15 Kuliner Di Kulonprogo Yang Terkenal, Enak Dan Legendaris

Kuliner Kulonprogo Jogja – Kabupaten Kulon Progo atau biasa disebut “west prog” karena kulon dalam bahasa jawa diartikan “barat” memiliki wisata alam dan air yang banyak dan unik untuk dikunjungi wisatawan. Namun tak hanya itu saja Kulonprogo juga memiliki kuliner yang tak kalah unik dan nikmat. Aneka macam makanan khas Kulonprogo tersebar merata dan bisa kamu nikmati.

Tentu saja tak hanya wahana wisata alam yang wajib dikunjungi, kuliner yang ada di Kabupaten Kulonprogo berikut ini juga wajib kamu coba. Selalin rasanya yang nikmat kuliner disini unik dan menyehatkan tentunya.

Baiklah tak perlu berlama-lama berikut ini admin akan sampaikan kuliner yang ada di Kabupaten Kulonprogo, Yogykarta yang wajib kamu coba. Simak sampai habis yaa.

“Baca Juga: 38 Tempat Wisata Kulonprogo Jogja Paling Hits & Terbaru

1. Kuliner Geblek Kulonprogo Jogja

Kuliner Geblek Kulonprogo
Geblek foto by instagram.com/less_tari

Geblek adalah penganan tradisional khas Kulon Progo yang terbuat dari tepung kanji, bawang putih dan garam. Rasanya gurih dan bertekstur kenyal. Bentuknya menyerupai angka 8. Anda bisa membeli geblek di toko oleh-oleh. Salah satunya di Geblek Boto, di Boto Wetan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo. Geblek biasa dijual berpasangan dengan Tempe Besengek. Cara menikmati geblek saat hangat dan ditemani secangkir teh hangat.

Harga Kuliner Geblek Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/pack

2. Kuliner Tempe Besengek / Benguk Santen Kulonprogo Jogja

Kuliner Tempe Besengek Kulonprogo
Tempe Besengek foto by instagram.com/pipithimmaira

Tempe besengek adalah kuliner khas yang terbuat dari tempe benguk. Tampilannya unik, berwarna hitam khas biji benguk dan diselimuti putihnya santan. Daerah yang terkenal dengan tempe besengek adalah Kecamatan Krembangan.

Tempe besengek ini sangat mudah dijumpai di pasar-pasar daerah Kulon Progo, atau biasa ditemui di penjual geblek. Tempe besengek di jual dengan harga sekitar Rp3.000-Rp5.000 per bungkus. Selain geblek, Anda juga dapat menikmati Besengek dengan growol. Bila Anda berkunjung ke Kulon Progo, jangan lupa sambangi pasar tradisional dan cari tempe besengek, ya!

Tempe Bengok adalah makanan khas yang biasanya berukuran besar, namun di Kulon Progo ini makanan dengan nama Benguk Santen berukuran kecil dengan paduannya santen kental. Makanan tradisional ini menjadi favorit lho di Kulon Progo. Para pennjualnya biasanya perempuan lansia di pinggir jalan bersama dengan Geblek dan tempee Kara saat menjelang maghrib.

Harga Kuliner Tempe Begesek Kulonprogo Jogja

Rp. 5.000/bungkus

3. Kuliner Growol Kulonprogo Jogja

Kuliner Growol Kulonprogo
Growol foto by instagram.com/teguhwidiarto

Growol adalah olahan singkong pengganti nasi. Cara mengolahnya dimulai dengan mengupas dan membersihkan singkong. Kemudian merendamnya selama 3 hari. Barulah singkong dilumat dan dikukus. Meski begitu, Growol cukup tahan hingga 3 hari untuk bisa dinikmati.

Penjual growol biasa menjajakan dagangannya dengan harga Rp 10.000/kg. Growol ini bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi, teksturnya yang lembut membuat growol lebih nikmat.

Adalah Growol, merupakan makanan khas dengan adonannya dari singkong namun tidak begitu terkenal seperti makanan khas lainnya. Aroma khas Growol ini cukup menyengat berbau ketela busuk sehingga bagi yang belum mencicipinya akan merasa jijik sebelum mencoba. Namun jangan salah, Growol ini makanan lezat yang jika dicampur dengan parutan kelapa akan Nampak gurih. Makanan khas ini tidak hanya dijumpai di Kulon Progo saja namun juga di pasar tradisonal lain di pedesaan khususnya.

Harga Kuliner Growol Kulonprogo Jogja

Rp. 10.000/kg

4. Kuliner Teh Sangrai Kulonprogo Jogja

Teh Sangrai Kulonprogo
Teh Sangrai foto by instagram.com/mahi.dana

Kulon Progo yang terkenal dengan perbukitan menoreh memiliki 200 ha perkebunan teh yang terdapat di Desa Nglinggo. Teh yang ditanam di sini adalah varian teh hijau yang dikalim baik untuk diet. Uniknya, proses pembuatan teh di Nglinggo ini masih menggunakan proses tradisional.

Cara menyeduh teh ini, daun teh yang sudah diangin-anginkan, disangrai hingga kering. Baru kemudian teh yang telah kering ini diseduh dengan air panas. Khas aroma sangit dari teh inilah yang berhasil membuat orang kangen untuk kembali.

Harga Kuliner Teh Sangrai Kulonprgo Jogja

Rp. 10.000/pack

5. Kuliner Kopi Menoreh Pak Rahmat Kulonprogo Jogja

Kedai Kopi Menoreh Pak Rahmat Kulonprogo
Kopi Menoreh foto by instagram.com/kopimenoreh_pakrohmat

Kulon Progo tidak hanya menghasilkan teh. Daerah perbukitan yang pernah menjadi tempat singgah Pangeran Diponegoro ini juga menjadi penghasil kopi. Namanya, kopi menoreh.

Kopi menoreh memiliki dua varian, yaitu Arabika dan Robusta. Kopi menoreh bisa Anda nikmati di kedai-kedai kopi yang berada di perbukitan menoreh. Salah satunya adalah Kedai Kopi Pak Rahmat. Kedai ini buka  24 jam.

1 paket menu seharga kisaran Rp12.000. Berisi 2 gelaskopi dan gula beserta 1 piring gorengan. Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh Kopi, juga disediakan Kopi Menoreh yang sudah dikemas. Berikut harga kopi Pak Rohmat dalam kemasan.

tak hanya menjual aneka macam kopi dikedai ini terdapat makanan berat seperti nasi goreng dan sayur mayur yang siap disantap.

Harga Kuliner Kedai Kopi Menoreh Pak Rahmat Kulonprogo Jogja

– Kopi Arabica / 100gram @25.000
, – Kopi Robusta / 100gram @25.000
, – Kopi Lanang / 100gram @35.000, 
- Kopi Jahe / 100gram @25.000
, – Kopi Sangrai Arabica / 500gram @85.000
, – Kopi Sangrai Robusta / 500gram @80.000

6. Kuliner Dawet Sambel Mbak Sirep Nanggulan Kulonprogo Jogja

Dawet Sambel Kulonprogo
Dawet Sambel foto by instagram.com/makankeliling

Dawet sambel adalah sajian unik khas Kulon Progo. Dawet Sambel merupakan kombinasi dari minuman Dawet yang disajikan dengan taburan sambal, bawang goreng, dan kecambah. Sensasi rasanya benar-benar unik.

Dawet Sambel ini bisa Anda temukan di daerah Jatimulyo, sekitar Objek Wisata Taman Sungai Mudal. Untuk menikmati 1 mangkok Dawet Sambel, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 3.000,-.

Harga Kuliner Dawet Sambel Mbak Sirep Kulonprogo Jogja

Rp. 3.000/porsi

7. Kuliner Cethot Kulonprogo Jogja

Kuliner Cethot Kulonprogo
Cethot foto by instagram.com/ranirtyas

Jajanan tradisional ini sebenarnya bukan khas begitu khas Kulon Progo namun lebih jajanan pasar tradisional yang bisa di jumpai di Jawa maupun di Kulon Progo. Cethot biasanya dijumpai bebarengan dengan makanna khas lain seperti Growol.

Harga Kuliner Cethot Kulonprogo Jogja

Rp. 10.000/pack

8. Kuliner Cenil Kulonprogo Jogja

Kuliner Cenil Kulonprogo
Cenil foto by instagram.com/food.hits

Cenil merupakan jajanan tradisional beriikutnya yang jug dapat dijumpai di pasar tradisional. Jajanan ini berwarna bulat dan kecil dengan bentuknya warna warni dan kenyal saat dikunyah.

Harga Kuliner Cenil Kulonprogo Jogja

Rp. 10.000/pack

9. Kuliner Enting-Enting Jahe Kulonprogo Jogja

Kuliner Enting-enting jahe Kulonprogo
Enting Enting foto by instagram.com/travelogiaindo

Adalah enting-enting Jahe yang telah tersohor di kawasan Kulon Progo. Kudapan yang bercampur dengan gula, kelapa, kacang, wijen, dan juga panili ini menjadi oleh-oleh khas Kulon Progo yang membuat perpaduan pedasnya jaeh juga manis dengan gurih rsa wijen.

Harga Kuliner Enting-Enting Jahe Kulonprogo Jogja

Rp. 8.000/pack

10. Kuliner Peyek Undur-Undur Kulonprogo Jogja

Kuliner Peyek Undur-Undur Kulonprogo
Peyek Undur Undur foto by instagram.com/desysusilawati1982

Ada lagi makanan khas Kulon Progo yang menjadi ciri khas termasuak ke dalam makanan ringan. namanya Peyek Undur-Undur. Biasanya Peyek Undur-Undur ini ditemukan di jajaran pantai Glagah. Rasa peyeknya gurih dan renyah. Bahan utamanya tentu undur-undur pantai yang digoreng dengan tepung beras dengan campuran tepung Kanji. Untuk bumbunya biasanya dicampur dengan kuah santan, bawang putih, ketumbar, garam, kencur, dan juga daun jeruk. Kriuk deh ini peyek!

Harga Kuliner Peyek Undur-Undur Kulonprogo Jogja

Rp. 9.000/pack

11. Kuliner Gula Semut Kulonprogo Jogja

Gula Merah Kulonprogo
Gula Semut foto by instagram.com/gulamerahasli

Gula Semut adalah gula yang menjadi pembeda dari Gula Pasir dan Gula Merah pada umumnya. Gua Semut ini memiliki hamparan seperti semut. Warnanya merah sama seperti Gula Jawa dan sama-sama terbuat dari Nira Pohon Kelapa. Hanya saja ukurannya berebntuk butiran kecil sepperti semut.

Salah satu kawasan pembuat Gula Semut ini ada di Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Gula ini secara tradisional masih layak dijadikan sebagai oleh-oleh Kulon Progo. Terlebih untuk mendapatkannya bisa langsung di dapat dari desa-desa tempat produksi.

Harga Kuliner Gula Semut Kulonprogo Jogja

Rp. 10.000/pack

12. Kuliner Rumah Makan Ayam Goreng Bu Hartin Kulonprogo Jogja

Ayam Goreng Bu Hartin Kulonprogo
Ayam Goreng Bu Hartin foto by twitter.com/spotunik

Rumah Makan Bu Hartin sudah terkenal akan rasa masakan ayamnya yang gurih. Salah satu cabang Rumah Makan Bu Hartin berada di tepi Jl Nasional Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya, di Ds. Gunung Gempal. Buka dari pukul 08.00-23.00 WIB.

Tempatnya yang cukup strategis dengan ruang makan yang cukup lega dan dapat disesuaikan dengan jumlah rombongan. Mengajak keluarga atau mengadakan acara reuni dengan teman di sini tempatnya. Jadi, tak perlu bingung lagi. Langsung saja agendakan ke RUmah Makan Ayam Goreng Bu Hartin dengan reservasi lebih dulu melalaui kontak 08112630310.

Harga Kuliner Ayam Goreng Bu Hartin Kulonprogo Jogja

Rp. 10.000/porsi

13. Kuliner Pring Petung Resto n Cafe Kulonrogo Jogja

Pring Petung Resto Kulonprogo
RM Pring Petung foto by facebook.com/pringpetungresto

Bagi Anda yang mudik dengan menggunakan kereta api pas banget, nih. Pring Petung Resto n Cafe berada tepat di belakang Stasiun KA Wates, Kulon Progo. Lokasinya juga berdekatan dengan pusat Kota Wates. Jl. Perwakilan, Terbah, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pring Petung Resto n Cafe buka pukul 08.00-02.00 WIB. Menu yang disediakan antara lain, aneka masakan Ikan dan Ayam, Sop dan juga berbagai minuman segar. Seperti Es Durian dan Es Teller. Untuk pemesanan bisa kontak ke 0274775226.

Harga Kuliner Rumah Makan Pring Petung Kulonprogo Jogja

Mulai Rp. 10.000/porsi

14. Kuliner Dapur Semar Resto Kulonprogo Jogja

Dapur Semar Resto Kulonprogo
Dapur Semar foto by twitter.com/spotunik

Dapur Semar Resto terletak di sebelah barat Alun-Alun Wates, tepatnya di Jl Tentara Pelajar, sebelum RSUD Wates. Dapur Semar memiliki suasana yang khas desa. Terletak di area persawahan tidak membuat suasananya menjadi panas, sebab sudah ada pohon perindang yang menjadi penyejuk. Dapur Semar Resto menawarkan aneka menu olahan Ikan dan Ayam. Buka mulai pukul 08.00  22.00WIB. Untuk reservasi bisa melalui kontak 087838247881.

Harga Kuliner dapur Semar resto Kulonprogo Jogja

Mulai Rp. 10.000/porsi

15. Kuliner Bebek Goreng Nggirli Resto Kulonprogo Jogja

Bebek Goreng Nggirli Kulonprogo
Bebek Goreng Kulonprogo foto by instagram.com/dolandolan

Bebek goreng Nggirli Terletak di dekat jembatan Sungai Serang, Jl Kolonel Sugiono no.44. Resto ini memiliki ruang yang luas, jadi tak perlu khawatir kehabisan tempat. Selain itu Bebek Goreng Nggirli Resto buka 24 jam.

Harga Kuliner Bebek Goreng Kulonprogo Jogja

Rp. 10.000/porsi

“Baca Juga: 25 Kuliner Khas Bantul Terkenal, Enak & Wajib Kamu Coba

Jogjaday.com ~ Demikian makanan khas Kulonprogo yang bisa kamu nikmati selagi berkunjung ke kabupaten yang berada di Pegunungan Menoreh ini. Tentu sangat menyenangkan menikmati kuliner khas bersama sahabat dan keluarga. Selamat Mencoba dan Happy Traveling.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Welcome

Share Artikel Ya!