15 Tempat Camping Di Jogja Paling Asyik Dengan Suasana Alami

Tempat Camping Jogja ~ Jangan sampai ketinggalan untuk camping di Yogyakata. Kota Jogja memiliki destinasi yang seru untuk berkemah, mulai dari pantai, gunung, hingga hutan yang cocok dijadikan tempat untuk menikmati malam dengan alam. Menginap di alam merupakan hal yang sering dilakukan para mahasiswa ataupun para kalangan pemuda.

Jogja merupakan sebuah destinasi wisata favorit dari dulu hingga sekarang. Jika dulu Jogja hanya terkenal dengan wisata budaya dan sejarah saja, kini Jogja terus berkembang dari hari ke hari. Bahkan saat ini sudah banyak objek wisata baru dan wisatawan pun menjadi ingin menghabiskan waktu berlama-lama di Jogja. Salah satu alternatif menginap di Jogja adalah dengan camping. Jangan bingung mencari tempat camping di Jogja, karena ada banyak sekali alternatif yang bisa dipilih, seperti berikut ini.

Di Kaliurang, misalnya. Ada beberapa bumi perkemahan yang memang telah didesign untuk keperluan camping. Beberapa pantai di Gunung Kidul juga merupakan lokasi menarik untuk camping ceria. Beberapa pantai bahkan sudah menjadi “langganan” anak-anak muda di Jogja dan sekitarnya untuk seru-seruan di akhir pekan sambil menikmati malam bertemankan angin pantai.

(Baca Juga: Tempat Wisata Lengkap Di Kaliurang Yogyakarta)

Jika kamu sedang mencari referensi tempat di Jogja untuk acara camping ceria bersama teman atau keluarga, beberapa tempat berikut mungkin bisa kamu pertimbangkan

1. Gunung Nglanggeran Jogja

Camping Gunung Api Nglanggeran Jogja
Facebook @reresepan

Gunung Nglanggeran adalah sebuah lokasi camping yang cukup nyaman dan disukai para wistawan. Walau merupakan jenis gunung, namun wisatawan tidak perlu bersusah payah mendaki tinggi dengan rute panjang. Hal ini dikarenakan tinggi gunung ini hanya 900 meter di atas permukaan laut.

Jalur tempuh dengan berjalan kaki ke tempat campingnya pun hanya kurang lebih 1 jam saja. Puncak Gunung Nglanggeran ini berasal dari batu-batu besar bekas endapan lava vulkanik dari aktivitas Gunung Purba Nglanggeran.

Camping ground di Gunung Nglanggeran ini luas dan cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga. Saat malam, pemandangan di sana akan sangat indah. Demikian pula saat pagi. Hal ini menjadikan Gunung Nglanggeran sebagai salah satu Tempat Wisata di Gunung Kidul yang menarik untuk dikunjungi.

Meski namanya adalah Gunung Nglanggeran tapi kita tidak perlu mengeluarkan energi yang terlalu banyak untuk sampai ke puncak seperti ketika mendaki gunung sungguhan. Tempat ini hanya memiliki tinggi maksimal sekitar 900 mdpl sehingga dengan berjalan sekitar 1 jam saja (bahkan bisa kurang) kita sudah akan sampai di puncak. Gunung Nglanggeran merupakan kumpulan dari batu-batu besar serta endapan lava vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran puluhan juta tahun lalu. Gunung Nglanggeran sendiri memiliki beberapa puncak antara lain Gunung Lima Jari, Gunung Kelir, Gunung Wayang serta Gunung Gedhe

Tepat di bawah puncak terdapat area camping ground yang cukup luas. Di area inilah kamu bisa mendirikan tenda untuk seru-seruan bersama teman. Melakukan pendakian Gunung Nglanggeran pada malam hari kita akan disuguhi pemandangan malam sebagian wilayah Gunung Kidul. Dari salah satu puncak Gunung Nglanggeran kita juga bisa melihat pemandangan Embung Nglanggeran. Lokasi Gunung Nglanggeran sendiri berada di Desa Ngalanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.

Lokasi Camping Gunung Nglanggeran Jogja

Alamat: Desa Ngalanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Bumi Perkemahan Lembah Merapi Jogja

Camping Lembah Merapi Jogja
IG @yukpiknik

Bumi Perkemahan Lembah Merapi juga merupakan salah satu tempat camping di Jogja yang direkomendasikan. Bumi perkemahan ini berada di Sleman, Yogyakarta dan menjadi salah satu lokasi di kaki Gunung Merapi.

Namun, untuk sampai di bumi perkemahan tersebut, wisatawan yang ingin camping tidak perlu mendaki, karena lokasi ini cukup terjangkau. Fasilitas di bumi perkemahan ini pun sudah lengkap, salah satunya dengan adanya toilet.

Oleh karena itu, bumi perkemahan ini lebih cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana camping yang sederhana. Lokasi ini juga sering dijadikan lokasi acara dari beberapa komunitas atau acara dari kampus.

Bumi Perkemahan Lembah Merapi berada di kaki Gunung Merapi wilayah Turi, Sleman. Untuk kamu yang ingin menikmati suasana pegunungan tapi sedang tidak ingin capek-capek mendaki, Lembah Merapi bisa dijadikan alternatif. Karna merupakan bumi perkemahan, tempat ini tentu saja sudah dilengkapi dengan fasilitas MCK. Tempat ini lebih cocok untuk acara rame-rame, misalnya gathering komunitas atau acara makrab kampus. Terdapat sebuah pendopo yang bisa digunakan untuk acara tertentu.

Lokasi Camping Lembah Merapi Kaliurang Jogja

Alamat: Kaki Gunung Merapi, Nganggring, Girikerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Bumi Perkemahan Pramuka Jogja

Camping Bumper Pramuka Jogja
IG @travelogia

Bumi Perkemahan Pramuka juga menjadi salah satu lokasi camping di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan yang ingin menghabiskan malam di Jogja dengan berkemah di alam bebas bisa datang ke sini.

Lokasinya masih berada di kaki Gunung Merapi. Bumi perkemahan ini merupakan bumi perkemahan populer dan cukup terkenal di Jogja. Suhu yang sejuk memang selalu menjadi daya tarik dari bumi perkemahan ini.

Bumi perkemahan ini juga berada di dekat objek wisata, khususnya yang berada di Kaliurang. Sehingga banyak orang yang suka camping di tempat ini, sebelum atau sesudah berwisata di kawasan Kaliurang Jogja. Tidak heran juga jika ada banyak acara yang menjadikan lokasi ini sebagai lokasi terbaik.

Bumi perkemahan ini juga berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya di daerah Kaliurang. Bumi Perkemahan Pramuka merupakan salah satu bumi perkemahan paling terkenal di Jogja. Dengan suasana pegunungan yang berjawa sejuk, tempat ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi lokasinya berada di Kaliurang yang notabene merupakan kawasan wisata. Bumi Perkemahan Pramuka juga merupakan tempat yang lebih cocok untuk acara gathering. Bumi perkemahan ini dikelilingi oleh tebing yang dipenuhi oleh pepohonan hijau yang membuat pemandangannya terlihat lebih indah. Terdapat sebuah lapangan yang bisa digunakan untuk melakukan permainan tertentu

Lokasi Bumi Perkemahan Pramuka Kaliurang Jogja

Alamat: Kaki Gunung Merapi, Kaliurang Utara, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Hutan Wanagama Jogja

Camping Hutan Wanagama Jogja
Twitter @travelogia

Hutan Wanagama merupakan salah satu hutan wisata yang memiliki luas mencapai 600 hektar. Hutan ini memiliki nilai sejarah. DUlunya hutan ini sudah hampir gundul karena kayu dan pohon-pohonnya ditebangi oleh tangan tidak bertanggung jawab.

Namun semuanya berubah sejak tahun 1964, yaitu dengan proses reboisasi yang dipelopori oleh Profesor Oemi Hani’in Suseno. Bahkan beliau telah mendapat penghargaan berkat jasanya atas penghijauan di hutan tersebut.

Dulu, hutan ini juga sempat didatangi oleh Pangern Charles Belanda ketika datang ke Indonesia. Pangeran memberikan bibit pohon jati untuk ditanam di sana. Saat ini hutan ini menjadi satu lokasi wisata dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Wanagama merupakan nama sebuah hutan yang berada di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupatn Gunung Kidul. Hutan ini dulu sempat hampir punah karna sering ditebang oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab. Titik balik kembalinya hutan ini terjadi pada tahun 1964 ketika Prof Oemi Hani’in Suseno mempelopori proses reboisasi kawasan Hutan Wanagama. Pada tahun 1989 Prof Oemi Hani’in Suseno menerima penghargaan Kalpataru sebagai Pengabdi Lingkungan Penghijauan. Luas Hutan Wanagama sendiri mencapai 600 hektare. Konon hutan ini juga pernah dikunjungi oleh Pangeran Charles dari Belanda. Beliau meninggalkan warisan berupa pohon jati yang bibitnya ditanam oleh sang pangeran

Di kawasan Hutan Wanagama sendiri terdapat beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata. Termasuk area untuk outbond dan camping ceria

Lokasi Camping Hutan Wanagama Gunungkidul Jogja

Alamat: Desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Puncak Kosakora Jogja

Camping Puncak Kosakora Jogja
IG @puncakkosakora

Puncak Kosakora merupakan puncak dari sebuah bukit di sekitar Pantai Drini Yogyakarta. Wisatawan bisa berkemah di sana, namun perlu melakukan trekking dulu untuk sampai ke puncaknya.

Namun perjalanan ini akan menjadi perjalanan yang tidak terlupakan. Karena ketika trekking, wisatawan juga akan melewati sebuah pantai yang bernama Pantai Ngrumput. Pantai tersebut juga akan terlihat dari puncak bukit Kosakora.

Berkemah di puncak bukit Kosakora juga akan memberikan pengalaman tersendiri, dimana wisatawan bisa melihat betapa luasnya laut dan pantai yang ada di bawah sana. Bahkan karena keindahannya, ada juga beberapa pasangan yang menjadikan Puncak Kosakora sebagai Tempat Prewedding di Jogja.

Kosakora merupakan sebuah bukit yang berada sekitar 2 km ke arah timur dari Pantai Drini. Satu-satunya cara untuk sampai ke tempat ini adalah dengan trekking alias jalan kaki. Sebelum sampai ke Puncak Kosakora kita terlebih dulu akan melewati sebuah pantai yang sering disebut Pantai Ngrumput. Puncak Kosakora bisa menampung beberapa tenda. Camping di tempat ini kita akan disuguhi oleh pemandangan deretan pantai di pesisir Gunung Kidul.

Lokasi Camping Puncak Kosakora Jogja

Alamat: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Pantai Ngrumput Jogja

Camping Pantai Ngerumput Jogja
IG @eksotisjogja

Jika Anda tidak ingin mendaki ke puncak Kosakora, maka berkemah di bawahnya pun bisa menjadi alternatif yang direkomendasikan. Berkemah saja di sekitaran Pantai Ngrumput, karena di pantai ini juga ada lahan yang cukup luas untuk didirikan tenda.

Keindahan Pantai Ngrumput ini sendiri terasa lengkap dengan pasir putih dan lingkungan hijau di sekelilingnya. Bahkan pantai ini adalah salah satu lokasi yang coock untuk melihat matahari terbenam.

Jika ingin berkemah di sana, datanglah di sore hari agar tidak ketinggalan suasana senja yang ada. Selain itu, pemandangan saat pagi hari juga menawan karena bisa melihat matahari terbit juga.

Di poin 5 sudah disebutkan Puncak Kosakora, yakni sebuah bukit yang sangat campingable di pesisir Gunung Kidul. Dalam perjalanan ke Puncak Kosakora kita akan melewati sebuah pantai yang bernama Pantai Ngrumput yang juga tak kalah campingable. Pantai ini termasuk pantai anti mainstream di Jogja. Tidak banyak orang yang tahu sehingga suasananya masih sangat sepi. Pantainya memang tidak luas tapi masih terlihat sangat natural sehingga sangat cocok untuk camping ceria.

Lokasi Camping Pantai Ngerumput Jogja

Alamat: Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Pantai Greweng Jogja

Camping Pantai Greweng Jogja
IG @phinemo

Selain Pantai Ngrumput, di Gunung Kidul juga masih ada pantai yang bisa dijadikan tempat camping di Jogja. Salah satunya adalah Pantai Greweng. Pantai ini memiliki panorama yang memukau dan memanjagan mata.

Pasir putih dan deburan ombak menjadi satu, membuat suasana camping di sana menjadi cukup menarik. Selain itu, saat pagi menjelang, sunrise di sana juga sangat indah, cocok untuk diabadikan dengan kamera terbaik.

Pantai Greweng bisa menjadi salah satu alternatif tempat camping yang direkomendasikan. Sudah banyak wisatawan yang berkemah di sana dan mendapatkan pengalaman tersendiri.

Pantai Greweng bisa dikatakan sebagai pantai yang berada di paling ujung timur Gunung Kidul. Pantai ini berada di sebelah timur Pantai Wedi Ombo. Pantai Greweng dapat ditempuh dengan berjalan selama sekitar 1,5 jam dari Pantai Wedi Ombo melewati perkebunan penduduk. Belum ada akses jalan untuk kendaraan menuju pantai ini. Pantai Greweng sebenarnya tidaklah terlalu istimewa. Pantainya juga tidak terlalu luas dan panjang. Suasana pantai yang sepi dan masih natural adalah hal utama yang ditawarkan oleh Pantai Greweng. Lokasinya yang tidak mudah diakses merupakan salah satu alasan kenapa pantai ini tidak banyak dikunjungi wisatawan

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat camping di Jogja yang bisa didatangi jika ingin menghabiskan malam di Jogja dengan berkemah. Selalu bawa perlengkapan camping yang lengkap agar kegiatan menjadi lancar. Selamat berlibur dan semoga bermanfaat.

Lokasi Camping Pantai Greweng Jogja

Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Pantai Butuh Jogja

Camping Pantai Butuh Jogja
IG @eksotisjogja

Masih di Gunung Kidul, ada lagi pantai yang bisa dijadikan lokasi berkemah bersama teman-teman maupun keluarga. Namanya Pantai Butuh. Pantai ini juga memiliki keindahan dan panorama yang memukau.

Selain karena ketenangannya, suasana di pantai ini juga cukup sejuk. Hal ini dikarenakan keberadaan batu karang hijau yang berada di kanan dan kiri pantai.

Selain itu, berkemah di sana juga cukup aman, karena tenda bisa didirikan cukup jauh dari bibir pantai. Pantai ini memang tidak begitu lebar karena terhalang oleh dua bukit karang. Namun justru dari sana lah ketenangan bisa didapatkan.

Lokasi Camping Pantai Butuh Jogja

Alamat: Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Pantai Sanglen Jogja

Camping Pantai Sanglen Jogja
IG @joglopark

Ada lagi spot camping di Gunung Kidul Jogja, yaitu di Pantai Sanglen. Pantai ini merupakan pantai yang masih sangat asri dan alami karena memang belum ramai oleh wisatawan.

Hal menarik dari sana adalah keberadaan tanaman cemara yang cukup lebat di sekitar pantai. Selain itu, ada juga beberapa jenis tanaman pandan yang berada di sekitar pantai berpasir putih ini.

Pantai ini juga cukup sejuk karena kawasan di sekitarnya memiliki banyak tanaman yang menghijaukan mata. Jika berminat, datanglah dan nikmati sendiri camping di kawasan Pantai Sanglen ini.

Lokasi Camping Pantai Sanglen Jogja

Alamat: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Pantai Wohkudu Jogja

Camping Pantai Wohkudu Jogja
Twitter @eksotisjogja

Jogja tidak hanya memiliki  Pantai Sadeng yang menarik, namun ada lagi pantai di Gunung Kidul yang cocok untuk dijadikan tempat camping di Jogja, yaitu Pantai Wohkudu. Pantai ini adalah pantai yang unik karena memiliki tebing-tebing pulau karang di sekelilingnya.

Bahkan karena kondisi pantai yang cukup tersembunyi ini, banyak wisatawan yang menjulukinya Surga Tersembunyi di Gunung Kidul. Memang belum banyak wisatwan yang tahu lokasi ini. Jikapun tahu, biasanya wisatawan dari luar daerah hanya mengunjungi pantai yang jauh lebih populer.

Jika Anda ingin bekremah di sana, siapkan juga peralatan pancing karena lokasi ini memiliki sebuah spot memancing dan mencari lobster. Siapa tahu ikan dan lobster yang didapat bisa dibakar untuk makan malam.

Lokasi Camping Pantai Wohkudu Jogja

Alamat: Desa Kampung Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Girikerto, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

11. Pantai Sedahan Jogja

Camping Pantai Sedahan Jogja
Facebook @okezonelifestyle

Jika ingin berkemah di pantai yang masih sepi dengan pemandangan yang sangat indah, mungkin pantai ini adalah jawabannya. Pantai Sedahan merupakan pantai yang masih sangat sepi dari wisatawan.

Pantai ini juga bisa dijadikan lokasi berkemah yang cukup direkomendasikan. Walau cukup jauh dari pusat kota, orang-orang yang sudah mengetahui keindahan pantai ini pasti ingin kembali lagi ke sana.

Jika Anda tertarik untuk camping di sini, siapkan juga alat pemancingan sendiri, karena di sana juga ada Pemancingan di Jogja. Namun karena memang masih sepi, tidak ada pengelola yang menyewakan alat pancing, sehingga Anda harus membawa sendiri.

Lokasi Camping Pantai Sedahan Jogja

Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

12. Puncak Becici Jogja

Camping Puncak Becici Jogja
Facebook @catper

Jika tidak ingin berkemah di suasana lain selain pantai, maka Puncak Becici ini bisa dijadikan alternatif lainnya. Puncak Becici adalah sebuah lokasi wisata baru di Jogja dan bisa dijadikan tempat berkemah.

Di sana ada camping ground yang cukup luas untuk wisatawan bisa mendirikan tenda. Camping ground itu sendiri berada di bawah pepohonan pinus yang masih sangat alami. Jika berkunjung saat tahun baru, lokasi ini juga direkomendasikan untuk  Tempat Malam Tahun Baru di Jogja.

Jika ingin berkemah di sana, datanglah sebelum senja, karena pemandangan matahari terbenam di sana sangatlah memukai. Selain itu fasilitas di sana juga sudah cukup lengkap. Ada juga gardu pandang yang bisa dinaiki untuk melihat kawasan yang lebih luas dari ketinggian.

Lokasi Camping Puncak Becici Jogja

Alamat: Dusun Gunung Cilik, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

13. Sinolewah Jogja

Bumper Sinolewah Jogja
IG @wisatayogyakarta

Ingin berkemah di daerah Sleman? Mungkin Sinowelah ini bisa menjadi salah satu alternatifnya. Sinowelah adalah sebuah camping ground yang berada di tengah panorama alam yang masih alami.

Sinolewah sebenarnya adalah lahan atau kebun jambi dan padang ilalang liar. Namun lokasi ini menjadi bumi perkemahan yang saat ini sudah terkelola dengan cukup baik oleh warga sekitar.

Wisatawan yang berkemah di sana bisa membuat api unggun. Selain itu, fasilitas di sana juga sangat lengkap. Bahkan ada rumah pendopo yang bisa dijadikan ruangan untuk pertemuan. Ada juga kamar mandi dan toilet yang bersih. Kebanyakan wisatawan yang berkemah di sana adalah orang-orang yang mengadakan sebuah acara.

Lokasi Camping Sinolewah Jogja

Alamat: Dusun Gondang, Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

14. Pantai Siung Jogja

Camping Pantai Siung Jogja
IG @jejakpiknik

Pantai Siung merupakan pantai mainstream di Gunung Kidul yang cocok untuk camping ceria bersama kawan-kawan dekat ataupun komunitas dengan jumlah yang cukup banyak. Malamnya, kita bisa seru-seruan di pantai dan bermalam di dalam tenda. Sedangkan paginya kita bisa trekking ke bukit yang berada di sebelah timur pantai. Di sana kita akan menemukan sebuah air terjun yang dikenal dengan nama Banyu Tibo. Padang rumput di sebelah timur Pantai Siung ini juga tidak kalah keren dengan yang ada di sekitar Puncak Kosakora.

Lokasi Camping Pantai Siung Jogja

Alamat: Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

15. Pantai Pok Tunggal Jogja

Camping Pantai Pok Tunggal
IG @campingarea

Pantai Pok Tunggal dikenal sebagai salah satu pantai terbaik di Gunung Kidul untuk menikmati pemandangan sunset. Maka berkunjung ke pantai ini saat sore hari menjelang senja akan menjadi pilihan yang tepat. Supaya tambah seru, kita bisa melewatkan malam di Pantai Pok Tunggal untuk menyaksikan pemandangan sunrise keesokan harinya. Karakteristik pantai ini sendiri tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Berpasir putih dan terdapat banyak karang di bibir pantainya.

Lokasi Camping Pantai Pok Tunggal Jogja

Alamat: Pantai Pok Tunggal, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

(Baca Juga: 9 Pantai Bantul Yogyakarta Wajib Kamu Kunjungi)

JogjaDay.com ~ Demikianlah 15 spot Camping asyik dan seru yang ada di Kota Yogyakarta mulai dari pantai, hutan hingga bumi perkemahan yang dapat menjadi referensi buat kamu yang ingin menikmati malam dengan “nge-camp” juga kemah di kota Yogyakarta. Spot-spot ini menjadi spot yang ramai untuk wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung dan ingin mendirikan tenda di Jogja. Salam Lestari !!

5/5 (5)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*