ERUPSI GUNUNG MERAPI KALIURANG YOGYAKARTA

Salah satu bonus demografi kabupaten Sleman Daerah Istimewa Jogjakarta adalah adanya Gunung Merapi, gunung berapi yang masih aktif ini merupakan kebanggaan sekaligus ketakutan bagi masyarakat Jogjakarta khususnya yang berada di wilayah sekitar gunung merapi. Keindahan gunung merapi memang luar biasa namun kenangan Erupsi Gunung Merapi 2010 menyisakan pedih juga kebahagiaan.

“Gunung Merapi Merupakan Kebanggan Sekaligus Ketakutan Bagi Masyarakat Sekitar”

Erupsi 2010 merupakan erupsi paling dahsyat yang pernah diletuskan Gunung Merapi Sleman yang amat megah ini. Tak pelak abu vulkanik menyebar hingga jawa timur dan jawa barat, menutupi dan meluluhlantakan kawasan Jogjakarta waktu itu. Ribuan orang yang berada pada wilayah merah dan disekitar kali harus diungsikan untuk terpaksa meninggalkan rumah, ladang dan binatang peliharaan yang mereka miliki. Masih terkenang jelas suara gemuruh dan dahsyatnya awan panas atau biasa disebut “wedhus gembel” itu diingatan masyarakat Jogjakarta.

(Baca Juga: Kuliner Khas Lereng Gunung Merapi)

Namun dibalik pilu dan ketakutan akibat erupsi 2010 Gunung Merapi tersebut, banyak hal yang bisa didapatkan salah satunya sumber daya alam yang dihasilkan berupa batu dan pasir yang amat melimpah, hanyut bersama air dan menumpuk di wilayah sekitar gunung merapi. Menyebabkan banyak penambang batu dan pasir berbondong-bondong untuk mendapatkannya. Menyebabkan roda perekonomian yang tadinya berhenti kini mulai membaik, terutama bagi masyarakat lereng gunung merapi. Sungguh benar kata pepatah bahwa “selepas kesedihan yang kamu tangisi maka akan datang kebahagiaan setelahnya”.

(Baca Juga: Cafe Dan Tempat Nongkrong Hitz Kaum Millenials Kaliurang)

Dan setelah erupsi itu masyarakat mulai berbenah, kembali membuat rumah dan membangun perekonomiannya. Sungguh pun selepas erupsi itu kini wilayah gunung merapi menjadi wilayah dengan destinasi wisata terindah yang sangat layak untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi wisatawan di Jogjakarta adalah Museum Gunung Merapi. Museum ini berisikan foto-foto dan replika gunung berapi. Pengunjung juga bisa melihat film dokumenter tentang meletusnya gunung merapi ini.

Salam Traveler,

Dodo

5/5 (1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*