100 Koleksi Museum Anak Yogyakarta, Berserta Lokasi Dan Harga Tiket Masuk

Museum Anak Yogyakarta ~ Apabila musim libur tiba tentu menjadikan anak jarang belajar, maka sesekali ajaklah anak anda untuk berlibur di Museum Anak yang ada di Kota Jogja. Tak hanya berwisata saja di Museum ini anda dapat mengajak anak bermain sekaligus belajar.

Berwisata tidak harus ke Pantai dan Gunung anda dapat mengajak anak untuk tetap belajar sambil bermain di Taman Pintar Jogja. Di wisata edukasi ini anda akan menemui banyak sekali wahana permainan sekaligus pembelajaran bagi anak.

Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar tak hanya tersedia beragam sekolah dan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Namun terdapat museum pembelajaran bagi anak yang layak untuk dikunjungi.

(Baca: Kuliner Legendaris Khas Kota Yogyakarta)

Baiklah tak perlu berlama-lama berikut ini adalah 6 museum anak yang dapat menjadi alternatif bagi anda yang ingin berlibur sekaligus belajar, jadi simak sampai habis yaa.

1. Museum Anak Kolong Tangga Jogja

Museum Anak Kolong Tangga Jogja
IG @rafftransportyogyakarta2

Museum Anak Kolong Tangga Jogja ini berisikan mainan dari zaman Majapahit sampai mainan kekinian. Juga terdapat poster dan buku cerita serta komik dan foto dunia anak yang berasal dari lima benua.

Museum ini berada di kawasan Malioboro, tepatnya di area Taman Budaya Yogyakarta. Museum ini menyimpan jenis-jenis permainan tradisional di seluruh Indonesia.

Karena letaknya di bawah tangga maka museum ini disebut Museum Anak Kolong Tangga, sesuai namanya museum ini cocok untuk edukasi dan tempat wisata anak di Yogyakarta.

Alamat Wisata Museum Anak Kolong Tangga

Taman Budaya Yogyakarta Lantai II, Jalan Sriwedari No 1, Yogyakarta

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk Museum Kolong Tangga

Tiket Masuk Rp. 4.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

2. Museum De Mata & De Arca Jogja

MUseum De Mata Jogja
IG @selvi.nataliaeffendi

Bagi anda yang suka berfoto selfie di kota Jogja ada museum yang sangat rekomended untuk berfoto karena disetiap posnya memiliki spot-spot foto yang unik berupa gambar dan lukisan yang menjadi background untuk berfoto.

Museum unik ini merupakan museum 3D yang terletak di Jalan Veteran, XT Square, Umbulharjo, Yogyakarta.Di museum ini pengunjung dapat melihat ratusan gambar dan lukisan tipuan mata, yang seakan akan bergerak dan hendak keluar dari bingkainya.

Koleksi museum ini terbagi dalam beberapa kategori, seperti hero, binatang, tokoh, olahraga dan lainnya menjadikan museum ini sebagai spot foto terbaik. Tentu menjadi pengalaman yang berbeda jika mengunjungi Museum ini.

Alamat Wisata Museum De Mata & De Arca Jogja

XT Square, Jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap hari pukul 10.00-22.00

Tiket Masuk Museum De Mata & De Arca Jogja

Tiket Masuk: Rp. 40.000 (De Mata), Rp. 35.000 (De Arca)

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

3. Museum Gembira Loka Jogja

Gembira loka jogja
www.sobatinfo.com

Museum Gembira Loka Jogja ini merupakan salah satu komplek dari kebun binatang Gembira Loka yang menjadi destinasi andalan kota Jogja. Bagi anda yang menyukai flora dan fauna admin menyarankan untuk berkunjung ke Museum ini.

Di dalam museum ini terdapat laboraturium pendidikan alam yang terbagi menjadi 2 yaitu, laboraturium flora yang berisi, aneka ragam bijian, simplisa tanaman obat, alga laut, bunga raglesia dan ragam morfologi flora.

Selanjutnya ada laboraturium fauna yang berisi, taman bunga dan aneka jenis kupu-kupu, aneka avertebrata laut, fauna tanah, akuatik dan lainnya.

Tentu menjadi suatu pengalaman menarik untuk mengetahui tentang ragam flora dan fauna yang ada di dunia. Oleh karenanya bagi pengunjung kota Jogja untuk menyempatkan singgah di Museum ini.

Alamat Wisata Museum Gembira Loka Jogja

Jalan Kebun Raya No. 2, Yogyakarta | Telp. 0274-373861, 374792

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka setiap hari pukul 08.00-17.00

Informasi Tiket Masuk Museum Gembira Loka Jogja

Tiket Masuk: Senin-Jumat Rp. 25.000, Sabtu-Minggu Rp. 30.000

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

4. Museum Gunung Merapi Yogyakarta

Museum Merapi Kaliurang Jogja
IG @dronesiajogja

Tak ada salahnya anda untuk berkunjung ke Museum Gunung Merapi Jogja ini. Museum yang berisikan tentang kegunung apian juga replika sisa erupasi Gunung Merapi akan sangat menyenangkan.

Museum Merapi sangat cocok untuk wisata pendidikan, pelajar sekolah, mahasiswa yang sedang penelitian maupun sekedar wisata keluarga. Dengan tiket yang sangat terjangkau, maka pengetahuan yang diperoleh tentang gunung merapi akan sangat berguna dan menambah pengetahuan untuk lebih mengenal tentang gunung api, ilmu vulkanologi dan wisata gunung api.

Berkunjung ke museum ini tentunya akan mengobati rasa penasaran tentang Gunung Merapi yang masih aktif hingga sekarang. Ribuan cerita dan fenomena yang ada akan anda dapatkan, tentunya akan sangat mengesankan berkunjung ke Museum Gunung Api Merapi Jogja.

Alamat Wisata Museum Gunung Merapi Jogja

Jalan Boyong, Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Hari Buka dan Jam Operasional:

Senin tutup, Selasa-Minggu pukul 08.00-15.30, Jumat pukul 08.00-14.30

Tiket Masuk Museum Gunung Merapi Jogja

Tiket Masuk: Rp. 5.000/orang, tiket film Rp. 5.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

5. Museum Tino Sidin Jogja

Museum Tino Sidin Jogja
IG @jakpostlife

Di Museum Taman Tino Sidin Jogja ini terdapat 115 sketsa hitam putih dan 35 sketsa cat dan spidol. Tema sketsanya sangat beragam ada yang mengenai lanskap, kehidupan sehari-hari, potert figur, objek/benda, kegiatan/kejadian khusus. Ada pula sekitar 31 lukisan dengan teknik cat minyak dan cat acrylic. Juga lukisan berjudul jaka tarub berukuran 4,85 meter X 1, 35 meter.

Museum ini juga berisikan karya lukis, sketsa, memorabilia, buku dan arsip-arsip pribadi milik Tini Sidin. Di Museum ini anda dan anak anda bisa belajar menggambar dan melukis yang tentunya menjadi pengalaman tersendiri dapat bermain dan belajar bersama di waktu libur tiba.

Alamat Museum Tino Sidin Jogja

Jalan Tino Sidin No. 297, Kadipiro, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta | 0274 618846

Hari Buka dan Jam Operasional:

Buka Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00, Senin tutup

Tiket Masuk Museum Tino Sidin Jogja

Tiket Masuk: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

6. Museum Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Jogja
IG @gudegnet

Bermain dan belajar dapat anda dan anak anda rasakan di Taman Pintar Yogyakarta. Wisata ini menyajikan beragam wahana pembelajaran bagi anak. Terdapat beragam jenis aktifitas yang bisa dilakukan antara lain, menggambar, membatik, melukis, dan bermain di dalam gedung planetarium dan gedung oval yang memiliki beragam koleksi pembelajaran anak.

Alamat Wisata Museum Taman Pintar Jogja

Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta

Kontak: Telp: +62-274-583631, 583713

Hari Buka dan Jam Operasional

Buka Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00, Senin tutup

Informasi Tiket Masuk Museum Taman Pintar Jogja

Tiket Masuk Rp. 4.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 10.000/mobil

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*