aktifitas museum ini dipindahkan ke Bali.

Lokasi Museum Seni Lukis Kontemporer Jogja Nyoman Gunarsa

Alamat: Jalan Wulung 43, Papringan, Yogyakarta | Telp. 0274-564330

Harga Tiket Masuk Museum Seni Lukis Kontemporer Jogja Nyoman Gunarsa

Hari Buka dan Jam Operasional:-

Tiket Masuk:-

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

20. Museum Tani Jawa Jogja

Museum Tani Jawa Jogja
www.candrankebonagungimogiribantul.blogspot.com

Masyarakat indonesia dahulu merupakan masyarakat agraris yang hidup dari lahan pertaniannya. Pada museum ini pengunjung akan merasa lebih dekat dengan dunia agraris pertanian yang ada di Indonesia.

Ragam koleksi pada museum ini antara lain peralatan bertani tradisionalpada jaman dahulu seperti bajak, ani-ani, luku, garu, cangkul, keranjang, lesung, sabit dengan berbagai bentuk, juga peralatan dan perkakas dapur seperti wajan, cowek, gosrok dan genthong dengan ragam bentuknya.

Pada komplek lain juga terdapat koleksi permainan jaman dahulu seperti bentik, egrang, gobak sodor, jejamuran dan lainnya. Adapun fasilitas unik lainnya berupa penginapan, lomba dan pertunjukan seni dapat dinikmati pengunjung di museum ini pada waktu tertentu.

Lokasi Museum Tani Jawa Jogja

Alamat: Desa Wisata Kebonagung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta | 0274-7865311, 7892762

Harga Tiket Masuk Museum Tani Jawa Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Setiap Hari pukul 08.00-15.00

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

21. Museum Dewantara Kirti Griya Jogja

Museum Dewantra Kristi Jogja
www.okezone.com

Museum Dewantara Kirti Griya Jogja ini berisikan karya-karya dan rekaman perjuangan Ki Hajar Dewantara dari muda hingga wafat. Museum ini menceritakan biografi sosoknya mulai dari foto-foto, lukisan dan benda peninggalan ki hajar dewantara.

Museum ini termasuk kategori museum pendidikan dan ilmu pengetahuan. Fasilitas lainnya yang ada pada museum ini antara lain berupa pendopo dan perpustakaan.

Pengunjung dapat meilihat dengan jelas kehidupan sehari-hari beliau dalam ragam koleksi yang ada. Koleksi secara keseluruhan museum ini lebih dari 3.000 buah yang meliputi perabot rumah tangga, naskah, buku, foto, majalah, surat dan lainnya.

Lokasi Museum Dewantara Kirti Griya Jogja

Alamat: Jalan Taman Siswa No. 25, Yogyakarta | Telp. 0274-377459, 389208

Harga Tiket Masuk Museum Dewantara Kirti Griya Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap Senin-Kamis pukul 08.00-13.00, Jumat pukul 08.00-11.00, Sabtu pukul 08.00-13.00

Tiket Masuk: Rp. 1.000 (pelajar), Rp. 2.000 (lokal), Rp. 5.000 (mancanegara)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

22. Museum Gembira Loka Jogja

Gembira loka jogja
www.sobatinfo.com

Museum Gembira Loka Jogja ini merupakan salah satu komplek dari kebun binatang Gembira Loka yang menjadi destinasi andalan kota Jogja. Bagi anda yang menyukai flora dan fauna admin menyarankan untuk berkunjung ke Museum ini.

Di dalam museum ini terdapat laboraturium pendidikan alam yang terbagi menjadi 2 yaitu, laboraturium flora yang berisi, aneka ragam bijian, simplisa tanaman obat, alga laut, bunga raglesia dan ragam morfologi flora.

Selanjtny ada laboraturium fauna yang berisi, taman bunga dan aneka jenis kupu-kupu, aneka avertebrata laut, fauna tanah, akuatik dan lainnya.

Tentu menjadi suatu pengalaman menarik untuk mengetahui tentang ragam flora dan fauna yang ada di dunia. Oleh karenanya bagi pengunjung kota Jogja untuk menyempatkan singgah di Museum ini.

Lokasi Museum Gembira Loka Jogja

Alamat: Jalan Kebun Raya No. 2, Yogyakarta | Telp. 0274-373861, 374792

Harga Tiket Masuk Museum Gembira Loka Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap hari pukul 08.00-17.00

Tiket Masuk: Senin-Jumat Rp. 25.000, Sabtu-Minggu Rp. 30.000

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

23. Museum Geoteknologi Mineral Jogja

Museum Geoteknologi Jogja
www.tembi.net

Museum Geoteknologi Mineral Jogja ini berada di Kampus II UPN Veteran Jogja. Koleksi dari Museum ini pada awalnya adalah buah tangan dari dosen dan asisten yang melakukan kunjungan dan penelitian lapangan berupa contoh batuan, fosil dan bahan galian.

Museum ini memiliki ragam koleksi yang cukup banyak yaitu lebih dari 1.200 buah diantaranya adalah ektit, mineral, batuan, foto sayatan batuan, batu mulia, batu galian, peta, maket, artefak dan lainnya.

Pada museum ini juga terbagi menjadi beberapa ruang antara lain ruang pamer koleksi I yang berisi koleksi fosil, batuan dan mineral, ruang pamer II yang berisi maket rekayasa teknologi ilmu kebumian. Juga terdapat ruang audio visual yang dapat menampilkan film tentang ilmu kebumian.

Lokasi Museum Gembira Loka Jogja

Alamat: Jalan Babarsari No. 2, Tambakbayan, Yogyakarta | Telp. 0274-486991, 486400

Harga Tiket Masuk Museum Gembira Loka Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap Selasa-Jumat pukul 08.00-14.00

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

24. Museum Monumen Pahlawan Pancasila Jogja

Museum Pahlawan Pancasila Jogja
www.penebar.com

Museum Pahlawan Pancasila Joga ini merupakan museum yang berisikan tentang sejarah dan perjuangan Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono yang makamnya juga terdapat pada salah satu bagian museum ini.

Koleksi pda museum ini berupa benda-benda realia dan peralatan yang berhubungan dengan peristiwa penculikan kedua pahlawan revolusi tersebut. Di museum ini pengunjung dapat menyaksikan bukti sejarah peristiwa G30SPKI melalui relief yang ada.

Pengunjung juga akan menemukan patung pahlawan revolusi di bagian pintu masuk, duplikat kendaraan yang digunakan saat penculikan dan pakaian dinas Brigjen Katamso dan Kolonel Sugiono pada museum ini.

Lokasi Museum Monumen Pahlawan Pancasila Jogja

Alamat: Jalan Pandega Sakti, Kentungan, Depok, Yogyakarta | Telp. 0274-562319

Harga Tiket Masuk Museum Monumen Pahlawan Pancasila Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap Selasa-Kamis pukul 08.00-13.00, Jumat pukul 08.00-11.00, Sabtu pukul 08.00-12.00

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

25. Museum Monumen Diponegoro Sasana Wiratama

Museum Diponegoro Jogja
www.wikipedia.id

Museum ini dibangun untuk memperingati kepahlawanan Pangeran Diponegoro atas jasanya melawan penjajahan. Di museum ini terdapat lebih dari 190 buah koleksi sejarah jaman penjajahan.

Sebagian besar koleksi museum ini berupa peralatan perang masa penjajahan seperti keris, tombak, pedang, cincin, perlengkapan kuda dan panah. Pengunjung dapat dengan jelas mengetahui bukti kegigihan dari Pangeran Diponegoro dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Tentu dengan berkunjung ke Museum ini anda dapat mengetahui bagaimana perjuangan melawan penjajahan yang dipimpin pangeran Diponegoro melalui koleksi yang ada.

Lokasi Museum Monumen Diponegoro Sasana Wiratama

Alamat: Jalan tegalrejo, Tegalrejo, Yogyakarta| Telp. 0274-622668

Harga Tiket Masuk Museum Monumen Diponegoro Sasana Wiratama

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap Senin-Sabtu pukul 08.30-15.30, Minggu tutup

Tiket Masuk: Gratis

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

26. Museum Gunung Merapi Jogja

Museum Merapi Kaliurang Jogja
IG @dronesiajogja(1)

Tak ada salahnya anda untuk berkunjung ke Museum Gunung Merapi Jogja ini. Museum yang berisikan tentang kegunung apian juga replika sisa erupasi Gunung Merapi akan sangat menyenangkan.

Museum Merapi sangat cocok untuk wisata pendidikan, pelajar sekolah, mahasiswa yang sedang penelitian maupun sekedar wisata keluarga. Dengan tiket yang sangat terjangkau, maka pengetahuan yang diperoleh tentang gunung merapi akan sangat berguna dan menambah pengetahuan untuk lebih mengenal tentang gunung api, ilmu vulkanologi dan wisata gunung api.

Berkunjung ke museum ini tentunya akan mengobati rasa penasaran tentang Gunung Merapi yang masih aktif hingga sekarang. Ribuan cerita dan fenomena yang ada akan anda dapatkan, tentunya akan sangat mengesankan berkunjung ke Museum Gunung Api Merapi Jogja.

Lokasi Museum Gunung Merapi Jogja

Alamat: Jalan Boyong, Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Senin tutup, Selasa-Minggu pukul 08.00-15.30, Jumat pukul 08.00-14.30

Tiket Masuk: Rp. 5.000/orang, tiket film Rp. 5.000

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

27. Museum Ulen Sentalu Jogja

Ulen Sentalu
IG @meivr21

Keunikan museum ini adalah penah dinobatkan menjadi museum terbaik di Indonesia versi Trip Advisor Traavellers Choice Attraction pada tahun 2013. Tentunya tak diragukan lagi museum ini layak untuk dikunjungi.

Museum Ulen Sentalu Jogja berada di paling utara dari kota Jogja ini memiliki berbagai koleksi diantaranya adalah koleksi peninggalan Kerajaan Mataram, lukisan, alat musik tradisional, kumpulan foto, arsip, kain batik, wayang, dan peninggalan bersejarah kebudayaan jawa ada disini.

Maka sudah selayaknya anda untuk berkunjung ke Museum Ulen Sentalu Jogja, tentunya akan menambah khasanah tentang kebudayaan Jawa.

Lokasi Museum Ulen Sentalu Jogja

Alamat: Jalan Boyong km 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Ulen Sentalu Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Senin tutup, Selasa-Jumat 08.30-16.00, Sabtu-Minggu 08.30-16.00

Tiket Masuk: Pengunjung Domestik 2018 Dewasa Rp. 40.000, Anak (5-16 th) Rp. 20.000

Pengunjung Mancanegara Dewasa Rp. 60.000, Anak (5-16 th) Rp. 40.000

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

28. Museum Kayu Wanagama Jogja

Museum Kayu Wanagama
IG @museumkayuwanagama

Museum ini terdiri dari dua buah rumah kayu buatan tahun 1880, sumbangan dari perum perhutani yang dirombak menjadi rumah klasik berbentuk panggung.

Museum ini diremsikan pada 8 Agustus 1998 oleh Gubernur Jogja Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Menteri Kehutanan RI Ir. Muslimin Nasution.

Di Museum Kayu Wanagama Jogja anda dapat menemukan gebyok jati yang telah berusia dua ratus tahun yang merupakan hibah dari perhutani serta beragam fosil kayu yang unik dan menarik lainnya.

Bangunan museum kayu Wanagama Jogja berarsitek klasik dengan berbentuk rumah panggung. Bahan material bangunan lantai terbuat dari tanah dan beton, dinding dan atap berupa kayu dan genteng tanah liat.

Koleksi pada museum Kayu Wanagama Jogja antara lain: Arca Gupolo dari kayu sengon, fosil kayu jati berumur ratusan tahun, aneka macam barang kerajinan kayu dari berbagai daerah, meja dan kursi bersejarah, dan lainnya.

Lokasi Museum Kayu Wanagama Jogja

Alamat: Jalan Jogja – Wonosari Km 30, Area Hutan, Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta | Telp. 0274 545639, 082137553011

Harga Tiket Masuk Museum Kayu Wanagama Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Hari buka Senin – Sabtu 08.00 – 17.00

Tiket Masuk: Free

Untuk rombongan dan mengadakan acara harap menghubungi manajemen

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

29. Museum Mini Sisa Hartaku Jogja I (Rumah Bapak Kimin)

Museum Sisa Hartaku
IG @gudegnet

Museum ini merupakan rumah milik warga Bapak Kimin yang terkena erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Atas inisiatif anaknya yang mengumpulkan harta tersisa maka jadilah museum ini.

Museum Mini Sisa Hartaku I Jogja ini berada tepat dilereng Gunung Merapi. Tempatnya tidak jauh dari tempat wisata seperti Kopi Merapi dan The Lost World Castle.

Koleksi pada museum Mini Sisa Hartaku I Jogja ini berupa kerangka sapi yang terkena erupsi, buku-buku, alat memasak, peralatan rumah tangga, mesin jahit, televisi, meja dan barang-barang rumah lainnya.

Museum ini memiliki beberapa ruangan, seperti ruang tamu, tiga kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Juga terdapat kerangka hewan sapi dan motor yang terkena erupsi Gunung Merapi.

Lokasi Mini Sisa Hartaku Jogja I (Rumah Bapak Kimin)

Alamat: Kepuharjo, cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Mini Sisa Hartaku Jogja I (Rumah Bapak Kimin)

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Setiap hari pukul 08.00-16.00

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

30. Museum Sisa Hartaku II Jogja (Omahku Memoriku)

Museum Sisa Hartaku Jogja
IG @gudegnet

Museum ini berdekatan dengan Museum Sisa Hartaku I Jogja. Museum ini memiliki area yang lebih luas karena merupakan lumah mantan lurah setempat. Juga koleksi yang dimilikinya lebih banyak.

Museum Sisa Hartaku II Jogja ini memiliki beberapa ruangan diantaranya, ruang tamu, pendopo, ruang pertemuan, dapur dan lainnya. Koleksi pada museum ini lebih beragam diantaranya peralatan rumah tangga, kerangka hewan ternak, pakaian, dan galery berupa foto-foto keganasan erupsi Gunung Merapi.

Lokasi Museum Sisa Hartaku Jogja II (Omahku Memoriku)

Alamat: Kepuharjo, cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Sisa Hartaku Jogja II (Omahku Memoriku)

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Setiap hari pukul 08.00-16.00

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

31. Museum Sidik Martowidjojo Jogja

Museum Sidik Martowijoyo
www.wikipedia.com

Museum Sidik Martowidjojo merupakan museum milik pribadi yaitu Sidik Martowidjojo seorang seniman lukis keturunan china. Seniman ini telah melahirkan banyak karya, dan dapat anda nikmati dengan berkunjung ke museum ini.

Karya seni lukis yang ada merupakan gabungan dari seni lukis negara timur dan barat. Seni china yang bertema hening akan mengahasilkan seni yang bagus jika digabungkan dengan seni barat yang lebih real. Beberapa hasil karyanya mendapat penghargaan dunia dan dipamerkan diluar negeri.

Museum ini memajang lebih dari 30 lukisan Sidik Martowidjojo. Lukisan pada museum ini diantaranya lukisan berukuran 5,5 x 2 meter yang bertema samudra, yang menggambarkan gonjang-ganjing Indonesia namun tetap bersatu digambarkan oleh kapal yang terus berlayar maju meskipun terkena gelombang.

Adapula lukisan dewa ruci dan University in Diversity yang menggambarkan perbedaan adalah kekayaan dari Indonesia.

Lokasi Museum Sidik Matowidjojo Jogja

Alamat: Jalan Magangan Kulon No 1, Patehan, Kraton, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Sidik Matowidjojo Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap hari pukul 10.00 – 22.00

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

32. Museum HM Suharto Jogja

Museum Suharto Jogja
IG @eko.wawan.311

Museum H M Suharto Jogja ini merupakan tempat tinggal presiden Indonesia kedua yaitu Bapak Suharto. Museum ini menceritakan tentaang kehidupan suharto saat kecil mulai dari silsilah keluarga, perjuangan diera penjajahan hingga menjadi presiden.

Di Museum Hm Suharto Jogja ini terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya pendopo berbentuk joglo, gedung atmosudiro merupakan ruang diorama, gedung notosudiro, dan petilasan.

Museum memiliki area parkir yang luas dibagian depan sehingga cukup untuk beberapa bis. Saat hari libur maka museum ini akan ramai kunjungan pelajar sekolah. Ketika anda masuk akan disuguhkan pemutaran video tentang suharto selama 15 menit yang menggambarkan sosoknya yang lahir di desa kemusuk, masa perjuangan, berperan di peristiwa 1965, menjadi presiden, hingga meninggal dunia.

Setelah melihat video, anda bisa melihat koleksi beragam foto-foto Suharto dari kecil hingga menjadi presiden. Disana digambarkan tentang kesuksesan Suharto dalam bidang pembangunan negara.

Lokasi Museum HM Suharto Jogja

Alamat: Dusun Kemusuk, Jalan Nulis-Puluhan, Srontakan, Argomulyo, Sedayu, Yogyakarta | Telp. 0274 6498488

Harga Tiket Masuk Museum HM Suharto Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Setiap hari pukul 08.00-16.00

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

33. Museum Rumah Garuda Jogja

Museum Rumah Garuda Jogja
IG @museumrumahgaruda

Museum Rumah Garuda Jogja merupakan museum yang didirikan oleh Nanang R Hidayat yang merupakan dosen Institut Seni Indonesia.Berawal dari banyaknya penelitian yang dilakukan tentang lambang garuda, maka saat ini kolksi tentang garuda yang ada di museum tersebut lebih dari 300 buah koleksi.

Koleksi yang ada di museum Rumah Garuda Jogja ini antara lain, cosplay burung garuda, wayang orang yang menjelaskan kronik pembentukan lambang garuda, foto para tokoh pemakarsa burung garuda, foto relief garuda dari berbagai candi.

Fasilitas yang ada di museum rumah garuda antara lain toilet, warung makan, cafetaria, parkir dan souvenir shop. Tentunya berkunjung ke museum Rumah Garuda Jogja yang cukup lengkap fasilitasnya akan membuat anda nyaman untuk berlama-lama disini.

Lokasi Museum Rumah Garuda Jogja

Alamat: Jalan Parangtritis Km. 7, Bantul, Yogyakarta (sebelah barat kampus ISI) | Hp. 0818279008

Harga Tiket Masuk Museum Rumah Garuda Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap hari pukul 09.00-21.00

Untuk rombongan diharapkan membuat janji dahulu dengan manajemen

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

34. Museum Gumuk Pasir Jogja (Parangtritis Geomaritime Science Park)

Museum Gumuk Pasir Parangtritis
IG @anishidayah

Museum Gumuk Pasir Jogja merupkan labolaturium geospasial pesisir laut selatan yang mengoleksi berbagai benda yang berkaitan dengan ekosistem pesisir pantai, seperti jenis batuan, pasir, herbarium dan lainnya.

Gumuk pasir adalah gundukan bukit dari pasir yang terhembus angin. Hanya ada dua negara dengan iklim tropis yang mempunyainya yaitu indonesia di pantai parangkusumo, parangtritis dan di Meksiko.

Dimuseum ini terdapat pula alat pemetaan, sampel pasir dan batuan dari berbagai daerah di Indonesia. Ada beberapa bagian museum ini antara lain, ruang audio visual, auditorium, runag diklat, photobooth dan berbagai koleksi foto juga replika.

Di museum ini anda dapat menyewa pemandu untuk tahu lebih dalam mengenai ekosistem pesisir pantai. Tentunya khasanah pengetahuan anda tentang ekosistem pesisir akan tambah banyak.

Lokasi Museum Gumuk Pasir Jogja (Parangtritis Geomaritime Science Park)

Alamat: Pantai Depok, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta | 085233884447

Harga Tiket Masuk Museum Gumuk Pasir Jogja (Parangtritis Geomaritime Science Park)

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka senin – jumat pukul 08.00-16.00

Tiket Masuk: Free

Untuk rombongan harap menghubungi manajemen

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

35. Museum Tino Sidin Jogja

Museum Tino Sidin Jogja
IG @jakpostlife

Di Museum Taman Tino Sidin Jogja ini terdapat 115 sketsa hitam putih dan 35 sketsa cat dan spidol. Tema sketsanya sangat beragam ada yang mengenai lanskap, kehidupan sehari-hari, potert figur, objek/benda, kegiatan/kejadian khusus. Ada pula sekitar 31 lukisan dengan teknik cat minyak dan cat acrylic. Juga lukisan berjudul jaka tarub berukuran 4,85 meter X 1, 35 meter.

Museum ini juga berisikan karya lukis, sketsa, memorabilia, buku dan arsip-arsip pribadi milik Tini Sidin.

Lokasi Museum Tino Sidin Jogja

Alamat: Jalan Tino Sidin No. 297, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta | 0274 618846

Harga Tiket Masuk Museum Tino Sidin Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

36. Museum Pergerakan Wanita Indonesia Jogja

Museum Pergerakan Wanita Jogja
IG @museum.pergerakan.wanita.indo

Museum Pergerakan Wanita Indonesia ini berada di pusat kota Jogja juga dikenal dengan nama Museum Mandala Bhakti Wanitatama. Museum ini merupakan sarana penting untuk mengenang kembali perjuangan wanita dari waktu ke waktu. Berbagai macam benda koleksi berupa ralia, ilustrasi foto peranan wanita pada masa itu, dan diorama merupakan bukti otentik perjuangan wanita Indonesia sejak jaman penjajahan hingga kini.

Koleksi yang menarik pada museum ini adalah adanya mesin ketik tua Remington Portable Model 5 yang pernah digunakan saat Kongres Perempuan Indonesia pada tahun 1928. Ada pula mesin jahit kuno yang pernah digunakan dalam kegiatan kursus wanita pembangunan desa tahun 1956, 1958 dan 1959.

Museum ini memiliki koleksi lebih dari 700 buah dan buku lebih dari 2.000 buah pada ruang perpustakannya. Pada ruang pamer museum lain terdapat seragam organisasi wanita dari masa ke masa, diantaranya seragam perwari (Persatuan Wanita Republik Indonesia). Ada pula sebuah kunci emas yang merupakan cinderamata dari pimpinan Wanita San Yuan (Puerto Rico) untuk Ibu Sri Mangunsarkoro.

Lokasi Museum Pergerakan Wanita Indonesia Jogja

Alamat: Jalan Laksda Adisucipto No 88, Demangan, Gondokusuman, Sleman, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Pergerakan Wanita Indonesia Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Sabtu pukul 08.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Rp. 5.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

37. Museum Istana Kepresidenan Jogja

Museum Istana Kepresidenan Jogja
IG @a.sriwijayanti

Museum Istana Kepresidenan Jogja ini berada tepat dipusat kota yaitu di titik nol kilometer Jogja. Museum ini memiliki sejarah penting saat kemerdekaan Indonesia. Presiden Soekarno dan keluarganya pernah menempati bagian di Istana ini, masyarakat juga mengenalnya dengan nama Gedung Agung.

Istana Kepresidenan Jogja ini berdiri pada lahan seluas 4,2 hektar yang terletak berhadapan dengan Benteng Vandenburg.

Museum ini terdiri dari beberapa ruangan diantaranya ruang garuda sebagai ruang resmi menyambut tamu negara, ruang diponegoro dan ruang sudirman untuk mengenang perjuangan dua pahlawan nasional tersebut. Ada pula wisma-wisma yang digunakan sebagai tempat menginap para tamu kenegaraan.

Koleksi yang ada pada museum ini beragam diantaranya foto para presiden Indonesia, galery lukisan karya Raden Soleh dan seniman-seniman lain, koleksi guci antik, dan barang-barang cinderamata antik dari berbagai negara.

Lokasi Museum Istana Kepresidenan Jogja

Alamat: Jalan Ahmad Yani,  Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta | (0274) 512005

Harga Tiket Masuk Museum Istana Kepresidenan Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Senin-Kamis Pukul 08.00-14.00

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

38. Museum Engine Jogja

Museum Engine Jogja
IG @gudegnet

Museum ini terletak di komplek museum Dirgantara Jogja. Pengunjung dapat melihat berbagai macam mesin pesawat, mesin-mesin pesawat yang di display pada museum ini merupakan pesawat bekas dan mesin pesawat yang telah mangkrak. Ada berbagai jenis pesawat yang dapat ditemukan antara lain, mesin helikopter, pesawat hercules, boeing hingga sukhoi.

Di dalam museum ini pengunjung dapat melihat koleksi pesawat lebih dari 30 mesin pesawat yang terbagai menjadi tiga kelompok yaitu, kelompok Jet Engine yang mendisplay 14 mesin, Rotary Wing Engine yang mendisplay 6 mesin, dan Propeller Engine mendisplay 15 mesin.

Adapun fasilitas yang ada berupa ruang display yang ber-AC, toilet, mushola dan parkir yang luas.

Lokasi Museum Engine Jogja

Alamat: Kompleks Landasan Udara Adisucipto, Jalan Kolonel Sugiono, Karangjanbe, Bangunatapan, Bantul, Yogyakarta | (0274) 564466

Harga Tiket Masuk Museum Engine Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

39. Museum Kristal Kraton Jogja

Museum Kristal Kraton Jogja
IG @sigit_hanggoro

Komplek kraton yang luas memiliki berbagai ruangan yang dijadikan sebagai museum dan tempat untuk memajang benda-benda unik dan bersejarah. Salah satunya museum kristal kraton yang berada di salah satu bagiannya. Museum kristal ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda kristal milik kraton yang terbagi menjadi dua ruangan yang berbeda. Ruangan pertama menyimpan koleksi pot bunga dari keramik peninggalan Sri Sultan Hamengku Buwana VIII. Dan ruangan kedua menyimpan koleksi gelas-gelas kristal, perlengkapan makan, rumah tangga, pelengkapan kamar mandi dan pernak-pernik lainnya yang terbuat dari kristal.

Lokasi Museum Kristal Kraton Jogja

Alamat: Kompleks Kraton Kasultanan, Yogyakarta | 0274 378307

Harga Tiket Masuk Museum Kristal Kraton Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 08.00-13.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

40. Museum Candi Prambanan Jogja

Museum Candi Prambanan Jogja
IG @travelogia

Museum ini terletak di kompleks Candi Prambanan Jogja. Di dalam museum terdapat banyak benda peninggalan kerajaan masa lampau beserta alat-alat kehidupan yang pernah dipakai pada masa kerajaan prambanan.

Dalam museum ini ditampilkan berbagai macam koleksi batuan yang ditemukan disekitar candi, batuan tersebut diamankan dan diteliti dalam museum. Selain batuan terdapat pula replika harta karun yang telah ditemukan di Wonoboyo yang berupa mangkuk dengan design ramayana, tas, perhiasan hingga emas.

Lokasi Museum Candi Prambanan Jogja

Alamat: Jalan Jogja–Solo km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta | 0274 496402, 0274 496403

Harga Tiket Masuk Museum Candi Prambanan Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Rp. 30.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

41. Museum Sejarah Purbakala Pleret Jogja

Museum Purbakala Pleret Jogja
Twitter @Idsejarah

Museum ini dibuka sejak tahun 2014 dan mulai ramai hingga kini. Museum Sejarah Purbakala Pleret Jogja menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan mataram di wilayah bantul. Museum ini juga memiliki keunikan karena adanya keberadaan situs peninggalan mataram islam disekitar museum yang bersandingan.

Adapun benda-benda bersejarah yang ada di dalam museum antara lain, umpak kraton kerto, sumur gumuling, situs masjid agung kauman pleret, randu alas raksasa, dan arca. Terdapat pula ruang audio visual yang akan memutarkan film mengenai sejarah kerajaan kraton pleret Jogja. Berkunjung di museum ini akan menambah wawasan wisata juga jelajah situs kerajaan mataram pleret Jogja.

Lokasi Museum Sejarah Purbakala Pleret Jogja

Alamat: Jalan Raya Pleret, Bantul, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Sejarah Purbakala Pleret Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Senin-Jumat pukul 08.00-16.00, Sabtu-Minggu tutup

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

42. Museum Bioantropologi Dan Pleantropologi Jogja

Museum Bioantropologi dan paleoantropologi Jogja
IG @travelogia

Museum ini terletak di dalam fakultas kedokteran UGM tepatnya di Laboraturium Bioantropologi dan Paleoantropologi UGM. Museum ini dibangun bertujuan untuk mengenalkan manusia lebih dalam. Museum ini akan membedah manusia dan faktor pembentuknya melalui lingkungan (alam, flora dan fauna), budaya dan fisik manusia.

Koleksi yang ada pada museum ini antara lain replika manusia purba dari afrika, asia dan eropa, manusia modern (homo sapiens) dan fosil flora dan fauna.

Lokasi Museum Bioantropologi Dan Pleantropologi Jogja

Alamat: Fakultas Kedokteran UGM, Laboraturium Bioantropologi dan Paleoantropologi, Jalan Medika Sekip, Yogyakarta | 0274 552577, 545659

Harga Tiket Masuk Museum Bioantropologi Dan Pleantropologi Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Senin-Jumat pukul 08.00-16.00, Sabtu-Minggu tutup

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

43. Museum Gempa Dr. Sarwidi Jogja

Museum Gempa Jogja
IG @anishidayah

Museum Gempa ini dibangun oleh Dr. Sarwidi atas keprihatinan beliau akan kurang sadarnya masyarakat untuk membangun bangunan rumah yang tahan gempa. Museum ini berdiri diatas lahan dengan ukuran bangunan 6 x 10 meter dan merupakan bangunan yang tahan gempa.

Koleksi pada museum ini antara lain, barratagama (bangunan rumah tahan gempa), alat simulasi gempa, miniatur bangunan anti gempa, pemutaran film mengenai gempa, foto dan koleksi lainnya.

Dengan adanya museum ini diharapkan dapat menjadi khasanah ilmu pengetahuan tentang kegempaan dan mengetahui berbagai resiko yang dihasilkan dari gempa.

Lokasi Museum Gempa Dr. Sarwidi Jogja

Alamat: Jalan Malangyudo No 25, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta | 08578063445, 08122940177, 087739870973

Harga Tiket Masuk Museum Gempa Dr. Sarwidi Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

44. Museum Universitas Islam Indonesia Jogja

Museum UII Jogja
IG @wiboworespathy

Pada tahun 2009 di kawasan kampus uii pada saat memugar untuk mendirikan bangunan kampus ditemukan candi yang terkubur dalam area penggalian. Candi tersebut bernama candi Kimpulan dan dengan ditemukannya candi maka pihak kampus sepakat untuk membuat museum.

Museum ini juga berdiri sebagai penghargaan atas dasar para pendiri Universitas Islam Indonesia yaitu, Moh. Natsir, KH Mudzakir, Moh. Roem, KH. Wahid Hasyim, Moh. Hatta. Mengingat hal tersebut maka pihak kampus merasa perlu untuk membangun museum sebagai tanda jasa bagi para pendiri Universitas Islam Indonesia.

Koleksi yang ada di museum UII antara lain, mesin stensil manual, piala musabaqoh tilawatil quran, perangkat kerja Dr. Kahar Mudzakir, lambang duaja UII pertama dan saat ini, mesin stensil elektrik, kereta dinas Dr. Mudzakir, boneka manekin wisudawan dan candi kimpulan sebagai benda cagar budaya.

Lokasi Museum Universitas Islam Indonesia Jogja

Alamat: Kampus UII Kaliurang, Jalan Kaliurang Km 14,5, Sleman, Yogyakarta | 0274 898444

Harga Tiket Masuk Museum Universitas Islam Indonesia Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Senin-Jumat pukul 08.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Fress

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

45. Museum Universitas Gajah Mada Jogja

Museum UGM Jogja
IG @museumugm

Koleksi yang ada di museum UGM Jogja antara lain, memorabilia Prof. Sardjito berupa perangkat kerja meja dan mesin ketik, prototipe satelit, tungku hemat energy, foto dan koleksi lainnya.

Museum ini berdiri sebagai penghargaan atas jasa para pendiri UGM diantaranya Sardjito, Notonagoro, Mubyarto dan lainnya. Museum ini juga merupakan tempat tinggal Obama saat masih kecil saat tinggal di Jogja.

Lokasi Museum Universitas Gajah Mada Jogja

Alamat: Kampus UGM Jogja, Kompleks Bulaksumur Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Universitas Gajah Mada Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

46. Museum Pendidikan Indonesia Jogja (UNY)

Museum UNY Jogja
Twitter @kotajogja

Museum Pendidikan Indonesia UNY ini berdiri sebagai dedikasi bagi UNY juga penghargaan bagi para pendiri Universitas. Kota Jogja yang merupakan kota pelajar dan pendidikan harus menjadi destinasi wisata pendidikan dan tempat untuk menuntut ilmu.

Koleksi yang ada pada museum ini antara lain, buku sekolah, arsip kependidikan, media pembelajaran, foto, lukisan dan lainnya. Adapun ruangan yang ada di museum ini adalah ruang galery 1 berisi foto dan peralatan sekolah, ruang galery 2 berisi para tokoh pendidikan, ruang galery 3 untuk koleksi media pembelajaran, ruang apresiasi karya dan ruang cinema MPI untuk memutar film.

Lokasi Museum Pendidikan Indonesia Jogja (UNY)

Alamat: Kompleks Kampus UNY, Jalan Kolombo No 1, Karangmalang, Yogyakarta | 0274 586168, 551259

Harga Tiket Masuk Museum Pendidikan Indonesia Jogja (UNY)

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Senin-Jumat pukul 07.30-15.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Free

Parkir: Free

47. Museum Dan Tanah Liat Indonesia Jogja

Museum dan Tanah Liat Jogja
IG @jogjabudaya

Museum Dan Tanah Liat Jogja ini didirikan oleh Ugo Untoro pada tahun 1998 sebagai sebuah studio seni dan untuk interaksi para seniman di Jogja. Para seniman berkumpul untuk mengerjakan berbagai proyek di museum ini.

Tak hanya sebagai studio lukis saja, namun ada kegiatan siaran radio, riset film, diskusi seni, kebudayaan dan lainnya. Seiring dengan waktu studio tanah liat ini  mengoleksi karya seni dari berbagai seniman muda yang ada untuk bisa dipublikasikan kepada khalayak umum maka dibangunlah museum ini.

Kegiatan yang diadakan di museum ini antara lain, pameran seni lukis patung foto, siaran radio, pentas seni, riset film musik dan lainnya. Museum ini adalah wadah untuk berkreasi untuk seniman muda dan tua juga terkenal dan belum terkenal.

Lokasi Museum Dan tanah Liat Indonesia Jogja

Alamat: Menayu Kulon RT 07 RW 07 No 55, Kasihan, Bantul | 0274 7448911

Harga Tiket Masuk Museum Dan tanah Liat Indonesia Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Senin-Minggu pukul 08.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

48. Museum Pura Pakualaman Jogja

Museum Puro Pakualaman Jogja
IG @sewamotorjogja

Pada kompleks kraton pura pakualaman terdapat sebuah museum yang bernama museum pura pakualaman. Museum ini berisi benda-benda bersejarah peninggalan masa Sri Pakualaman I sampai VII.

Koleksi yang ada pada museum ini antara lain, benda-benda bersejarah, foto, perkakas rumah tangga, baju tradisional, senjata hingga kereta kuno. Di Museum ini wisatawan akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan secara lengkap tentang cerita dan latar belakang sejarah dari museum dan koleksi yang ada.

Lokasi Museum Pura Pakualaman Jogja

Alamat: Pura Pakualaman, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Pura Pakualaman Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Senin-Jumat pukul 09.00-15.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

49. Museum Batik Cipto Wening Jogja

MUseum Batik Jogja
IG @wirosaur

Museum Batik Cipto Wening merupakan museum yang menyimpan beragam koleksi batik antara lain, 300 koleksi batik yang mulai langka bahkan sudah tidak diproduksi lagi, batik berumur ratusan tahun yang pernah digunakan Pakualaman VII dan VIII, koleksi batik dengan motif sidomukti, wahyu tumurun, kawung, gajah birowo, lereng, sidoluhur dan lainnya.

Sebagain besar koleksi yang ada di museum Cipto Wening adalah koleksi pribadi milik Linda Heri Diyana dan Bondan Guawan. Museum ini terdiri dari beberapa galery diantaranya, galery koleksi batik langka, pameran batik hasil karya batik imogiri, workshop membatik, toko souvenir dn pasar tiban.

Dimuseum ini wisatawan tak hanya dapat melihat berbagai koleksi batik dan benda yang ada anda juga dapat berkreasi untuk membatik sendiri dengan mengikuti kelas batik yang ada di museum Cipto Wening Jogja ini.

Lokasi Museum Batik Cipto Wening Jogja

Alamat: Paseban, Ketandan Tengah, Imogiri, Bantul, Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Museum Batik Cipto Wening Jogja

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 08.00-15.00, Senin tutup

Tiket Masuk: Free

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

Jogjaday.com ~ Demikianlah ulasan tim jogja day mengenai museum Jogja yang paling bagus dan terkenal. Tak hanya berwisata sejarah dan kebudayaan, di Museum Jogja ini kamu juga akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang akan menambah khasanah juga informasi yang penting. Jadi jika kamu sedang berkunjung ke Kota Gudeg maka wisata museum Jogja ini dapat menjadi alternatif wisata buat kamu.

5/5 (2)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*