10 Kuliner Khas Gunungkidul Populer, Enak & Wajib Dicoba

Kuliner Gunungkidul ~ Tak lengkap jika berwisata di Gunungkidul tanpa mencicipi kuliner dan makanan khas Gunungkidul. Hamparan pantai dan wisata alam yang beragam di Gunungkidul akan membuat kamu lapar, setelah lelah berwisata tentu kamu akan lapar. Berikut ini rekomendasi kuliner khas Gunungkidul paling populer, enak dan wajib kamu coba.

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jogja. Berada di kawasan sebelah selatan berupa pegunungan, kuliner yang ada pun juga memiliki khas tersendiri. Kuliner dengan cita rasa desa dengan bumbu yang kaya rempah – rempah akan membuatmu ketagihan.

Tentunya setelah berwisata dan berburu foto untuk di unggah ke media sosial, kini saatnya kamu untuk memanjakan lidah menyantap aneka makanan khas Gunungkidul. Berikut ini adalah sederet makanan dan tempat makan paling hits di Gunungkidul yang bisa kamu singgahi.

“Baca Juga: 41 Kuliner Khas Jogja Terkenal, Enak, Legendaris & Wajib Dicoba

1. Sate Kambing Pak Turut

Sate Kambing Pak turut @jogjakakilima
Sate Kambing Pak turut foto dari instagram.com/jogjakakilima

Kuliner yang menjadi top destinasi di Gunungkidul ini menyajikan menu kuliner daging kambing. Olahan sate, tongseng dan gulai kambing Pak Turut dapat mengobati rasa laparmu setelah lelah berwisata di Gunungkidul. Dengan design bangunan warung berupa kayu yang nyaman dan tradisional. Kamu bisa melihat proses meracik masakan langsung yang dilakukan pada bagian depan.

Sensasi rasa pedas dan manis bumbu sate yang ditaburi bawang memiliki sensasi tersendiri. Potongan daging kambingnya pun tidak alot karena telah dimasak lama. Lokasinya berada di pinggir jalan besar menyebabkan warung ini mudah untuk ditemukan.

Lokasi: Jl. Kasatrian, Kepek, Wonosari, Kepek II, Kepek, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Harga: Gulai Kambing : Rp 15.000, Sate Kambing : Rp 21.000, Tongseng : Rp 21.000

Jam Buka: Setiap hari pukul 08.00 – 19.00

Map: Klik Disini

2. Sego Abang Mbah Jirak

Sego Abang Mbah Jirak Gunungkidul @nyonyokecil
Sego Abang Mbah Jirak Gunungkidul foto dari instagram.com/nyonyokecil

Kuliner populer di Gunungkidul ini adalah sego abang mbah jirak, makanan khas ndeso ini memiliki rasa khas yang kaya akan rempah rempah. Kamu bisa memilih kuliner nasi merah ditambah sayur lombok ijo dan aneka lauk pauk yang beragam. Aneka sayur yang dapat kamu pilih antara lain oseng daun pepaya, sayur lodeh, sayur terancam dan lauk pauk seperti tempe goreng, ayam goreng, empal dan aneka sambel.

Tentunya dengan varian menu nasi merah dan aneka sayur juga lauk pauk dapat kamu nikmati bersama keluarga. Kuliner sego abang ini menjadi populer dan terkenal oleh para pecinta kuliner Indonesia, baik wisatawan lokal ataupun mancanegara. Maka saat liburan dan weekend tiba warung makan ini nampak selalu ramai dengan deretan mobil dan motor yang berjejer rapi di parkiran sego abang mbah jirak Gunungkidul.

Lokasi: Jl. Semanu RT.06 / RW.32, Wonosari, Munggi Ps., Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta

Harga: Rp. 150.000-Rp. 350.000/4 porsi

Jam Buka: 08.00-18.00

Map: Klik Disini

3. Soto Bu Ngatir

Soto Bu Ngatir
Soto Bu Ngatir foto dari instagram.com/sotobungatir

Kuliner Gunungkidul yang cocok disantap saat kapanpun sebagai sarapan, makan siang dan makan malam adalah soto. Salah satu soto terkenal di Gunungkidul adalah soto bu ngatir. Kuah yang segar dengan campuran aneka rempah rempahdapat kamu nikmati dengan menambahkan tempe mendoan, tahu juga kerupuk.

Lokasi: Jl. Sumarwi No.38, Gadungsari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851

Harga: 10.000/porsi

Jam Buka: 06.00-habis

Map: Klik Disini

4. Bakmi Jawa Mbah Noto

Bakmi Jawa Mbah Noto @tesyasblog
Bakmi Jawa Mbah Noto foto dari instagram.com/tesyasblog

Kuliner bakmi di Gunungkidul enak dan legendaris ini wajib kamu cicipi. Namanya bakmi jawa mbah noto, kamu bisa memilih aneka bakmi seperti bakmi goreng, bakmi godhog, atau magelangan. Dengan harga yang relatif terjangkau kuliner yang enak dimakan saat dingin ini dapat menjadi pilihan kuliner santap malam kamu bersama keluarga.

Lokasi: Jalan Yogyakarta – Wonosari, Logandeng, Playen, Plumbon Lor, Logandeng, Playen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861

Harga: Rp. 12.000/porsi

Map: Klik Disini

5. Gathot Thiwul Yu Tum

Gathot Thiwul Yu Tum @tomi.gemeinschaft
Gathot Thiwul Yu Tum foto dari instagram.com/tomi.gemeinschaft

Kuliner Gunungkidul terkenal dan legendaris ini adalah thiwul dan gathot. Kedai yang menjual masakan tradisional salah satunya Gathot Thiwul Yu Tum. Thiwul khas Gunungkidul terbuat dari tepung gaplek akan terasa nikmat dipadukan dengan gathot yaitu singkong yang difermentasi sedemikian rupa. Kuliner Gathot dan Thiwul ini dapat kamu jadikan oleh oleh khas Jogja dengan harga yang relatif murah meriah dan enak.

Lokasi: Jl. Pramuka No.36, Pandansari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55812

Harga: Rp. 8.000- Rp. 15.000

Map: Klik Disini

6. Nasi Thiwul

Nasi Thiwul @prawitaagni
Nasi Thiwul foto dari instagram.com/prawitaagni

Kuliner populer khas Gunungkidul selanjutnya adalah nasi thiwul. Perpaduan antara nasi dan thiwul ini memiliki rasa yang khas dan lezat. Makanan yang kaya akan karbohidrat ini menjadi hits dan populer di Gunungkidul, kamu dapat menambahkan ayam, ikan dan sayuran sebagai pelengkap. Tentu lezat dan murah meriah.

Lokasi: Jl. Pramuka No.36, Pandansari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55812

Harga: Rp. 7.000-Rp. 15.000

Jam Buka: Pagi-18.00

Map: Klik Disini

7. Urap Trancam

Urap Trancam @intanpangestuti
Urap Trancam foto dari instagram.com/intanpangestuti

Kuliner khas Gunungkidul selanjutnya adalah urap atau terancam khas Gunungkidul. Kuliner ndeso ini menjadi hits dan populer di Jogja. Campuran sayuran taoge, kemangi dan aneka sayuran dipadu dengan serbuk kelapa manis ini menjadi kuliner lezat dan cocok kamu coba. Kamu bisa menambahkan ayam, sate juga mendoan sebagai pelengkapnya.

8. Sayur Lombok Ijo

Sayur Lombok Ijo @dapurfoody
Sayur Lombok Ijo foto dari instagram.com/dapurfoody

Kuliner khas Gunungkidul selanjutnya adalah sayur lombok ijo atau sayur cabe hijau. Makanan bersantan ini cocok bagi kamu yang menyukai kuliner pedas. Kuah santan yang dipadu dengan cabe hijau, tempe, tahu, kacang panjang yang direbus akan terasa nikmat dan lezat. Makanan sayur ini biasanya hadir saat hajatan atau acara besar keluarga.

Berlokasi di : Jalan Jogja- Wonosari, Jambu Rejo, Bandung, Gunungkidul

Buka dari : 09:00-18:00 WIB

9. Sambal Bawang

Sambel Bawang @revina_tjoo
Sambel Bawang foto dari instagram.com/revina_tjoo

Sambal bawang menjadi kuliner khas Gunungkidul yang diburu wisatawan saat berkunjung dan wisata. Kamu bisa menambahkan ikan, ayam goreng, tempe dan tahu untuk menikmati sambal bawang khas Gunungkidul. Sambal bawang dan sambal terasi ini bisa kamu temui di kedai dan warung yang ada di sepanjang jalan Gunungkidul atau tempat wisata Gunungkidul.

Berlokasi di : Jalan Taman Bhakti, Gang Sindoro, Jeruksari

Buka dari : 08:00-17:00 WIB

10. Oseng Bunga Pepaya

Oseng Bunga Pepaya @asesanti.agnes
Oseng Bunga Pepaya foto dari instagram.com/asesanti.agnes

Kuliner populer khas Gunungkidul yang terakhir adalah oseng bunga pepaya. Makanan ini akan banyak kamu temui di kedai dan warung makan sepajang jalan dan tempat wisata di Gunungkidul. Jangan takut pahit dari kuliner ini, jika kamu memesan oseng bunga pepaya di Gunungkidul kuliner ini telah menjadi manis dan enak disantap karena telah diolah dan dimasak lama. Menikmati kuliner ini dapat dengan sambal bawang dan nasi pulen yang hangat.

Berlokasi di : Jalan Laksda Adisucipto No.264, Caturtunggal

Buka dari : 19:00-04:30 WIB

“Baca Juga: Destinasi Wisata di Gunungkidul Terkenal & Populer

Jogjaday.com ~ Kuliner khas Gunungkidul diatas tentu dapat menjadi referensi makan kamu saat berwisata di Gunungkidul. Liburan tentu akan menjadi nyaman dan asik jika perut terisi kenyang. 10 kuliner paling populer, enak dan terkenal di Gunungkidul ini bisa kamu nikmati bersama keluarga, rekan kerja ataupun sendiri yang pastinya enak dan lezat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!