Manfaat Teh Chamomile Untuk Kebutuhan Harian Anda

Tidak seperti teh hijau dan teh hitam ataupun teh yang pada umumnya kita minum, teh chamomile sendiri sebenarnya tidak berasal dari pohon teh. Namun, berasal dari tumbuhan semacam tumbuhan aster (daisy) yang umum ditemukan di negara yang memiliki empat musim. Oleh karenanya di masyarakat kita tidak umum ditemukannya teh ini. Nah, teh dari tumbuhan ini sendiri sudah sangat tersohor untuk di konsumsi sehari-hari di negara-negara empat musim karena manfaat teh chamomile sendiri yang sangat bagus untuk masalah produktifitas tubuh sehari-hari.

manfaat teh chamomile
sumber : beauty journal

Manfaat Teh Chamomile

Berikut ini tim Jogjaday.com mencoba merangkum manfaat yang dimiliki oleh teh chamomile. Simak sampai habis ya.

1. Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Di dalam kandungan teh chamomile sendiri, ternyata mengandung senyawa relaksasi yang dapat membuat tubuh lebih rileks membantu meredakan stres dan kecemasan, senyawa ini juga membantu kamu tidur lebih cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Meski membantu dalam menenangkan, cara ini tidak dapat digunakan sebagai penyembuhan total karena hasil yang diperoleh adalah hasil jangka pendek. Oleh karena itu, bagi kamu yang tiba-tiba tidak bisa tidur karena sedang banyak pikiran atau stress dapat mencoba alternatif meminum teh chamomile hangat sebelum tidur. Jika dirasa kualitas tidurmu tidak kunjung membaik segera mencari saran pengobatan profesional.

2. Bermanfaat Untuk Mengontrol Gula Dalam Darah

Minum teh chamomile dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya dapat mencegah kerusakan sel-sel pankreas kamu, yang terjadi ketika kadar gula darah kamu meningkat drastis. Kesehatan pankreas sangat penting, karena di sanalah tempat produksi insulin berada, hormon yang mengeluarkan darah dari dalam tubuh kamu. Menurut data yang dikeluarkan oleh PubMed, dengan sebuah penelitian terhadap 64 orang penderita diabetes, mereka yang mengonsumsi teh chamomile setiap hari selama delapan minggu, kadar gula darah milik mereka rata-rata secara signifikan lebih rendah daripada mereka yang hanya mengonsumsi air putih.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Minum teh chamomile dapat memiliki manfaat kesehatan yang luas bagi pikiran dan tubuh kamu, tetapi juga dapat digunakan secara topikal untuk merawat kondisi kulit. Sering digunakan dalam mandi untuk mengobati gatal, kulit bersisik (eczema), teh chamomile juga dapat diterapkan langsung ke kulit untuk manfaat kulit yang sehat. Beberapa penelitian juga melaporkan bahwa mengoleskan teh chamomile ke kulit melalui campuran produk kosmetik kamu, seperti lotion, krim untuk mata dan sabun, dapat melembabkan dan membantu mengurangi peradangan kulit.

4. Merawat Kesehatan Pencernaan

Pencernaan yang tepat sangat penting untuk kesehatan kamu secara keseluruhan. Ternyata, teh chamomile dapat membantu menyelesaikan masalah saluran pencernaan seperti sakit perut dan ataupun sindrom iritasi usus loh. Teh ini juga secara tradisional cukup aman untuk menenangkan sakit perut pada anak kecil, juga sangat baik dalam menghilangkan gas dan mencegah bisul perut.

5. Meningkatkan Kualitas Kesehatan Jantung

Penyakit jantung seperti serangan jantung dan sebagainya sangat terkenal sebagai penyebab banyaknya kasus kematian. Kematian akibat penyakit jantung terus meningkat diakibatkan oleh pilihan makanan yang buruk serta merokok hingga faktor keturunan. Nah, untungnya teh chamomile dapat membantu menjaga kesehatan jantung kamu. Sebagai alternatif yang mudah, meminum teh chamomile dapat kamu jadikan salah satu cara untuk merawat jantung kamu, loh. Manfaat ini didukung karena teh chamomile kaya akan flavon, kelas antioksidan. Flavon sendiri telah dipelajari secara klinis akan potensinya untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang merupakan penanda penting risiko penyakit jantung .

Wah ternyata ada banyak manfaat dari teh chamomile yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh, ya. Teh chamomile sendiri cukup aman dikonsumsi oleh siapapun, namun perlu diperhatikan, karena teh ini berasal dari kelopak bunga aster, kamu yang punya alergi terhadap bunga tentunya tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Sedangkan, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi terhadap dokter sebelum meminumnya secara rutin.

Merk Teh Chamomile

Teh chamomile adalah teh dengan komposisi yang sangat baik. Banyak orang yang meminumnya untuk menenangkan hari mereka ataupun sekedar untuk menghirup aroma yang dihasilkan dari teh ini. Di Indonesia sendiri, ada beberapa merk teh chamomile yang bisa kamu temukan di supermarket-supermarket. Berikut ini tim jogjaday.com telah merangkum beberapa di antaranya.

1. Enchantea Chamomile Flower Tea

manfaat teh chamomile jogjaday.com
sumber foto : enchantea

Produsen teh bunga berasal dari pekanbaru ini ternyata punya produk teh chamomile, loh. Kamu penggemar teh asli lokal tentunya tidak boleh melewatkan teh yang dijual seharga Rp 70.000 ini. Untuk mengonsumsi teh ini, kamu cukup memasukkan satu sendok teh chamomile ke dalam air hangat kemudian dapat dinikmati langsung. Sangat nikmat diseduh sebelum tidur.

2. Dilmah Pure Camomile Flowers

Nah, untuk kamu yang lebih menikmati meminum teh kantongan, mungkin kamu tidak ingin melewatkan kenikmatan dari teh chamomile murnin dari Dilmah ini. Teh yang umum ditemukan di supermarket-supermarket besar ini bisa kamu beli seharga Rp.60.000 untuk 20 kantong teh. Seperti cara meminum teh celup pada umumnya dengan diseduh air panas, kamu bisa meminumnya saat dirasa badan kurang enak.

manfaat teh chamomile jogjaday.com
sumber foto : dilmah

3. Lipton Infusion Chamomile

Dari brand yang tidak asing, Lipton juga mempunyai salah satu varian chamomile yang dapat kamu cicipi. Pasalnya, teh dari lipton ini selain sudah tidak diragukan kualitas teh yang dimilikinya, teh chamomile dari lipton ini yang paling terjangkau dengan kulitasnya. Kamu bisa membelinya seharga sekitar Rp 35.000 untuk 15 kantong celup teh ini.

manfaat teh chamomile jogjaday.com
sumber foto : unilever

4. Sir Thomas Lipton Chamomile

Masih dari lipton, ada seri sir thomas untuk teh chamomile produk mereka. Untuk teh seri ini, lipton tidak main-main baik dari segi kualitas teh maupun kemasan, dikemas dalam amplop yang higienis serta berkualitas tinggi untuk menjaga kesegaran rasa dan aroma. Teh ini mengandung 100% chamomile yang tentunya kamu dapat menikmati teh aromatik yang dapat menenangkan jiwa. Nah, kalau kamu ingin lebih menikmati teh chamomile, tips dari tim jogjaday.com untuk menambahkan sedikit madu saat hendak meminumnya. Untuk menikmati teh dengan kualitas ini, teh ini terjual dengan harga mulai dari Rp 45.000

manfaat teh chamomile jogjaday.com
sumber foto : lipton

5. Lipton Pyramid Camomile & Honey Flavour

Terakhir, dari rangkaian teh camomile milik lipton ada teh pyramid camomile & honey flavour! Teh ini mengandung 94% chamomile dan 6% perisa identik alami madu. Dari konsentrasi kandunga teh ini, kamu dapat menikmati aroma serta rasa alami dari bunga Chamomile yang berpadu sempurna dengan rasa Madu. Dihargai Rp.88.000 selain dapat menikmati teh yang enak dan menenangkan, seperti namanya pyramid, teh ini juga memiliki desain unik yang mirip piramida untuk kantong tehnya. Wah, menarik sekali ya!

 

manfaat teh chamomile jogjaday.com
sumber foto : lipton

Nah, dari penjelasan teh chamomile di atas kira-kira dari segi mana teh chamomie ini membuat kamu terarik ntuk mengkonsumsinya? Apakah dari begitu banyak manfaat yang baru kamu ketahui untuk teh ini atau dari menariknya ragam teh chamomile yang dijual?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!