Desa Wisata Di Kaliurang Jogja Seru Dan Menarik: Alamat Dan Lokasinya

Desa Wisata Kaliurang Jogja ~ Kawasan pedesaan Kaliurang yang rimbun oleh pepohonan disetiap areanya menyebabkan daerah ini memiliki hawa yang sejuk dan segar. Kawasan Kaliurang ini cocok untuk dijadikan tempat outbound atau kegiatan kebudayaan. Kaliurang kaya akan wisata kebudayaan dan sejarah dengan nuansa pedesaan yang khas.

Tak hanya beragam wisata alam, sejarah dan kuliner saja. Kawasan lereng Gunung Merapi ini juga memiliki banyak desa wisata yang dapat digunakan dengan berbagai kegiatan ataupun sekedar disinggahi. Di desa wisata kaliurang ini kamu bisa outbound, belajar kebudayan seperti wayang dan gamelan, juga agrowisata seperti belajar bertani, berternak. Tentunya didukung dengan kawasan hijau yang sejuk ini kamu akan betah untuk berlama-lama di desa wisata Kaliurang Jogja.

(Baca Juga: Tempat Wisata Kaliurang Jogja Paling Seru Dan Lengkap)

Desa wisata yang ada di kawasan Kaliurang sering digunakan untuk training/pelatihan oleh berbagai lembaga dan instansi. Dapat pula digunakan oleh keluarga untuk sekedar singgah dan tinggal untuk melepas penatnya di kota. Berwisata di desa wisata akan memberikan pengalaman tersendiri dan istimewa bagi pengunjung. Berikut admin akan membahas desa wisata yang ada di Kaliurang Jogja, tentunya dengan beragam aktifitas dan fasilitas yang dapat di nikmati pengunjung.

1. Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang Jogja

desa wisata Ledok sambi
IG @ledoksambi

Desa Wisata Ledok Sambi ini berada di Jalan Kaliurang km 19,2, Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Desa Wisata alami yang memiliki berbagai potensi wisata alam seperti pertanian, peternakan, kesenian dan outbound.

Di ledok sambi anda bisa menikmati panorama alam seperti persawahan, pohon besar rindang, rumah-rumah joglo, simon, limasan dengan halaman luas yang bisa digunakan untuk wahana bermain.

Dengan udara yang sejuk dan nuansa alam pedesaan desa wisata ini juga sering digunakan outbound dari instansi, pelajar dan komunitas. Potensi desa wisata ini sangatlah besar antara lain di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan. Para pengunjung akan diajak untuk budidaya dan praktek di bidang pertanian, peternakan dan perikanan sembari menimati panorama alam yang ada.

Lokasi Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang Jogja

Alamat: Jalan Kaliurang km 19,2, Sambi, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

2. Desa Wisata Pentingsari Kaliurang Jogja

desa wisata pentingsari
www.visitingjogja

Desa wisata pentingsari merupakan pelopor desa wisata di Yogyakarta, terletak di lereng gunung merapi membuat desa ini selalu diselimut hawa sejuk siang dan malam desa wisata ini berada di Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Selain menikmati keindahan alam pengunjung dapat berbaur dengan masyarakat, seperti membajak sawah, panen padi dan memancing bahkan wisatawan dapat mengikuti kursus singkat menari Jawa, gamelan, kerawitan, kreasi janur, dalam wakt tertentu wisatawan dapat mengikuti kenduri atau syukuran desa. Jika datang bersama rombongan disediakan outbound dan sepakbola lumpur.

Di desa ini juga terdapat kebun herbal, pengunjung dapat mengenal dan berkonsultasi tentang tanaman herbal dan berbagai tanaman organik.

Lokasi Desa Wisata Pentingsari Kaliurang Jogja

Alamat: Desa Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

3. Desa Wisata Pulesari Kaliurang Jogja

desa wisata pulesari
www.wonokromo.bantulkab.go.id

Desa ini berada di Dusun Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Potensi desa wisata ini adalah agrowisata salak dan berbagai olahannya. Pengunjung dapat menikmati kebun salak dan memetik salak langsung dari pohonnya juga belajar tentang budidaya tanaman buah salak.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung dapat mengikutiĀ  outbound, fun game, dan trekking. Pada river tracking wisatawan akan diajak menyusuri sungai dengan berbagai wahana mulai dari titian bambu, jembatan goyang, spiderman web, tangkap ikan, air terjun dan goa.

Lokasi Desa Wisata Pulesari Kaliurang Jogja

Alamat: Dusun Pulesari, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

4. Wisata Edukasi Omah Salak Turi Jogja

Desa wisata omah salak
IG @rianawahyu

Wisata Omah Salak berada di Jalan Perum Gadjah Mada Asri, Kenteng, Turi, Sleman, Yogyakarta buka setiap hari pukul 09.00-17.00. Pengunjung dapat menikmati kebun salak dan memetik salak langsung dari pohonnya juga belajar tentang budidaya tanaman buah salak.

Di Omah Salak anda dapat mengetahui proses panen mandiri hingga menikmati salak dan aneka macam olahannya. Kawasan Turi terkenal sebagai daerah produksi salak paling populer dengan struktur tanah dan lingkungan yang mendukung.

Lokasi Wisata Edukasi Omah Salak Turi Jogja

Alamat: Jalan Perum Gadjah Mada Asri, Kenteng, Turi, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 09.00-17.00

5. Wisata Kebun Buah Naga Kaliurang Jogja

kebun buah naga sabila farm
www.twipu.com

Kebun Buah Naga berada di Pakem, Sleman, Yogyakarta tepatnya di jalan kaliurang km 20, Pakembinangun, sleman, yogyakarta. Dengan lahan yang luas kebun buah ini tidak hanya memproduksi buah naga, namun juga menjadi wisata edukasi dan pelatihan wirausaha dibidang pertanian.

Pada area Kebun Buah Naga terdapat rumah joglo yang dijadikan tempat untuk penelitian, pengembangan dan training bagi yang menginginkan dengan biaya yang telah disediakan.

Dengan kondisi lahan yang luas, maka kebun buah ini tidak hanya menanam buah naga namun juga buah lainnya seperti srikaya, mangga, pepaya kalifornia dan aneka macam buah musim lainnya.

Lokasi Wisata Kebun Buah Naga Kaliurang Jogja

Alamat: Jalan Kaliurang km. 20, Pakembinangun, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-17.00

(Baca Juga: Tempat Outbound Di Jogja Paling Keren Dan Seru Untuk Di Kunjungi)

Jogjaday.com ~ Demikianlah ulasan tim jogja day mengenai desa wisata yang ada di Kaliurang Jogja. Kawasan yang berada di lereng gunung Merapi ini mempunyai alam yang hijau dan asri dengan udara yang sejuk dan segar. Kamu dapat melakukan berbagai aktifitas di desa wisata antara lain agrowisata, kesenian dan outbound. Tentunya berlibur di desa wisata kaliurang ini akan memberikan kamu pengalaman yang berkesan.

5/5 (1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*