7 Tempat Wisata Alam Kaliurang Jogja Paling Keren Dan Wajib Di Kunjungi

Wisata Kaliurang Yogyakarta ~ Kaliurang merupakan kawasan yang berada di bagaian utara Kota Yogyakarta. Kawasan ini berada di Lereng Gunung Merapi, sehingga memiliki udara yang sejuk dan segar. Kawasan Kaliurang memiliki wisata alam, wisata kuliner dan kebudayaan yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dengan udara yang sejuk dan segar dikawasan Kaliurang Jogja memiliki banyak penginapan berupa hotel, resort maupun convention center dengan berbagai fasilitas yang menunjang. Kaliurang Jogja juga memiliki area untuk outbound dan juga desa wisata yang menyimpan berbagai keunikan yang ada.

Berkunjung ke kawasan Kaliurang Jogja akan terasa menyenangkan, dengan hawa yang sejuk dan segar kamu bisa menikmati wisata alam, budaya, kuliner dan menginap di resort klasik modern yang ada. Baiklah yukk segera simak ulasan tim Jogja Day 7 wisata alam Kaliurang Jogja dan keunikan apa saja yang ada di Kaliurang Jogja ini.

Tentunya bagi wisatawan Jogja sangat familiar dengan daerah kaliurang, yaitu daerah destinasi wisata di daerah lereng Gunung Merapi yang memiliki hawa sejuk dan segar.

Daerah yang berada di wilayah bagian utara kota Jogja ini memiliki banyak pepohonan disepanjang jalannya, dan kadang pagi dan malam hari tertutup oleh kabut yang pekat, menambah syahdunya daerah kaliurang ini.

Di daerah kaliurang terdapat banyak wisata alam yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara.

(Baca: WISATA KULINER DI KALIURANG JOGJA YANG TERKENAL)

Baiklah tak perlu berlama-lama guys. Berikut ini tim JogjaDay akan membahas wisata alam yang terkenal di Daerah Kaliurang Jogja. Yukk segera kita simak dan baca sampai habis yaa.

1. Dinginnya Taman Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Tlogo Puteri Kaliurang
IG @handimaryono

Di Tlogo Puteri anda akan merasakan sejuknya udara dan menikmati hijaunya pepohonan rindang nan besar. Di tempat ini anda akan mendapati taman bermain, wisata alam dan wisata air. Lokasi Tlogo Puteri berada di Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Tlogo puteri terdapat embung yang dilengkapi dengan penyewaan kano dan bebek air. Terdapat pula wahana jungkat jungkit, bianglala, ayunan dan beberapa permainan lainnya. Di setiap akhir pekan akan ada pertunjukan kesenian di panggung hiburan seperti dangdut, jathilan, campursari, dan pentas seni lainnya.

Pada bagian depan Tlogo Putri Kaliurang Jogja terdapat sewa untuk tour dan guide mobil Jeep yang akan mengantarkan anda menikmati lava tour pada lereng gunung Merapi, tentunya sangat mengasyikan naik Jepp ini.

Alamat Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 07.00-16.00

Tiket Masuk Tlogo Puteri Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 6.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor, Rp. 5.000/mobil dan Rp. 20.000/bus

2. Ziarah dan Napak Tilas Di Makam Mbah Marijan Kaliurang Jogja

Makam Mbah Marijan
IG @lava_tour

Mbah Marijan merupakan tokoh yang dianggap sebagai Juru Kunci Gunung Merapi. Sosoknya cukup terkenal dan beberapa kali menjadi bintang iklan di televisi. Beliau meninggal terkena erupsi tahun 2010, dan jasadnya dikubur di rumahnya yang sekarang menjadi distinasi wisata bagi para pengunjung.

Di makam Mbah Maridjan terdapat berbagai macam benda yang terkena erupsi merapi 2010. Anda akan mendapati lukisan sosoknya dan foto foto letusan merapi. Di warung souvenir anda juga dapat membeli aneka macam benda khas Merapi.

Di area Makam Mbah Marijan yang berada tepat di lereng gunung Merapi ada wahana tour dan guide mobil Jeep, untuk berkeliling menjelajahi lava tour dan menikmati area lereng gunung Merapi.

Alamat Makam Mbah Marijan Kaliurang Jogja

Dusun Srunen, Glagahharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Mbah Marijan Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

3. Bermain Dan Melihat Gunung Merapi Dari Taman Gardu Pandang Kaliurang Jogja

Taman Gardu Pandang
IG @festivaloflight

Anda dapat melihat Gunung Api Merapi dengan jelas di Taman Gardu Pandang Merapi yang berada di Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem Sleman, Yogyakarta. Terdapat gardu pandang yang dapat anda naiki untuk melihat dengan jelas Gunung Api Merapi.

Ada juga beberapa wahana permainan anak seperti ayunan, jungkat jungkit, mobil mini. Taman Gardu Pandang ini sering digunakan untuk kegiatan rutin seperti Festival of Light dan Festival Layang-Layang.

Alamat Gardu Pandang Kaliurang Jogja

Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Gardu Pandang Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 5.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

4. Bermain Dan Belajar Di Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang Jogja

Bumi Merapi
IG @sesok_prei94

Di bumi merapi anda bisa wisata alam sekaligus edukasi. Disana tersedia paket pelatiahan usaha, yang dapat digunakan pengunjung untuk bercocok tanam, peternakan dan perikanan. Wisata Bumi Merapi Kaliurang Sleman ini berada di jalan kaliurang km 20, Sawangan, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta.

Di bumi merapi pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti outbound training, wisata goa ponggolo, taman kelinci, memerah susu kambing, berkuda, taman reptil, berkebun hidroponik dan lainnya. Tentunya dengan beragam aktifitas yang dapat dilakukan disana maka berkunjung ke Bumi Merapi Sleman akan memberikan pengalaman yang unik dan istimewa untuk anda.

Bumi Merapi cocok untuk wisata keluarga, sekaligus sarana edukasi untuk anak. Jadi jika anda berwisata di Joga pastikan untuk singgah di Bumi Merapi Kaliurang Sleman.

Alamat Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang Jogja

Jalan Kaliurang km 20, Sawangan, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-17.00

Tiket Masuk Agrowisata Bumi Merapi Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

5.  Menyusuri Fenomena Goa Jepang Kaliurang Jogja

Goa Jepang Kaliurang
IG @jadhoelll

Jejak penjajahan Jepang dapat anda temui di Goa yang berada di Jalan kaliurang km 25, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Di Goa Jepang ini anda dapat wisata sejarah dan mengatahui peninggalan jaman penjajahan Jepang.

Goa peninggalan Jepang ini sangat eksotis, letaknya di lereng merapi membuat udara ditempat ini terasa sangat sejuk. Areanya dipenuhi dengan pohon-pohon besar yang hijau rindang. Anda juga akan menjumpai monyet di habitat alamnya.

Wisata Goa Jepang ini merupakan wisata alam sekaligus refresing dari penatnya udara di kota. Jadi jika ingin mengetahui sisa peninggalan jaman penjajahan Jepang maka anda wajib untuk datang ke Goa Jepang Kaliurang Sleman.

Alamat Goa Jepang Kaliurang Jogja

Jalan kaliurang km 25, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Goa Jepang Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

6. Bermain Air Di Blue Lagoon Sleman Jogja

Blue Lagoon Jogja
IG @bluelagoonjogja

Blue lagoon Sleman Jogja ini menawarkan wisata alam yang berupa sungai jernih dan rimbunnya pepohonan. Pengunjung dapat melakukan aktifitas susur sungai, berenang dan snorkeling di Blue Lagon Sleman Jogja.

Wisata Air Blue Lagoon ini lebih dikenal dengan pemandian tirta budi yang berada di desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Buka setiap hari dari pukul 08.00-17.00.

Terdapat 3 mata air yang tidak pernah kering yaitu, Sendang Wadon, Sendang Lanang, dan Belik Kluwih. Air dari pancuran belik kluwih ini menjadi kedung/kolam, karena air kedung selalu jernih hingga warnanya menjadi biru dan disebut Blue Lagoon.

Alamat Pemandian Blue Lagoon Sleman Jogja

Alamat: Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-17.00

Tiket Masuk Pemandian Blue Lagoon Sleman Jogja

Tiket: Rp. 10.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

7. Bermain Dan Bersantai Di Taman Rekreasi Kaliurang Jogja

Taman Rekreasi kaliurang
IG @sophieparis.jogja.sleman

Wisata ini cocok untuk keluarga. Taman ini berisikan berbagai macam wahana anak antara lain pelosotan, ayunan, mini car, patung seekor naga dan lainnya yang akan membuat anda dapat bersantai menikmati alam sambil mengawasi anak bermain.

Tempatnya yang hijau dan rimbun dengan pepohonan besar dan berbagai tanaman akan membuat anda merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama menikmati taman rekreasi Kaliurang ini.

Taman Rekreasi Kaliurang menyediakan wahana flying fox dengan biaya Rp. 25.000/orang dan ada juga wahana rumah pohon dengan tiket Rp. 8.000/orang. Taman rekreasi Kaliurang ini berada di Jalan Astomulyo No. 59, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Buka setiap hari pukul 08.00-16.00.

Alamat Taman Rekreasi Kaliurang Jogja

Jalan Astomulyo No. 59, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

Jam Operasional: 08.00-16.00

Tiket Masuk Taman Rekreasi Kaliurang Jogja

Tiket: Rp. 8.000/orang, Flying Fox Rp. 25.000, Rumah Pohon Rp. 8.000/orang

Parkir: Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil

Jogjaday.com ~ Demikian ulasan 7 wisata alam yang ada di Kaliurang Jogja. Kawasan yang berada di wilayah utara kota Jogja ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Jadi bagi kamu yang sedang berlibur ke Jogja sempatkan untuk berwisata ke Kaliurang Yogyakarta.

5/5 (1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*