Kopi Klotok Pakem Kaliurang Jogja, Kedai Kuliner Dengan Nuansa Pedesaan

Kopi Klotok ~ Wisata kuliner di Jogja memang tak pernah ada habisnya. Bagi kamu yang sedang berwisata di Jogja maka dapat memilih aneka macam kuliner dan tempat makan mulai dari menu khas ndeso maupun resto hingga cafe tempat nongkrong anak muda. Salah satu kedai masakan khas desa dan hits ini adalah kedai kopi klotok.

Kopi Klotok merupakan tempat makan khas sajian menu desa ini berada di kawasan lereng gunung merapi, tepatnya di Pakem, Sleman, Yogyakarta. Kuliner dengan menu khas desa berupa sayuran, lauk dan minuman ini dipastikan menunya akan menggoyang lidahmu.

“Kuliner Ndeso Dan Rasa Khas Pedesaan Yang Kaya Rempah-Rempah Dengan Suasana Hijau Pedesaan”

Kedai kuliner Kopi Klotok Jogja yang selalu ramai dan selalu dikangenin ini menyajikan menu masakan desa/ndeso yang khas dengan banyaknya bumbu dan aneka rempah-rempah yang menghasilkan masakan enak, khas berkualitas. Kopi klotok Pakem ini nampak selalu ramai pengunung setiap siang hari, pada saat jam makan siang maka kamu dipastikan akan mengantri panjang.

(Baca Juga: 46 Kuliner Legendaris Yang Wajib Di Coba Khas Yogyakarta)

Kedai Kopi Klotok Jogja ini menjual aneka makanan ndeso yang wajib kamu coba, yang menjadi menu spesialnya adalah makanan pisang goreng dan kopi klotoknya Dengan design nuansa khas desa kamu akan betah untuk berlama-lama disini dan menikmati varian menu yang ada. Kuliner kopi klotok pakem ini merupakan kuliner khas Jogja.

Kopi Klotok pakem
IG @tatalatifah

Meskipun nama kedai ini Kopi Klotok Jogja, namun kedai ini tidak hanya menyajikan kopi saja, justru yang paling diburu oleh para pengunjung adalah nasi pulen dengan aneka sayur ndeso, yang rasanya makk nyuss dan dijamin ketagihan.

Kopi klotok Jogja menawarkan beragam jenis masakan sayur ndeso dengan bumbu tradisional, sehingga nuansa dan rasa yang dihasilkan adalah rasa khas desa/ndeso. Sayuran ndeso yang dijual antara lain, sayur lodeh, lodeh kluwih, lodeh terong, lodeh tempe lombok ijo, sayur asem, dan sop sop ala ndeso. Sebagai pelengkap terdapat lauk pauk yang tak kalah ndeso lainnya yaitu pindang goreng, telur ceplok, telur dadar, tempe garit dan aneka sambel.

Kopi Klotok Pakem
IG @jogjafoodhunter

Jika pengunjung tidak ingin makan berat, maka ada snack andalan yang wajib di coba yaitu pisang goreng dan kopi klotok. Pisang kapok ini memiliki rasa khas karena diracik menggunakan bumbu rahasia yang menjadikannya berbeda dengan pisang goreng biasa. Tentunya berkunjung ke Kopi Klotok Jogja ini memberikan nuansa tersendiri bagi kmau yang doyan berkuliner.

kopi klotok pakem
IG @kuliner jogja

Kopi klotok Jogja sendiri adalah kopi dengan penyajian sederhana. Kopi bubuk dimasak dalam panci panas tanpa air. Setelah beraroma dan sedikit gosong barulah disiram air hingga mendidih. Dari proses tersebut muncullah nama klotok yang berasal dari bahasa jawa Nglotok atau mengelupas. Proses mengelupasnya kopi saat air disiramkan ke panci yang lengket ini disebut Nglotok. Ada juga yang menggambarkan klotok dari suara air mendidih di panci yang berbunyi klotok-klotok.

Pengunjung hanya cukup membayar Rp. 11.000 untuk makan nasi pulen dan sayur dengan nambah sepuasnya. Sedangkan untuk lauknya akan dihitung perbiji.

Menikmati hidangan ndeso dibangunan joglo limasan yang bergaya kampung ini dengan diiringi musik kroncong akan memberikan suasana tenang dan menentramkan.

Kopi Klotok Pakem
IG @dewicaprianita

Ada berbagai macam aksesoris di dalam joglo limasan Kopi Klotok Jogja yang menjadi dapur dan tempat makan bagian dalam, pada bagian tengah banyak tersusun meja dan kursi, ruangan yang luas, terdapat beberapa ornamen klasik seperti toples, ada juga radio kuno dan sepeda kuno yang menjadi penghias di Kopi Klotok Jogja ini.

Yang menjadi favorit tempat untuk tempat makan pengunjung adalah bagian luar sambil menikmati panorama sawah dan sejuknya udara di Kaliurang Jogja.

Kedai kopi klotok Jogja ini sangat ramai saat makan siang tiba. Populernya kedai ini karena banyak dikunjungi oleh tokoh tokoh penting dan artis ibukota. Terpajang pigura di dinding yang termuat nama tokoh dan artis Yogyakarta yang pernah singgah di kedai kopi klotok ini, antara lain Emha Ainun Nadjib, Yusuf Mansur dan Erros Candra.

Kopi Klotok Pakem
IG @nini_rieny

Kedai Kopi Klotok Jogja ini berada di Jalan Kaliurang km 16, Pekem, Sleman, Yogyakarta. Dari arah selatan anda dapat menuju jalan kaliurang hingga sampai di km 16, perhatikan sebelah kanan jalan/timur jalan ada SMP N 4 Pakem. Kedai Kopi ini berada di belakang SMP 4 Pakem. Pengunjung dapat mengikuti petunjuk arah yang ada.

(Baca Juga: Tempat Wisata Alam Lengkap Yang Ada Di Kaliurang Jogja)

Rute Menuju Lokasi Kopi Klotok Kaliurang Yogyakarta

Lokasi Kopi Klotok Jogja berada di tengah perkampungan dan pinggir sawah akan terasa sejuk dan damai. Pengunjung juga dapat dengan jelas melihat panorama Gunung Merapi yang gagah di sebelah utara.

Dari Tugu Jogja

Dari Tugu Jogja > ke utara menyusuri jalan AM Sangaji > lurus lagi ke jalan Monjali > belok kanan ke timur menyusuri ringroad utara > lalu belok kiri ke utara menyusuri jalan kaliurang > tiba dijalan kaliurang lurus hingga km. 16 anda akan menemukan plakat petunjuk arah ke kedai kopi klotok > lalu belok kanan dan sampai di Kopi Klotok Pakem

Dari Bandara Adi Sucipto

Dari Bandara Adisucipto > kearah barat menuju ringroad timur > lampu merah ambil kanan menyusuri ringroad timur > lurus terus hingga perempatan menuju jalan kaliurang > tiba di jalan kaliurang lurus hingga km. 16 anda akan menemukan plakat petunjuk arah ke kedai kopi klotok > lalu belok kanan dan sampai di Kopi Klotok Pakem

Kopi Klotok Jogja
IG @riwansopyan

Menu Kuliner Kopi Klotok Kaliurang Yogyakarta

Sajian kuliner khas desa yang ada di kedai kopi klotok ini sangat bervariatif

Jam Buka Kopi Klotok Pakem, Kaliurang, Jogja

Kopi Klotok buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00. Jika kamu datang ke Kopi Klotok pada saat jam makan siang maka dipastikan akan ada antrian yang mengular panjang.

Harga Kopi Klotok Pakem Kaliurang Jogja

Adapaun harga berbagai macam kuliner Kopi Klotok Jogja yang disajikan mulai dari Rp. 1.000 sampai Rp. 11.000. Daftar menu yang disajikan pada kopi klotok pakem jogja ini sangat ringan dikantong.

daftar harga kopi klotok

(Baca Juga: 17 Jajanan Kaki Lima Khas Kota Yogyakarta Yang Wajib Dicoba)

JogjaDay.com ~ Demikian ulasan tim Jogja day tentang Kopi Klotok Jogja. Wisata kuliner yang hits di tahun 2019. Di Kopi Klotok ini kamu dapat menemukan kuliner tradisional dengan rasa khas ndeso yang bikin kamu ketagiahan. Artis dan Public Figur Indonesia hingga wisatawan luar negeri ramai datang kesini untuk menyantap masakan khas Lereng Gunung Merapi ini. Jadi jika kamu sedang berada di Kota Jogja pastikan untuk mengunjungi Kopi Klotok Pakem Jogja yaa.

5/5 (1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*