10 Tips Hemat Rencana Liburan Dan Wisata

Tips Hemat Berlibur ~Bagi kamu yang suka traveling ke tempat wisata sudah saatnya kamu memperhatikan 10 Tips Hemat Rencana Berlibur berikut ini. Wisatawan lokal maupun mancanegara tentunya menginginkan berwisata yang berkualitas dengan biaya yang sesuai.

Dengan perencanaan yang simpel dan memperhatikan tips berikut ini kamu dapat menghemat anggaran wisatamu sampai dengan 50% lebih murah. Jadi meskipun dengan biaya yang hemat kamu tetap dapat menikmati liburan yang berkualitas di Kota Yogyakarta.

Baiklah tak perlu berlama-lama kali ini tim JogjaDay.com akan memaparkan 10 tips hemat merencanakan liburan yang berkualitas. Tentunya menarik untuk dibaca juga dipraktekan dalam setiap kunjungan wisatamu. Simak sampai habis yaa.

1. Pastikan Tempat Wisata Yang Dituju

Tips hemat mempersiapkan liburan yang pertama dan harus kamu lakukan adalah pilih dan pastikan terlebih dahulu lokasi tujuan liburan. Hal ini akan sangat membantu kalian untuk mempersiapkan segala keperluan yang nantinya akan di butuhkan. Penentuan lokasi liburan ini sendiri akan sangat tergantung dengan siapa kalian nantinya akan melaksanakan liburan. Jika kalian berlibur dengan keluarga, maka kalian bisa saja memiliki beberapa tempat liburan yang cocok dengan suasana keluarga. Penentuan jenis wisata yang tepat pastinya akan sangat bermanfaat bagi kalian akhirnya.

2. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari Sebelum Berangkat

Tiket adalah salah satu kendala yang biasanya bisa membatalkan jadwal liburan kita. Biasanya ini dikarenakan harga tiket yang melambung atau tiket yang sudah habis. Untuk mengatasi masalah tersebut kita sebaiknya memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Biasanya kita bisa memesan tiket 90 hari sebelum hari keberangkatan. Hal ini tentunya akan menghemat biaya yang akan kita keluarkan, karena harga tiket yang masih tergolong murah serta jumlah tiket yang masih banyak.

3. Buat Rencana Jadwal Sederhana

Tips hemat mempersiapkan liburan yang selanjutnya adalah membuat jadwal wisata yang bisa menjadi panduan kita liburan. Hal ini menjadi sangat wajib, ketika kalian ingin melakukan liburan yang hemat. Buatlah jadwal-jadwal sederhana, mengenai destinasi yang ingin kalian kunjungi serta alokasi waktu yang kalian berikan. Jadwal ini akan sangat membantu kalian yang bisanya akan kehilangan fokus saat berlibur, apalagi jika kalian mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti, tempat wisata di Jogja, tempat liburan di Singapore yang terkenal akan banyak sekali barang-barang murah dan menggoda.

4. Buatlah Daftar Alokasi Anggaran

Untuk belanja, makan, tiket, akomodasi, transportasi hingga parkir

Pada beberapa kasus yang ada biasanya salah satu momok terbesar saat berlibur adalah dana yang menipis dengan cepat. Biasanya hal ini dikarenakan oleh pengeluaran bayangan yang tak terduga. Atau biasanya ada juga yang merasa kalap ketika membeli sesuatu. Salah satu cara jitu yang bisa kita lakukan adalah buatlah daftar sederhana mengenai budget liburan kalian dan budget yang ingin kalian keluarkan. Penggunaan cara ini akan sedikit banyak bisa menekan laju pengeluaran uang yang tidak terbendung. Hal ini biasanya banyak di alami oleh kaum wanita yang banyak belanja. apalagi jika kita mengunjungi beberapa tempat liburan natal di bandung, tempat liburan natal di Bali yang banyak tempat belanja.

5. Pesan Tiket Pada Waktu yang Tepat

Salah satu trik yang bisa dipakai untuk mengurangi budget saat berlibur adalah pada hal tiket. Sebenarnya kita bisa memesan tiket setiap saat, namun beberapa tiket terkadang bisa mengalami fluktuasi harga yang cukup cepat. Biasanya hal ini banyak terjadi pada tiket pesawat, salah satu hal yang pas adalah pilihlah waktu yang tepat untuk membeli tiket.

Ada beberapa teori yang menyatakan bahwa saat yang tepat untuk membeli tiket pesawat adalah 54 hari sebelum hari keberangkatan. Namun, biasanya menjelang hari libur natal ada banyak sekali maskapai yang akan menawarkan penawaran khusus yang menarik. Biasanya berupa potongan harga yang cukup menggoda untuk kita dapatkan.

6. Pilih Lokasi Menginap

Jika kita memiliki suatu lokasi tertentu untuk wisata natal kita maka pastikan dahulu lokasi menginap kita tidak jauh dari lokasi tujuan.  Memilih tempat menginap yang tepat adalah salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk menghemat budget yang ada.

Sebagai salah satu bagian dari tips hemat merencanakan liburan natal, maka jangan menganggap remeh hal ini. Pilihlah hotel tempat menginap yang tak jauh dari destinasi wisata utama. Misalnya kita bisa memiliki beberapa hotel yang dekat dengan destinasi Tempat wisata natal di malang, Tempat wisata natal di Semarang, atau Tempat wisata natal di Surabaya. Setidaknya kita bisa berjalan kaki santai untuk dapat mengunjungi lokasi wisata tersebut.

7. Pilihlah Moda Transportasi yang Sesuai Saat Berlibur

Jika kita mengunjungi suatu lokasi wisata tertentu maka, salah satu kendala yang biasa terjadi adalah kebingungan saat memiliki beberapa alat transportasi. Kita bisa saja memilih menggunakan angkutan umum selama berkeliling di lokasi wisata tersebut. Pemilihan angkutan umum ini sendiri banyak dipilih oleh mereka yang memang senang dengan hal seperti ini.

Atau kita bisa juga memilih menggunakan kendaraan sewa selama berlibur, bisa berupa mobil atau motor. Pada dasarnya jika kita lihat dari sisi hemat, maka penyewaan mobil atau motor bisa lebih hemat. Hal ini dikarenakan, terkadang ada beberapa destinasi wisata yang mengharuskan kita untuk mengganti kendaraan lebih dari sekali. Selain itu juga faktor waktu yang harus kita habiskan akan lebih lama daripada menggunakan kendaraan sewa.

8. Jangan Malu Untuk Makan Sederhana

Jika kalian berkunjung ke suatu tempat wisata maka jangan malu dan jangan ragu untuk menikmati makanan pinggir jalan. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap jumlah budget yang bisa kita keluarkan. Ya boleh lah kita menikmati makanan restoran yang enak namun, sebaiknya jangan terlalu sering. Beberapa wisatawan terkadang lebih memilih untuk mengunjungi dan menikmati makanan lokal yang jarang ditemukan. Hal ini akan menambah nuansa berlibur yang lebih menyenangkan. Selain itu ada banyak sekali kelebihan wisata kuliner yang bisa kita dapatkan, selain rasa kenyang dan nikmat.

9. Hindari Calo

Tips hemat mempersiapkan liburan Natal yang satu ini wajib hukumnya untuk kalian lakukan. Hal ini dikarenakan jika kalian membeli tiket melalui calo maka harga yang ditawarkan akan jauh lebih tinggi daripada harga normal. Apalagi sebagaimana yang kita ketahui bahwa calo memang sangat dilarang oleh pemerintah.

10. Siapkan Uang Pas

Jika kalian berlibur maka persiapkan selalu uang pas yang berupa pecahan-pecahan kecil. Uang pas ini bisa saja dalam bentuk uang receh atau uang kertas dengan nominal yang lebih kecil. Terkadang kita sering susah untuk mendapatkan uang kecil saat berlibur, atau bisa juga terkadang kita menjadi salah hitung mengenai jumlah pengeluaran yang ada.

Itu tadi beberapa tips hemat mempersiapkan liburan natal yang bisa kalian ikuti. Tips yang disebutkan di atas bukanlah sebuah tips baku. Namun, kita juga bisa memodifikasi beberapa bagian sesuai dengan keadaan dan kondisi dari lokasi liburan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

JogjaDay.com ~ Demikianlah 10 tips rencana liburan hemat dari Tim Jogja Day semoga tips-tips tersebut bisa membantu untuk merencanakan liburan, dan membuat liburanmu memuaskan dan lebih asyik. Dengan menerapkan 10 tips liburan ini tentunya kamu bisa lebih menikmati dan nyaman dalam wisatamu.

5/5 (1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Wellcome

Share Artikel Ya